5 Tanda Kamu Udah Bisa Dibilang Dewasa

5 Tanda Kamu Udah Bisa Dibilang Dewasa

5 Tanda Kamu Udah Bisa Dibilang Dewasa (Foto: IDN Times)

Fakta.co.id5 Tanda Kamu Udah Bisa Dibilang DewasaPenting banget untuk mengenali tanda-tanda yang menentukan apakah kamu sudah bisa dibilang dewasa atau masih bocah.

Tanda Kamu Sudah Bisa Dibilang Dewasa

Berikut tanda-tanda buat kamu sudah bisa dibilang dewasa:

1. Bisa Mengakui Kesalahan Sendiri

Tanda kamu sudah bisa dibilang dewasa yang pertama adalah bisa mengakui kesalahan diri sendiri.

Yang namanya manusia emang pasti bakal berbuat salah sih, dan itu hal yang biasa aja sebenernya. Masalahnya banyak orang yang gak bisa mengakui kesalahannya.

Entah karena gengsi dan harga dirinya ketinggian jadinya ngerasa bener terus atau karena emang bebal aja gak bisa mengakui kalo dirinya udah keliru. Yang pasti kalo seseorang bisa mengakui kesalahannya dan belajar banyak dari itu, dia udah bisa dibilang bersikap dewasa

2. Bisa Menghindari Konflik, No Drama!

Tanda kamu sudah bisa dibilang dewasa yang kedua adalah bisa menghindari konflik, NO DRAMA atau tidak ada drama kehidupan.

Masih berhubungan dengan poin pertama, manusia yang sarat kesalahan kadang jadi mahluk songong yang suka cari masalah. Nah, seseorang bisa disebut sudah dewasa jika ia memiliki kemampuan menghindari konflik-konflik dan masalah yang disebabkan orang lain.

Jika bisa ngadepin segala masalah tanpa harus konfrontasi fisik atau verbal juga jadi tanda sahih bahwa kamu udah dewasa! Selamat!

3. Menyadari Konsekuensi Dari Perbuatan

Tanda kamu sudah bisa dibilang dewasa yang ketiga adalah menyadari konsekuensi dari perbuatan yang kamu lakukan.

Orang dewasa bukan lagi anak kecil yang harus dibilangin dulu setiap kali mau melakukan sesuatu yang konsekuensinya gede. Anak kecil harus dilarang untuk main-main yang kotor karena mereka gak sadar betapa susahnya ngebersihinnya nanti.

Orang dewasa harusnya sih udah punya cara ngeproses sendiri gimana perbuatannya nanti bakal punya dampak baik ke orang lain atau ke dirinya sendiri

4. Gak Selalu Pingin Jadi Pusat Perhatian atau Lebih Jago Dari yang Lain

Tanda kamu sudah bisa dibilang dewasa yang keempat adalah gak selalu ingin menjadi pusat perhatian atau merasa lebih jago dari orang lain.

Nah untuk hal ini, kita bisa liat betapa gak dewasanya Kanye West, doi selalu mencoba jadi pusat perhatian dan ngejago dibanding yang lain seakan-akan dia itu Center of the Universe.

Poin ini jelas berhubungan dengan 3 poin sebelumnya, bersikap rendah hati dan terima fakta bahwa akan selalu ada yang lebih baik dari kamu adalah kunci kedewasaan yang paling penting

Ngerasa artikelnya terlalu serius dan gak seperti biasanya? Kita kasih satu poin lagi deh: kamu udah bisa dibilang Dewasa kalau kamu udah bisa bikin anak. Iye bener kan?

Salam

Andrew Hidayat
Instagram Andrew Hidayat
Pinterest Andrew Hidayat
Twitter Andrew Hidayat

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *