6 Langkah Merawat Bayi Agar Ia Tetap Aman

  • Whatsapp
Merawat Bayi

Fakta,Merawat Bayi – Sesudah anak lahir, sangat lumrah bila Bunda bertanya-tanya mengenai langkah jaga serta menjaga anak. Bunda tidak perlu bingung, terdapat beberapa info dari beberapa pakar yang dapat Anda dapatkan di Ibupedia. Nah, di bawah ini beberapa panduan menjaga bayi baru lahir supaya dia masih aman serta sehat.

6 Langkah Merawat Bayi

1. Siaga Waktu Anak Mandi

Mandi dapat jadi peristiwa untuk merajut ikatan batin, tetapi ini dapat juga jadi kondisi yang rawan buat bayi. Sebab kepala bayi lebih berat dari tubuhnya, mereka dapat dengan gampang jatuh ke depan serta terbenam di air. Bayi bisa terbenam walau di air dengan kedalaman satu inci, serta ini berlangsung cepat sekali.

Jangan sampai meninggalkan bayi Anda waktu memandikannya. Ini bermakna jangan meninggalkannya untuk ambil handuk, tinggalkan si kecil sebab harus membuka pintu waktu ada tamu, dan tidak repot dengan smartphone. Siapkan semua benda yang Anda butuhkan untuk memandikan anak sebelum menempatkan si kecil ke baknya, beri perhatian seluruhnya untuk bayi Anda, serta abaikan lainnya sampai si kecil sudah usai kenakan pakaian.

Naikkan kesiagaan Anda serta turuti panduan berikut supaya si kecil masih aman waktu mandi :

  • Jangan sampai tinggalkan bayi sendiri walau cuma satu menit. Mengumpulkan semua benda yang Anda perlukan. Pegang tubuhnya dengan satu tangan saat dia ada di di air. Bila bel pintu atau telephone mengeluarkan bunyi serta Anda harus menjawabnya, angkat bayi dari bak serta selimuti dengan handuk lantas bawa juga bersama-sama Anda.
  • Yakinkan kamar mandi dalam temperatur hangat sebab bayi dapat cepat merasakan kedinginan.
  • Bak mandi umumnya licin waktu basah jadi melengkapi dengan alas karet agar lebih aman. Yakinkan kepala bayi aman dari bentrokan keras.
  • Jangan tempatkan bayi di bak mandi saat air masih mengalir. Temperatur air dapat beralih atau air menjdai begitu dalam.
  • Untuk anak yang bisa duduk, pakai bath ring untuk tambahan penyelamatan. Tetapi janganlah sampai meleng, bayi dapat terpeleset atau terjepit.
  • Air mandi harus hangat serta nyaman. Uji dengan pergelangan tangan atau sisi dalam siku untuk pastikan tidak panas.
  • Isi bak mandi dengan 2 sampai 4 inci air untuk bayi.
  • Jangan dibiarkan bayi berdiri di bak mandi.
  • Anda dapat memandikan bayi di air yang tidak mengalir seandainya telah bersihkan ruang popok serta lipatan kulit terlebih dulu. Sabun serta sampo dapat membuat kulit kering serta menyebabkan ruam. Bila memakai sabun, pilih formula yang mudah yang spesial dibikin untuk bayi serta jangan pakai kebanyakan. Supaya bayi tidak kelamaan ada di air bersabun, bermain-mainlah diawalnya serta baru pakai sabun serta sampo diakhir mandi.
  • Jauhkan perlengkapan listrik seperti pengering rambut dari bak mandi.
  • Jangan dibiarkan anak menggenggam keran air. Walau dia belum dapat menggerakkannya, perlahan dia akan lumayan kuat mengerjakannya, serta ini dapat menyebabkan luka serius. Anda harus menempatkan bayi dengan tempat membelakangi keran air.

2. Pakai Car Seat Dengan Pas

Car seat jadi penemuan yang mengagumkan bermanfaat. Kemungkinan orang-tua Anda belum pernah memakainya dahulu. Sekarang memiliki bentuk yang portable, mudah, serta gampang dikenai, dapat membuat perlindungan bayi lebih baik. Tetapi banyak orang-tua yang masih tetap salah memakainya hingga kurangi efektifitas benda yang satu ini.

Terkadang orang-tua menempatkan klip begitu rendah atau begitu tinggi, atau tali terpasang begitu longgar. Yakinkan Anda tidak mengerjakannya dengan cermat membaca petunjuk pemakaiannya. Beberapa orang-tua biarkan bayi tertidur di car seat di waktu malam hari.

Tetapi ini beresiko, saat bayi ada di car seat untuk waktu yang lama, kepala mereka dapat jatuh ke depan serta menghalangi jalan udara. Beberapa pakar serta merekomendasikan bayi dikeluarkan dari car seat sesudah satu jam, walau saat Anda mengemudi untuk hindari risiko ini. jangan sampai tempatkan bayi di car seat yang ada di atas furniture, dia dapat terjatuh dari meja, ini berlaku untuk bouncer.

3. Yakinkan Tempat Tidur Aman

Umumnya tempat tidur bayi berisi boneka mainan serta selimut, tetapi ini benar-benar tidak dianjurkan untuk merawat bayi. Letakkan tempat tidur bayi jauh dari tirai atau penutup jendela sebab saat bayi makin bertambah besar serta mulai mempelajari, benda ini akan menarik baginya. jangan menggantung benda berat di atas tempat tidur bayi. Pasti Anda tidak mau benda ini terjatuh serta menerpa si kecil.

4. Keamanan Rumah Untuk Bayi

Waktu bayi makin bertambah besar, dia dapat dengan gampang ada dalam bahaya. Walau proses tutup jalan keluar, menempatkan gerbang, serta menutup almari memerlukan waktu beberapa waktu, amankan bayi jadi langkah penting untuk memberikannya ruangan yang bebas bahaya saat dia makin banyak bergerak.

jauhkan benda yang dapat membuat tersedak, sampai mereka cukup pahami mana yang makanan serta mana yang bukan. Banyak bayi mempunyai insting untuk masukkan apapun ke mulut, termasuk juga koin, kotoran, serta mainan memiliki ukuran kecil. Lakukan menghindari benda kecil dari capaian bayi. Tidak hanya tersedak, beberapa benda kecil seperti baterei kecil berwarna perak di dalam remot control adalah toksin serta memunculkan bahaya saat tertelan.

Kakak si bayi perlu dilatih. Batita serta anak umur prasekolah umumnya senang memberikan makan bayi. Sampaikan anak yang semakin besar tidak untuk lakukan ini serta yakinkan mereka dipantau saat ada di seputar bayi.

5. Perlindungan Dari Cahaya Matahari

Cahaya matahari dapat menghidupkan mood, tetapi dapat menyusahkan buat orang-tua baru. Anda pasti tidak mau bayi terkena zat kimia dari cahaya matahari tidak mau terbakar cahaya matahari. Pilihan yang dapat Anda kerjakan, memakaikan baju longgar serta topi untuk si kecil, pilih ruang teduh saat ada di luar ruang, serta jauhi untuk keluar ruang waktu cahaya matahari cemerlang paling menusuk di antara jam 10 sampai 4 sore.

6. Check Bangku Belakang Mobil

Terkadang ini tidak terpikirkan oleh orang-tua, tetapi terdapat beberapa masalah dimana beberapa orang tua yang lupa jika dia bawa anaknya di bangku belakang waktu akan keluar dari mobil. Waktu insiden ini berlangsung, anak akan kepanasan serta bayi berusia kurang dari setahun berefek terbesar alami ini.

Kemungkinan Bunda merasakan ini tidak berlangsung pada Anda, tetapi sebenarnya ini dapat berlangsung pada siapapun, serta pada orang-tua yang benar-benar penyayang. Sering bayi yang ada di car seat itu sedang tertidur serta tidak kelihatan, pun tidak bernada. Orang-tua yang alami insiden ini kemungkinan dalam keadaan kurang tidur serta sedang tidak beraktivitas teratur.

Jadi, mari buat kegiatan rutin untuk pastikan Anda tetap mengecek bangku belakang setiap kali tinggalkan mobil. Tempatkan benda yang Anda perlukan, seperti tas, handphone, atau dompet di bangku belakang supaya Anda sangat terpaksa mengeceknya.

Bagaimana Bunda? Tidak susah tidak untuk menjaga bayi supaya dia masih aman? Kerjakan semua langkah merawat bayi simpel ini untuk kurangi kekhawatiran Anda waktu menjaga bayi. Penjagaan dari hal yang tidak diharapkan akan membuat keluarga kita aman.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *