15 Makanan Khas Semarang yang Pasti Membuat Ketagihan

  • Whatsapp
Makanan Khas Semarang

Makanan Khas Semarang – Siapa yang ngomong Semarang cuma populer untuk teritori industrinya? Faktanya, kota paling besar sesudah Jakarta serta Bandung yang terdapat di Jawa Tengah ini dikenal juga sebab punyai beberapa makanan menggugah hasrat.

Kecuali lumpia, masih banyak lagi bermacam jenis makanan ciri khas Semarang yang lain yang tidak kalah enak serta harus dicoba oleh Teman dekat JejakPiknik waktu bertandang ke wilayah ini.

Nah, ingin tahu kan apa nama makanannya? Tenang saja, sebab pada artikel kesempatan ini kita bukan hanya akan mengulas namanya saja tetapi komplet dan penuturannya, resepnya sampai langkah membuatnya.

Baca juga artikel lainnya tentang kuliner

Oke, tanpa ada basa-basi, langsung ya kita baca.

Makanan Khas Semarang

1. Lumpia

Dipanggil untuk kota Lumpia, kamu sudah mengetahui kan apa nama kuliner pertama yang harus dicoba dari wilayah Semarang ini?

Yap, lumpia ialah Makanan Khas Semarang paling harus buat dicoba. Kenapa? Ya, sebab kudapan enak berbentuk camilan mudah ini teksturnya benar-benar renyah serta muatan gizinya lumayan tinggi jadi bisa banyak faedahnya buat kesehatan.

Berdasarkan keterangan Wikipedia, lumpia ialah lembaran tipis memiliki bahan fundamen tepung gandum yang jadikan untuk pembungkus isian seperti sayuran fresh, daging, telur atau makanan laut.

Kecuali pas jadikan camilan setiap waktu baik pagi, siang atau malam hari, jajanan tradisionil ini awet dan bertahan lama hingga pas buat jadikan oleh-oleh untuk beberapa orang di dalam rumah.

Serta Lumpia Toko Oen di Jln.Pemuda No.52, Bangunharjo ialah tempat terpopuler di Semarang. Masalah harga dapat disebut lumayan murah cuma sekitar Rp.11.000-Rp.13.000/bijinya.

2. Roti Ganjal Rel

Dengar namanya, kemungkinan kamu akan ketawa. Tetapi sesudah mencicipinya, kemungkinan bisa saja akan suka.

Diberi nama demikian sebab memiliki bentuk memang seperti dengan bantalan rel kereta api. Apabila kita melihat dari photo atau gambarnya, ciri penganan itu seperti terlihat roti gambang, padat dan cukup alot.

Menurut riwayat, roti ini adalah peninggalan Belanda tempo dahulu. Penganan itu umumnya diberikan waktu acara pawai sebelum bulan Ramadhan datang.

Walau telah langka serta hampir punah, tetapi roti ganjal rel ini masih dapat didapati di toko oleh-oleh. Tentang harga, cuma Rp.20.000/kotaknya.

3. Bandeng Presto

Bandeng presto adalah salah satunya kuliner paling baik di kota Semarang yang harus buat dicicip oleh Teman dekat JejakPiknik.

Penganan ini dibuat dari ikan bandeng yang diproses dengan di presto buat untuk melunakkan dan hilangkan duri dari ikannya.

Presto salah satu teknik memasak dengan memakai desakan uap air tinggi dimana panci akan ditutup rapat supaya airnya tidak membludak.

Untuk memburu kuliner ini, hadir saja ke Bandeng Bonafide, alamatnya ada di jln.Pandanaran No.53, Randusari, Kec. Semarang Selatan, Jateng. Masalah harga, umumnya dibanderol dari mulai Rp.57.000-Rp.106.000/kg, bergantung macamnya.

4. Tahu Gimbal

Setelah itu ada tahu gimbal, yakni salah satunya tipe penganan nikmat ciri khas dari Simpang Lima yang berbahan terbagi dalam tahu, kol, lontong, tauge, gimbal dan saus bumbu kacang.

Selain langkah membuat termasuk sangatlah gampang, citarasa kuliner cepat saji ini demikian nikmat sebab bumbu kacangnya diracik dengan resep spesial memakai petis udang.

Serta untuk menikmatinya, Tahu Gimbal Pak Edi di Jln.Menteri Supeno, Megahsari, Semarang Selatan ialah tempatnya. Di sini, kita perlu mengambil kantong 14 ribu saja buat melahap satu porsi menu enak itu.

5. Wedang Tahu

Selesai berkunjung ke deretan obyek wisata menarik di Semarang, sekarang waktunya Teman dekat JejakPiknik untuk hilangkan rasa haus serta dahaga dengan nikmati wedang tahu.

Wedang tahu salah satu contoh minuman ciri khas Semarang yang dibuat dari kedelai serta agar-agar. Untuk kuahnya sendiri diracik memakai resep rempah-rempah spesial seperti jahe serta gula merah.

Minuman satu ini tidak cuma fresh tetapi bermanfaat melegakan tenggorokan dan menyembuhkan masuk angin. Disamping itu, kuliner yang gampang dibikin ini citarasanya juga cukup manis.

Untuk nikmati sajian pembuka ini tidak susah, sebab di teritori Gajah Mada, MT.Haryono, Pasar Pecinan serta kampung Semawis, banyak pedagang keliling menjajakannya. Masalah harga, cuma sekitar Rp.6.000-Rp.10.000/porsinya.

6. Wingko Babat

Kuliner selanjutnya ini ialah semacam kue memiliki bahan fundamen kelapa muda, tepung ketan dan gula. Ciri dari wingko itu memiliki bentuk bulat serta umumnya dibungkus memakai kertas.

Menurut asal mula, wingko ialah penganan asli dari Babat yaitu salah satunya desa di kabupaten Lamongan Jawa Timur, tetapi ditingkatkan serta lebih populer di Semarang.

Serta Wingko Babat Cap Kereta Api salah satu merek terbanyak dicari baik itu warga lokal atau pelancong di luar kota.

Tempat untuk memburu cap Kereta Api ini ada di Jln.Cendrawasih No.14, Semarang. Masalah harga, umumnya dibandrol mulai Rp.2.400-Rp.3.200/biji serta Rp.26.500-Rp.39.000/dus.

7. Garang Asem

Senang dengan kuliner memiliki tekstur kering, sekarang waktunya kita berubah ke masakan berkuah ciri khas Semarang namanya yakni garang asem.

Garang asem ini adalah kuliner tradisionil berisi ayam dan kuah santan yang digabung dengan bumbu dibuat dari belimbing wuluh. Makanan berat ini aromanya benar-benar menarik hingga benar-benar tidak mungkin untuk mengabaikannya.

Khasnya lagi, garang asem itu dibungkus daun pisang yang ditutup memakai lidi jadi kesan-kesan tradisionilnya lebih terlihat.

Serta untuk menikmatinya, Garang Asem Sari Rasa di Jln.Ki.Mangunsarkoro No.15, Karangkidul ialah tempat paling referensi. Di sini, harga satu porsi menu itu dibandrol cuma 12 ribu saja.

8. Tahu Pong

Diberi nama demikian sebab tahu ini didalamnya kopong. Tetapi supaya citarasanya makin nikmat, kuliner itu umumnya ditambah lagi gimbal udang serta cabe rawit.

Rasa-rasanya yang gurih serta empuk membuat kuliner ini banyak disukai, khususnya golongan pelancong. Serta kudapan itu paling nikmat jika ditemani dengan minuman-minuman fresh.

Serta yang paling legendaris dan sangat populer ialah Tahu Pong Karangsaru di Pringgading Raya No.11D. Di sini, harga dipasarkan cuma seputar Rp.16.000 saja.

9. Nasi Ayam

Makanan Khas Semarang selanjutnya adalah nasi ayam. Bila disaksikan dari gambar, kuliner ciri khas Semarang satu ini isiannya seperti dengan nasi liwet Solo dimana diperlengkapi telur, suwiran ayam, kuah opor dan sambal goreng jipan.

Nah, bila ingin mencicipinya, nasi ayam Bu Wido Jln.Telogorejo, persisnya antara Hotel Ciputra serta Plaza Simpang Lima ialah tempat paling pas buat menikmatinya.

Bu Wido ini telah membuka semenjak tahun 1994 serta kecuali populer enak, harga satu porsi nasi ayamnya cukup dapat dijangkau cuma sekitar Rp.10.000-Rp.27.000 saja.

10. Soto Bangkong

Menu paling baik setelah itu dari Semarang ialah soto bangkong, salah satunya kuliner nikmat yang kelezatannya tidak dapat dipandang sepele.

Soto bangkong yang diberikan dalam mangkuk kecil ini umumnya berisi suwiran ayam, tauge, bihun, potongan tomat dan taburan bawang merah.

Nama kuliner ini diambil dari bahasa Jawa, bangkong yang berarti kodok memiliki ukuran besar. Apabila ingin menikmatinya Soto Bangkong Pak Karno di Jln.Brigjen Katamso No.01 ialah tempatnya.

Di dalam rumah makan legendaris ini, satu bagian soto bangkong dibandrol cuma Rp.15.000-Rp.25.000 saja. Nah, cukup dapat dijangkau kan?

11. Jongkong

Di Semarang ada juga kue tradisionil memiliki bahan penting singkong, namanya yakni jongkong. Untuk membuat cukup gampang dimana ubinya diparut selanjutnya ditambah parutan kelapa, garam dan air daun pandan.

Tetapi sayangnya, kehadiran jongkong makin tergerus kuliner modern jadi untuk memperoleh kudapan ini termasuk cukuplah susah.

12. Torakur

Nah, jika Teman dekat JejakPiknik berkunjung ke Bandungan, karena itu janganlah sampai terlewat mencicip kuliner namanya torakur (tomat rasa kurma) ya.

Torakur ialah semacam manisan yang bahan intinya dibuat dari tomat selanjutnya diawetkan memakai gula serta mempunyai hasil seperti kurma.

Bila ingin memperolehnya, outlet Bu Ngesti di Jln.Pangeran Diponegoro No.51, KM 1, 7, Bandungan ialah spot paling cocok buat dituju. Di sini, harga torakur dipasarkan seputar Rp.17.000-Rp.35.000/paket.

13. Gudeg

Kecuali di Jogja, gudeg dapat juga didapati di Semarang. Konon tuturnya, kuliner itu pada awalnya datang dari wilayah Ambarawa, Jawa Tengah.

Walau namanya sama tetapi gudeg ciri khas Ambarawa ini tidak sama dari yang di Jogja dimana bahan intinya ialah daun singkong rebus dan aren selanjutnya diperlengkapi dengan urat tendon sapi.

Jika ingin menikmatinya, Gudeg Merakmati di Jln.Raya Kangkung, Senggrong, Bawen, Ambarawa ialah spot paling cocok. Di restoran itu, harga menu ini dibandrol cuma seputar Rp.5.000 saja.

14. Tumpi

Buat kalian yang cari makanan kering ciri khas Semarang, Tumpi ialah pilihan paling pas buat dicari.

Tumpi ini ialah semacam peyek dengan topping kacang hijau serta mempunyai rasa renyah, gurih lezat. Camilan ini dapat tahan lama walau tidak memakai bahan pengawet.

Cukup dengan anggaran Rp.11.000, kita bisa memperoleh satu bungkus tumpi di pusat oleh-oleh atau toko online di seputar wilayah Karangbolo, desa Lerep, Ungaran Barat, kota Semarang.

15. Nasi Pindang

Nah, kuliner paling akhir ini tidak dibuat dari ikan seperti biasanya tetapi memakai olahan daging sapi yang selanjutnya digabungkan dengan kuah kluwek serta daun melinjo.

Pada umumnya memang terlihat seperti nasi rawon ciri khas Jawa Timur, tetapi warnanya tidak pekat serta citarasanya juga lebih fresh.

Serta resto Pak Ndut ialah spot paling cocok buat melahapnya. Lapak paling dekat ke kantor Tubuh Kepegawaian Wilayah ini terletak ada di Jln.Stadion Selatan, Karangkidul, Semarang.

Di warung legendaris yang telah bekerja semenjak tahun 1973 ini, harga nasi pindang dibandrol cuma sekitar Rp.11.000 saja seporsinya.

Semua catatan di atas ialah data paling akhir di saat tulisan ini dibikin. Bila ada perkembangan paling baru yang Kamu kenali, silahkan infokan pada kami pada kotak kometar berikut ini ya. Begitupun bila ada yang salah, punyai masukan serta pendapat. Terima kasih. Parlindungan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *