5 Tips Efektif Untuk Mengurangi Stres

5 Tips Efektif Untuk Mengurangi Stres - Andrew Hidayat (AndrewHidayat.com)

5 Tips Efektif Untuk Mengurangi Stres – Andrew Hidayat (AndrewHidayat.com)

Fakta.co.id5 Tips Efektif Untuk Mengurangi Stres. Stres akan selalu muncul pada setiap individu tak terkecuali. Hampir setiap situasi keidupan dapat menyebabkan stres. (Baca juga: 5 Tanda Kamu Udah Bisa Dibilang Dewasa)

Stres kemungkinan selalu mengambil peran dalam setiap aspek kehidupan kita setiap hari bahkan suatu hari stres bisa meningkat menjadi lebih buruk dari sebelumnya tergantung situasi yang terjadi.

Tidak ada orang yang bisa 100 persen bebas dari stres. Stres tidak dapat kita hindari namun kita dapat mengurangi stres.

Baca juga: Enak Bingits 4 Keuntungan Weekend Bareng Ortu

Tips Efektif Untuk Mengurangi Stres

5 hal ini dapat mengurangi stres hampir disetiap situasi.

1. Makan makanan yang sehat

Walaupun stres disebabkan oleh psikologis manusia, namun ternyata ada beberapa faktor fisik yang ikut berperan dalam pemicu stres. Stres adalah respon alami manusia dalam menghadapi sesuatu yang membahayakan.

Baca juga: Gaji Habis Setelah Liburan, Ini Cara Menghemat

Untuk tujuan mengurangi stres tersebut kita harus memperlakukan tubuh kita dengan benar, salah satunya adalah dengan makan makanan yang sehat.

Menurut Gilles Barbot direktur Esprit deCorps mengatakan tidak ada yang namanya makanan anti-stres, namun ia merekomendasikan diet alkalin. Makanan yang menurutnya memiliki kandungan alkalin adalah baking soda, lemon, bawang, buah nanas, labu, kentang, jus sayur, dan semangka.

2. Bangun Pagi Lebih Awal

Memang benar jika kita memiliki waktu tidur lebih lama, maka kita akan semakin rendah kemungkinan kita terkena stres. Namun, bangun pagi 15-20 menit lebih awal memiliki banyak manfaat dari pada tidur.

Baca juga: Sering Migrain Saat Menstruasi Kenapa Ini Bisa Terjadi

Ketika kita bangun tidur lebih awal akan membantu kita mengurangi resiko kita untuk terburu-buru memulai hari dan membantu kita untuk mempersiapkan diri lebih awal.

3. Biarkan Stres menjadi sumber motivasi mu

Karena kita tidak bisa menghilangkan stres secara 100 persen, maka biarkan stres menjadi sumber motivasi mu. Jangan biarkan stres menekan psikologis mu. Stres sebenarnya diciptakan agar kita menjadi lebih kuat, karena kita bereaksi secara fisik dan psikologis terhadap stres.

Baca juga: Cara Mengobati Gusi Bengkak dan Bernanah

Reaksi kita terhadap stres ada 2, yaitu menghadapinya atau lari menghindar dari stres. Agar menjadi lebih kuat, jangan lari dari permasalahan namun mulai lah mengambil aksi dengan menghadapinya.

4. Menonton video lucu

Ada trik untuk mengurangi stres, penelitian menemukan bahwa dengan menonton sesuatu yang menghibur mengaktifkan bagian otak yang memproduksi hormon yang membuat respon psikologis menenangkan sehingga mengurangi kecemasan dan memberikan kebahagiaan.

Baca juga: Sakit Kepala Bisa Disebabkan oleh Gigi

5. Berjalan-jalan

Menurut penelitian, dengan berjalan kaki meningkatkan endorpin dalam tubuh yang akan menurunkan depresi dan memperbaiki perasaan, hasilnya adalah stres akan berkurang dan kita akan lebih waspada.

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa dengan berjalan kaki di luar rumah adalah cara yang baik untuk melepaskan stres dan meningkatkan energy dan memori sebesar 20 persen.

Baca juga: Permen Karet, Apa Manfaatnya Bagi Kesehatan Gigi?

Kita memang tidak bisa benar-benar terbebas dari stress, karena kita tidak akan bisa menghindari situasi yang memicu stres. Namun, kita dapat mempelajari cara agar mampu mengatur stress dan menjadikannya bermanfaat untuk diri kita.

Salam

Andrew Hidayat
Instagram Andrew Hidayat
Pinterest Andrew Hidayat
Twitter Andrew Hidayat

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *