FAKTA.CO.ID

Portal Berita Terpercaya. Politik, Ekonomi, Hukum, Kriminal, Olahraga, Otomotif, Hiburan dari nasional hingga mancanegara.

19 April 2018

Insiden Proyek Pasar Rumput Diduga Karena Kelalaian Pekerja

Insiden Proyek Pasar Rumput Diduga Karena Kelalaian Pekerja




Fakta.co.id – Penyidik Polres Metro Jakarta Selatan menduga kecelakaan proyek pembangunan rusunawa Pasa Rumput yang menewaskan satu warga bernama Tarminah (54) akibat kelalaian pekerja. Tarminah tewas setelah tertimpa besi hollow yang jatuh dari lantai 10 proyek rusunawa.

“Kesalahan person (perseorangan) dari pengawas yang harusnya masuk kerja pukul 08.00 WIB, dia datang setelah kejadian,” kata mantan Kapolres Metro Jakarta Selatan yang saat ini menjabar Koordinator Sekretaris Pribadi Pimpinan (Koorrspripim) Polri Komisaris Besar Mardiaz K Dwihananto di Jakarta, Kamis (22/3), dikutip Antara.

Mardiaz menjelaskan, insiden besi jatuh itu diakibatkan pekerja proyek yang bertugas merangkai beberapa batang besi membuka escape holding tanpa kehati-hatian. Saat membuka ikatan salah satu besi mengenai besi lain sehingga terjatuh yang mengenai dan menewaskan Tarminah.

Mardiaz menuturkan polisi juga tidak menemukan jaring yang menutup proyek bangunan di lokasi kejadian. Jaring dimaksud seharusnya dibuat sebagai salah satu alat keamanan dalam sebuah proyek.

Guna memastikan hal itu, penyidik akan memeriksa pengawas proyek dan mencari pihak yang bertanggung jawab terkait kejadian tersebut.

“Kami selidiki pihak terkait dan peranannya kemudian gelar perkara untuk menentukan tersangka,” ujar Mardiaz.

Kecelakaan proyek rumah susun Rusunawa Pasar Rumput, Minggu (10/3) pagi, berujung fatal. Besi hollow sepanjang tiga meter jatuh dari lantai 10 proyek hingga menimpa perempuan bernama Tarminah. Tarminah, yang berdasarkan keterangan saksi sedang belanja sayuran, kena hantam besi tersebut hingga tersungkur dan tewas.

Adapun besi yang menewaskan warga Jalan Tambak, Manggarai tersebut berukuran panjang 3 meter dengan diameter 4×4 sentimeter.

Buntut dari kecelakaan ini, Waskita menghentikan sementara seluruh kegiatan proyek Rusunawa Pasar Rumput. Langkah itu mereka ambil sampai waktu yang belum ditentukan dan hingga kondisi kembali aman.

Tags:

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan