12 Tips Sehat Berpuasa

  • Whatsapp
Tips Sehat Berpuasa

Fakta, Tips Sehat Berpuasa – Puasa Ramadhan pada umumnya berefek positif buat kesehatan. 12 panduan berikut perlu anda pikirkan supaya puasa anda masih sehatkan.

Tips Sehat Berpuasa

1. Minum yang cukup.

Hidrasi ialah hal penting sepanjang puasa Ramadhan. Sesudah buka puasa, Anda harus minum dalam jumlahnya besar. Anda harus juga minum waktu bersahur. Keperluan hidrasi badan ialah seputar 1, 5 liter /hari.

2. Konsumsi makanan yang Sehat

Sebaiknya anda mengaplikasikan diet sehat di saat buka. Jangan terlalu berlebih melahap kue serta makanan manis yang serta dalam jumlahnya besar sekalinya tidak memberi kepuasan rasa lapar serta mengganggu skema makan Anda. Pikirkan mengonsumsi kurma yang bisa isi lagi daya secara cepat.

3, Jangan langsung buka dalam bagian besar.

Awalilah dengan sup, kolak atau makanan pembuka lain serta nantikan sampai meresap di pencernaan sebelum makan besar.

4. Jangan kebanyakan makan.

Berbuka puasa semestinya tidak sama dengan makan terlalu berlebih. Makan terlalu berlebih bukan hanya mengganggu badan, dan juga membuat ngantuk waktu shalat tarawih.

5. Masih makan 3 kali satu hari.

Walau puasa diawali pada matahari keluar sampai tenggelam, Sebaiknya anda masih makan 3x satu hari : yang pertama waktu bersahur, yang ke-2 waktu buka serta yang ke-3 seputar 2 atau 3 jam sesudah buka.

6. Makan buah-buahan serta karbohidrat waktu sahur.

Waktu bersahur, dianjurkan makan buah-buahan untuk vitamin serta sumber karbohidrat seperti nasi serta ubi-ubian yang bisa bertahan sampai buka puasa. Penting untuk bersantap sahur dekati waktu imsak.

7. Istirahatlah diawalnya siang.

Bila sangat mungkin, istirahatlah diawalnya siang untuk kumpulkan daya. Jauhi cahaya matahari serta panas yang memunculkan dehidrasi.

8. Minimalkan pemakaian tenaga fisik

Olahragawan harus tambahan berhati-hati tidak untuk olahraga begitu keras sepanjang bulan Ramadhan. Disarankan untuk olahraga yang tidak intens di sore hari sebelum buka.

9. Pasien diabetes

Pasien diabetes harus dengan teratur memantau gula darah mereka, cukup hidrasi serta tidak makan yang manis-manis tanpa ada nasehat medis.

10. Orang yang lemah fisik

Puasa semestinya tidak jadi memperburuk status kesehatan orang dengan keadaan medis. Ibu hamil atau menyusui, lanjut usia, pasien hipertensi, penyakit jantung atau asma, umumnya tidak harus berpuasa Ramadhan. Jika masih berpuasa, mereka harus konsultasi dengan dokter bila merasai pertanda masalah kesehatan. Untuk keselamatan yang lebih bagus, dianjurkan untuk pergi ke dokter sebelum dan setelah Ramadhan.

11. Jangan menghentiakan penyembuhan tanpa ada nasehat medis

Orang yang perlu memperoleh penyembuhan periodik harus memperoleh pendapat dari dokter serta ustadz mereka. Mereka tidak harus berpuasa Ramadan bila hal tersebut bawa efek pada kesehatan mereka.

12. Selekasnya batalkan puasa jika memperoleh permasalahan kesehatan

Jika Anda alami permasalahan medis sepanjang satu hari serta tidak bisa sembuh secara cepat, kemungkinan seharusnya Anda tidak berpuasa satu hari atau lebih. Hari-hari dimana Anda tidak berpuasa bisa ditukar sebelum Ramadhan selanjutnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *