Permen Karet, Apa Manfaatnya Bagi Kesehatan Gigi?

Diposting pada
Manfaat Permen Karet Bagi Kesehatan Gigi - Andrew Hidayat (AndrewHidayat.com)
Manfaat Permen Karet Bagi Kesehatan Gigi – Andrew Hidayat (AndrewHidayat.com)

Fakta.co.idPermen Karet, Apa Manfaatnya Bagi Kesehatan Gigi?. Pemen karet banyak digemari di kalangan anak. Disukai karena strukturnya yang kenyal sehingga dapat dikunyah berulang-ulang, serta dapat ditiup sehingga membentuk balon. Disisi lain kesukaan terhadap permen karet juga dapat membantu kita dalam menjaga kesehatan, seperti memperbaiki ingatan, mengurangi konsumsi rokok, berguna juga bagi orang yang ingin diet, dll. (Baca juga: Sakit Kepala Bisa Disebabkan oleh Gigi)

Pada ulasan kali ini, saya akan berbagi info mengenai manfaat permen karet bagi kesehatan gigi dan mulut. Mungkin banyak yang belum tahu, sehingga memandang permen karet hanya dari rasa manisnya dan kegemaran sebagian orang saja.

Baca juga: Cara Mengobati Gusi Bengkak dan Bernanah

Manfaat Permen Karet Bagi Kesehatan Gigi

Sebelum menuju manfaat permen karet bagi kesehatan gigi dan mulut, permen karet yang baik dikonsumsi adalah permen karet yang sedikit atau tidak mengandung gula dan rasa manis yang berlebihan. Tujuannya agar rasa manis yang dikeluarkan permen karet tidak merusak lapisan gigi.

Baca juga: 5 Tanda Kamu Udah Bisa Dibilang Dewasa

Permen karet yang baik adalah, permen karet yang manisnya berasal dari pemanis buatan, seperti xylitol, aspartam, atau sorbitol. Pemanis buatan ini tidak akan menyebabkan rusaknya lapisan gigi. Selain itu, perbedaan permen karet yang mengandung gula dan gula buatan terletak pada jumlah kandungan kalorinya. Pada permen karet yang mengandung gula memiliki 10 kalori, sedangkan yang bebas gula hanya mengandung 5 kalori saja.

Baca juga: Sering Migrain Saat Menstruasi Kenapa Ini Bisa Terjadi

Hati-hati memilih permen karet yang banyak dijual untuk menarik perhatian anak-anak. Dijual dengan warna yang mencolok dan rasa yang beraneka ragam. Disarankan memilih permen karet yang memiliki warna yang normal seperti putih saja dengan kemasan yang aman dari bakteri dan penyakit.

  1. Membantu membersihkan sisa-sisa makanan, kotoran dan bakteri di dalam mulut dapat dilakukan dengan mengunyah permen karet setelah makan kira-kira 20 menit secara rutin.
  2. Kegiatan mengunyah dapat membantu produksi air liu, sehingga fungsi air liur sebagai proteksi gigi dapat tercapai dengan baik.
  3. Mengunyah permen karet terlebih yang mengandung xylitol dapat mengurangi terbentuknya lubang-lubang kecil yang terjadi pada gigi.
  4. Menyegarkan napas yang keluar dari mulut.

Baca juga: Gaji Habis Setelah Liburan, Ini Cara Menghemat

Itulah beberapa manfaat yang bisa kita dapat dari mengunyah permen karet dengan kandungan yang aman, sehingga dapat membantu kebersihan rongga mulut. Namun perlu diketahui mengunyah permen karet tidak dapat menggantikan kewajiban menyikat gigi. Karena tingkat kebersihan gigi yang tercapai lebih baik dengan menggunakan sikat gigi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *