3 Ramuan Alami Obati Sariawan Menurut Andrew Hidayat

3 Ramuan Alami Obati Sariawan Menurut Andrew Hidayat (AndrewHidayat.com)

3 Ramuan Alami Obati Sariawan Menurut Andrew Hidayat (AndrewHidayat.com)

Fakta.co.id – 3 Ramuan Alami Obati Sariawan Menurut Andrew Hidayat. Sejatinya, Bangsa Indonesia adalah salah satu bangsa besar di dunia yang memiliki keaneka ragaman sumber daya alam dan manusia. (Baca juga: Sering Migrain Saat Menstruasi Kenapa Ini Bisa Terjadi)

Terutama sumber daya alam, Indonesia sangat kaya akan hal tersebut. Bahkan 10% kekayaan dunia berada di Indonesia. Salah satu kekayaan alam yang berguna bagi kesehatan adalah adanya bahan alami.

Ternyata secara penelitian dapat membantu menyembuhkan berbagai penyakit, tentu saja hal tersebut membuat pengobatan di Indonesia ini dapat disandingkan dengan pengobatan ala barat maupun timur.

Baca juga: Cara Mengobati Gusi Bengkak dan Bernanah

Pada info hidup sehat kali ini Andrew Hidayat akan dibahas mengenai ramuan yang dapat membantu mengobati sariawan diambil dari Buku Pemanfaatan Tanaman Obat untuk Kesehatan.

Sebelum membahas ramuan tersebut, kita bahas terlebih dahulu mengenai sariawan itu sendiri. Sariawan atau seriawan maupun stomatitis merupakan suatu bentuk kelainan yang terjadi pada selaput lendir di mulut dengan ujud luka berwarna putih kekuningan.

Ciri khas yang dialami oleh penderita biasanya adalah Luka-luka pada mulut, lidah gusi dan bibir, disertai demam serta Bibir pecah-pecah.

Penyebab sariawan diantaranya : Luka di rongga mulut akibat tergigit oleh gigi, Konsumsi makanan atau minuman yang terlalu panas, Alergi akibat makanan maupun obat, Kekurangan zat besi, Kekurangan vitamin C, Higien rongga mulut yang kurang, Kelainan saluran pencernaan dan Stres fisik maupun psikis. Macam sariawan yang perlu diketahui adalah :

  1. Stomatitis aphtosa. Sariawan ini sering terjadi karena perlukaan pada daerah sekitar gigi akibat gigitan maupun luka saat menggosok gigi.
  2. Oral Thrush atau Moniliasis. Penyebabnya adalah jamur, pada umumnya dijumpai di lidah.
  3. Stomatitis Herpetic. Sariawan ini disebabkan oleh virus herpes. Lokasi yang sering terjadi adalah pada bagian tenggorokan.

Pencegahan terjadinya sariawan diantaranya : Mengusahakan untuk terus menjaga kebersihan rongga mulut, Berhati-hati apabila menggosok gigi (jangan sampai melukai kulit sekitar gigi), Menghindari makanan dan minuman yang terlalu panas karena makanan maupun minuman yang terlalu panas dapat melukai kulit dalam rongga mulut, Konsumsi buah-buahan dan sayuran yang banyak mengandung vitamin C.

Baca juga: Sakit Kepala Bisa Disebabkan oleh Gigi

Ramuan Alami untuk Sariawan Menurut Andrew Hidayat

1. Ramuan Dauh Sirih

Bahan yang Digunakan :

  • Daun sirih segar sebanyak 1 sampai 2 lembar

Cara Pemakaian : Daun sirih dibersihkan, dikunyak perlahan-lahan. Dibiarkan sebentar dalam mulut sebelum ditelan, kemudian minum air hangat yagn sudah dimasak. Lakukan 3 kali sehari sampai sariawan hilang.

Baca juga: Tips Praktis Sarapan Sehat yang Perlu Anda Ketahui

2. Ramuan Daun Jintan

Bahan yang Digunakan :

  • Daun jintan segar sebanyak 5 lembar

Cara Pemakaian : Daun jintan dikunyah, biarkan sebentar dalam mulut, kemudian dibuang. Jangan sampai daun jintan tertelan.

Baca juga: Permen Karet, Apa Manfaatnya Bagi Kesehatan Gigi?

3. Ramuan Daun Saga

Bahan yang Digunakan :

  • Daun saga segar sebanyak 2 genggam
  • Air sebanyak 4 gelas

Cara Pembuatan : Daun saga didihkan dengan air sampai tinggal 2 gelas.

Cara Pemakaian : Diminum pada waktu siang hari sedikit-sedikit sampai habis 2 gelas. Dapat diulang sampai kondisi sariawan mereda.

Baca juga: 5 Tips Efektif Untuk Mengurangi Stres

Perlu diingat, ramuan tersebut hampir sama dengan pengobatan konvensional sariawan pada umumnya, yaitu membantu penyembuhan penyakit.

Sehingga tetap pola hidup sehat dengan selalu menjaga kebersihan mulut, makan banyak sayuran dan buah-buahan, makan yang teratur dan cukup istirahat.

Serta menjaga kondisi tubuh baik secara fisik maupun psikis agar selalu tetap fit dan bugar merupakan kunci utama mengatasi kondisi sariawan yang dialami.

Salam

Andrew Hidayat
Instagram Andrew Hidayat
Pinterest Andrew Hidayat
Twitter Andrew Hidayat

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *