9 Makanan Khas Bojonegoro, Enaknya Bukan Hoax

  • Whatsapp
Makanan khas Bojonegoro
Ledre

Makanan khas Bojonegoro – Bojonegoro salah satu kabupaten di Jawa Timur yang populer benar-benar kental akan tradisi serta budaya. Tetapi disamping itu, kota Angling Darmo ini cukup terkenal sebab mempunyai segudang tempat wisata menarik.

Nah, jika kalian kebetulan sedang bertandang ke beberapa di Bojonegoro tidak ada kelirunya bila menyempatkan diri barang sesaat buat nikmati kuliner ciri khas Angling Darmo ini.

Tidak hanya populer enak lezat, makanan tradisionil wilayah di Jawa timur ini harga lumayan murah serta benar-benar pas buat jadikan untuk oleh-oleh.

Baca juga : 30 makanan khas jawa timur

9 Makanan khas Bojonegoro

Berikut informasi dan resep selengkapnya.

1. Ledre

Ledre salah satu makanan ciri khas Bojonegoro yang mempunyai citarasa gurih enak. Kudapan terlaris selama hidup ini jadi oleh-oleh paling top buat keluarga terkasih.

Bahan penting dari Ledre itu terbagi dalam pisang dan kombinasi tepung beras, terigu serta gula yang selanjutnya diproses dengan unik yaitu digapit seperti keripik emping gulung.

Jika disaksikan sekilas dari gambar photo, camilan itu memiliki bentuk seperti seperti egg roll tetapi untuk rasa-rasanya cukup jauh tidak sama.

Serta salah satunya tempat penjual jajanan ini yang paling terkenal ialah Ledre Pisang Raja di jalan R. A Kartini No. 40. Di toko itu satu bungkusnya cuma seputar Rp. 12. 000 saja.

2. Putu

Makanan ciri khas yang dibuat dari tepung beras serta mempunyai struktur butiran kasar ini kemungkinan bukan jadi jajanan asing buat warga Indonesia.

Kuliner itu serta telah menyebar nyaris di tiap pojok wilayah di Indonesia serta makanan ini juga umumnya paling nikmat jika disantap dalam kondisi masih hangat.

Untuk memperoleh jajanan tradisionil ini bukan hal susah sebab di saat sore hari, banyak penjual putu hadir berkeliling-keliling. Serta masalah harga, umumnya kuliner itu cuma dibandrol seputar Rp. 1. 000/potongnya.

3. Klepon

Nah, dengar nama makanan ini pasti bukan jadi kuliner asing buat masyarakat Indonesia, sebab umumnya dimana ada Putu, disana ada Klepon.

Bahan pengerjaan dari Klepon sendiri hampir sama dari Putu yang mana memakai tepung beras. Perbedaannya hanya dari sisi memiliki bentuk saja.

Jika kue Klepon memiliki bentuk bundar sesaat putu lebih ke silinder tetapi saling berisi gula merah cair.

Serta salah satunya tempat paling terkenal sampai sekarang ialah Klepon Bu Nunuk di Jln. Raya Bulang No. 05, desa Prambon. Sebab kelezatannya, warung itu pernah mendapatkan penghargaan dari Citra Kartini Award pada tahun 2003.

Warung yang membuka mulai jam 07. 00-20. 00 ini harga kleponnya termasuk cukuplah murah yaitu cuma Rp. 5. 000/porsinya.

4. Keripik Tempe

Sesuai dengan namanya, jajanan tradisionil ciri khas Bojonegoro ini bahan intinya memang dibuat dari tempe yang iris tipis lantas dibumbui rempah pilihan.

Citarasa keripik ini teksturnya benar-benar renyah serta gurih hingga waktu digigit akan memunculkan bunyi kriuk. Makanan itu banyak dicari untuk dibawa pulang untuk oleh-oleh buat keluarga.

Serta salah satunya tempat penjual keripik tempe tergurih ialah UD. Makmur Jaya di jalan Pemuda gang Wahyu No. 08, Bojonegoro. Tidak hanya enak, harga murah yakni cuma Rp. 50. 000/kg.

5. Serabi

Makanan ciri khas Bojonegoro setelah itu yang pantas buat dicicip ialah Serabi. Kue dengan rasa manis serta gurih itu banyak juga diketemukan di beberapa wilayah di Indonesia.

Tetapi Serabi ciri khas Bojonegoro dapat disebut rasa-rasanya lebih unik , hal itu karena langkah membuat masih tradisionil.

Buat yang ingin memburu makanan ini, Serabi Solo Nabila di jalan Bijak Rahman Hakim ialah tempat paling cocok buat dituju. Tidak hanya sediakan variasi rasa, harga murah yakni Rp. 1. 500/bijinya.

6. Ender-Ender

Walapun termasuk juga salah satunya makanan kuno tetapi kuliner namanya Ender-ender itu masih eksis sampai sekarang serta termasuk juga salah satunya jajanan favorite warga Bojonegoro lho.

Cemilan tradisionil memiliki bahan baku ubi singkong ini terbagi dalam beragam variasi rasa yaitu ada manis serta gurih, ke-2 tipe ini rasa-rasanya masih alami tanpa ada bahan pengawet.

Buat yang ingin memburu camilan itu, silakan hadir ke UD. Guyangan Multi Usaha di jln. Masjid 14, desa Kapas, Bojonegoro ya. Di sini harga Ender-ender termasuk masih dapat dijangkau.

7. Dadar Jagung

Makanan ciri khas Bojonegoro satu ini dibikin dari kombinasi jagung, tepung tapioka, telur dan bermacam jenis bumbu rempah pilihan.

Tidak hanya resepnya yang gampang, pengerjaan kuliner ini termasuk simpel dimana sesudah semua bahan diaduk rata serta dibuat jadi bulatan kecil memakai sendok, kombinasi itu selanjutnya digoreng.

Kuliner itu banyak didapati di seputar pasar tradisionil serta umumnya cuma dibandrol seputar Rp. 5. 00/bijinya. Murah kan?

Baca juga : 10 makanan khas malang

8. Sego Mawut

Sego Mawut dibuat dari kombinasi nasi goreng, bermacam nabati, telur serta penambahan mie ini umumnya jadikan untuk menu makan malam oleh warga Bojonegoro.

Buat yang ingin memburu kuliner ini, silakan hadir kejalan Panglima Sudirman. Dalam tempat itu berjejer penjual Sego Mawut yang enak. Masalah harga dapat disebut benar-benar dapat dijangkau yaitu seputar Rp. 12. 000/porsinya.

9. Sego Buwohan

Sajian paling akhir ini pantas dibanggakan, bagaimana tidak sebab rasa-rasanya yang benar-benar lezat membuat kuliner itu menempati rangking 1 pada suatu Festival Makanan ciri khas Wilayah.

Nah, ingin tahu kan bagaimana citarasanya? Buat yang ingin menikmatinya, Warung No One Sego Buwohan di jalan Moh. Thamrin ialah tempat paling recommended buat didatangi.

Warung No One ini membuka mulai jam 08. 00-16. 00 serta untuk harga satu bagian Sego Buwohan umumnya cuma dikenakan Rp. 15. 000/porsinya.

Semua catatan di atas ialah data paling akhir di saat tulisan ini dibikin. Bila ada perkembangan paling baru yang Kamu tahu, silahkan informasikan pada kami pada kotak kometar berikut ini ya. Begitupun bila ada yang salah, punyai masukan serta pendapat. Terima kasih

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *