Lompat ke konten

10 Makanan Khas Jombang yang Mengugah Selera

Makanan Khas Jombang

Makanan Khas Jombang – Jombang adalah salah satunya wilayah yang ada di Jawa Timur. Anda kemungkinan kenal Jombang ini untuk wilayah yang mana diketahui dengan panggilan kota santri. Ini karena wilayah Jombang tersebut terbagi dalam beberapa sekolah Islam. Tidak cuma beberapa tetapi dapat disebut lumayan banyak.

Ditambah lagi ada ponpes yang selanjutnya membuat wilayah ini dipanggil untuk kota santri. Tetapi tidak cuma hanya itu yang mencolok dari wilayah atau kota ini. Makanan ciri khas yang berada di Jombang jadi salah satunya hal yang menarik. Hingga beberapa orang tertarik untuk bertandang ke wilayah ini. Silahkan kita lihat beberapa makanan ciri khas dari Jombang yang dapat di nikmati.

Beberapa Makanan Ciri khas Jombang Ini Harus Dicicip Makanan salah satu yang sering dicari saat kita bertandang ke satu tempat yang dapat disebut masih asing. Ini sebab tiap wilayah mempunyai wisata kuliner yang menyediakan cita rasa tidak sama. Dalam ini, Jombang juga mempunyai beberapa makanan ciri khas yang harus untuk dicicip.

Kekhasan makanan yang ditawarkan oleh wilayah Jombang ini tidak cuma cita rasa-rasanya saja. Tetapi nama unik yang membuat orang makin tertarik untuk mencobanya. Nah, buat anda yang ingin bertandang ke wilayah Jombang ini.

Baca juga : 30 makanan khas jawa timur

10 Makanan Khas Jombang

Karena itu awalnya anda harus tahu beberapa makanan ciri khas dari wilayah Jombang terlebih dulu. Hingga anda tidak bingung pilih makanan mana yang ingin dicoba.

1. Pecel Rengkek Makanan Ciri khas Jombang

Bila disaksikan dari namanya yang tidak lain ialah pecel rengkek. Karena itu anda pasti tertarik untuk coba makanan yang satu ini. Untuk pecel rengkek tersebut adalah makanan ciri khas yang diberikan dengan memakai pincuk.

Nama pecel rengkek ini sebetulnya diambil dari penjual yang disebut golongan ibu paruh baya. Selanjutnya memakai box kayu yang seringkali disebutkan dengan ronjot serta di taruh di atas motor. Nama yang unik itu membuat makanan ini jadi salah satunya makanan ciri khas wilayah ini.

2. Kikil Makanan Ciri khas Jombang

Makanan ciri khas dari Jombang yang setelah itu kikil. Anda pasti tidak asing dengan makanan yang satu ini. Untuk kikil ciri khas Jombang ini pada intinya hampir sama juga dengan kikil yang dibuat biasanya. Perbedaannya ialah pada bumbu yang dibikin.

Pada kikil ciri khas Jombang ini dibuat memakai bumbu ciri khas dan santan. Hingga cita rasa-rasanya bertambah lebih nikmat serta menggugah hasrat saat di nikmati. Kikil ciri khas Jombang ini diberikan dengan kering tempe atau tahu, memakai sayur bung serta empal daging yang dibacem.

3. Sego Sadukan Makanan Ciri khas Jombang

Makanan ciri khas setelah itu yang datang dari wilayah Jombang ini ialah sego sadukan. Untuk sego sadukan sendiri adalah nasi sekepal diperlengkapi dengan lauk tahu tempe yang telah berbentuk potongan, diperlengkapi mie serta ada penambahan teri.

Sadukan tersebut mempunyai arti sepakan. Panggilan yang unik ini jadikan makanan ciri khas ini mengundang rasa ingin tahu tentu saja. Dengan didalamnya yang termasuk minimalis, hingga sekali santap akan langsung habis.

4. Sop Buntut Bakar Ciri khas Jombang

Buat anda yang hadir ke wilayah Jombang, karena itu anda akan temukan makanan ciri khas Jombang yang satu ini. Makanan yang cukup ini ialah sop buntut bakar. Bila disaksikan dari namanya saja telah terdengar cukup unik.

Sop buntut bakar ini pas jadikan untuk menu untuk makan siang anda. Cita rasa yang ditawarkan juga lezat serta pasti tidak menyedihkan. Buat anda yang bertandang ke Jombang harus untuk mencicip menu makanan yang satu ini.

5. Ketan Merdeka

Makanan ciri khas setelah itu yang datang dari Jombang ialah ketan merdeka. Ketan merdeka ini adalah makanan yang mempunyai warna bermacam dalam penyajiannya. Dari mulai ketan hitam, putih dan lain-lain. Bila pada pagi hari anda ingin nikmati menu sehat tetapi mengenyangkan. Karena itu ketan merdeka ini benar-benar pas buat anda.

Untuk ketan merdeka ini umumnya telah habis pada pagi hari. Hingga anda harus bangun pagi-pagi untuk dapat temukan ketan merdeka yang satu ini.

6. Kue Jenang Kupas

Camilan yang disebut makanan dari Jombang ialah kue jenang kupas. Untuk kue jenang ini hampir sama juga dengan jenang dodol yang dapat anda dapatkan di wilayah lain. Cita rasa yang ditawarkan oleh kue jenang ini pastinya manis dan legit. Hingga enak untuk di nikmati. Anda pun kemungkinan suka serta masih kurang bila cuma menikmatinya satu saja. Anda dapat hadir ke pasar tradisionil untuk dapat temukan makanan yang satu ini. Anda dapat temukan kue jenang kupas ini dengan gampang.

7. Onde-onde kacang merah

Makanan dari Jombang yang benar-benar pas untuk jadikan oleh-oleh ialah onde-onde kacang merah. Anda kemungkinan seringkali nikmati onde-onde yang berada di wilayah lain. Pada intinya onde-onde dari Jombang ini juga hampir sama juga dengan onde-onde biasanya.

Tetapi isian untuk onde-onde ciri khas Jombang ini ialah kacang merah. Hingga cita rasa-rasanya juga pastinya nikmat, ditambah lagi bila di nikmati dengan teh manis.

8. Sate Ringin Contong

Makanan ciri khas yang setelah itu yang dapat anda dapatkan di Jombang ialah sate ringin contong. Untuk sate ringin ini memakai daging kambing yang selanjutnya dibuat dengan bumbu ciri khas.

Hingga cita rasa yang diberikan oleh sate ringin contong ini tidak sama dengan sate biasanya. Anda dapat juga konsumsi sop kambing sekaligus juga diperlengkapi dengan nasi untuk mengenyangkan.

9. Ayam Panggang Urap Ciri khas Jombang

Makanan yang lain yang cuma dapat diketemukan di wilayah Jombang ialah ayam panggang urap. Makanan yang satu ini cukup sudah terkenal di wilayah Jawa Timur. Ayam yang dipakai juga umumnya ialah ayam kampung.

Hingga cita rasa yang dibuat lebih nikmat dan gurih. Pengerjaan dari ayam panggang urap ini gampang. Perlu mengolesi bumbu setahap sampai rata. Hingga membuat cita rasa-rasanya makin meresap saat di nikmati.

10. Nasi Bali Daging Ciri khas Jombang

Makanan ciri khas dari Jombang yang setelah itu nasi bali daging. Anda dapat temukan makanan yang satu ini di obyek wisata di wilayah Jombang. Dalam ini, makanan nasi bali daging ini adalah makanan yang cukup favorite. Sisi daging yang dipakai pada masakan ini ialah sanding lamur.

Selanjutnya dibumbui rempah dan cabai tentu saja. Cita rasa yang nikmat akan membuat anda suka untuk selalu melahap makanan yang satu ini.

Itu beberapa makanan ciri khas Jombang yang harus buat anda cicip. Dengan tahu apapun makanan ciri khas yang berada di wilayah Jombang itu. Karena itu saat anda bertandang ke Jombang, anda tak perlu bingung akan melahap makanan atau menu siang apa.

Anda dapat isi perut anda sekaligus juga coba kuliner ciri khas Jombang. Mudah-mudahan penjelasan di atas bisa memberi info yang berguna. Khususnya buat anda yang akan bertandang ke Jombang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.