8 Makanan Khas Bondowoso, Sepiring Berdua Lebih Nikmat

  • Whatsapp
8 Makanan khas Bondowoso
surma

Terdapat beberapa makanan ciri khas Bondowoso lezat yang dapat kamu coba. Apa kamu pernah ke Bondowoso untuk habiskan waktu berlibur bersama-sama orang terkasih? Bila belum, kamu benar-benar dianjurkan untuk hadir kesini untuk nikmati panorama indah yang menarik.

Tidak itu saja, salah satunya kabupaten di Jawa Timur ini menyuguhkan pemandangan pegunungan yang banyak dicari pelancong.

Nah, Apa kamu tertarik untuk kesana? Bila benar karena itu jangan cuma berekreasi saja, kamu dapat juga singgah ke sejumlah warung atau rumah makan yang jual beberapa jenis kuliner ciri khas Bondowoso.

Rasa-rasanya yang lezat serta mantap pasti benar-benar sayang bila tidak di nikmati saat bertandang kesana.

Baca juga 30 Makanan Khas Jawa Timur

8 Makanan khas Bondowoso

Apapun kuliner yang harus kamu coba? Baca daftar makanan ciri khas Bondowoso yang harus kamu coba seperti berikut!

Bakso Gulung Bondowoso

Salah satunya makanan ciri khas Bondowoso yang jangan tertinggal untuk dicoba ialah kuliner bakso gulung Bondowoso.

Seperti apa itu? Tidak seperti bakso biasanya, bakso ini diperlengkapi dengan bakso yang dibikin dengan digulung.

Teksturnya benar-benar lembut serta lumer di lidah, tentu benar-benar pas untuk menghangatkan badan sesudah berkunjung ke beberapa tempat wisata.

Untuk dapat nikmati makanan yang lezat ini, kamu harus mempersiapkan uang sebesar Rp15. 000 untuk beli satu bagian bakso.

Kuliner bakso Bondowoso ini dapat kamu temui dengan gampang di beberapa tempat di Bondowoso.

Tape Manis

Nah, inilah yang telah jadi simbol kuliner dari kabupaten ini, yakni Tape Manis Bondowoso.

Makanan ini harus kamu beli untuk oleh-oleh ke kampung halaman. Memang apakah ada ketidaksamaan di antara tape ini dengan tape di wilayah lain?

Jawabannya benar, tapi dia mempunyai rasa yang ciri khas yang tidak dapat kamu temui dalam tempat lain serta harga juga cukup dapat dijangkau yakni cuma seputar Rp 20. 000.

Rasa-rasanya yang manis serta teksturnya yang lembut di lidah ialah hal yang membuat tape ini tidak sama dengan tape yang lain.

Bila kamu ingin beli tape Bondowoso ini, kamu harus tahu dahulu beberapa brand terkenalnya, seperti Tape Handayani 82, Tape Manis 82 Tape Tjap Enak, Tape Manis 31, serta yang lain.

Salah satunya tempat jual makanan ciri khas Bondowoso ini recommended untuk membelinya berada di Jl. Sudirman, Blindungan, Bondowoso.

Pia Tape Makanan Ciri khas Bondowoso

Bila barusan telah diulas tentang tape, saat ini ulasannya masih sama juga dengan awalnya, yakni makanan ciri khas Bondowoso, tape.

Perbedaannya ialah tape di sini dipakai untuk bahan fundamen untuk bikin pia yang enak serta mempunyai rasa yang unik.

Pengerjaan serta bahan intinya sebetulnya hampir sama dengan pengerjaan pia biasa, namun rasa yang ditambah lagi ialah rasa tape.

Pia Tape dapat kamu beli di beberapa tempat di Bondowoso. Makanan ciri khas Bondowoso ini benar-benar pas untuk jadikan oleh-oleh ciri khas Bondowoso waktu berlibur.

Harga per box nya di bandrol seputar Rp20. 000. Bila kamu bingung dimana tempat beli Pia Tape yang bermutu, hadir saja ke wilayah Jalan Jenderal Sudirman serta Teuku Umar.

Baca juga : 10 makanan khas malang

Suwar Suwir

Apakah itu Suwar Suwir? Jajanan ciri khas Bondowoso salah satu cemilan ciri khas yang dalam membuatnya memakai bahan fundamen tape.

Bila disaksikan dari teksturnya, kue ini terlihat sama dengan dodol yang mempunyai rasa legit serta manis.

Memiliki bentuk persegi serta mempunyai beberapa jenis warna yang menarik.

Untuk dapat mencicip kekhasan rasa dari cemilan ini, kamu dapat membelinya di toko oleh-oleh ciri khas Bondowoso. Harga cukup beragam sesuai ukuran box.

Bila ukurannya kecil harga yang di bandrol seputar Rp10. 000, sedang untuk box ukuran besar harga 2x lipatnya yakni Rp20. 000.

Surma ciri khas Bondowoso

Kemungkinan sebagian dari kamu masih cukup asing dengan kuliner yang satu ini. Surma Bondowoso sendiri ialah makanan yang seperti seperti kebab.

Bahan yang dipakai dalam membuatnya ialah daging cincang yang ditambah lagi dengan potongan sayur, mentimun, tomat serta digabungkan dengan saus.

Untuk menyajikannya, semua bahan itu dibungkus dengan kulit tepung, lantas baru dapat di nikmati.

Bila kamu ingin tahu dengan rasa makanan ciri khas Bondowoso ini, kamu dapat hadir ke Jalan Raya Situbondo, depan Indomaret, Kampung Arab.

Untuk harga per porsinya sangat dapat dijangkau, yakni cuma Rp. 7000 saja. Wah, murah sekali, kan?

Nasi Mamong Bondowoso

Salah satunya kuliner yang jangan tertinggal buat kamu coba ialah nasi Mamong Bondowoso.

Ini adalah kuliner unik serta makanan ciri khas Bondowoso ini jadi salah satunya yang masih tetap memakai ide beberapa leluhur dalam membuatnya, yakni dibungkus memakai daun pisang serta dikukus supaya tidak basi.

Lantas kenapa makanan ini mempunyai nama Mamong? Sebetulnya Mamong ialah bahasa Madura yang bermakna bingung.

Tidak pahami kenapa nama ini dikukuhkan untuk nama kuliner ini. Tentunya, dalam penyajiannya, makanan ini ditemani dengan lauk-pauk serta sambal pedas.

Untuk harga per porsinya relatif murah yakni Rp10. 000 saja. Untuk tempatnya, terdapat beberapa restoran yang menjualnya.

Rujak Gobet Ciri khas Bondowoso

Rujak salah satu makanan paling populer di Indonesia. Rasa-rasanya yang pedas membuat orang suka mengkonsumsinya.

Tetapi, apa rujak ciri khas Bondowoso ini sama dengan rujak di wilayah lain? Jawabannya tidak. Ini dibuktikan dengan bahan serta langkah penyajian yang tidak sama.

Bahan yang dipakai ialah singkong, timun, serta kuah rujak yang dibuat dari petis Madura.

Bila lihat dari berbahan, pasti kamu jadi benar-benar bingung bagaimana rasa-rasanya, sebab di wilayah lain biasanya, bahan yang dipakai ialah buah-buahan serta sayur-sayuran.

Daripada kamu ingin tahu, hadir saja langsung ke Bondowoso. Per porsinya di bandrol pada harga yang benar-benar murah lho yakni Rp4000.

Sate Blitar

Kemungkinan kamu berpikiran kenapa makanan ini terkenalnya di Bondowoso bukan di Blitar, walau sebenarnya aslinya dari kota Blitar.

Meskipun bukan jadi makanan asli Bondowoso, Sate Blitar ini benar-benar disukai oleh orang Bondowoso, hingga jangan bingung bila kamu menemui banyak penjual sate Blitar waktu hadir ke Bondowoso.

Makanan ciri khas Jawa timur ini mempunyai rasa yang benar-benar nikmat sebab bumbu kacang yang digabung dengan tusukan daging pada sebuah bagian berasa kuat.

Untuk dapat mencicip rasa makanan ciri khas Bondowoso yang cocok, kamu dapat hadir ke Jl. Letjen Suprapto, Dabasah, Bondowoso.

Nah, itu barusan ialah daftar makanan ciri khas Bondowoso yang bisa kamu coba. Sesudah membaca bahasan dari Foodnesia di atas, pasti kamu tidak sabar untuk mencicip beberapa kuliner ciri khas Bondowoso itu. Daripada ingin tahu, hadir saja langsung ke Bondowoso.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *