10 Makanan Khas Banyuwangi, Wajib Dicicipin

  • Whatsapp
Makanan khas Banyuwangi

Makanan khas Banyuwangi – Kuliner serta obyek wisata ialah dua hal yang tidak dapat dipisah demikian saja, sebab ke-2 daya tarik ini saling dapat membuat satu tempat jadi populer.

Serta kota Banyuwangi yang ada di ujung  propinsi Jawa Timur mempunyai ke-2 magnet itu, yaitu kuliner enak dan obyek wisata menarik.

Nah, jika kalian kebetulan bertandang ke Banyuwangi, pasti tidak ada kelirunya coba kelompok beberapa makanan ciri khas wilayah itu yang tuturnya benar-benar lezat.

Baca juga : 30 makanan khas jawa timur

10 Makanan khas Banyuwangi

Bingung apapun makanan ciri khas Banyuwangi yang populer akan kelezatannya? Tenang saja, pada artikel kesempatan ini JejakPiknik akan membahas beberapa macam kulinernya dengan cara komplet dari mulai langkah membuatnya, resepnya, riwayat dan dengan penuturannya.

1. Sego Cawuk

Makanan ciri khas kabupaten Banyuwangi pertama yang harus buat dicoba ialah sego cawuk, salah satunya tipe kuliner berat dengan ciri bercitarasa gurih sekaligus juga lembut sebab dikasih kombinasi kuah, taburan kelapa parut dan diperlengkapi bermacam jenis lauk pauk.

Nah, ingin tahu kan seperti apa rasa-rasanya? Buat yang ingin mencicipinya, sego cawuk Mak Mantih di Dsn. Prejengan, Ds. Rogojampih ialah juaranya.

Walau cuma warung simpel tapi  tempat yang membuka mulai jam 06. 00-11. 00 ini tetap ramai, sebab tidak hanya enak, harga murah seputar 10-15 beberapa ribu saja satu porsi.

2. Rujak Soto

Makanan ke-2 dari Banyuwangi yang juga populer ialah rujak soto, salah satunya contoh menu unik memiliki bahan fundamen potongan daging babat serta kuah santan kental bercitarasa gurih.

Bertandang ke kabupaten Banyuwangi, tuturnya kurang resmi jika tidak mencicip langsung makanan satu ini. Tertarik ingin coba?

Nah, buat Teman dekat JejakPiknik yang ingin mencobanya dapat hadir ke warung Mbok Mbret di lokasi Benculuk, Cluring, terletak tepat  selain sisa bangunan bioskop Siylvia.

Tidak hanya dapat nikmati citarasanya yang enak serta murah seharga Rp. 20. 000, di warung simpel di tepi jalan ini kita dapat juga lihat langkah membuat rujak soto dengan cara langsung.

3. Bagiak

Buat Teman dekat JejakPiknik yang bingung cari oleh-oleh apa untuk dibawa pulang, bagiak kemungkinan bisa saja pilihan paling pas.

Bagiak ialah semacam kue kering yang dibuat dari tepung sagu serta terbagi dalam beberapa variasi rasa dari mulai pandan, keju, nangka, vanila, jahe sampai durian.

Jajanan tradisionil satu ini walau memilik nama aneh tetapi dapat jadi camilan pas untuk temani enjoy sore sambil menyeruput minuman yang segar-segar.

Bagiak ini banyak dipasarkan di pusat oleh-oleh, salah satunya contoh ialah Toko Sherly Jln. Borobudur Gg. VI No. 02. Masalah harga, dibandrol cukup dapat dijangkau dari mulai Rp. 20. 000-Rp. 25. 000/bungkusnya.

4. Pindang Koyong

Nama kuliner ciri khas Banyuwangi setelah itu pindang koyong. Buat Teman dekat fans hidangan memiliki bahan ikan, harus sekali mencicip menu satu ini.

Masakan pindang koyong warisan suku Osing ini dibuat dari ikan tenggiri yang masih tetap segar  lantas diproses dengan resep bumbu pilihan, hingga rasa-rasanya nikmat serta aromanya juga makin ciri khas.

Serta salah satunya tempat paling eksis akan menu ini ialah Warung Fajar beralamat di Jln. Kepiting 100 X, Kel. Sobo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa timur. Di warung simpel itu harga pindang koyong dibandrol seputar Rp. 7. 000/porsinya.

5. Pecel  Pitik

Walau mempunyai nama cukup aneh, tetapi pecel pitik yang sarat akan nilai adat-istiadat serta budaya ini menyuguhkan citarasa kuliner paling nikmat di Banyuwangi.

Menu ini bahan intinya dibuat dari daging ayam kampung yang diproses dengan bumbu spesial serta umumnya diberikan bersama-sama nasi hangat.

Tetapi benar-benar disayangkan menu ini benar-benar langka jadi tidak diketemukan di warung-warung makan mana saja di kota Banyuwangi.

Baca juga : 15 Kuliner Khas Surabaya

6. Sumping

Jika disaksikan dari gambar atau photo, kue ciri khas Banyuwangi namanya sumping atau nagasari ini tentu tidak asing dilidah kita sebab kudapan itu ada di wilayah lain seperti  di Surabaya contohnya.

Kue basah ini dibuat dari olahan pisang, tepung beras, gula pasir serta kelapa. Tidak hanya jadi hidangan pembuka, kudapan itu dapat juga diberikan untuk menu penutup.

Untuk memperoleh sumping tidak susah sebab camilan ini banyak didapati di beberapa pasar tradisionil Banyuwangi serta harga juga cuma seputar Rp. 1. 000-Rp. 2. 000/bijinya.

7. Sego Bungkus

Sesuai dengan namanya, kuliner ciri khas Banyuwangi satu ini ialah sajian bercitarasa nikmat yang terbagi dalam nasi dan bermacam jenis lauk pauk serta umumnya dibungkus dengan daun pisang.

Nah, tertarik mencicipinya? Warung Sego Bungkus&Gudeg Bu Poer di jalan Jend. Sudirman No. 26, Panderejo, Penganjuran, Banyuwangi ialah tempat paling baik untuk menikmatinya. Masalah harga, cuma Rp. 5. 000 saja seporsinya.

8. Kelemben

Tidak hanya bagiak, bolu kering namanya kelemben ciri khas kota Banyuwangi  ini dapat juga jadi salah satunya pilihan oleh-oleh paling pas buat dibawa pulang.

Kue ini dibuat dari olahan tepung terigu, telur dan gula. Selain rasa-rasanya yang gurih, kudapan itu memiliki bentuk lucu seperti kura-kura.

Penganan itu benar-benar gampang didapati baik di home industry atau pasar tradisionil serta masalah harga sekitar Rp. 15. 000/kotaknya.

9. Ladrang Sabrang

Makanan khas Banyuwangi yang lain yang dapat juga jadikan untuk oleh-oleh ialah ladrang sabrang, salah satunya jajanan memiliki bahan fundamen ubi ungu.

Selain citarasanya demikian nikmat serta renyah, jajanan ini dapat mengobati beberapa jenis penyakit seperti kanker, obesitas dan diabetes sampai penurunan berat tubuh.

Ladrang sabrang sendiri banyak dipasarkan di toko oleh-oleh serta harga dibandrol cuma seputar 10-15 beberapa ribu per bungkusnya.

10. Ayam Pedes

Buat Teman dekat JejakPiknik penggemar kuliner pedas level atas, karena itu ayam pedes ciri khas wilayah Genteng ini salah satu menu paling harus untuk dicicip.

Yup, ayam pedes ini rasa-rasanya memang nikmat sebab tidak hanya dagingnya empuk, menu itu diperlengkapi nasi tempong, sambal dan kuah dengan resep bumbu spesial.

Satu tempat paling terkenal akan menu ini ialah Ayam Pedes Rantinem di Genteng Kulon. Warung ini telah bekerja semenjak 1970-an serta benar-benar populer di Banyuwangi. Tidak hanya sebab enak, harga cuma seputar Rp. 20. 000 saja seporsinya.

Semua catatan di atas ialah data paling akhir di saat tulisan ini dibikin. Bila ada perkembangan paling baru yang Kamu tahu, silahkan informasikan pada kami pada kotak kometar berikut ini ya. Begitupun bila ada yang salah, punyai masukan serta pendapat. Terima kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *