7 Fakta tentang Rambut yang Perlu Kamu Ketahui

Diposting pada
7 Fakta tentang Rambut yang Perlu Kamu Ketahui - Andrew Hidayat (AndrewHidayat.com)
7 Fakta tentang Rambut yang Perlu Kamu Ketahui – Andrew Hidayat (AndrewHidayat.com)

Fakta.co.id – 7 Fakta tentang Rambut yang Perlu Kamu Ketahui. Banyak orang merasa ketakutan jika mahkota di kepala mereka mengalami kerontokan. Jumlah rambut di kepala manusia ada sekitar 100rb helai.

Baca juga: 5 Tips Efektif Untuk Mengurangi Stres

Rambut merupakan salah satu bagian tubuh manusia yang memiliki tingkat pertumbuhan yang cukup tinggi. Pertumbuhan rambut bertambah 10mm setiap bulannya.

Seberapa Tebalkah Rambut Kita?

Setiap rambut memiliki ketebalan yang berbeda-beda, dan setiap orang memiliki jeis rambut yang berbeda. Ada yang memiliki ketebalan 50 mikron, hingga 100 mikron. (1milimeter=100 mikron). Sehingga jangan bingung ketika rambut kamu terlihat kurang tebalatau terlalu tebal, ini karena setiap rambut berbeda-beda.

Baca juga: Permen Karet, Apa Manfaatnya Bagi Kesehatan Gigi?

Mengapa rambut kita bisa rontok?

Rambut dapat rontok karean ternyata rambut kita tumbuhnya bergantian. Ditempat dengan pori-pori yang sama. Secara alami, rambut kita akan rontok sekitar 70-100 helai setiap hari.

Berapa lama waktu untuk tumbuhnya rambut?

Dalam waktu kira-kira 30 hari, setiap helai rambut bisa tumbuh lebih dari 10mm. Jika kita tambahkan semua pertumbuhannya, panjang rambut kita bisa mencapai kira-kira 20m per harinya. Dan yang perlu ketahui, ternyata setiap helai rambut kita terus bertumbuh hanya selama 2 sampai 6 tahun saja.

Baca juga: Sakit Kepala Bisa Disebabkan oleh Gigi

Jadi rambut kita tidak tumbuh selamanya. Setelah 2-6 tahun, rambut kita akan rontok, tapi tenang saja rumbut kita tidak akan habis seketika, karena
ketika rambut kita rontok akan ada rambut baru yang tumbuh dari pori-pori yang sama. Dan begitulah siklus rambut.

Benarkah jika kita memotongnya, rambut akan tumbuh lebih cepat?

Begitu rambut tumbuh dari kulit kepala, ternyata ramb sudah menjadi zat mati. Rambut yang hidup adalah rambut yang tumbuh dibawah kulit kepala. Jadi, memotong rambut kita tidak akan berpengaruh pada pertumbuhannya.

Baca juga: Cara Mengobati Gusi Bengkak dan Bernanah

Mengapa warna rambut orang berbeda-beda?

Warna rambut setiap orang berbeda-beda dikarenakan ada zat warna rambut yang disebut pigmen. Warna rambut hitam dan cokelat ditentukan oleh pigmen warna yang disebut melanin (pigmen alami yang terdapat pula di mata dan kulit kita).

Semakin banyak jumlah melanin, rambut akan berwarna semakin gelap. Semakin sedikit melanin, maka warna rambut akan kecoklatan, kemerahan, atau pirang. Jika sama sekali tidak ada melanin, maka rambut akan berwarna putih dan mengkilap.

Baca juga: Sering Migrain Saat Menstruasi Kenapa Ini Bisa Terjadi

Bagaimanakah ciri rambut yang sehat?

Dari sudut medis, ciri-ciri rambut sehat adalah; rambut tumbuh sesuai dengan umur dan tahap rambut, kelembapan yang baik adalah yang terlihat cukup berminyak sehingga terlihat berkilau terasa lemas diraba, tidak kusam dan kering, terlihat basah atau lengket namun tidak berlebihan.

Struktur rambut yang baik adalah bentuk rambut dari ujung hingga pangkal memiliki struktur yang sama ketebalannya atau sama tipis, tidak ada cabang atau lekukan dan belahan. Warna rambut yang baik adalah warna rambut yang merata dari pangkal sampai ujung.

Baca juga: 5 Tanda Kamu Udah Bisa Dibilang Dewasa

Nah, penjelasan diatas adalah beberapa fakta rambut yang perlu kamu ketahui, semoga semakin membuat kamu menyayangi rambutmu, jaga kesehatan rambutmu karena rambut adalah mahkota mu.

Salam

Andrew Hidayat
Instagram Andrew Hidayat
Pinterest Andrew Hidayat
Twitter Andrew Hidayat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *