Makanan Khas Jawa Barat
Kuliner

Makanan Khas Jawa Barat

Jawa Barat merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Salah satu provinsi paling luas di Jawa ini menawarkan panorama alam yang begitu indah untuk dikunjungi. Ada cukup banyak tempat wisata menarik di Jawa Barat yang pasti akan membuat liburan anda terasa menyenangkan. Selain banyaknya destinasi wisata, ada beragam makanan khas Jawa Barat yang bisa anda cicipi saat liburan.

Ya, daerah ini memang cukup terkenal dengan aneka makanan khas yang menggoyang lidah. Jika anda termasuk orang yang suka berwisata kuliner, maka Jawa Barat adalah daerah yang sebaiknya anda kunjungi. Di daerah ini anda bisa mendapatkan beragam jenis kuliner dengan rasa rempah yang kaya dan tentu saja nikmat.

10 Makanan Khas Jawa Barat Kaya Akan Cita Rasa

Banyaknya makanan khas yang ada di Jawa Barat tentu saja akan membuat anda leluasa untuk memilih mana jenis makanan khas yang anda sukai. Hampir di setiap destinasi wisata anda akan menemukan ragam pilihan makanan spesial khas Jawa Barat dengan cukup mudah. Namun, jika anda baru pertama kali ke Jawa Barat dan bingung terkait makanan apa yang bisa dicoba, ada beberapa ide menarik terkait hal tersebut. Simak beberapa makanan khas dari Jawa Barat yang sebaiknya anda coba berikut ini.

1. Nasi Lengko

Nasi Lengko

 

Makanan khas pertama yang wajib untuk dicoba adalah nasi lengko. Ini adalah salah satu makanan tradisional yang terdiri dari nasi dengan campuran sayuran dan gorengan. Dalam menu tersebut anda akan menemukan beberapa jenis campuran, seperti tahu, tempe goreng, daun kucai, mentimun, taoge dan lainnya. Nah, campuran tersebut akan ditambahkan dengan taburan saus kacang.

Klik lihat: Makanan khas Medan

Taburan saus kacang akan membuat menu ini terasa begitu nikmat untuk disantap. Selain itu, saat anda membeli makanan ini, maka anda bisa request tingkat kepedasan menu dengan menambahkan cabai sesuai keinginan. Nasi ini cukup mudah ditemukan di banyak warung yang ada di Jawa Barat.

2. Tapai Ketan

Tapai Ketan

Tapai ketan juga termasuk salah satu makanan khas yang sangat terkenal di Jawa Barat. Tapai ketan yang tersedia di banyak toko oleh-oleh di Jawa Barat berasal dari Kuningan. Nah, makanan khas ini dibuat dengan bahan dasar ketan, baik menggunakan ketan hitam ataupun putih. Ketan akan mengalami proses fermentasi sebelum disajikan. Biasanya, makanan ini dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Namun, kini sudah hadir pula produk tapai ketan dengan kemasan.

3. Tahu Kuningan

Tahu Kuningan

Jika anda penggemar tahu, Jawa Barat memiliki tahu Kuningan yang begitu khas. Tahu ini merupakan camilan yang berasal dari daerah Kuningan dan sangat terkenal di kalangan masyarakat Jawa Barat, serta mungkin beberapa daerah lainnya. Nah, olahan tahu ini memiliki rasa yang begitu gurih dan nikmat. Camilan satu ini akan terasa lebih nikmat jika dipadukan dengan cabai atau sambal untuk menemani waktu anda minum kopi.

4. Mie Kocok

Mie Kocok

Pernahkah anda mendengar makanan yang satu ini? Memang, mi kocok tidak cukup terkenal dibandingkan dengan mi ayam atau jenis mi lainnya. Namun, makanan ini merupakan salah satu makanan khas Jawa Barat yang cukup digemari oleh masyarakat di Jawa Barat. Makanan ini dibuat dengan bahan dasar mi dan dicampur dengan telur untuk rasa gurih yang nikmat.

Klik lihat: Makanan khas Kalimantan Tengah

Selain itu, dalam mi akan dimasukkan beberapa bahan lain yang akan membuat rasa menjadi lebih nikmat. Biasanya, makanan ini menjadi buruan masyarakat di Jawa Barat ketika senja menjelang. Menikmati mi kocok hangat di hawa yang dingin tentu saja akan memberikan kenikmatan yang lebih.

5. Nasi Jamblang Daun Jati

Nasi Jamblang Daun Jati

Nasi Jamblang sebenarnya tidak berbeda dengan nasi lainnya. Namun, apa yang menjadikan makanan ini unik adalah cara penyajiannya. Makanan ini disajikan dengan menggunakan daun jati sebagai pembungkusnya. Selain menggunakan daun jati, nasi Jamblang disediakan dengan beragam jenis lauk. Konon, ada sekitar 40 jenis lauk yang bisa anda pilih untuk menyantap makanan satu ini. Sangat menarik, bukan?

6. Lepet Kuningan

Lepet Kuningan

Lepet menjadi salah satu makanan khas yang sangat terkenal di Jawa Barat. Makanan ini biasanya disajikan pada saat lebaran. Nah, salah satu jenis lepet yang paling terkenal adalah lepet Kuningan. Lepet ini memiliki ciri khas dengan warna yang agak kecokelatan di mana berbeda dengan jenis lepet lainnya.

Klik lihat: Makanan khas Kalimantan Selatan

Seperti lepet kebanyakan, lepet Kuningan dibuat dengan ketan putih dan dibungkus dengan menggunakan daun kelapa yang diikat agar ketan tidak keluar berceceran. Selain itu, lepet biasanya akan diisi dengan kacang dan parutan kelapa yang membuat makanan ini memiliki rasa yang begitu gurih dan tentu saja nikmat.

7. Makaroni Panggang

Makaroni Panggang

Makanan lain yang menjadi makanan spesial khas Jawa Barat adalah makaroni panggang. Ini mungkin menjadi salah satu makanan khas di daerah Jawa Barat yang cukup modern. Nah, makanan ini selain memiliki cara memasak yang unik juga memiliki rasa begitu nikmat dan cocok disantap saat sore hari.

8. Karedok

Karedok

Pilihan makanan khas lain yang bisa ditemukan dengan cukup mudah di Jawa Barat adalah karedok. Pernahkah anda mendengar jenis makanan ini sebelumnya? Nah, karedok adalah makanan yang dibuat dengan bahan dasar sayuran yang segar dan disiram dengan bumbu kacang. Secara sekilas, makanan ini mirip dengan gado-gado ataupun pecel di daerah lainnya. Namun, perbedaan yang mendasar adalah karedok menggunakan bahan sayuran yang mentah.

Beberapa sayuran yang digunakan dalam masakan ini diantaranya adalah daun kemangi, kacang panjang, kol, terung, dan taoge. Semua bahan akan dipotong kecil dan disajikan dengan keadaan mentah. Dengan bahan sayuran lengkap, tentu saja makanan ini memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi.

9. Dorokdok

Dorokdok

Dorokdok merupakan salah satu makanan spesial khas Jawa Barat yang berasal dari Garut. Ini adalah makanan khas yang begitu terkenal dan dinikmati di Garut. Dorokdok dibuat dengan bahan dasar kulit sapi ataupun kulit kerbau. Nah, bisa disimpulkan bahwa makanan ini merupakan kerupuk kulit.

Kerupuk ini memiliki rasa renyah dan sangat gurih. Tidak hanya itu, bentuknya yang memanjang membuat kerupuk ini terlihat unik dan berbeda dari kerupuk lainnya. Anda bisa membeli kerupuk ini untuk dijadikan camilan di rumah ataupun untuk menemani makan siang anda.

10. Dodol Garut

Dodol Garut

Siapa yang tidak kenal dengan makanan yang satu ini. Ya, dodol Garut bisa dibilang sebagai salah satu makanan khas dan oleh-oleh yang wajib dibeli saat anda berada di Jawa Barat. Dodol ini berasal dari Garut dan memiliki aneka warna yang menarik mata. Tidak hanya itu, rasa dodol ini begitu manis dan cocok untuk dijadikan camilan di rumah.

Nah, dari beberapa ulasan di atas, kita bisa melihat bahwa ada cukup banyak pilihan makanan khas Jawa Barat yang bisa dipilih untuk dinikmati. Dengan ragam makanan khas tersebut, tentu saja liburan di Jawa Barat bersama keluarga akan terasa lebih nikmat.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *