10 Makanan Khas Lamongan yang Banyak Disukai Orang

  • Whatsapp
Makanan khas Lamongan

Fakta, Makanan khas Lamongan – Liburan ke satu wilayah tanpa ada mencicip makanan ciri khas ditempat pasti kurang komplet rasa-rasanya. Ditambah lagi untuk menjajal kuliner legendaris dari satu tempat tidak gampang untuk menemukannya di kota lain.

Tidak hanya untuk isi perut, memburu bermacam kuliner enak ciri khas satu wilayah dapat juga jadi satu jadwal atau pekerjaan yang paling terkesan.

Baca juga : 30 makanan khas jawa timur

10 Makanan Khas Lamongan

Nah, bila arah wisata kamu setelah itu Lamongan, karena itu 10 daftar kuliner di artikel ini harus sekali buat dicoba.

1. Makanan Khas Lamongan : Soto Lamongan

Makanan ciri khas Lamongan pertama yang paling harus buat dicoba ialah Soto. Yup, dengar nama menu itu, siapa sich tidak mengenal akan sajian populer ini.

Menurut gambaran, soto ciri khas Lamongan itu mempunyai ciri mencolok dimana kuahnya berwarna kuning berminyak serta didalamnya dikasih penambahan bermacam jenis bumbu rempah.

Serta soto ini umumnya diberikan dengan beberapa bahan penambahan seperti suwiran daging ayam, mie bihun, tomat, potongan kol, daun bawang, telur ayam, jeruk nipis, kerupuk udang dan sambal.

Untuk mencicip makanan ini, satu tempat paling terkenal ialah Depot Asih Jaya di Jln. Panglima Sudirman Blok A No. 4, Sidokumpul, Kab. Lamongan, Jawa Timur. Di sini, harga sotonya cuma seputar Rp. 22. 000/porsinya.

2. Makanan Khas Lamongan : Tahu Campur

Makanan ciri khas namanya Tahu Campur ini diketahui untuk simbol kuliner kota Lamongan. Jadi, lumrah saja bila menu itu jadi salah satunya menu paling harus buat dicicip.

Menurut resep, tahu campur ini bahan dasarnya dibuat dari lontong, bihun, perkedel ketela pohon, tahu, daging sapi, kecambah dan daun selada. Kuliner itu umumnya paling enak jika diberikan dengan penambahan kuah yang digabung petis udang.

Nah, jika ingin mencicipinya ada satu tempat paling pas buat didatangi yakni Warung Mbak Yati di jln. Raya Surabaya-Lamongan, depan stadion Surajaya. Di lapak itu harga tahu campur cuma sekitar 15 beberapa ribu saja per porsinya.

Serta tidak hanya di Lamongan, kuliner enak itu sekarang dapat diketemukan di salah satunya warung di seputar ruang Tebet dimana nama tempatnya ialah Tahu Campur Ojo Lali.

3. Nasi Boranan

Nasi Boranan salah satu Makanan khas Lamongan yang terbagi dalam nasi, rempeyek dan bermacam lauk-pauk seperti ikan bandeng, tahu, dalaman, tahu, tempe, daging ayam atau telur dadar.

Langkah penyajian kuliner ini dapat disebutkan masih tradisionil sebab wadah dilapis dengan daun pisang terlebih dulu.

Nasi Boranan banyak ditawarkan di seputar beberapa pasar kota serta di tempat ini harga umumnya cuma sekitar Rp. 8. 000-Rp. 15. 000/porsinya.

4. Wingko Babat

Wingko babat salah satu tipe makanan tradisionil ciri khas Lamongan yang dibuat dari kelapa, ketan dan beberapa bahan pelengkap yang lain.

Jajanan mudah berbentuk kue itu memiliki bentuk bundar, berwarna cokelat serta mempunyai citarasa gurih dan manis legit.

Wingko babat itu banyak dibeli oleh pelancong umumnya untuk jadikan untuk oleh-oleh buat keluarga atau rekanan terkasih.

Untuk memperolehnya tidak susah, sebab banyak pedagang asongan di seputar pasar Lamongan yang berkeliling-keliling menjajakannya. Serta masalah harga cuma dibandrol seputar Rp. 10. 000/bungkusnya.

5. Makanan Khas Lamongan : Bandeng Colo

Bandeng colo adalah salah satunya tipe masakan tradisionil ciri khas Lamongan yang benar-benar populer sebab mempunyai rasa pedas serta tentunya demikian nikmat.

Kuliner itu bahan dasarnya sendiri dibuat dari ikan bandeng yang selanjutnya diberikan dengan sayuran dan sup kuning.

Menu itu disebutkan colo karena sambalnya yang pedas bersatu dengan rasa masam fresh dari perasan jeruk nipis.

Ingin tahu ingin mencobanya? Nah, Teman dekat JejakPiknik silakan hadir ke rumah makan Asam Bandeng di Jln. Muhamad Duyat no. 12, Sawah, Sidoharjo, Kab. Lamongan, Jawa timur. Untuk harga lumayan murah cuma Rp. 30. 000/bagian, telah komplet dengan nasi.

6. Perkedel

Makanan khas Lamongan setelah itu yang sayang untuk ditinggalkan demikian saja ialah Perkedel. Kuliner ini adalah salah satunya tipe penganan tidak sama dari biasanya.

Dari sisi bahan fundamen, kuliner itu memang sebagian besar sama dengan yang berada di wilayah lain. Namun, penyajian perkedel ciri khas Lamongan ini warnanya lebih kuning jelas.

Untuk memperoleh makanan pendamping ini bukan hal susah, sebab hampir tiap warung soto tetap sama akan kudapan itu serta umumnya cuma dihargai seputar Rp. 1. 000-Rp. 3. 000/bijinya.

7. Rawon

Rawon adalah salah satu Makanan khas Lamongan yang langkah memasaknya sama juga dengan di wilayah lain dimana kluwak digunakansebagai pemberi warna hitam gelap pada makanan itu.

Tetapi ketidaksamaan yang menonjol dari rawon ciri khas Lamongan ini ialah kuliner itu dibuat dengan ditambah lagi kunyit.

Nah, ingin tahu kan bagaimana rasa-rasanya? Satu tempat paling top buat didatangi ialah Warung Rawon Tendang di jln. Achmad Yani, Nganglik timur, Sukorejo, Lamongan. Di warung itu harga per porsinya dibandrol cuma rata-rata 25 ribu saja.

8. Jumbrek

Jumbrek salah satu Makanan khas Lamongan datang dari Paciran memiliki bahan fundamen tepung beras yang digabung dengan santan kelapa dan gula jawa.

Jajanan tradisionil ini dibuat seperti seperti kerucut serta dibungkus memakai daun siwalan lantas dikukus sampai masak. Kuliner itu mempunyai memiliki citarasa manis dan memiliki tekstur lembut.

Untuk memperolehnya, silakan hadir ke warung Bu Kurmini di samping barat WBL. Di sini harga Jumbrek cuma dibandrol seputar Rp. 20. 000/bungkusnya.

9. Marning

Marning ialah semacam makanan memiliki bahan fundamen jagung kering yang digoreng sampai garing serta mempunyai citarasa gurih dan renyah.

Disaksikan dari gambar atau photo, makanan itu tidak cuma pas buat jadikan untuk camilan saja tetapi bagus sekedar untuk oleh-oleh.

Untuk memperolehnya, Teman dekat JejakPiknik silakan hadir ke home industry Jagung Marning Kak Ron di Puncak. Di sini harga camilan itu cuma sekitar Rp. 13. 000/kg.

Ental atau es dawet siwalan ialah semacam sajian pembuka ciri khas Lamongan yang dibuat dari tepung beras, santan kelapa, gula jawa serta buah siwalan.

Minuman itu mempunyai rasa manis dan fresh serta benar-benar pas di nikmati waktu cuaca panas. Menu ini cuma diketemukan didaerah Paciran saja. Masalah harga umumnya sekitar Rp. 1. 000/gelasnya.

Semua catatan di atas ialah data paling akhir di saat tulisan ini dibikin. Bila ada perkembangan paling baru yang Kamu tahu, silahkan informasikan pada kami pada kotak kometar berikut ini ya. Begitupun bila ada yang salah, punyai masukan serta pendapat. Terima kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *