9 Makanan Khas Blitar yang Wajib Kalian Incipin

  • Whatsapp
Makanan Khas Blitar

Fakta, Makanan Khas Blitar – Blitar adalah kota proklamasi, karena di kota berikut bapak Proklamator Republik Indonesia dilahirkan dan bersemayam. Untuk salah satunya jati diri Indonesia dengan beberapa bermacam macam kekayaan bangsa.

Blitar simpan banyak kekayaan terutamanya wisata kuliner. Banyak makanan ciri khas Blitar yang dapat anda coba waktu bertandang ke tempat ini.

Blitar ada dibagian selatan propinsi Jawa Timur. Biasanya warga yang berasal di luar kota atau luar propinsi bertandang ke kota Blitar ini untuk berziarah ke makam Bung Karno. Namun wisata kuliner yang berada di Blitar tidak dilalaikan untuk disinggahi.

Kamu ingin tahu apapun makanan ciri khas Blitar yang menjadi target beberapa pelancong? Daripada ingin tahu, seharusnya baca saja penjelasan dari artikel ini sampai habis. Kami akan mengulas beberapa jenis kuliner Blitar yang dapat menggoyang lidah serta perut.

Jika kebetulan kamu punyai jadwal berlibur ke Blitar, karena itu bersiap saja untuk icip-icip beberapa jenis makanan ciri khas Jawa Timur terutamanya Blitar.

Disamping itu kamu dapat juga berkunjung ke pusat oleh-oleh yang sediakan makanan ciri khas, jajanan tradisionil minuman serta beberapa jenis oleh-oleh ciri khas dari kota Blitar.

Baca : 30 makanan khas jawa timur

9 Makanan Khas Blitar

1. Wajik Kletik Blitar

Wajik kletik salah satu makanan ciri khas yang seringkali dibeli oleh pelancong waktu bertandang ke obyek wisata yang berada di Blitar. Camilan namanya wajik kletik ini telah populer serta dibikin berbahan fundamen berbentuk beras ketan serta gula kelapa.

Paket wajik kletik sendiri benar-benar simpel, dibungkus menggunakan kulit jagung yang sudah dikeringkan. Tidak cuma pas di nikmati waktu enjoy, tapi wajik kletik dapat juga jadi oleh-oleh ciri khas Blitar.

Di blitar sendiri, umumnya wajik kletik ciri khas Blitar ini diberikan pada acara seperti hajatan serta acara penting yang lain. Rasa wajik kletik ini manis serta gurih dan mempunyai struktur kletik-kletik saat dikonsumsi.

2. Nasi Ampok Ciri khas Blitar

Kuliner namanya nasi ampok ini adalah salah satunya menu makanan ciri khas yang datang dari Blitar. Nasi ampok jadi salah satunya makanan inti alternatif nasi yang dibikin berbahan fundamen jagung.

Kamu bisa menemui kuliner ini di seputar alun-alun Blitar. Cukup hanya mengambil kantong sebesar Rp4. 000 saja, kamu dapat memperoleh kelezatan serta muatan faedah yang ada pada nasi ampok ini.

Jika ingin meningkatkan cita rasa lezat dari nasi ampok, karena itu dapat diberikan dengan sambal tomat, ikan asin serta sayur rebus.

Jika telah komplet semacam itu, tentu kamu tidak bisa diam serta rasa-rasanya ingin ngunyah terus. Intinya mantap serta ditanggung nagih waktu telah merasai kelezatan nasi ampok ini.

Baca Juga : 10 Kuliner Khas Pamekasan Jangan Sampai Terlewat

3. Geti Ciri khas Blitar

Namanya unik serta masih terdengar asing, Geti. Ini salah satu oleh-oleh ciri khas Blitar. Kamu yang disebut warga luar kota Blitar kemungkinan terlihat asing serta aneh dengar nama cemilan yang satu ini.

Geti adalah hidangan oleh-oleh ciri khas Blitar yang dibikin memakai bahan berbentuk gula merah, kacang serta wijen. Muatan gizi Geti rupanya lumayan tinggi, jadi seringkali dicari oleh warga, pelancong serta beberapa wisatawan. Biasanya warga jadikan geti untuk sajian untuk tamu saat lebaran dan acara pernikahan.

Untuk kamu yang ingin jadikan ubah untuk oleh-oleh berlibur kamu di Blitar. Karena itu kamu dapat memperoleh ubah di pusat oleh-oleh ciri khas Blitar.

Di beberapa toko oleh-oleh tentu saja kamu dapat temukan Geti serta beberapa jenis makanan lain ciri khas Blitar yang pas sekali buat kamu bawa serta pulang.

4. Rujak Cingur Blitar

Kalian tentu tidak asing dengar kuliner yang namanya rujak cingur ini. Makanan ciri khas Jawa Timur yang satu ini pas sekali disantap waktu siang hari.

Rujak cingur adalah makanan yang terbagi dalam beberapa jenis buah fresh. Seperti kedondong, mentimun, mangga muda, bengkuang, nanas, kerahi serta ditambah lontong.

Disamping itu dikasih pelengkap seperti tempe, tahu, dan sayuran seperti kacang panjang, kangkung serta tauge. Semua bahan digabung dengan saus yang dibikin dari bumbu petis, udang, kacang tanah goreng, bawang goreng serta potongan pisang biji hijau.

Paling akhir semua di bumbu itu diulek dengan air panas. Rujak cingur punyai rasa yang unik serta berbagai macam. Ini sebab rujak digabung dengan cingur. Cingur ialah mulut atau moncong sapi. Jadi akan memberi sensasi rasa yang unik waktu kamu merasai rujak ini.

Untuk kamu yang tidak pernah coba rujak cingur Blitar benar-benar dianjurkan untuk mencobanya. Karena rasa-rasanya pedas, nikmat, gurih serta susah untuk dilalaikan.

5. Nasi Pecel Blitar

Waktu kamu dengar nama makanan ciri khas Blitar sambel pecel ini sudah pasti biasa. Karena makanan ini telah umum serta tersebar dimana saja. Tapi pecel ciri khas Blitar sendiri punyai kekhasan lainnya, dari mulai penyajian s/d rasa-rasanya.

Bahan fundamen pengerjaan pecel sendiri sebetulnya sama dengan pecel pecel yang berada di kota lain dari kacang tanah disangrai dibumbui berbentuk cabe rawit kencur jeruk purut gula merah bawang putih garam serta asam jawa sesaat sayurannya sama yakni kecambah serta sayuran hijau yang lain.

Letak bedanya ialah dari sisi penyajian. Penyajiannya umumnya memakai pincuk atau daun pisang yang ditekuk serta dikasih lidi pada ujungnya.

6. Soto Daging Blitar

Tiap wilayah memang punyai resep soto tertentu. Seperti soto daging ciri khas kota Blitar. Kamu bisa temukan lezatnya wisata kuliner ini dalam tempat makan yang namanya Soto Daging Bok Ireng.

Salah satunya hal menarik yang membuat ciri khas soto ini ialah dagingnya yang berwarna hitam. Disamping itu kuah sotonya istimewa dengan bumbu rempah-rempah ciri khas yang membuat kamu tidak sabar untuk mencicipinya. Serta waktu mencium aroma soto ini terasanya ingin terjun bebas.

Di warung Bok Ireng kamu bisa melahap soto dengan rasa istimewa. Lantas kamu dapat juga hadir ke jalan Cokroaminoto untuk beli soto daging ini pada harga yang tidak mahal.

7. Uceng Goreng serta Peyek Uceng

Apa kamu paham.kamu mengerti apa uceng itu? Uceng ialah ikan air tawar yang hidupnya di sungai. Bentuk ikan ini bundar serta memanjang, besarnya kurang lebih cuma sebesar jari kelingking saja.

Beberapa pilihan menu uceng yang dapat diberikan dalam beberapa variasi seperti botok uceng, sayur uceng, peyek uceng serta uceng goreng.

Kamu bisa mengkonsumsinya dengan nasi hangat ditemani sambal. Rasa-rasanya gurih serta dapat buat kamu suka untuk coba serta merasakan . Jika kamu ingin beli uceng goreng, kamu dapat hadir ke salah satunya warung Uceng Sukacita. Tempatnya ada di jalan Cokro Pati, Desa Babadan, Wlingi, Blitar.

Di samping digoreng, uceng seringkali dibikin jadi rempeyek. Salah satunya makanan ciri khas Blitar serta seringkali jadikan untuk oleh oleh beberapa pelancong.

Membuatnya benar-benar gampang, memakai bahan fundamen berbentuk tepung beras, santan, sagu, daun jeruk serta uceng. Rasa-rasanya renyah serta gurih waktu masuk ke mulut.

8. Beras Pintar Blitar

Beras pintar adalah beras bikinan yang dipakai untuk mengubah beras biasanya. Ini adalah salah satunya inspirasi cemerlang dari pelaku bisnis muda yang berada di Blitar. Jadikan beras untuk beras yang berharga gizi tinggi karena banyak muatan berguna yang berada di dalamnya.

Proses pengerjaan beras pintar ini dibikin dari beberapa jenis kombinasi vitamin, ekstrak sayur, susu serta banyak yang lain. Hingga faedah yang dikandung beras pintar ini banyak.

Sebab faedahnya yang baik untuk kesehatan, karena itu beras pintar banyak dipasarkan di toko oleh oleh. Beberapa pelancong yang cari beras ini biasanya mereka yang mengetahui jika tidak hanya enak beras ini dapat digunakan untuk makan balita. Serta beras pintar dapat juga mendesak gula darah pada tubuh.

9. Tahu Bumbu Lawu Blitar

Tahu bumbu lawu salah satu kuliner racikan yang berisi lontong yang dipotong-potong. Didalamnya diperlengkapi dengan tahu 1/2 masak, kerupuk, tauge, sambal dan bumbu lawu dengan cita rasa yang nikmat.

Walau penampilannya termasuk simpel, tetapi rasa-rasanya dapat menggugah hasrat. Salah satunya tempat yang direferensikan untuk kamu dapat mencicip tahu bumbu lawu ini ada di jalan Lawu Blitar.

Di sini kamu dapat lihat beberapa warung yang menyediakan makanan ciri khas Blitar berbentuk tahu bumbu lawu. Kamu dapat coba sensasi rasa kuliner ini yang tentu buat nagih.

Itu daftar makanan khas Blitar yang terkenal serta banyak dicari oleh beberapa pelancong. Terimkasih telah bertandang ke situs foodnesia, mudah-mudahan berguna.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *