Tips untuk Jaga Kesehatan Kaki Anda

  • Whatsapp
Tips Menjaga Kesehatan Kaki

Fakta, Tips Menjaga Kesehatan Kaki – Tanpa ada kita ketahui, kaki kita jadi anggota badan yang paling repot dan tetap bergerak tiap hari. Baik waktu berjalan, lari, sampai lakukan olahraga, kaki berperan penting jadi penopang badan untuk lakukan beberapa kegiatan.

Sayangnya, kita seringkali lepas dalam menjaga kesehatannya. Walau sebenarnya, kesehatan kaki yang alami penurunan akan berefek pada efektivitas Anda waktu beraktivitas.

Baca : Artikel Terbaru Tentang Kesehatan

Tips Menjaga Kesehatan Kaki

Bersamaan menambahnya umur, tingkat kemampuan dan kesehatan badan akan makin alami penurunan, terhitung kaki Anda. Kaki pegal dan linu ialah permasalahan yang sering berlangsung selesai lakukan pekerjaan yang cukup berat seperti berjalan dengan jarak jauh.

Supaya tidak memunculkan permasalahan serius, berikut kiat-kiat untuk menjaganya masih sehat.

1. Jaga Kebersihan Kaki

Kaki yang sehat pasti harus diawali pada kaki yang bersih. Jaga kebersihan khususnya pada telapak kaki juga penting, terhitung bersihkan kotoran di celah kuku dan celah jari. Bersihkan kaki menghindarkan kita dari permasalahan kesehatan kulit seperti kapalan dan mata ikan.

Potonglah kuku secara teratur. Membersihkan kuku Anda memakai sikat kecil dengan sabun. Ini dikerjakan supaya kuku terlepas dari infeksi. Ingat untuk bersihkan alat pemotong kuku secara periodik memakai alkohol agar bebas dari sisa-sisa kotoran.

Bersihkan kaki dengan sabun, gosok lembut sampai antara jari. Anda bisa memakai batu apung dan gosok di bagian bawah telapak kaki untuk mengurangi kulit mati.

Tetapi, tidak dianjurkan menggosok kaki begitu keras supaya kulit tidak lecet. Basuh dengan air hangat dan keringkan dengan handuk. Jangan berendam kelamaan sebab akan membuat kulit Anda kering.

Baca Juga : Penyebab Alergi Paracetamol

2. Gunakan Pelembab untuk Kaki

Memoleskan pelembab butuh dikerjakan untuk menjaga kesehatan kulit kaki. Makin menambahnya umur, kulit kita alami penuaan dan rawan pada permasalahan seperti kulit kering dan kapalan.

Pakai pelembab sesudah usai mandi atau bersihkan kaki seperlunya. Anda dapat memakai lotion, cream, atau petroleum jelly. Tetapi, jangan berikan pada antara jari sebab akan membuat makin lembab dan bisa memunculkan infeksi jamur.

3. Aktif Bergerak dan Olahraga

Jaga kesehatan kaki tentu saja tidak jauh dari lakukan olahraga. Tetapi saat baru mengawali olahraga sesudah demikian lama, seringkali kaki akan alami kram otot.

Untuk menghindarkan efek itu, kerjakan pergerakan pengenduran. Aktif menggerakkan kaki dapat menolong Anda untuk melatih dan menangani otot yang kaku.

Tidak harus lakukan olahraga yang berat, Anda dapat lakukan jalan cepat sepanjang 30 menit sekitar 3x satu minggu. Melatih kaki dengan sikap duduk masih dapat dikerjakan.

Coba gerakkan kaki dengan berputar-putar membuat lingkaran sepanjang beberapa menit, lantas angkat dan turunkan berganti-gantian sepanjang beberapa detik. Jauhi berdiri kelamaan.

4. Gunakan Sepatu yang Sesuai

Nyatanya, sepatu yang digunakan setiap hari dapat punya pengaruh pada kesehatan kaki Anda. Yakinkan ukuran sepatu yang Anda gunakan cocok dan berasa nyaman di kaki.

Untuk penggunaan setiap hari, pilih sepatu dengan bentuk yang lebar supaya bisa memberikan ruangan buat jari-jari kaki. Seharusnya, jauhi sering menggunakan sepatu dengan ujung yang lancip supaya tidak membuat jari jadi kaku.

Bila ingin kenakan sepatu hak tinggi, pilih sepatu dengan bentuk hak yang tebal untuk menjaga kesetimbangan dan menghindarkan berlangsungnya luka.

Seharusnya ubah sepatu tiap dua hari, khususnya jika Anda termasuk aktif bergerak pada pekerjaan setiap hari. Jemur sepatu dibawah cahaya matahari supaya tidak lembab dan memunculkan berbau tidak enak. Gunakan kaus kaki yang tidak sama sehari-harinya.

Baca Juga : Cara Membersihkan Paru-Paru Perokok Pasif

5. Menyesuaikan Berat Badan

Ini karena makin berat beban badan kita akan memengaruhi kaki untuk kerja lebih keras di tiap jalannya. Berat badan yang berlebihan bisa membuat masalah untuk kesehatan kaki, seperti peradangan di sendi kaki dan jadi memperburuk rasa sakit yang muncul.

Kelebihan berat badan dapat membahayakan kesehatan kaki dengan tempatkan Anda pada efek tambah tinggi pada diabetes dan perputaran darah yang jelek, hingga ini akan membuat sakit serta mati rasa pada kaki.

Untuk menanganinya, menjaga berat badan dengan jalani diet sehat akan menolong untuk mengurangi beban kerja pada kaki.

Bila Anda mempunyai cedera pada kaki yang masih berasa ngilu, Anda dapat minum obat parasetamol untuk kurangi rasa sakit sambil istirahatkan kaki.

Saat ada kemerahan, pembengkakan, atau perkembangan warna yang tidak lenyap sepanjang beberapa hari, seharusnya selekasnya hubungi dokter untuk memperoleh perlakuan dan obat yang pas.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *