Obat Sakit Gigi
Kesehatan

15 Obat Sakit Gigi Alami dan Medis (Paling Ampuh)

Obat Sakit Gigi – Sakit gigi ialah penyakit yang cukup mengganggu. Ada dapat coba obat sakit gigi alami atau resep obat sakit gigi paling ampuh yang didapatkan dari dokter.

Jika ngilu gigi tidak memperoleh perlakuan serius dapat mempengaruhi kesehatan rongga mulut keseluruhannya. Ada beberapa langkah menyembuhkan sakit gigi yang dapat dipakai, dari mulai medis sampai yang alami.

Alami sakit gigi memang belum pernah menyenangkan. Rasa ngilu yang benar-benar menganiaya dari mulai gigi, gusi, pipi, sampai kepala, ditambah nafsu makan yang alami penurunan mencolok, semua harus Anda alami sepanjang sakit gigi belum pulih.

Tetapi, Anda tak perlu cemas sebab sakit gigi pada intinya bukan penyakit yang beresiko serta dapat selekasnya ditangani dengan konsumsi beberapa obat sakit gigi yang dapat Anda peroleh di apotek, atau juga bisa memakai obat sakit gigi alami.

Pada saat Anda alami sakit gigi, ada beberapa tipe obat sakit gigi yang dapat dikonsumsi untuk menurunkan sakit gigi yang dialami. Obat-obatan ini bisa Anda temui di apotek, tetapi sebaiknya tanyakan dengan dokter gigi terlebih dulu sebelum mengkonsumsinya.

Baca artikel lainnya tentang kesehatan

Obat Sakit Gigi Medis

Berikut daftar obat sakit gigi yang perlu Anda tahu, salah satunya :

1. Naproxen

Naproxen salah satu obat sakit gigi paling ampuh berupa kaplet yang umum dipakai untuk menurunkan gigi sakit karena terdapatnya lubang pada gigi. Anda bisa temukan obat tipe Naproxen ini di apotek-apotek paling dekat.

Penting diingat, Naproxen mempunyai beberapa efek atas pemakaiannya, misalnya:

Oleh karenanya, sebelum putuskan untuk memakai obat Naproxen untuk menurunkan sakit gigi, minta resep dari dokter terlebih dulu supaya tidak salah dosis.

2. Acetaminophen

Obat sakit gigi yang lain ialah Acetaminophen. Ini ialah obat kelompok NSAID yang diakui ampuh menangani rasa sakit karena gigi berlubang.  Obat penghilang rasa sakit ini ditujukan untuk menurunkan ngilu, dalam ini ngilu gigi.

3. Dentasol

Tidak seperti tipe obat yang lain, Dentasol berupa cream yang langkah memakainya dengan memoleskan langsung ke sisi gigi yang alami ngilu atau sakit. Dentasol pas untuk beberapa anak sebab relatif aman serta tidak memunculkan efek bermakna. Dentasol sendiri memiliki kandungan : benzokain, setilpiridinium klorida, kamfer, mentol, fenol.

4. Ibu Profen

Obat sakit gigi berlubang selanjutnya yang cukup seringkali dipakai ialah Ibuprofen. Ibuprofen yang ada berbentuk sirup atau tablet dipandang efisien buat menurunkan ngilu karena gigi berlubang. Supaya mendapatkan dosis yang pas, seharusnya meminta resep dokter sebelum memakai obat ini.

5. Asam Mefenamat

Asam mefenamat seringkali jadikan jalan keluar untuk menangani sakit gigi, oleh sebab muatan zat antiinflamasi di dalamnya diklaim efisien menurunkan rasa sakit secara cepat. Buat memperoleh hasil yang optimal, konsultasi dengan dokter tentang dosis yang pas.

6. Anbesol serta Orajel

Anbesol serta Orajel ialah anestesi topikal yang dapat didapat berbentuk salep, semprotan, atau cair.  Obat ini dapat dipakai untuk menahan rasa sakit di tingkat permukaan susunan mulut.

Disamping itu, obat ini dapat juga dipakai untuk kurangi rasa sakit dari luka superfisial di mulut atau sebelum diberikan anestesi lokal injeksi.

Tidak hanya memakai obat dengan bahan kimia, langkah menyembuhkan sakit gigi dapat ditambah lagi yang lain dengan memakai bahan alami. Berikut daftar obat sakit gigi tradisionil yang dapat dicoba, salah satunya :

Obat Sakit Gigi Alami

Obat alami untuk sakit gigi yang pertama ialah cengkeh. Cengkeh ialah tipe rempah-rempah yang sering digunakan untuk bumbu masakan. Tetapi, siapa kira bila minyak cengkeh rupanya bisa mengobati sakit gigi. Serta, manfaat minyak cengkeh untuk menyembuhkan sakit gigi telah diakui lama.

1. Minyak Cengkeh

Asumsi ini tidak salah, mengingat minyak cengkeh memiliki kandungan eugenol diklaim untuk anestesi alami yang ampuh untuk menurunkan ngilu pada gigi. Teteskan minyak cengkeh pada kapas, lantas lekatkan di bagian gigi Anda merasa sakit.

2. Garam

Obat alami yang bisa dengan gampang dicoba di dalam rumah ialah memakai garam.   Anda dapat memakai medium air yang sudah digabung garam untuk menurunkan ngilu pada gigi. Langkah menyembuhkan sakit gigi ini dipandang cukup efisien sebab sebenarnya, garam memiliki kandungan zat antibakteri serta antiinflamasi.

Larutkan garam di pada sebuah gelas air putih bersih, selanjutnya berkumurlah dengan air itu dengan cara teratur 2 -3 kali satu hari sampai rasa sakitnya hilang.

3. Cuka

Baik itu cuka masak atau cuka apel, kedua-duanya adalah obat yang diakui dapat dipakai untuk menurunkan sakit gigi. Cuka memiliki kandungan zat antibakteri serta antimikroba hingga bisa membunuh kuman serta bakteri pemicu sakit gigi.

Sama dengan garam, langkah memakai cuka untuk menurunkan sakit gigi yaitu dengan melarutkannya ke pada sebuah gelas air, selanjutnya kumur dengan air itu. Anda dapat juga teteskan cuka pada kapas untuk selanjutnya ditempelkan ke sisi gigi yang sakit.

4. Jahe

Biasanya jahe bermanfaat untuk menghangatkan badan. Tetapi tahukah Anda bila jahe bermanfaat untuk menyembuhkan sakit gigi? Obat yang satu ini mempunyai muatan zat antibiotik yang efisien untuk menangani rasa sakit pada gigi yang dikarenakan oleh infeksi kuman atau bakteri.

Tumbuk 1 ruas jahe selanjutnya lekatkan di bagian gigi yang alami sakit serta nantikan sesaat sampai rasa sakitnya lenyap.

5. Daun Jambu Biji

Daun jambu biji dapat dipakai untuk obat alami. Muatan analgesik, antimikroba, serta anti-radang pada daun jambu biji jadi fakta kenapa obat sakit gigi alami yang satu ini dapat menurunkan sakit gigi yang dirasakan, khususnya sakit gigi sebab ia berlubang.

Tumbuk beberapa helai daun jambu biji, selanjutnya campur dengan air serta rebus sampai mendidih. Kemudian, kumur-kumur dengan air itu dengan cara teratur 2-3 kali satu hari sampai sakit gigi betul-betul hilang.

6. Lidah Buaya

Gel lidah buaya ialah bahan alami yang sudah lama dipakai untuk mengobati cedera mudah. Bukan hanya cedera, rupanya lidah buaya dipakai sebagai obat sakit  Beberapa orang memakai gel lidah buaya untuk menangani ngilu di gusi.

Satu riset memperlihatkan jika lidah buaya mempunyai kualitas antibakteri alami serta bisa merusak kuman yang mengakibatkan kerusakan gigi.

7. Bawang Putih

Di bawang putih ada senyawa yang disebutkan allicin yakni senyawa yang mempunyai karakter antibakteri yang kuat. Langkah pemakaiannya, mengambil satu siung bawang putih selanjutnya tumbuk sampai lembut digabung dengan sedikit garam. Kemudian langsung berikan pada gigi yang sakit.

8. Teh Peppermin

Seperti dalam cengkeh, obat sakit ini alami selanjutnya yang dapat dipakai ialah teh peppermin. Minuman ini mempunyai karakter yang dapat menurunkan sakit gigi. Muatan mentholnya yang memberikan rasa mint dikenal juga untuk antibakteri.  Jika memakai kantong, lekatkan kantong teh basah ke ruang gigi yang sakit sepanjang beberapa waktu.

9. Kompres Dingin

Kompres dingin bisa dipakai untuk hilangkan rasa sakit yang Anda alami. Saat Anda memakai kompres dingin, hal tersebut mengakibatkan pembuluh darah di wilayah yang sakit mengerut.

Disamping itu, kompres dingin dapat kurangi pembengkakan serta infeksi. Kerjakan langkah ini tiap beberapa saat.

Nah, itu info tentang obat sakit gigi yang wajar Anda coba. Tetapi perlu diingat, bila sakit gigi tidak segera berkurang sesudah lakukan beberapa hal yang sudah diterangkan di atas, karena itu cepatlah ke dokter gigi. Selamat coba, Rekan Sehat!

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *