Kesenian Jawa Timur
Seni Budaya

15 Kesenian Jawa Timur

Fakta.co.id – Selain Jawa Timur mempunyai beberapa obyek wisata yang menarik serta Cagar Alam budayanya, Jawa Timur banyak juga memberi sumbangan kebudayaan seni daerahnya untuk membesarkan nama indonesia dimata dunia. Dari beragamnya kebudayaan serta istiadat suku di Jawa Timur, tentu saja banyak dampak yang benar-benar kelihatan tidak kecuali pada bagian seni budaya daerahnya. Dari banyaknya kebudayaan wilayah Jawa Timur yang membesarkan hati, tujuh kesenian asli Jawa Timur ini akan membuat kamu berdecak takjub bila berkesemptan dapat melihat pertunjukannya dengan cara langsung.Berikut daftarnya:

Kesenian Jawa Timur

1.Tari Seblang

Tari Seblang ialah sebuat ritual tradisionil ciri khas suku Osing. Tari ini melambangkan kesakralan, ritual pertemuan dua dunia, sekaligus juga untuk rasa sukur atas anugerah yang diberi oleh sang Pencipta dan jadi permintaan untuk tolak bala. Untuk beberapa penari yang akan membawakan tarian Seblang sebaiknya keturunan dari penari awalnya serta di pilih langsung oleh ‘dukun’setempat.

2.Tari Bedoyo Wulandaru Blambangan

Dengan cara etimologi, “wulandaru” adalah kombinasi dari “wulan” serta “ndaru”. “Wulan” bermakna bulan, yang dengan cara luas bisa dimaknai menerangi kegelapan. “Ndaru” bermakna bintang jatuh, atau dengan cara filosofis dimaknai untuk sinyal peruntungan. Sesaat, “bedoyo” mengacu pada beberapa penari yang membawakannya. “Bedoyo” adalah pernyataan yang diperuntukkan pada beberapa wanita yang membawakan satu tari.  

Lewat tari ini, warga Blambangan ingin mengutarakan kebahagiaan mereka, yang seperti mendapatkan cahaya bulan yang jelas serta peruntungan yang mengagumkan. Gerak tari serta musik yang menemani tari bedoyo wulandaru adalah peningkatan dan pengayaan yang ada pada musik sablang serta gandrung Banyuwangi.  

Di akhir atraksi, beberapa penari akan lemparkan beras kuning serta logam benggol (mata uang pada jaman penjajahan serta saat ini diganti dengan mata uang logam). Beras kuning yang ditaburkan untuk menyingkirkan semua bala serta masalah. Sesaat, logam benggol untuk mengikat hati rakyat supaya masih memberi dukungan serta taat pada pemerintah yang sedang berkuasa.

3.Ketoprak

Ketoprak yang dalam bahasa jawa ‘Kethoprak’ ialah semacam seni panggung yang datang dari Jawa timur. Ketoprak sendiri adalah sandiwara yang dipentaskan diselingi dengan lagu-lagu tradisi Jawa serta disertai dengan alat musik Gamelan. Topik narasi dalam satu atraksi ketoprak berbagai macam. Umumnya diambil dari narasi legenda atau riwayat Jawa. Banyak juga diambil narasi di luar negeri.

4.Sendratari Giri Gora Dahuru Daha

Garapan sendratari Giri Gora Dahuru Daha ambil seting Kerajaan Kahuripan yang di pimpin oleh seorang raja namanya Airlangga. Di lokasi Kahuripan ada satu desa yang namanya Daha, di desa berikut Janda Calon Arang tinggal bersama-sama anak tunggalnya yang namanya Ratna Manggali.

Perselisihan diawali saat Ratna Manggali mendapatkan cibiran dari beberapa pemuda kampung untuk wanita tidak laris. Walau cantik, Ratna Manggali tidak jua diperisteri orang karena beberapa pemuda takut dengan Calon Arang yang tukang santet. Dengar hal itu, Calon Arang selanjutnya lakukan pembalasan dengan menyebar penyakit aneh ke kesemua orang yang berada di Desa Daha.

Lihat rakyatnya menanggung derita sebab tindakan Calon Arang, Airlangga bersama-sama Mpu Baradah muridnya Mpu Bahula lakukan perlawanan. Calon Arang yang dibantu oleh Dewi Durga juga pada akhirnya hangus terbakar oleh kemampuan yang dipunyai oleh Mpu Baradah.

5. Karapan Sapi

Karapan sapi ialah pacuan sapi ciri khas dari Pulau Madura. Dengan menarik sebentuk kereta, dua ekor sapi berlomba-lomba dengan disertai oleh gamelan Madura yang disebutkan Saronen. Pada perlombaan ini, sepasang sapi yang menarik seperti kereta dari kayu (tempat joki berdiri serta mengatur pasangan sapi itu) dipicu dalam lomba beradu cepat menantang pasangan-pasangan sapi lain.

6.Reog Rampak Galuh Jati Probolinggo

Salah satunya tipe kesenian reog yakni reog rampak galuh jati. Dalam pertunjukannya, reog ini mainkan lakon yang menceritakan prajurit Panji Asmara Bangun pergi ke arah rimba untuk melakukan bedhag pikat.

Tetapi ditengah-tengah perjalanan beberapa prajurit ini dicegat oleh Wadya Gandharwa yang ingin mengonsumsi beberapa prajurit ini. Kemudian, terjadi peperangan di antara Wadya Gandharwa dengan prajurit. Peperangan seru ini juga selanjutnya dimenangi beberapa prajurit Asmara Bangun Menang.

Kesenian Rampak Galuh Jati ini umumnya dipentaskan pada acara-acara kirab budaya yang diadakan Pemerintah Wilayah.

7.Tari Ambarang Tulungagung

Tari Ambarang adalah garapan kreasi yang bercerita mengenai pengamen jaranan di Tulungagung. Seni adat jaranan sendiri terdiri jadi beberapa macam, diantaranya,   jaranan serentewe, jaranan campursari, jaranan pegon, serta jaranan Jawa. Dalam tari Ambarang, seni jaranan yang diambil untuk landasannya ialah jaranan serentewe. Jaranan tipe ini memiliki keunikan pada gerakannya yang lebih agresif.

8.Singo Ulung Bondowoso

Tari tradisional ini dibuat oleh seorang pemuda brewok dengan baju kusam namanya Kiai Singo Wulu yang dihormati sebab kesaktiannya seputar 400 tahun yang kemarin. Kiai Singo ialah nama orang yang hadir dari Ponorogo yang disebut masih keturuan dari kerabat bupati Ponorogo Batoro Katong.

Dalam perjalanannya untuk ceramah islami, Kiai Singo Wulu berhenti dalam suatu rimba yang masih tetap lebat serta berteduh dalam suatu pohon Belimbing untuk istirahat. Kehadiran Kiai Singo Wulu membuat murka Jasiman yang disebut penguasa rimba itu sebab sudah lancang masuk wilayahnya, sampai pada akhirnya terjadi perkelahian yang seru di antara kiai singo wulu serta Jasiman yang kedua-duanya memakai kayu rotan yang berada di rimba itu.

Jasiman untuk penguasa rimba tidak ingin mengalah, sampai pada waktunya Kiai Singo mengubah wujudnya jadi ” Sardula Seta ” atau harimau Putih. Jasiman tidak dapat menantang Kiai Singo yang semakin memojokannya serta tidak bisa berdaya, selanjutnya Jasiman mengalah serta minta pertempuran di hentikan.

9.Reog Ponorogo

Reog salah satu kesenian yang datang dari Jawa Timur, terutamanya kota Ponorogo. Di Indonesia, Reog salah satu budaya wilayah yang masih kental dengan beberapa hal yang bau mistik serta pengetahuan kebatinan. Piranti yang harus ada pada satu atraksi Reog Ponorogo ialah topeng kepala singa, figur warok serta gemblak.

Seni Reog Ponorogo ini terbagi dalam 2 sampai 3 tarian pembuka. Tarian pertama umumnya dibawakan oleh 6-8 pria gagah berani dengan baju serba hitam, dengan muka dipoles warna merah. Selanjutnya ialah tarian yang dibawakan oleh 6-8 gadis yang naiki kuda. Pada reog tradisionil, penari ini umumnya dimainkan oleh penari lelaki yang kenakan pakaian wanita.

10. Wayang Kayu Asli Nganjuk

Wayang timplong biasanya membawakan narasi yang datang dari wilayah kesenian ini pertama-tama ada. Umumnya ceritanya terkait dengan Kerajaan Mataram Kuno. Berdasar perubahannya, sekarang narasi yang dibawakan dalam wayang timplong sesuai dengan kondisi budaya yang sekarang sedang berjalan. Pemirsa juga tidak jemu dengan narasi yang dipentaskan dalam atraksi wayang timplong.

11. Ludruk

Ludruk adalah satu atraksi drama tradisionil yang dimainkan oleh satu barisan kesenian yang dipentaskan dalam suatu panggung dengan ambil topik mengenai kehidupan rakyat setiap hari.

Arah dari seni Ludruk sendiri adalah untuk fasilitas hiburan buat rakyat. Dalam atraksi, umumnya Ludruk menggunakan ulas Surabaya atau Malang yang jauh dari bahasa cendekiawan. Mengapa demikian? Agar pesan yang dikatakan pada kesenian Ludruk dapat diserap dari semua lapiran warga.

12. Tari Remo Asal Jombang

Tari Remo adalah salah satunya tarian untuk penyambutan tamu agung, yang diperlihatkan baik oleh satu atau banyak penari. Tarian ini sebetulnya bercerita mengenai perjuangan seorang pangeran dalam medan pertandingan. Namun dalam perubahannya tarian ini bertambah lebih seringkali ditarikan oleh wanita, hingga menimbulkan style tarian lainnya : Remo Putri atau Tari Remo gaya wanita.

Menurut sejarahnya, tari remo adalah tari yang spesial dibawakan oleh penari laki – laki. Ini terkait dengan lakon yang dibawakan dalam tarian ini. Atraksi tari remo biasanya tampilkan cerita pangeran yang berusaha dalam satu medan pertarungan. Hingga bagian kemaskulinan penari benar-benar diperlukan dalam tampilkan tarian ini.

Berdasar perubahan riwayat tari remo, dahulunya tari remo adalah seni tari yang dipakai untuk pembuka dalam atraksi ludruk. Tetapi seiring waktu berjalan, peranan dari tari remo mulai berubah dari pembuka atraksi ludruk, jadi tarian penyambutan tamu, terutamanya tamu – tamu kenegaraan.

13. Wayang Topeng

Wayang Topeng ialah wayang yang dimainkan oleh orang dengan memakai topeng yang tutupi muka. Wayang Topeng ini dimainkan dengan iringan Gamelan dan tari-tarian. atraksi wayang topeng Malang. Atraksi itu hampir seperti dengan ide wayang orang.

14. Jaran Bodhag

Jarang-jarang Bodhag salah satu kesenian tradisionil asli Probolinggo Jawa Timur. Perubahan dari kesenian Jaran Kecak. Jaran Bodhag mulai ada serta diketahui oleh warga Kota Probolinggo semenjak jaman awal kemerdekaan.

15. Tari Remong

Tari Remong ialah satu tarian dari Surabaya yang melambangkan jiwa kepahlawanan. Ditarikan di saat menyongsong beberapa tamu. Tari ini adalah tari provinsi yang memperlihatkan keperkasaan, kejantanan serta kegagahan.

Itulah daftar kesenian di jawa timur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *