10 Makanan Khas Gresik, Nomor 7 Enaknya Bukan Main

  • Whatsapp
Makanan khas Gresik
Nasi krawu khas gresik

Makanan khas Gresik – Liburan ke Gresik serta merasai makanan ciri khas wilayah itu pasti jadi jadwal yang paling menyenangkan. Tidak hanya bisa isi perut, kita dapat merasai kekhasan kuliner enak dari sana.

Nah, jika Kalian kebetulan bertandang ke Gresik, Jawa Timur, karena itu sempatkanlah barang sesaat untuk coba bermacam sajian kuliner yang berada di kota itu.

Baca 30 Makanan Khas Jawa Timur

10 Makanan khas Gresik

Bingung apapun makanan ciri khas Gresik yang pantas buat dicoba? Nah, pada artikel kesempatan ini JejakPiknik akan  membahas mengenai beberapa macam kulinernya komplet dan resepnya, penuturannya, riwayat sampai langkah membuatnya.

1. Jubung

Makanan ciri khas Gresik yang diketahui dengan nama jubung ini salah satu kuliner paling harus buat dicoba. Penganan semacam camilan mudah itu dibuat dari ketan hitam serta taburan wijen.

Walau telah gampang diketemukan di beberapa kota, tetapi jubung ciri khas Gresik itu mempunyai citarasa lebih enak,   ini karena penganannya dibungkus memakai kulit pohon pinang.

Jajanan tradisional  seperti jenang ini benar-benar gampang diketemukan disepanjang jalanan kota Gresik serta salah satunya tempat paling recommended ialah Jenang Jubung Mutiara Rasa Pak Temon di Jln. KH. Abdul Karim No. 07, Trate, Pekelingan, Kecamatan Gresik.

Toko oleh-oleh ini membuka mulai jam 08. 00-18. 00 serta tentang harga jubung, cuma dibandrol seputar Rp. 8. 000/bungkusnya.

2. Bonggolan

Selanjutnya ada Bonggolan, makanan satu ini termasuk juga salah satunya contoh penganan unik dengan beberapa ciri dibungkus daun pisang serta memiliki bentuk bundar memanjang.

Menurut resep, bonggolan ini bahan dasarnya dibuat dari daging ikan yang selanjutnya dibalut dengan memakai adonan tepung kanji.

Untuk bikin bonggolan dapat disebut cukup gampang, dimana adonan tepung kanji digabung terlebih dulu dengan bumbu dan penyedap rasa, kemudian dibalut ke daging ikan.

Bonggola bisa diketemukan di wilayah pesisir Gresik terutamanya sisi utara dari mulai Pulau Mengare, Kecamatang Bungah s/d Sidayu. Serta masalah harga, cuma dibandrol 6-8 ribu per bungkusnya.

3. Pudak

Makanan ciri khas Gresik yang lain ialah pudak atau ope. Kuliner ini ialah semacam penganan berbentuk kue yang rasa-rasanya telah ditanggung benar-benar enak serta pasti membuat suka.

Kudapan ini dibuat dari santan kelapa, gula jawa dan tepung beras. Untuk membuat terbilang  cukup gampang dimana adonan digabung lantas dituangkan dalam contong, kemudian dibungkus dengan daun pisang selanjutnya dikukus.

Tidak cuma enak disantap saat hangat, pudak ini banyak dibeli orang untuk jadikan untuk oleh-oleh buat keluarga terkasih.

Nah, untuk memperolehnya, Teman dekat JejakPiknik dapat hadir ke toko oleh-oleh di Jln. Sindujoyo, kota Pekalongan. Dalam tempat ini harga pudak dipasarkan murah seputar Rp. 15. 000-Rp. 20. 000/renteng, dengan isian 10 bungkus.

Baca juga : 15 Kuliner Khas Surabaya

4. Nasi Krawu

Menurut warga Gresik, nasi krawu ini citarasanya benar-benar nikmat. Ya lumrah saja, penganan itu dibuat dengan resep bumbu spesial hingga rasa-rasanya juga lebih spesial.

Serta yang membuat lebih spesial yakni sebab satu porsi nasi krawu ini dikasih beberapa jenis lauk penambahan seperti sambal petis, suwiran ayam, serundeng, belacan, tahu, belut, babat, paru goreng dan semur usus sapi.

Satu tempat paling cocok untuk menikmatinya ialah Nasi Krawu Buk Tiban II di jalan Veteran No. 118, Gresik. Di warung yang membuka 24 jam ini, satu porsi menu itu cuma dibandrol seputar 20 beberapa ribu saja.

Nah, info gembiranya buat masyarakat Surabaya yang ingin nikmati nasi krawu, sekarang Buk Tiban telah membuka cabang baru loh di Jln. Prabatan, Bubutan.

5. Otak-otak Bandeng

Nah, kuliner setelah itu ini tidak cuma diketemukan di kota Sidoarjo saja, di Gresik otak-otak bandeng banyak juga diketemukan serta tentu saja rasa-rasanya sedikit tidak sama.

Otak-otak bandeng ciri khas Gresik ini termasuk juga salah satunya contoh oleh-oleh yang dapat dibawa pulang untuk oleh-oleh. Tidak hanya rasa-rasanya enak, penganan itu dibuat tanpa ada bahan pengawet apa saja.

Untuk memperolehnya, dapat hadir ke toko oleh-oleh Bu Muzanah di Jln. Sindujoyo No. 68, Telogo Sudut 1, Lumpur, Kec. Gresik. Di lapak itu, otak-otak bandeng dipasarkan cuma seharga Rp. 55. 000/ekornya.

6. Gempo

Sekilas disaksikan dari gambar, gempo ini seperti dengan gethuk, perbedaannya penganan itu terbuat  dari kacang merah serta teksturnya juga lebih padat.

Tidak cuma enak jadikan rekan menyeruput minuman fresh, gempo ini wajar buat dibawa pulang untuk oleh-oleh untuk rekanan atau keluarga.

Serta warung Klepon Devi di dekat Alun-alun kota Menganti ialah tempat paling pas untuk memburu gempo enak. Tentang harga, kita cukup sediakan anggaran seputar 8 ribu saja.

7. Petis Bawean

Kuliner ciri khas Gresik setelah itu yakni petis bawean, salah satunya tipe oleh-oleh yang dibuat dari olahan ikan serta benar-benar pas buat jadikan untuk sambal rujak atau rekan nasi putih.

Nah, untuk mencicipinya, Teman dekat JejakPiknik dapat hadir ke warung Rujak Asriyah di ds. Pudakit Timur, Kec. Sangkapura, Pulau Bawean. Di sini, harga petis komplet dengan rujaknya dibandrol seputar 7-10 ribu per porsinya.

8. Ayas

Nah, ayas ini bahan intinya tidak jauh lain dengan jubung yaitu saling memakai ketan serta taburan wijen, perbedaannya yang dipakai ialah ketan putih.

Kue tradisionil satu ini memiliki bentuk persegi panjang serta dibikin dengan beberapa warna menarik tapi masih sehat serta nikmat.

Untuk memperolehnya, Teman dekat JejakPiknik dapat hadir ke toko oleh-oleh Pudak’99’ di Jln. Veteran, kota Gresik. Masalah harga ayas, dibandrol cuma rata-rata Rp. 8. 000/bungkusnya.

9. Gulai Ubus

Photo By imgrum. pwBerikutnya ada gulai ubus, salah satunya masakan tradisionil ciri khas Gresik yang berisi daging sapi serta roti maryam dan kuah santan kental.

Kuliner ini termudah diketemukan di lokasi makam Sunan Giri serta Alun-alun Gresik. Bicara masalah harga, gulai ubus ini biasanya dibandrol seputar Rp. 14. 000/porsinya.

10. Bubur Masin

Kuliner recommended paling akhir yang wajar buat dicicip dari Gresik ialah bubur masin, salah satunya hidangan empuk memiliki bahan fundamen tepung jagung atau maizena.

Makanan ciri khas lebaran favorite warga Gresik ini rasa-rasanya demikian nikmat, ditambah lagi sebab digabung dengan santan serta dikasih racikan bumbu spesial.

Tetapi sayangnya, kuliner ini termasuk juga makanan musiman cuma diketemukan waktu mendekati lebaran saja serta tidak dipasarkan di warung makan mana saja di Gresik.

Itu deretan makanan ciri khas Gresik, tetapi tidak hanya daftar di atas, masih ada banyak kuliner yang lain yang pantas buat dicoba seperti sate lulur lowayu Dukun serta soto dalaman dari Benjeng.

Semua catatan di atas ialah data paling akhir di saat tulisan ini dibikin. Bila ada perkembangan paling baru yang Kamu tahu, silahkan informasikan pada kami pada kotak kometar berikut ini ya. Begitupun bila ada yang salah, punyai masukan serta pendapat. Terima kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *