Gejala Penyakit Rakitis
Kesehatan

Pahami Gejala Penyakit Rakitis yang Biasa Terjadi Pada Anak-anak

Fakta, Gejala Penyakit Rakitis – Pertumbuhan tulang paling optimal berlangsung pada saat kanak-kanak. Dengan mempunyai tulang yang kuat serta sehat, beberapa anak dapat aktif bermain serta mempelajari untuk tingkatkan pengetahuannya.

Tetapi, anak-anak alami permasalahan dalam perubahan tulangnya, sebab struktur tulang yang lebih lunak dari biasanya. Keadaan ini diberi nama dengan penyakit rakitis.

Seperti apa penyakit rakitis yang seringkali menggempur beberapa anak ini? Serta seperti apa gejala penyakit rakitis? Baca penuturannya berikut ini.

Baca : Kenali Gejala Anemia Aplastik Berikut Ini

Apa Itu Penyakit Rakitis?

Berdasar data kesehatan yang diterbitkan oleh National Health Service disebut jika rakitis ialah masalah perkembangan tulang pada anak yang umumnya dikarenakan oleh kekurangan vitamin D serta kalsium.

Dua nutrisi itu bertindak penting untuk perkembangan tulang anak. Badan membutuhkan vitamin D agar menghisap kalsium serta fosfat dari makanan yang dikonsumsi secara baik.

Jika konsumsi vitamin D kurang, karena itu automatis kandungan kalsium serta fosfat pada tubuh juga akan alami penurunan. Pada akhirnya, badan harus terpaksa melepas ke-2 zat itu dari tulang, hingga tulang alami pelunakan (osteomalasia) serta kerapuhan.

Umumnya pengidap rakitis ialah beberapa anak yang berumur di antara 6 bulan sampai tiga tahun. Ini sebab beberapa anak masih alami waktu perkembangan tulang, hingga rawan terserang rakitis.

Banyak hal yang dapat mengakibatkan beberapa anak alami rakitis ialah jarang-jarang terkena cahaya matahari, jarang-jarang minum susu, serta jalani skema makan vegetarian. Meskipun benar-benar jarang-jarang, tapi rakitis dapat juga dikarenakan oleh kelainan genetik.

Gejala Penyakit Rakitis

Rakitis bisa menghalangi perkembangan tulang anak, hingga menyebabkan berlangsungnya kelainan bentuk tulang. Beberapa anak yang menderita rakitis biasanya alami tanda-tanda seperti berikut :

Tulang menjadi Rapuh

Salah satunya tanda-tanda penting rakitis ialah kemampuan tulang yang alami penurunan alias tulang jadi ringkih. Mengakibatkan, anak yang terserang rakitis lebih gampang alami patah tulang (fraktur).

Nyeri pada Tulang

Disamping itu, rakitis mengakibatkan tulang berasa ngilu, hingga beberapa anak yang menderita penyakit ini lebih enggan untuk berjalan atau gampang capek. Waktu berjalan juga, pergerakan kaki anak pengidap rakitis sedikit akan tidak sama.

Mengalami Masalah Gigi

Si Kecil giginya hancur serta banyak yang berlubang? Tidak cuma cokelat serta permen saja yang dapat mengakibatkan gigi anak berlubang. Kenyataannya, rakitis dapat membuat enamel gigi jadi ringkih, hingga anak lebih gampang alami gigi berlubang.

Kelainan Bentuk Tulang

Tanda-tanda rakitis yang lain ialah kelainan pada bentuk tulang. Kelainan ini dapat berbentuk tulang pada pergelangan kaki, lutut, serta pinggang yang menebal, tungkai jadi bengkok, dan tulang tengkorak melunak atau tulang belakang membungkuk.

Jadi, lihat jika Si Kecil mempunyai postur badan yang kelihatan tidak sama dibanding biasanya. Bisa saja ia menderita rakitis.

Pertumbuhan dan Perkembangan Terhambat

Rakitis mengakibatkan perubahan tulang jadi terhalang. Mengakibatkan, beberapa anak pengidap rakitis akan mempunyai tinggi yang lebih rendah dibandingkan beberapa anak yang normal.

Baca juga : Perbedaan Anemia Defisiensi Besi dengan Aplastik

Cara Mendiagnosis Gejala Penyakit Rakitis

Jika ibu curigai anak alami rakitis sebab dia malas berjalan, gampang capek, perkembangan fisiknya terhalang, seringkali merintih ngilu tulang, serta giginya memiliki masalah, selekasnya kontrol anak ke dokter untuk memperoleh analisis yang tentu.

Dokter kemungkinan lakukan kontrol darah untuk tahu kandungan vitamin D serta kalsium pada tubuh anak. Disamping itu, tes darah berguna juga untuk mengukur kandungan fosfor, alkalin fosfat, serta hormon paratiroid yang mengubah kandungan kalsium pada tubuh.

Tidak hanya lewat tes darah, rakitis dapat juga didiagnosa dengan lakukan rontgen serta CT scan. Umumnya, anggota badan yang akan dicheck untuk mengetahui rakitis, diantaranya :

  • Tengkorak. Beberapa anak yang menderita rakitis umumnya mempunyai tulang tengkorak yang lunak. Jika berlangsung pada bayi, karena itu berlangsung keterlambatan penutupan ubun-ubun (fontanel).
  • Dada. Rakitis dapat juga dikenal dari keadaan tulang rusuk yang alami pemipihan.
  • Pergelangan tangan serta kaki. Umumnya bayi serta beberapa anak yang menderita rakitis alami penebalan tulang pada pergelangan.
  • Kaki. Bentuk tungkai kelihatan benar-benar bengkok.

Dokter akan bertanya info tentang kisah kesehatan anak serta keluarga, skema makannya, dan obat-obatan yang sedang mereka mengonsumsi jika ada, untuk mendukung hasil kontrol.

Itu beberapa gejala rakitis pada anak yang seharusnya ibu cermati. Untuk menahan anak alami penyakit ini, yakinkan anak memperoleh konsumsi kalsium serta vitamin D yang cukup. Tidak hanya dari makanan, anak dapat juga memperoleh konsumsi itu dengan konsumsi suplemen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *