Sakit gigi berlubang
Kesehatan

Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang yang Perlu Kalian Pahami

Fakta, Sakit Gigi Berlubang – Permasalahan gigi berlubang sebetulnya tidak hanya dirasakan oleh beberapa anak saja. Tidak yakin? Berdasar data dari Kemenkes, kurang lebih sekitar 25, 9 % masyarakat Indonesia mempunyai permasalahan gigi serta mulut, termasuk juga gigi berlubang.

Nah, penderitanya dari semua golongan, mulai beberapa anak, remaja, dewasa, sampai lanjut usia. Jangan bermain-main dengan gigi berlubang, sebab permasalahan ini dapat memunculkan ngilu atau sakit yang kemungkinan tidak tertahan.

Baca : Artikel tentang kesehatan

Mengobati Sakit Gigi Berlubang

Disamping itu, dalam beberapa masalah gigi berlubang dapat menyebabkan komplikasi, dari mulai infeksi gigi, abses gigi, sepsis, sampai gigi tanggal. Lalu, bagaimana sih langkah menyembuhkan gigi berlubang?

Filling atau Tambal Gigi

Tambal gigi adalah aksi yang umum dilaksanakan untuk menangani gigi berlubang. Dokter akan membuat sisi gigi yang telah rusak memakai bor spesial. Selanjutnya, dokter akan menambal gigi berlubang dengan bahan spesial, misalnya porselen, emas, perak, atau komposit.

Penggunaan Fluoride

Pemakaian fluoride biasanya dilaksanakan jika lubang di gigi masih kecil, atau masih juga dalam skala permulaan. Di sini dokter menggosok fluoride sejenis cair, busa, gel, atau pernis ke gigi sepanjang beberapa waktu.

Muatan fluoride dalam perawatan ini tentu saja bertambah banyak daripada pasta gigi biasa.

Cahaya Neon

Merilis dari Cleveland Clinic, ada perawatan baru yang masih juga dalam perubahan untuk menangani gigi berlubang. Misalnya, tehnik eksperimental memakai sinar neon. Tehnik ini dapat mengetahui perubahan rongga gigi lebih jauh daripada langkah tradisionil (sinar-X atau kontrol gigi).

Dalam kata lain, jika cahaya X atau kontrol gigi yang lain belum dapat mengetahui rongga atau efek pembusukan gigi, tehnik baru ini bisa mengetahui terlebih dulu. Pada beberapa masalah, saat gigi berlubang bisa diketahui lebih dini, proses pembusukan gigi bisa di stop atau diatasi.

Baca juga : Cara Mendiagnosis Infeksi Saluran Pernafasan, Ikuti Langkah Berikut ini

Prosedur Crown

Jika pembusukan gigi cukup kronis sampai membuat gigi ringkih, karena itu peluang dokter akan membikinkan crown  (mahkota). Dokter akan menempatkan mahkota gigi palsu di atas gigi yang telah rusak.

Nanti, beberapa gigi yang rusak dikikis serta disisakan untuk kecil untuk sandaran mahkota gigi palsu. Crown palsu ini dapat dibuat dari emas, porselen, resin, porselen fusi logam, atau bahan yang lain.

Perawatan Saluran Akar

Tidak hanya ke-3 hal di atas, langkah menangani gigi berlubang bisa lewat root canal atau perawatan aliran akar. Perawatan gigi berlubang yang satu ini dilaksanakan jika pembusukan telah sampai sisi dalam gigi (pulpa) atau saraf yang telah mati.

Dokter akan buang jaringan saraf, serta tiap wilayah yang busuk. Sesudah dibikin bersih, dokter akan menambal atau memberi crown supaya gigi tidak perlu dicabut.

Cabut Gigi

Hmm, jika gigi tidak dapat diselamatkan , harus harus dicabut. Gigi yang dicabut ini dapat tinggalkan ruangan atau sela yang sangat mungkin gigi yang lain berubah. Untuk menangani ini, dokter merekomendasikan untuk bikin bridge atau gigi implan untuk gantikan gigi yang dicabut.

Redakan Sakit Gigi Berlubang Lewat Bahan Alami

Pada umumnya masalah sakit gigi, umumnya dokter tidak dapat lakukan penyembuhan apa saja saat gigi masih memiliki masalah atau sakit. Nah, minimal ada banyak usaha yang dilaksanakan untuk menurunkan sakit gigi sebab berlubang, misalnya:

Berkumur Air Garam

Berkumur air garam bisa disebut jadi ramuan turun temurun untuk menangani sakit gigi. Sebetulnya menurut beberapa pakar, sampai sekarang dampak kerja air garam untuk obat pereda radang masih jadi pro-kontra. Bisa disebut langkah ini adalah narasi turun-temurun atau info dari buku pengetahuan praktis.

Tetapi, air garam memiliki dampak tertentu. Menyusut air garam dapat kurangi tegangan permukaan hingga ngilu pada gigi atau gusi dapat menyusut. Hal yang penting digarisbawahi, berkumur air garam tidak hilangkan sumber penyakitnya.

Kunyah Bawang Merah Mentah

Langkah yang satu ini sama dengan kumur air garam sebab adalah narasi turun-temurun atau info dari buku pengetahuan praktis. Walau demikian, bawang merah mempunyai karakter antiseptik serta antimikroba yang dapat mengatur rasa ngilu. Triknya dengan membunuh bakteri pemicu infeksi gigi.

Kita dapat kunyah bawang merah mentah yang dibikin bersih sepanjang beberapa waktu disamping mulut gigi merasa ngilu. Jika tidak dapat mengunyahnya, karena itu tempatkan potongan bawang merah mentah langsung di gigi merasa sakit.

Nah, andaikan sakit gigi karena gigi berlubang tidak segera lebih baik, cepatlah jumpai dokter supaya memperoleh perlakuan yang pas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *