Memilih Gadget yang Tepat untuk Anak

Memilih Gadget yang Tepat untuk Anak - Andrew Hidayat (AndrewHidayat.com)

Memilih Gadget yang Tepat untuk Anak – Andrew Hidayat (AndrewHidayat.com)

FaktaMemilih Gadget yang Tepat untuk Anak. Anak membawa gadget canggih, agaknya sekarang sudah tak asing lagi. Banyak orangtua saat ini merasa perlu membelikan anak-anaknya gadget canggih seperti yang biasa digunakan orang dewasa, meski sang anak sebenarnya belum perlu memilikinya.

Gadget yang Tepat untuk Anak

Bukannya tidak boleh karena memang di zaman kemajuan teknologi komunikasi semakin pesat, anak pun sudah mulai diperkenalkan dengan teknologi komunikasi tersebut.

Hanya saja, kebutuhan anak akan gadget sebaiknya disesuaikan dengan usia anak. Berikut ini lima panduan bagi orangtua mengenai jenis teknologi dan gadget yang pas untuk anak sesuai usia mereka.

1. Untuk Bayi dan Balita.

Sebaiknya Anda membatasi penggunaan ponsel atau tablet PC. Pada usia ini, umumnya bayi maupun balita tertarik dengan suara dan sinar. Tak mengherankan jika diberi gadget mereka akan senang memainkannya. Namun perlu diketahui, terekspose cahaya terlalu lama, misalnya layar komputer, tablet, dll., akan berdampak tidak baik bagi penglihatan anak.

Begitu juga paparan radiasi ponsel yang kurang baik bagi otak anak. Disarankan orangtua jangan terlalu sering bermain ponsel dan tablet PC di dekat anak usia balita dan bayi. Usia ini hanya pas dengan permainan berenergi baterai, itu pun yang benar-benar aman.

2. Pra-Sekolah dan TK.

Anak usia ini sebaiknya diberikan gadget edukasi yang dapat mendukung belajar. Mereka juga bisa mencoba menggunakan tablet khusus anak seperti LeapFrog LeapPad 2 atau VTech InnoTab 2. Bisa juga dikenalkan dengan eReader seperti Franklin AnyBook Reader atau LeapFrog Tag Reader.

3. Awal Sekolah Dasar.

Pada usia ini anak-anak mulai siap dengan teknologi yang lebih serius. Mereka bisa mulai memakai iPad, PC, netbook, dan laptop. Yang patut diperhatikan adalah konten yang sesuai dengan usianya. Internet juga harus dibatasi agar tidak menganggu waktu belajar dan bermain mereka di dunia nyata. Untuk internet mereka bisa memakai browser khusus anak seperti Kidzui atau KIDO’Z.

4. Jelang Remaja.

Usia ini sudah berhak memiliki akun Facebook dan ponselnya sendiri, terutama yang berusia di atas 13 tahun. Mereka juga sudah pantas memiliki tablet PC dan PC atau laptop sendiri. Jangan lupa untuk menginsal filter internet seperti Mobicip atau K9 Internet Protection untuk memblokir konten yang tidak sesuai. Walau sudah boleh bermain games dan berinternet serta memiliki privasi untuk itu, tetap usahakan untuk membatasi waktunya.

5. Remaja.

Usia ini jelas sudah berhak memiliki semua perangkat elektroniknya sendiri. Baik itu ponsel, tablet, laptop, PC, konsol games, dan sejenisnya. Mereka juga membutuhkan lebih banyak kebebasan untuk berselancar di internet.

Tetap monitor semua perilaku online-nya, sebab ancaman cybercrime dan cyberbully tetap ada, termasuk juga situs-situs porno.

 

Recent search terms:

  • waktu yang tepat untuk berhubungan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *