Gili Island Surganya Para Traveler

Diposting pada
Gili Island Surganya Para Traveler - Andrew Hidayat (AndrewHidayat.com)
Gili Island Surganya Para Traveler – Andrew Hidayat (AndrewHidayat.com)

FaktaGili Island Surganya Para Traveler. Apa yang membuat Traveller ingin berkunjung ke Kepulauan Gili Island ? Apakah Traveller ingin berpesta, menyelem atau hanya ingin mendapatkan ketenangan? Bisa jadi alasan lain seperti ingin berbulan madu bersama pasangan? (Baca juga: 4 Tips Liburan Akhir Tahun Bersama Pasangan)

Ada banyak sekali alasan orang – orang memilih untuk berkunjung dan melakukan perjalanan wisata ke Gili Island. Kepulauan Gili dianggap sebagai surganya liburan karena Kepulauan Gili memiliki tiga pulau kecil dengan pasir pantai putih yang memiliki karakteristik sesuai kebutuhan wisatawan yang akan berkunjung.

Baca juga: Gaji Habis Setelah Liburan, Ini Cara Menghemat

Gili Island Surganya Para Traveler

Ayunan di tengah laut Gili Island Surganya Para Traveler - Andrew Hidayat (AndrewHidayat.com)
Ayunan di tengah laut Gili Island Surganya Para Traveler – Andrew Hidayat (AndrewHidayat.com)

Gili Island merupakan gugusan pulau yang terdiri dari 3 pulau kecil yang berada di bagian utara Pulau Lombok. Gili Island berada di Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB)

Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air adalah Ketiga kepulauan dari Gili yang mampu memenuhi kebutuhan liburan dengan karakteristik yang bervariasi.

Gili Trawangan menjadi paling modern diantara yang lain karena di Gili T (Gili Trawangan) memiliki bar, suasana untuk pesta, akomodasi lengkap dan restoran dengan gaya khas tropis.

Sedangkan Gili Air memiliki karakter kuat untuk melakukan penyelaman dan olahraga air.

Gili Meno adalah pulau kecil yang cocok untuk mereka yang butuh ketenangan dan suasan romantis.

Baca juga: Memilih Gadget yang Tepat untuk Anak

1. Gili Trawangan Surganya Pesta

Gili Trawangan, Gili Island Surganya Para Traveler - Andrew Hidayat (AndrewHidayat.com)
Gili Trawangan, Gili Island Surganya Para Traveler – Andrew Hidayat (AndrewHidayat.com)

Sebagai Tempat yang paling maju diantara yang lain Gili Trawangan memiliki suasana yang lebih ramai. Hal ini karena dipulau ini juga terdapat warga asli yang tinggal dan membuka usaha bisnis mereka di pulau ini.

Selain itu, suasana lingkungan sosial yang ramah juga terlihat dan terjalani karena terjadi interaksi langsung wisatawan dengan warga asli. Suasana ramai ini tidak hanya terjadi di siang hari, semakin malam Gili Trawangan akan semakin ramai sehingga tak heran jika banyak yang mengatakan Gili Trawangan sebagai pulau Surganya Pesta.

Kemeriahan suasana di Gili Trawangan sebenarnya difasilitasi dengan beberapa akomodasi yang cukup lengkap dan modern untuk wisatawan.

Baca juga: Tips Praktis Sarapan Sehat yang Perlu Anda Ketahui

Gili Trawangan telah dilengkapai Hotel/ Penginapan/ Homestay dengan variasi kualitas sesuai dengan kebutuhan wisatawan, Banyaknya Bar yang tersebar disepanjang pantai, Restoran dengan Standar Internasional dengan harga murah.

Yang Menjadi ciri khasnya adalah ketika menjelang malam hari akan ada panorama pemandangan matahari tenggelam yang eksotis, makanan malam pasar yang sangat populer dengan makanan seafoodnya yang segar, serta pesta pantai dengan DJ dan penari yang lengkap juga ada disini.

Sebenarnya, Selain menghabiskan waktu dengan berpesta, di Gili Trawangan Traveller juga bisa untuk belajar menyelam atau sedar snorkelig karena ada banyak toko yang menyediakan jasa ini.

Hanya saja ketika Traveller melakukan wisata ke Gili Trawangan Traveller tidak akan menemukan mobil atau motor, karena transportasinya hanya ada Cimodo, Sepeda dan Jalan kaki.

Baca juga: Enak Bingits 4 Keuntungan Weekend Bareng Ortu

2. Gili Meno Hadirkan Suasana Penuh Tenang dan Romantis

Gili Meno Hadirkan Suasana Penuh Tenang dan Romantis - Andrew Hidayat (AndrewHidayat.com)
Gili Meno Hadirkan Suasana Penuh Tenang dan Romantis – Andrew Hidayat (AndrewHidayat.com)

Gili Meno memiliki ukuran pulau paling terkecil dan paling tenang dari ketiga gili lainnya. Bisa dikatakan jika Gili Meno memiliki pantai dengan view terbaik karena memiliki pasir putih dengan perpaduan pohon – pohon yang tesebar disekitan.

Di Gili Meno juga terdapat restauran, beberapa penginapan dan hotel / vila dalam jumlah terbatas sehingga terkesan sangat privasi. Suasana ini sangat cocok untuk Traveller yang sedang mencari suasana romantis untuk berbulan madu atau suka dengan ketenangan.

Jika memiliki keinginan untuk menyelam dan mengelilingi wisata bawah air gili meno juga tesedia beberapa jasa penyedia alat selam atau hanya sekedar snorkeling.

Sama seperti Gili T di Gili Meno untuk alat transportasi hanya menggunakan Sepeda atau berjalan kaki. Sebagai tips saat melakukan perjalan ke Gili Meno sendirian maka kamu mungkin akan merasa cepat bosan sehingga perlu untuk membatasi waktu kunjungan.

Baca juga: 5 Tips Efektif Untuk Mengurangi Stres

3. Gili Air Surgaya Wisata Air

Gili Air Surgaya Wisata Air - Andrew Hidayat (AndrewHidayat.com)
Gili Air Surgaya Wisata Air – Andrew Hidayat (AndrewHidayat.com)

Sebenarnya Gili Air merupakan kombinasi sempurna dari Gili Trawangan dan Gili Meno. Fasilitas yang disediakan oleh Gili Air sama dengan gili trawangan dan untuk suasananya memiliki Suasana damai dan tenang seperti yang disediakan oleh Gili Meno.

Yang menjadi Istimewa adalah ketika kamu bisa melihat seberang laut dengan pemanadangan pantau utara dengan melihat pegunungan Lombok tanpa ada gangguan.

Gili Air merupakan tempat yang paling cocok untuk menyelam karena memiliki Terumbu karang dari pantai lepas timur sehingga kamu bisa melakukan Snorkeling

Baca juga: Sering Migrain Saat Menstruasi Kenapa Ini Bisa Terjadi

Akses Menuju Gili Island

Akses Menuju Gili Island - Andrew Hidayat (AndrewHidayat.com)
Akses Menuju Gili Island – Andrew Hidayat (AndrewHidayat.com)

Ada dua rute untuk menuju ke Gili Island yaitu dari Bali atau dari Lombok. Traveller bisa memilih keduanya sesuai dengan kebutuhan.

Jika Traveller berencana datang ke Gili dari Bali, maka Traveller akan menaiki kapal cepat dengan kurun waktu perjalanan 2 jam.

Ada beberapa titik pelabuhan yang akan memberangkatkan kamu ke Gili Island dari Bali diantaranya Pelabuhan Benoa, Sanur, Padangbai dan Amed.

Jika kamu khawatir tidak mendapatkan kapal penyebrangan dari Bali Ke Gili maka Traveller bisa melakukan pemesana ke beberapa outlet.

Sedangkan jika Traveller berencana ke Gili dari Lombok maka Traveller bisa melakukan perjalanan dengan menggunakan Kapal Cepat dri Teluk Nare sebelah utara dari Senggigi.

Baca juga: Sakit Kepala Bisa Disebabkan oleh Gigi

Tapi, jika Traveller ingin menggunakan perahu publik maka Traveller bisa berangkat dari Pelabuhan Bangsal. Biasanya harga dari perahu publik ini lebuih murah dan Traveller bisa membeli langsung di loket.

Perahu Publik mulai beroperasi pada pukul 10 pagi waktu setempat sampai dengan pukul 5 sore waktu setempat. Untuk tarif kapal publik satu arah ke Gili Air 30rb rupiah, Gili Meno 30rb rupiah dan ke Gili Trawangan 30rb rupiah.

Tapi jika tidak ada kapal bpublik yang beroperasi maka Traveller bisa melakukan penyewaan kapal dengan harga sekitar 280ribu rupiah hingga 400ribu rupiah untuk 20 orang.

Kapan Waktu Yang Tepat Mengunjungi Tempat ini?

Sebaiknya jika Traveller ingin melakukan wisata ke Gili Island usakahan untuk datang pada Oltober atau Maret. Ini adalah musim hujan di Indonesia tapi di gili biasanya mengalami cuaca cerah dan kering.

Sedangkan pada bulan Juni hingga akhir agustus banyak wisatawan yang berkunjung maka tak heran jika banyak kamar yang penuh dan di patok dengan harga yang tinggi. Tapi ada waktu yang lebih tepat untuk mengunjungi Gili yaitu Mei hingga September.

Salam

Andrew Hidayat
Instagram Andrew Hidayat
Pinterest Andrew Hidayat
Twitter Andrew Hidayat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *