9 Makanan Khas Ngawi, Bumbunya Nagih

  • Whatsapp
Makanan khas Ngawi
Tepo tahu

Makanan khas Ngawi – Kota Ngawi salah satu kabupaten di Jawa Timur yang populer mempunyai banyak obyek wisata menarik serta benar-benar baik untuk didatangi.

Tetapi, bukan hanya tempat wisatanya saja yang populer, segudang kuliner lezat ciri khas Ngawi ini harus Teman dekat JejakPiknik coba waktu berkunjung ke kabupaten itu.

Tidak hanya sekedar untuk isi perut, beberapa minuman dan makanan ciri khas Ngawi ini mantap buat jadikan untuk oleh-oleh lho.

Baca juga : 30 makanan khas jawa timur

9 Makanan khas Ngawi

Lalu, apapun makanan sebagai keunikan dari wilayah Ngawi serta paling harus buat dicoba? Berikut listnya.

1. Tepo Tahu                                                                          

Beberapa Teman dekat JejakPiknik tentu pernah dengar tepo tahu. Sebab di sejumlah wilayah di Jawa Timur memang jadikan kuliner ini untuk menu jagoan, termasuk juga di Kab. Ngawi.

Makanan unik ciri khas Ngawi ini bahan dasarnya dibuat dari tepo, salah satunya tipe penganan seperti lontong tetapi dengan bentuk tidak sama serta teksturnya lebih lembut.

Tidak hanya tepo, bahan penting dari sajian tradisionil satu ini ialah tahu telur yang selanjutnya disiram kuah dengan racikan bumbu simpel memakai kecap, air asam serta yang lain.

Jika ingin mencicipinya, satu tempat paling baik ialah Tepo Tahu Mbah Nem di Jln. Dr, Sutomo, Ngawi. Warung itu membuka mulai jam 17. 00-21. 00. Masalah harga, kita perlu mempersiapkan anggaran seputar Rp. 12. 000 saja per porsinya.

2. Lethok

omMeskipun namanya terdengar aneh tetapi sebetulnya kuliner yang disebutkan dengan sambal tumpang ini rasa-rasanya benar-benar enak lho.

Berdasar resep, lethok itu dibuat dari tempe semangit yang selanjutnya digabung dengan bumbu dapur hingga mempunyai rasa benar-benar nikmat.

Tempe semangit sendiri ialah tempe yang telah dibusukkan terlebih dulu sebelum selanjutnya jadikan untuk lothek. Makanan itu umumnya disajikan dengan rasa pedas.

Nah, buat yang ingin mencicipinya, warung Lethok Pecel Mbah Jan di Jln. Trunojoyo, ds. Ngadirejo, ialah tempatnya. Lapak ini membuka mulai jam 06. 00-12 siang serta untuk satu bagian lethoknya cuma dibanderol seputar 3 beberapa ribu saja.

3. Kripik Tempe

Lihat gambar atau photo penganan satu ini kemungkinan bukan jadi makanan asing buat kita ya. Masalahnya jajanan tradisionil itu hampir diketemukan di tiap wilayah di Indonesia.

Tetapi dari sisi rasa, kripik tempe ciri khas Ngawi ini sedikit tidak sama dimana tidak cuma gurih dan juga pedas sebab dibumbui spesial seperti jeruk, kencur dan cabai.

Nah, bila ingin memburu camilan mudah ini, Teman dekat JejakPiknik dapat hadir ke Kripik Tempe Sempurna Rasa di Jln. M. Duriyat, Gg. Cendrawasih No. 33, Grudo. Di toko itu, harga jajanan keripiki benar-benar dapat dijangkau cuma 12 beberapa ribu saja.

4. Nasi Pecel

Nasi Pecel salah satu kuliner tradisionil paling terkenal di Indonesia. Hampir tiap wilayah jadikan sajian itu untuk menu andalannya.

Tetapi yang di Ngawi ini cukup tidak sama sebab diberikan dalam pohon pisang berupa segitiga. Disamping itu,   nasinya demikian lembut lantas bumbu kacangnya disengaja tidak halus supaya rasa gurihnya rasanya.

Nah, ingin tahu citarasanya? Buat yang ingin coba, satu tempat paling baik ialah Nasi Pecel Lethok Mbah Jan di Jln. Trunojoyo, Ngadirejo ya. Tidak cuma enak, harga murah dan meriah cuma 3 sampai 6 beberapa ribu saja. Bagaimana, siap melaju?

5. Ledre

Sebetulnya ledre adalah makanan tradisionil Bojonegoro tetapi di Ngawi penganan itu dikatakan sebagai kuliner uniknya, tentu saja dengan menyuguhkan citarasa  tertentu.

Ledre di Ngawi penampilan serta rasa-rasanya cukup tidak sama yang berada di Bojonegoro. Ditambahkan, di wilayah itu penganan ini sudah diubah jadi beberapa rasa.

Nah, Bila ingin tahu akan rasa-rasanya, silakan membelinya di toko Ledre Super Pisang Raja di Jln. Gajah Mada. Dalam tempat ini, kita cuma mempersiapkan anggaran seputar Rp. 4. 000-Rp25. 000 saja agar bisa satu bungkusnya.

6. Sate Gule

Photo By satengawi. blogspot. comMeski kuliner selanjutnya ini gampang diketemukan di kota-kota lain tetapi sate gule ciri khas kabupaten Ngawi itu dapat disebut sedikit tidak sama hanya karena dikasih sedikit kecap saja.

Buat Teman dekat JejakPiknik yang tidak senang akan makanan bercitarasa manis, kemungkinan sate gule ialah menu paling cocok buat disantap waktu tengah bertandang ke Ngawi.

Serta satu tempat paling terkenal akan kuliner ini ialah Sate Gule Pak Lancur di Jln. Ahmad Yani No. 46. Berkunjung ke warung itu, Teman dekat JejakPiknik perlu mempersiapkan anggaran 30 ribu saja untuk dapat nikmati satu bagian satenya.

7. Rawon

Tidak cuma di Pasuruan saja, kuliner namanya rawon yang dibuat dari daging pilihan serta tauge ini rupanya jadi salah satunya makanan ciri khas di Ngawi. Tentu saja dengan citarasa tertentu ya.

Nah, jika Teman dekat JejakPiknik ingin tahu bagaimana rasa rawon ciri khas Ngawi, ada satu tempat paling pas buat didatangi yakni Warung Rawon di jln. Trunojoyo no. 17, Kretek, Ngawi. Di sini, untuk harga satu porsinya cuma dibandrol rata-rata 25 beberapa ribu saja.

8. Tongseng Kambing

Walau cukup gampang diketemukan di wilayah lain tetapi tongseng kambing ciri khas Ngawi ini dapat disebutkan rasa-rasanya sedikit tidak sama sebab memberikan sensasi rasa benar-benar pedas.

Menu masakan satu ini benar-benar gampang diketemukan di warung-warung makan di Ngawi serta salah satunya contoh yang paling terkenal ialah Sate Gule di jln. Ahmad Yani No. 46, Beran. Tidak hanya enak, harga murah cuma 20 beberapa ribu.

Baca juga : 10 makanan khas malang

9. Cokelat Tempe

Camilan mudah yang disebut kombinasi tempe serta cokelat ini salah satu penganan ciri khas wilayah Mantingan, Ngawi. Kudapan itu benar-benar pas buat jadikan untuk oleh-oleh.

Nah, jika ingin memperolehnya, Teman dekat JejakPiknik silakan hadir ke rumah produksi di wilayah Danguk, Karangjati ya. Tidak hanya enak, harga camilan itu juga berteman cuma 10 beberapa ribu saja per bijinya.

Semua catatan di atas ialah data paling akhir di saat tulisan ini dibikin. Bila ada perkembangan paling baru yang Kamu tahu, silahkan informasikan pada kami pada kotak kometar berikut ini ya. Begitupun bila ada yang salah, punyai masukan serta pendapat. Terima kasih. Maret 2020

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *