7 Planet Extreme yang Pernah Ditemukan Menurut Andrew Hidayat

Diposting pada

Fakta.co.id7 Planet Extreme yang Pernah Ditemukan Menurut Andrew Hidayat. Para ilmuwan baru-baru ini menemukan planet terpanas yang pernah ditemukan dengan suhu permukaan yang bahkan lebih panas dari bintang. Seiring berburu planet di luar tata surya kita terus berlanjut, kita telah menemukan banyak dunia lain dengan fitur ekstrim didalamnya.

Eksplorasi yang sedang berlangsung dari tata surya kita sendiri dan baru berlangsung beberapa abad ini baru sedikit memecahkan misteri alam semesta yang luasnya tidak main-main dan terus mengambang sudah menemukan fakta bahwa ada dunia di luar kita yang ekstrimnya bahkan kita tidak duga. Inilah tujuh planet ekstrim yang pernah ditemukan.

7 | Planet Terpanas

Planet Terpanas Kelt-9b - Andrew Hidayat (AndrewHidayat.com)
Planet Terpanas Kelt-9b – Andrew Hidayat (AndrewHidayat.com)

Betapa panasnya sebuah planet akan bergantung pada seberapa dekatnya dengan bintang induk dan seberapa panas bintang itu terbakar. Di tata surya kita sendiri, Merkurius adalah planet terdekat dengan matahari dengan jarak 57,910,000km. Temperatur pada sisi terangnya mencapai sekitar 430°C, sedangkan matahari sendiri memiliki suhu permukaan 5,500°C.

Tapi ada bintang yang lebih besar dan memiliki suhu lebih panas daripada matahari. Salah satunya adalah bintang HD 195689 yang juga dikenal sebagai KELT-9. Mempunyai ukuran 2,5 kali lebih besar daripada matahari dan memiliki suhu permukaan hampir 10,000°C. Bintang ini memiliki planet bernama KELT-9b yang lebih dekat dengan bintang induknya dibanding Merkurius dengan matahari.

Ia mengelilingi bintang induknya atau berevolusi hanya dalam 1,5 hari (Merkurius membutuhkan waktu 88 hari). Hal tersebut mengakibatkan planet tersebut bersuhu 4300°C, bahkan lebih panas dari kebanyakan bintang tetapi dengan massa yang lebih rendah daripada matahari kita. Planet Merkurius kita yang berbatu akan menjadi tetesan lava cair jika ada pada suhu ini. KELT-9b adalah planet gas raksasa sama seperti Jupiter.

6 | Planet Terdingin

Planet terdingin OGLE-2005-BLG-390Lb - Andrew Hidayat (AndrewHidayat.com)
Planet terdingin OGLE-2005-BLG-390Lb – Andrew Hidayat (AndrewHidayat.com)

Pada suhu hanya 50 derajat di atas nol mutlak -223°C, OGLE-2005-BLG-390Lb berhasil menggaet judul sebagai planet terdingin. OGLE-2005-BLG-390Lb merupakan planet berbatu yang berukuran sekitar 5,5 kali massa Bumi.

Meskipun tidak terlalu jauh dari bintang induknya di orbit, yang akan menempatkannya di suatu tempat antara Mars dan Jupiter di tata surya kita, bintang induknya adalah bintang kecil dan dingin yang dikenal sebagai bintang red dwarf atau katai merah.

5 | Planet Terbesar

Planet terbesar DENIS-P J082303.1-491201 b - Andrew Hidayat (AndrewHidayat.com)
Planet terbesar DENIS-P J082303.1-491201 b – Andrew Hidayat (AndrewHidayat.com)

Planet DENIS-P J082303.1-491201 b dengan nama lain 2MASS J08230313-4912012 b memiliki massa 28,5 kali Jupiter, menjadikannya planet terbesar yang terdaftar di arsip exoplanet NASA.

4 | Planet Terkecil

Planet terkecil Kepler-37b - Andrew Hidayat (AndrewHidayat.com)
Planet terkecil Kepler-37b – Andrew Hidayat (AndrewHidayat.com)

Hanya sedikit lebih besar dari bulan kita dan lebih kecil dari Merkurius, Kepler-37b adalah planet exoplanet terkecil yang pernah ditemukan. Planet berbatu yang lebih dekat dengan bintang inangnya daripada Merkurius ke matahari. Itu berarti planet ini terlalu panas untuk mendukung air cair dan kehidupan di permukaannya.

3 | Planet Tertua

 

PSR B1620-26 b adalah planet tertua yang pernah ditemukan (12.7 miliar tahun). Planet ini merupakan planet gas raksasa yang mempunyai massa 2,5 kali Jupiter. Umur alam semesta kita adalah 13,8 miliar tahun yang berarti planet tersebut hanya satu miliar tahun lebih tua.

PSR B1620-26 b memiliki dua bintang host yang berputar satu sama lain – dan ini telah melampaui kehidupan keduanya. Ini adalah bintang neutron dan kurcaci putih, yang tersisa ketika bintang membakar semua bahan bakarnya dan meledak dalam supernova. Namun, karena terbentuk begitu cepat dalam sejarah alam semesta, mungkin tidak cukup banyak unsur berat seperti karbon dan oksigen (yang terbentuk kemudian) yang dibutuhkan agar kehidupan dapat berkembang.

2 | Planet Termuda

Sistem planet V830 Tauri baru berumur 2 juta tahun. Bintang induknya memiliki massa yang sama dengan matahari kita tetapi memiliki dua kali radius, yang berarti belum sepenuhnya berubah ke bentuk akhirnya. Planet gas raksasa dengan massa tiga perempat Jupiter mungkin masih baru tumbuh. Itu berarti ia memperoleh lebih banyak massa dengan bertabrakan dengan objek luar angkasa yang lebih kecil seperti asteroid, menjadikannya tempat yang tidak aman.

1 | Planet Beracun

Venus, sebuah planet yang ukurannya hampir sama dengan Bumi, diselimuti awan asam sulfat. Atmosfer Venus bergerak jauh lebih cepat daripada rotasinya, dilengkapi dengan angin yang mencapai kecepatan badai 360km/jam. Badai bermata dua ditopang di atas masing-masing kutub. Atmosfernya hampir 100 kali lebih padat dari Bumi dan terdiri dari 95% karbon dioksida. Efek rumah kaca yang dihasilkan Venus menciptakan suhu sangat panas setidaknya 462°C dipermukaannya, yang sebenarnya lebih panas dari Merkurius. (Andrew Hidayat/Fakta.co.id)

Salam: ZERO.id

Penulis: Andrew Hidayat
Instagram Andrew Hidayat
Pinterest Andrew Hidayat
Twitter Andrew Hidayat

Recent search terms:

  • Indonesia-Irak Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Keagamaan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *