FAKTA.CO.ID

Portal Berita Terpercaya. Politik, Ekonomi, Hukum, Kriminal, Olahraga, Otomotif, Hiburan dari nasional hingga mancanegara.

24 Mei 2018

Pertamina Mengaku Masih Rugi Jual Pertalite

Pertamina Mengaku Masih Rugi Jual Pertalite




Fakta.co.id – PT Pertamina (Persero) mengungkapkan perseroan menjual produk Bahan Bakar Minyak (BBM) beroktan 90 atau dikenal dengan nama Pertalite dengan menanggung kerugian. Pasalnya, saat ini, harga jual Pertalite di masyarakat masih di bawah harga keekonomian.

“Yang jelas, saat ini, Pertalite kami jual rugi,” ujar Direktur Pemasaran Pertamina Muchamad Iskandar di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Selasa (11/4).

Iskandar mengungkapkan harga keekonomian Pertalite sebenarnya lebih dari Rp8.000 per liter. Namun, saat ini, Pertalite dibanderol seharga Rp7. 800 per liter di wilayah Jawa-Madura-Bali (Jamali).

“Selisih (harga jual Pertalite dengan harga keekonomian) Rp200 per liter lebih sedikit, sekitar Rp280-an (per liter),” ujarnya.

Tak ayal, sejak awal tahun, perseroan telah dua kali mengerek harga jual Pertalite. Kenaikan pertama terjadi di Januari 2018,sebesar Rp100 per liter. Kedua, sebesar Rp200 per liter pada Maret 2018 lalu.

Iskandar menyebutkan Pertalite saat ini memegang porsi penjualan terbesar perseroan di mana lebih dari 50 persen dari total BBM yang dijual perseroan disumbang oleh Pertalite. Selanjutnya, BBM jenis premium berkontribusi sebesar 27 persen dan sisanya BBM dengan oktan tinggi, Pertamax dan Pertamax Turbo.

Terkait rencana pemerintah yang akan melakukan intervensi terhadap kenaikan harga BBM nonsubsidi, perseroan menyatakan bakal mengikuti ketentuan, meskipun gerak perseroan menjadi terbatas.

Iskandar mengingatkan perseroan merupakan milik negara sehingga pihaknya memiliki tanggung jawab dalam menjalankan mandat dari pemerintah.

Tags: ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan