10 Makanan khas Pasuruan Yang Wajib Kalian Cobain

  • Whatsapp
Makanan khas Pasuruan

Makanan khas Pasuruan – Selain Malang serta Banyuwangi, Pasuruan adalah salah satunya wilayah wisata yang pantas buat didatangi waktu tengah pelesiran ke daerah propinsi Jawa Timur.

Beberapa tujuan wisata menarik dapat diketemukan di kota itu dari mulai pemandangan alam, spot modern sampai segudang tempat memburu kuliner semua komplet berada di wilayah Pasuruan ini.

Baca dulu : 30 Makanan Khas Jawa Timur

10 Makanan khas Pasuruan

Nah, bicara mengenai makanan, ingin tahu apapun nama kuliner paling nikmat sebagai keunikan wilayah Pasuruan? Nah, berikut penjelasan selengkapnya.

1. Lontong Kupang

Lontong atau ketupat kemungkinan bukan jadi sajian asing buat lidah warga di semua wilayah di Indonesia.

Tetapi yang membuat lontong ciri khas Pasuruan ini cukup unik ialah sebab dikasih Kupang, salah satunya tipe kerang laut berwarna cokelat serta umumnya terbanyak diketemukan di seputar pesisir pantai utara Jawa timur.

Tidak hanya kupang, lontong ciri khas Pasuruan itu dilengkapi  dengan lentho, kuah petis, sate kerang dan perasan jeruk nipis.

Serta salah satunya tempat yang paling abadi akan menu tersebut  ialah Lontong Kupang Bu Ning di bilangan Pasar Keraton.

Di warung legendaris yang telah membuka semenjak tahun1965 ini, harga lontongnya cuma dibandrol dari mulai 12 ribu saja per porsinya. Disamping itu, di sini ada bermacam minuman enak yang lain.

2. Rawon

Untuk Teman dekat JejakPiknik yang seringkali ke Pasuruan, tentu tidak asing dengan masakan ciri khas satu ini, yakni Rawon.

Resep rawon Pasuruan itu dapat disebut cukup spesial sebab bahan intinya dibuat dari daging sandung lemur, lutut sapi dan kluwek untuk pewarna kaldu serta pemberi rasa.

Ingin tahu rasa-rasanya? Nah, satu tempat penyuplai citarasa paling top ialah Rawon Sakinah di jalan RA. Kartini No. 80, Kab. Pasuruan. Di sini, Teman dekat JejakPiknik cukup mempersiapkan 25 ribu saja untuk nikmati satu porsinya.

3. Nasi Punel

Nasi Punel salah satu kuliner ciri khas Bangil yang dapat jadikan untuk sajian sarapan pagi. Menu memiliki tekstur lembut ini penyajiannya umumnya diperlengkapi dengan bermacam jenis lauk enak.

Khasnya , menu itu diberikan di atas piring beralas daun pisang selanjutnya diatasnya diberi serundeng, potongan daging, lentho, sate kerang, kikil, parutan kelapa serta bumbu pemanis.

Buat yang ingin mencicipinya, ada satu tempat paling terkenal buat didatangi yakni Nasi Punel Hj. Lin Jln. Laksa Agung Suprapto.

Warung itu membuka mulai jam 06. 30-20. 00 serta untuk satu porsinya, kita perlu mengambil kantong seputar 20 beberapa ribu saja.

Baca juga : 10 makanan khas malang

4. Klepon

Klepon salah satu camilan yang dapat Teman dekat JejakPiknik untuk jadikan oleh-oleh waktu tengah bertandang ke Jawa Timur.Ini adalah salah satu makanan khas pasuruan yang wajib di coba.

Kue basah satu ini langkah membuat masih tradisionil serta mempunyai struktur cukup kenyal dan berisi cairan gula merah taburan kelapa diatasnya.

Klepon sendiri banyak didapati disepanjang jalan Raya Gempol dengan bermacam-macam rasa, ada durian, melon dan strawberry serta masalah harga cuma sekitar Rp. 5. 000 untuk 12 bijinya.

5. Cenil

Cenil adalah salah satunya tipe jajanan tradisionil yang bahan dasarnya dibuat dari tepung tapioka serta mempunyai bentuk bundar memanjang dan berwarna-warni.

Dalam penyajiannya, cenil ini tidak jauh lain dengan klepon yakni saling dikasih parutan kelapa di atasnya. Jajanan tradisionil itu banyak diketemukan di seputar wilayah Apollo-Gempol.

Buat yang akan memburu jajanan ini, tidak perlu cemas masalah harga sebab kita perlu mengambil kantong seputar 5 beberapa ribu saja untuk nikmati 1 kotaknya.

6. Bipang

Bipang ialah tipe penganan kering yang telah dibuat semenjak 1949 yang lalu serta adalah salah satunya oleh-oleh terbanyak dicari golongan pelancong.

Kuliner satu ini dibuat dari beras yang selanjutnya dipanaskan dengan temperatur tinggi sekali sampai berasnya mengembang. penganan itu rasa-rasanya cukup manis.

Jika ingin memperolehnya, Teman dekat JejakPiknik silakan bertandang ke Toko Bipang Jangkar Kekal di Jln. Lombok No. 36, Pasuruan. Untuk harga dapat disebut benar-benar dapat dijangkau cuma sekitar Rp. 10. 000/bungkusnya.

7. Kepiting Cak Gundul

Kuliner legendaris yang telah terkenal semenjak tahun 90an ini rasa-rasanya tidak perlu disangsikan . mengapa? Sebab kepiting salah satu menu seafood terbanyak disukai orang sebab kelezatannya.

Serta Kepiting Cak Gundul di Pandaan dekat Taman Safari Prigen ialah tempat paling pas untuk menikmatinya. Warung makan ini membuka mulai jam 11. 00-23. 00 malam.

Untuk nikmati satu bagian kepiting Cak Gundul ini kita perlu mengambil kantong seputar 30 beberapa ribu saja. Nah, masih dapat dijangkau kan?

8. Permen Jahe

Tidak hanya Bipang Jangkar, Permen Jahe ciri khas Pasuruan ini adalah salah satunya tipe oleh-oleh yang dapat Teman dekat JejakPiknik bawa serta pulang.

Sesuai dengan namanya, permen itu bahan dasarnya memang dibuat dari jahe. Tidak cuma pedas, kudapan ini memberikan sensasi rasa manis.

Buat yang ingin memburu kudapan ini, bertandang ke PT. Sindu Amritha di Jln. Sumatra No. 26-28 ialah jalan keluarnya. Di sini ada banyak variasi olahan permen jahe serta untuk harga cuma dibanderol mulai Rp. 20. 000/bungkusnya.

9. Ikan Lempuk

Disaksikan dari gambar, kuliner selanjutnya ini benar-benar pas buat jadikan untuk oleh-oleh sebab sudah dikemas secara baik serta harga juga cukup dapat dijangkau.

Menurut resepnya, kudapan itu bahan dasarnya dibuat dari ikan lempuk yang selanjutnya dibumbui ciri khas lantas digoreng sampai kering.

Jika ingin memperolehnya, Teman dekat JejakPiknik dapat hadir ke Ikan Lempuk Crispy di Dsn. Tgalan, Kec. Grati. Di toko itu harga kudapan ini terbilang sangatlah murah cuma 20-25 ribu per kilonya.

10. Lontong Balap

Tidak hanya Kupang, Lontong Balap adalah salah satunya tipe makanan yang paling pas buat jadikan menu sarapan pada pagi hari.

Lontong Balap ini mempunyai ciri kuahnya yang benar-benar kuning serta umumnya diberikan bersama-sama lentho dan sambal petis.

Serta satu tempat paling baik untuk menikmatinya ialah warung Lontong Balap Mak di Jln. Raya Sukarno Hatta B No. 5A, Mayangan, Pasuruan. Tidak hanya enak, harga murah cuma Rp. 7. 000/porsinya.

Semua catatan di atas ialah data paling akhir di saat tulisan ini dibikin. Bila ada perkembangan paling baru yang Kamu tahu, silahkan informasikan pada kami pada kotak kometar berikut ini ya. Begitupun bila ada yang salah, punyai masukan serta pendapat. Terima kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *