10 Kuliner Khas Pamekasan Jangan Sampai Terlewat

  • Whatsapp
Kuliner Khas Pamekasan
Campor Lorjuk

Kuliner Khas Pamekasan – Berlibur di seputar Pamekasan, janganlah sampai kelewatan untuk mencicip jejeran kuliner ciri khas sana. Waktu lidah dimanja oleh kelezatannya, ditanggung berlibur akan makin menyenangkan serta tidak terlewatkan.

Baca juga : 30 Makanan khas jawa timur

10 Kuliner Khas Pamekasan

Di bawah ini referensi obyek wisata kuliner di Pamekasan yang sayang untuk Anda terlewat.

1. Kaldu Kokot

Kaldu kokot alias kaldu kikil ini sebetulnya ialah sop kikil serta kaki sapi. Dia disebutkan sop sebab kuliner satu ini masuk dalam kelompok masakan yang mempunyai kuah. Sebetulnya, kaldu kokot lebih seperti gulai atau rawon. Perbedaannya, kaldu kokot biasa ditambah lagi dengan potongan kikil atau kulit serta tulang kaki sapi.

Satu bagian kaldu kokot diberikan komplet dengan nasi atau potongan ketupat. Semua sesuai dengan pesanan serta kemauan customer. Untuk pelengkap, perkedel ubi, kerupuk, lorji, atau kacang mete ada untuk pilihan.

Agar bisa menunjukkan kesenangan kaldu kokot ini, sambangilah Warung Kaldu anda di Jalan Pintu Gerbang Nomor 46, Pamekasan, Madura. Warung ini mempunyai resep kaldu kokot yang masih terbangun dengan cara turun temurun.

2. Sate Lalat

Bila singgah ke Pamekasan, Madura Anda tidak bisa melepaskan untuk mencicip kuliner unik namanya sate lalat atau sate laler. Dinamakan sate lalat bukan lantaran sate ini dibuat dari lalat, tetapi sebab ukurannya yang kecil-kecil seperti lalat. Jadi bukan termasuk juga makanan yang berlebihan ya.

Sebetulnya sate ini tidak tidak sama jauh dengan sate Madura umumnya, kuahnya memakai kuah kacang kental serta daging yang dipakai ialah daging ayam.

Warung sate lalat yang cukup populer di Pamekasan berada di Jalan Niaga. Tempatnya ada di lokasi warung tenda Sae Hasrat. Satu bagian sate lalat umumnya berisi 20 tusuk sate plus lontong. Harga cukup miring seperti warung tenda umumnya.

3. Rujak Tajin

Rujak Cingur kemungkinan biasa Anda nikmati tetapi Rojhek Tajin nama yang unik ini bisa didapati dalam suatu warung punya Ibu Farida atau biasa disebutkan Ibu Ida. Kuliner ini disebutkan rujak bubur yang ada di jalan Purba Pamekasan.

Umumnya, mendekati siang hari beberapa konsumen rujak bubur ini telah mulai banyak yang datang ke warung punya Ibu Ida. Untuk bikin rujak bubur ini, tidak hanya bubur, bahan yang dipakai seperti kacang sangrai, petis, ikan tuna ciri khas Madura, mentimun, sayuran serta cingur sapi.

Memakai cowek besar, butiran kacang dihaluskan bersama-sama tomat serta cabai sekalian dikasih petis dan bumbu yang telah halus. Setelah itu, digabung dengan timun yang dicacah, sayuran, serta tidak lupa cingur dengan kupuk tette ciri khas Pamekasan ikut dibubuhkan.

Lantas diulek supaya bumbu rata. Sebelum disajikan bubur ini dipasang di atas piring, lantas ditumpangi racikan bumbu rujak yang telah digabung.

4. Nase’ Jhajan

Nase’ Jhajan yang populer benar-benar lezat serta merayu hasrat ini adalah panganan ciri khas Pamekasan Madura. Buat Anda yang di luar Pamekasan, kuliner yang satu ini janganlah sampai melepaskan, kurang afdhol rasa-rasanya jika ke Pamekasan tetapi tidak coba kuliner Pamekasan yang telah melegenda ini.

Penyajian kuliner ciri khas Pamekasan ini diberikan dengan pincukan/bungkusan daun pisang. Semakin lebih nikmat bila anda menyantapnya dengan memakai tangan. Terdapat beberapa pilihan lauknya, anda dapat coba dengan telur kuah petis, daging, serundeng serta yang lain.

Sambal pedasnya akan menggoyang lidah. Untuk coba kuliner lezat Pamekasan ini anda dapat mengunjungi daerah Parteker. Hadir ke sini pagi sampai siang hari saja, seputar jam 5 pagi sampai sebelum dzuhur.

5. Campor Lorjuk

Campor Lorjuk ini kuliner ciri khas Kabupaten Pamekasan persisnya di Kecamatan Pademawu. Bahan penting dari Campor Lorjuk pasti ialah Lorjuk tersebut. Lorjuk ialah semacam kerang laut yang banyak diketemukan di pinggir pantai pesisir Madura.

Memiliki bentuk yang panjang seperti bambu hingga Lorjuk dikenal juga dengan kerang bambu atau kerang kuku. Tipe kerang bambu ini dapat diketemukan waktu air laut sedang surut yang ada di bawah pasir pantai.

Campor Lorjuk sendiri jika disaksikan sepintas seperti Soto, tetapi kesempatan ini sotonya memiliki bahan Lorjuk. Satu bagian Campor Lorjuk terbagi dalam potongan lontong, mie soun yang telah dibuat, kacang (Oto’) yang dibuat dengan bumbu manis, kecambah goreh, remahan peyek, selanjutnya disiram dengan kuah Campor Lorjuk serta tidak lupa dikasih taburan Lorjuk yang telah dibuat pada bagian atasnya untuk topping.

Campor Lorjuk tidak memerlukan kombinasi penyedap bikinan sebab rasa gurih kuahnya yang datang dari rebusan Kerang Bambu sangat gurih.

6. Ayam Bakar Depot Hijau

Ayam bakar empuk serta bumbu yang meresap prima bisa anda nikmati di depot memiliki nuansa hijau. Tempat serta situasinya benar-benar menarik, hingga jadi magnet mengagumkan buat pencinta wiasta kuliner sebab pas bertemu dengan laut serta ada di tepi jalan yakni Jalan Raya Talang Siring Pamekasan.

Menu ayam bakar serta ayam goreng adalah menu yang terbanyak disukai pengunjung sebab rasa-rasanya betul-betul gurih, dagingnya empuk serta bumbunya meresap prima di lebih sambal terasi yang enak.

Tidak hanya ayam, ada bermacam minuman dan masakan. Buat anda penggemar laut bertandang ke depot ini ialah pilihan yang pas sebab tempatnya menghadap ke laut, jadi makan ayam sekalian nikmati semilirnya angin pantai tentu memberi rasa yang tidak sama.

Sesudah menyapu ludes masakan yang disajikan janganlah lupa borong bermacam cemilan Madura ciri khas Pamekasan yang ada di etalase depot ini.

7. Soto Ayam Keppo Pamekasan

Bicara masalah Soto Ayam Madura salah satunya tempat yang populer ialah Soto Ayam di Jalan Raya Keppo. Makanan ini rasa-rasanya gurih serta nikmat. Ayam yang dipakai dalam kuliner ini memakai ayam kampung serta dibuat dengan tehnik tertentu hingga membuahkan soto yang gurih.

Dalam penyajian, kuliner Pamekasan ini dikasih potongan daging ayam yang empuk, soun, telur rebus serta perasan jeruk nipis serta disajikan dengan lontong atau nasi.

Soto Ayam Madura lain dengan Soto Ayam di Surabaya. Umumnya Soto Ayam di Surabaya datang dari Lamongan dengan keunikan kuah berwarna kuning serta ada penambahan koya (kerupuk ikan yang dihaluskan).

Sedang Soto Ayam Madura ini kuahnya condong bening dengan rasa yang mudah serta tidak terasa rempah. Isiannya berbentuk potongan ayam kampung, telur, kentang rebus serta kerupuk seperti peyek yang dihancurkan dan taburan bawang goreng di atasnya. Kamu dapat makan dengan ketupat atau nasi.

8. Lalapan Depot Podomoro

Depot Podomoro jadi salah satunya obyek wisata kuliner yang juga terkenal, tidak hanya lezat masakannya indah tempatnya. Kamu dapat mendatangi obyek wisata kuliner Pamekasan ini di Jalan Kemuning No. 16 Pamekasan dekat sama monumen arek lancor.

Di sini anda dapat coba bermacam kuliner lezat ditambah lagi beberapa lalapan fresh yang merayu hasrat. Anda dapat menjajal ikan lele, ayam atau daging fresh lezat atau empal daging yang dipadukan dengan sambal serta sayur fresh.

Jangan bingung ya sebab tempatnya ada di pusat kota membuat Depot Podomoro ini ramai oleh pengunjung.

9. Nase’ Ramoy

Kuliner pamekasan yang unik ini namanya Nase’ Ramoy. Kuliner pamekasan yang satu ini menyediakan gabungan nasi putih dengan daging yang gurih, dan dalaman sapi yang dibuat dengan bumbu merah merasa empuk.

Yang meningkatkan unik , menu ini diperlengkapi dengan siraman kecap serta potongan cabe rawit diatasnya. Em tentu rasa pedasnya benar-benar menggugah nafsu makan.

Kamu dapat nikmati langsung makanan yang benar-benar enak ini di obyek wisata kuliner di warung Nasi Barokah, yang terdapat di Jalan Pintu Gerbang No. 130 A Pamekasan. Di obyek wisata kuliner Pamekasan ini masih sama juga dengan harga dengan makanan yang lain yang cukup dapat dijangkau, tidak lebih dari Rp 10. 000, -.

Baca juga Makanan Khas Kediri

10. Depot Kaldu 76

Obyek wisata kuliner Pamekasan yang benar-benar ramai dikinjungi beberapa orang ini namanya Depot Kaldu 76. Di obyek wisata kuliner ini sediakan banyak makanan ciri khas.

Serta salah satunya menu andalannya yaitu kaldu sapi yang dipadukan dengan kikil serta daging yang empuk dan perasan jeruk nipis serta lontong. Rasa serta aromanya benar-benar enak serta nikmat di lidah.

Buat kamu yang ingin nikmati makanan ciri khas ini kamu dapat berkunjung ke obyek wisata kuliner ini di Jalan Mandilaras No. 17 Pamekasan. Serta kuliner ini populer dengan harga yang dapat dijangkau.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *