Tips Praktis Sarapan Sehat yang Perlu Anda Ketahui

Tips Praktis Sarapan Sehat yang Perlu Anda Ketahui - Andrew Hidayat (AndrewHidayat.com)

Tips Praktis Sarapan Sehat yang Perlu Anda Ketahui – Andrew Hidayat (AndrewHidayat.com)

Fakta – Tips Praktis Sarapan Sehat yang Perlu Anda Ketahui. Sejak tahun 2013 yang lalu, pemerintah gencar mengkampanyekan Pekan Sarapan Sehat Nasional. Pekan Sarapan Sehat Nasional diselenggarakan setiap tanggal 14 – 20 Februari. Sarapan  penting untuk mengawali kegiatan harian di pagi hari. Hal ini dikarenakan sarapan merupakan makanan yang pertama kali masuk ke tubuh setelah semalaman  kita beristirahat. (Baca juga: 5 Tanda Kamu Udah Bisa Dibilang Dewasa)

Melewatkan sarapan bisa memberikan pengaruh buruk terhadap kesehatan kita. Sarapan berperan penting untuk memelihara ketahanan fisik, daya tahan tubuh, konsentrasi serta produktivitas kerja.

Tips Praktis Sarapan Sehat yang Perlu Anda Ketahui

Sarapan juga tidak asal mengisi perut tetapi perlu mempertimbangkan aspek gizi berimbang. Berikut ini beberapa panduan sarapan sehat yang dapat Anda ikuti:

Baca juga: Enak Bingits 4 Keuntungan Weekend Bareng Ortu

1.  Kenali dan tetapkan waktu sarapan secara teratur.

Anjuran waktu sarapan yang baik adalah sebelum jam 9 pagi. Jika makanan dimakan saat  jam 3 atau jam  4 pagi disebut early breakfast. Sedangkan makanan yang dikonsumsi diantara jam 10.00 dan jam 12.00 disebut brunch. Membiasakan sarapan di waktu yang sama setiap hari penting agar ritme pencernaaan tubuh berjalan dengan baik.

Baca juga: Gaji Habis Setelah Liburan, Ini Cara Menghemat

2.  Penuhi seperempat kebutuhan energi harian saat menyantap sarapan.

Prof. Dr. Ir. H. Hardinsyah, MS menyampaikan  sarapan yang ideal memenuhi ¼ dari kebutuhan energi harian. Pemenuhan energi saat sarapan perlu disesuaikan dengan kebutuhan energi masing-masing individu. Selain merujuk pada kebutuhan energi masing-masing, anda juga dapat memperkirakannya melalui Angka Kecukupan Gizi. Jika berpatokan pada AKG 2013, pemenuhan energi saat sarapan bagi anak batita sekitar 300 kkal. Sementara, bagi anak balita 400 kkal, anak usia sekolah 450 kkal, remaja perempuan 500 kkal, remaja laki-laki 600 kkal, dewasa 600-700 kkal, dan lansia sekitar 500 kkal.

Baca juga: Sering Migrain Saat Menstruasi Kenapa Ini Bisa Terjadi

3. Sediakan makanan sumber karbohidrat kompleks untuk menu sarapan.

Makanan sumber karbohidrat kompleks dicerna tubuh secara perlahan sehingga rasa kenyang dapat bertahan lebih lama. Beberapa sumber karbohidrat kompleks yang bisa dipilih  diantaranya nasi merah, jagung, singkong, ubi, roti gandum dll.

Baca juga: Cara Mengobati Gusi Bengkak dan Bernanah

4. Tambahkan protein sebagai menu sarapan.

Konsumsi sumber protein di pagi hari dapat mengoptimalisasi kerja otak, menghindari melonjaknya keinginan makan  karena dapat menjaga tubuh tetap berenergi hingga waktu makan siang tiba. Beberapa pilihan  sumber protein untuk sarapan yaitu telur, ayam tanpa kulit, daging, serta berbagai jenis kacang-kacangan.

Baca juga: Sakit Kepala Bisa Disebabkan oleh Gigi

5. Batasi konsumsi makanan berlemak saat sarapan.

Beberapa orang memilih menyantap goreng-gorengan sebagai menu sarapan pagi. Harga yang murah serta mudah didapatkan menjadi alasan untuk mengkonsumsi goreng-gorengan. Meski kalori dalam goreng-gorengan tinggi, zat gizi yang paling dominan berasal dari lemak. Lemak membutuhkan waktu cerna yang lebih lama dibanding zat gizi makro lainnya sehingga tidak praktis untuk sumber energi di pagi hari.

Baca juga: Permen Karet, Apa Manfaatnya Bagi Kesehatan Gigi?

6. Lengkapi dengan sayur dan buah.

Tak hanya serat, sayur dan buah juga mengandung berbagai vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh. Tumisan sayur, buah utuh atau jus buah dapat menjadi pilihan untuk penuhi kebutuhan vitamin dan  mineral Anda.Membangun kebiasaan sarapan bergizi seimbang  perlu diperkenalkan sedini mungkin dan dilaksanakan secara kontinu. Bangun lebih awal dan merencanakan menu sarapan dapat memotivasi Anda untuk tidak melewatkan sarapan.  Mari semangat pagi dengan sarapan bergizi.

Baca juga: Memilih Gadget yang Tepat untuk Anak

Salam

Andrew Hidayat
Instagram Andrew Hidayat
Pinterest Andrew Hidayat
Twitter Andrew Hidayat

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *