makanan khas medan
Kuliner

Makanan Khas Medan

Kota Medan merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia. Kota Medan bukan hanya memiliki pesona budaya yang cukup banyak, di sisi lain kota Medan juga memiliki hal menarik lain yang sayang untuk dilewatkan yaitu makanan khasnya. Makanan khas Medan terdiri dari beragam macamnya dan untuk rasanya sudah pasti dijamin lezat.

Dengan banyaknya makanan khas Medan maka wisatawan yang berkunjung ke Medan bukan hanya bisa menikmati keragaman budayanya saja. Menikmati sajian khas Medan menjadi pilihan yang menyenangkan dan merupakan salah satu hal menarik untuk dilakukan. Jika sobat merupakan salah satu wisatawan yang sedang berada atau sedang menyiapkan agenda untuk berkunjung ke Medan maka sobat bisa mengajak diri untuk berkeliling kota Medan dan mendatangi warung makan atau pasar tradisionalnya.

10 Makanan Khas Medan yang Wajib Anda Cicipi

Penasaran apa saja kuliner khas Medan berikut kami rangkum 10 kuliner khas Kota Medan yang siap menggoyang lidah. Inilah 10 Sajian Khas Kota Medan :

1. Lemang

Lemang Medan

Lemang ini merupakan jenis makanan yang banyak dijumpai ketika berada di bukit tinggi, Sumatera Utara. Meskipun demikian sobat juga bisa menemukannya di Medan karena memang Lemang merupakan khas Medan dengan bahan utama beras ketan.

Cara memasaknya dengan dimatangkan dalam seruas bumbu yang sebelumnya digulung menggunakan selembar daun pisang. Cara memasaknya yang unik menjadikan lemang banyak diburu para wisatawan saat berkunjung ke Medan.

2. Mie Balap

Mie Balap

Makanan khas Medan kedua ini memang memiliki nama yang unik, yaitu mie balap. Menurut penjelasan sejumlah masyarakat Medan, makanan berupa mie ini dinamakan mie balap karena bermula dari kecepatan penjual dalam membuat dan menyajikan mie kepada pelanggannya.

Klik lihat: Makanan khas Padang

Setelah itu maka mie cepat saji ini dikenal dengan nama mie balap. Mie balap ini banyak dipilih masyarakat sebagai hidangan saat sarapan karena memang porsinya cukup untuk sarapan.

3. Bihun Bebek

Bihun Bebek

Di kota Medan, sobat bisa mencicip nikmatnya bihun yang terbuat dari tepung beras yang sudah dikombinasikan dengan menggunakan daging bebek. Makanan khas medan satu ini hadir dengan menyajikan bihun dengan bahan dari tepung beras serta tepung kenji yang sudah dicampur sehingga menghasilkan tekstur yang kenyal mirip dengan taghun.

Klik lihat: Makanan khas Palembang

Kuah bihunnya berupa kalau bebek yang tidak mengandung banyak minyak serta lemak. Rasa dari kuah kaldunya sendiri jernih, ringan, dan bahkan menimbulkan aroma yang menggugah selera.

4. Bolu Meranti

Bolu Meranti

Bolu meranti merupakan makanan khas medan dengan rasa yang lembut serta tekstur yang empuk dengan tambahan beragam isian seperti nanas, keju, moka, coklat, strawberry, blueberry, dan juga rasa abon yang membuat bolu ini semakin memiliki rasa yang unik. Selain itu penambahan toping seperti meses keju dan kacang akan menambah rasanya semakin lezat.

Klik lihat: Makanan khas Pekanbaru

Bolu meranti hanya tahan selama 3 hari sehingga tidak bisa digunakan untuk perjalanan panjang. Jika dimasukkan dalam lemari pendingin bolu meranti mampu bertahan kurang lebih 7 hari. Jika menggunakan perjalanan dengan pesawat maka bolu meranti bisa menjadi buah tangan yang lezat.

5. Kolak Durian

Kolak Durian Medan

Makanan khas Medan berikutnya yaitu kolak durian. Memang sudah menjadi rahasia umum jika Medan terkenal dengan duriannya. Selain dijual secara langsung durian yang ada di Medan banyak dibuat menjadi hidangan yang unik seperti pancake durian dan kolak durian.

Jika kita sering melihat kolak dengan menggunakan pisang, berbeda ketika kita berkunjung ke Medan kita akan menemukan kolak dengan isian berupa durian, ketan putih kukus, pisang kepok dan jagung manis. Kemudian untuk kuahnya menggunakan santan kelapa dan gula aren yang sudah dicampur menjadi satu. Kolak satu ini nikmat disajikan baik saat hangat maupun dingin.

6. Sayur Gurih Taucho

Sayur Tauco Medan

Makanan khas kota Medan berikutnya yaitu sayur gurih taucjo. Oleh masyarakat Medan makanan satu ini kerap disebut dengan sayur gurih. Sayur gurih ini adalah jenis makanan kuah santan sedang, bukan hanya santan saja melainkan makanan satu ini juga ditambahkan dengan taucho sehingga membuat aroma semakin menggugah selera.

Sayur gurih sering disajikan bersama dengan ketupat sehingga kerap disajikan sebagai hidangan pendamping ketupat. Isi dari hidangan ini berupa udang dan daging sapi dengan bumbu yang digunakan bawang merah dan putih, cabai merah, cabai giling, cabai hijau, serai, lengkuas, dan jahe.

7. Rujak Kolam

Rujak Kolam

Daftar makanan khas Medan selanjutnya yaitu rujak kolam. Rujak kolam merupakan jenis makanan strest food yang cukup terkenal dan wajib dicoba ketika datang ke Medan. Rujak kolam ini hadir dengan dominasi rasa pedas serta segar. Makanan ini disebut dengan rujak kolam dikarenakan orang berjualan berada didekat Kolam deli, yang begitu rame pengunjungnya. Jika sobat berkunjung ke kota Medan maka jangan lupa untuk datang ke wisata kulinernya karena dijamin bakalan nagih.

8. Kari

Kari

Untuk menikmati nikmatnya kari sobat tidak perlu jauh-jauh datang ke Thailand. Di indonesia tepat di kota Medan sobat bisa menikmati kentalnya kari yang siap diadu dengan kari khas Thailand. Di Medan banyak sekali restoran yang menyajikan kari sebagai salah satu menu andalannya. Jenis sajian karinyapun juga beragam bisa kari ayam, kari sapi, dan kari bihun dengan tambahan lauk pelengkap seperti kerupuk, emping, sate, dan masih banyak lagi.

Terdapat salah satu Rumah Makan Tabona yang ada di Jln Mangkubumi, Medan dengan sajian kari yang khas turun temurun. Di rumah makan ini sajian karinya dihidangkan dengan menggunakan daging serta kuah yang tidak begitu berminyak namun kental.

9. Daun Singkong Tumbuk

Daun Singkong Tumbuk

Terdengar cukup unik mendengar jenis sajian ini berasal dari Medan, pasalnya kebanyakan sayur singkongh banyak ditemukan di dataran Jawa serta Sunda. Ternyata daun singkong tumbuk ini sudah ada di medan sejak lama dan tidak ada yang mengetahui siapa yang membawanya pertama kali.

Daun singkong tumbuk ini menjadi makanan yang cukup digemari karena sebagian penduduk medan merupakan blasteran Jawa-Medan. Biasanya daun singkong direbus terlebih dahulu kemudian ditumbuk agar menjadi empuk.

10. Saksang

Saksang

Saksang merupakan makanan khas suku Batak yang bisa dijumpai di kota Medan. Saksang merupakan makanan berkuah yang menggunakan daging babi, anjing atau kerbau. Daging tersebut kemudian dicincang setelah itu dibumbui dengan menggunakan rempah-rempah santan. Saksang bisa disajikan dengan menggunakan darah hewan yang digunakan atau hanya menggunakan rempahnya saja.

Saksang merupakan hidangan wajib ketika upacara adat suku Batak kebanyakan digunakan ketika pesta pernikahan. Makanan khas orang Medan ini banyak ditemukan di kedai makanan dan tradisional Batak. Dikarenakan menggunakan bahan utama daging babi atau anjing, tentunya makanan ini tidak cocok untuk pencari makanan halal, khususnya untuk mereka yang memeluk agama Islam.

Itulah 10 daftar makanan khas Medan yang bisa anda jadikan referensi ketika sedang berkunjung ke Medan. Bagaimana sudah siap menikmati sajian khas nusantara dari kota Medan.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *