10 Makanan Khas Jember, Enaknya Dua Kali Lipat

  • Whatsapp
makanan khas jember
suwar suwir

Makanan Ciri khas Jember – Jember yang disebut salah satunya kabupaten di propinsi Jawa Timur rupanya mempunyai banyak bermacam jenis kuliner enak serta wajar buat dicicip saat bertandang ke wilayah itu.

Karena itu, waktu berkunjung ke kota Jember ini tidak ada kelirunya dong  buat Teman dekat JejakPiknik singgah barang sesaat coba kelezatan kuliner ciri khas dari wilayah itu.

Nah, jika kalian bingung ingin mencicip makanan apapun yang ciri khas dari Jember? Tenang saja, kami telah meringkas daftar selengkapnya, jadi janganlah sampai kelewatan ya!

Baca 30 Makanan Khas Jawa Timur

10 Makanan Ciri khas Jember

Berikut daftarnya :

1. Suwar-Suwir

Nama menu makanan pertama sebagai keunikan Jember serta paling harus buat dicicip ialah suwar-suwir, salah satunya tipe penganan mudah dibuat dari kombinasi tape singkong dan gula.

Jika disaksikan sekilas dari gambar atau photo, suwar-suwir ini seperti seperti dodol serta mempunyai struktur cukup keras. Penganan itu dibikin dengan bermacam rasa, ada kacang, strawberry, sirsak dan cokelat.

Tidak cuma patut menjadi camilan enjoy dengan ditemani satu cangkir teh, Suwar-suwir dapat jadikan oleh-oleh buat rekan atau keluarga di dalam rumah.

Camilan ini banyak dipasarkan di pusat oleh-oleh serta diantaranya ialah Toko Diva di Jln. Trunojoyo No. 137, Kaliwates. Tentang harga, cuma dibandrol mulai Rp. 15. 000-Rp. 20. 000/bungkusnya.

2. Pecel Gudeg

Pecel serta gudeg ialah 2 tipe makanan tidak sama, tetapi di kota Jember ke-2 penganan itu sudah diubah serta dipadukan jadi satu.

Tidak hanya ada pecel serta gudeg, satu porsi hidangan menu satu ini diperlengkapi bermacam bahan pelengkap seperti daging, cecek, rempeyek dan sambal ciri khas Jember.

Bicara masalah rasa, warung nasi gudeg Lumintu di Jln. Kertanegara No. 33 Jember ialah juaranya. Walaupun tempatnya harus melalui gang, tetapi lapak ini benar-benar populer serta disamping itu, harga murah cuma sekitar Rp. 14. 000/porsinya.

3. Proll Tape

Tidak hanya suwar-suwir, masih ada lagi satu makanan ciri khas Jember yang bahan dasarnya dibuat dari tape, namanya yakni proll tape.

Menurut resepnya, penganan ini dibuat dari olahan tape singkong, tepung terigu, susu, margarine serta telur, hingga tidak bingung bila kue itu mempunyai rasa manis, asam dan gurih.

Proll tape itu mempunyai variasi rasa yang enak seperti cokelat, kismis, keju serta orisinal. Tidak hanya pas jadikan oleh-oleh, penganan ini cocok buat diberikan untuk sajian waktu bergabung bersama-sama keluarga.

Serta oleh-oleh satu ini dapat juga Teman dekat JejakPiknik peroleh di Toko Diva di jalan Trunojoyo No. 137, Kaliwates, Jember. Masalah harga, masih ekonomis cuma sekitar Rp. 36. 000/kotaknya.

4. Pia Tape

Setelah itu ada pia tape, bermacam makanan ciri khas Jember yang lain yang bahan dasarnya sama dengan suwar-suwir serta mempunyai beberapa jenis rasa seperti strawberry, pisang, cokelat dan blueberry.

Ciri dari pia tape ini ialah warnanya cukup cokelat kekuningan serta struktur kulitnya sedikit keras tetapi lembut pada bagian dalamnya.

Nah, sebab pia tape ini bisa tahan lama, Teman dekat JejakPiknik dapat membuatnya untuk oleh-oleh buat keluarga atau rekanan sekantor.

Pia tape sendiri banyak diketemukan di toko oleh-oleh yang berada di seputar wilayah Jember serta harga juga dibandrol rata-rata Rp. 13. 000-Rp. 20. 000/kotak, bergantung rasa-rasanya.

Baca juga : 15 Kuliner Khas Surabaya

5. Nasi Langgi

Nah, kuliner ciri khas Jember satu ini salah satu tipe masakan tradisionil yang paling harus buat dicoba oleh Teman dekat JejakPiknik.

Pasalnya nasi langgi ini rasa-rasanya benar-benar lezat, ditambah lagi sebab ditambah daging sapi, petis, sambal goreng tempe, bumbu bali, kentang, telur asin, abon sapi, mentimun dan sambal ciri khas Jember.

Untuk mencicipinya, Depot Jawa Timur di jln. Gatot Subroto No. 08, Kepatihan, Kaliwates, Jember ialah tempat paling recommended. Di warung makan ini harga nasi langgi dibandrol rata-rata Rp. 20. 000/bagian.

6. Jenang Waluh

Nah, jenang waluh ini salah satu makanan ciri khas Jember yang dapat juga jadikan untuk oleh-oleh buat keluarga terkasih.

Jenang waluh ini bahan dasarnya dibuat dari labu kuning serta umumnya diberikan bersama-sama olahan ketan yang telah digabung dengan parutan kelapa tua. Rasa-rasanya demikian nikmat  jadi benar-benar recommended buat dicoba.

Penganan ini dapat juga diketemukan di Toko Oleh-oleh Diva di jalan Trunojoyo No. 137, Kaliwates, Jember. Masalah harga, cuma dibandrol rata-rata Rp. 25. 000/kotaknya.

7. Tahu Hwa

Tahu Hwa ialah semacam kuliner asal Jember memiliki bahan fundamen ampas tahu yang selanjutnya diberikan dengan kuah jahe.

Walau rasa-rasanya cukup sedikit pahit, tetapi sebab dikasih kombinasi kuah jahe membuat citarasa tahu hwa ini jadi manis serta benar-benar ciri khas.

Kuliner ini umumnya dipasarkan pakai sepeda motor di POM Bensin Ahmad Yani di Jember serta harga cuma dibandrol seputar Rp. 8. 000-Rp. 10. 000/porsinya.

8. Sate CR

Sate salah satu hidangan kuliner seringkali diketemukan di beberapa wilayah di Indonesia, tetapi yang datang dari Jember ini cukup sedikit tidak sama tentu saja sebab mempunyai citarasa tertentu.

kuliner yang diketahui dengan nama sate CR ini berbahan adalah gabungan antar daging kambing serta ayam, selanjutnya disiram bumbu kacang.

Bukan hanya dagingnya saja yang empuk, rasa-rasanya gurih. Tidak bingung, bila sate CR ini jadi salah satunya makanan favorite buat warga Jember.

Satu tempat paling referensi untuk mencicipinya ialah Sate Kambing serta Ayam Al-huda di jalan Melati No. 176, Kab. Jember. Tentang harga benar-benar berteman yaitu sekitar 25-30 ribu per porsinya.

9. Martabak Malabar

Nah, kuliner selanjutnya ini tidak jauh beda dari martabak biasanya yang berada di wilayah lain baik dari langkah membuat atau sisi resepnya.

Namun, martabak Malabar ini mempunyai bagian unik lain yakni didalamnya dikasih daging kambing empuk serta rempah ciri khas supaya aromanya tidak berbau amis.

Untuk mencicipinya, silakan hadir ke Warung Martabak Malabar Achmad di pertigaan jln. Trunojoyo Jember. Harganya  umumnya dibandrol seputar Rp. 15. 000-Rp. 30. 000 saja satu porsi.

10. Sop Kuda

Kuliner yang dibuat dari daging kuda ini salah satu contoh makanan ekstrim ciri khas Jember datang dari wilayah Tanggul. Walau berbahan sedikit cukup seram, tetapi rasa-rasanya demikian nikmat.

Ingin tahu? Nah, Teman dekat JejakPiknik dapat mencicipinya di dalam rumah makan Munawati di Jln. Raya Jurusan Jember, kec. Tanggul. Dalam tempat ini harga sop kuda dibandrol cuma seputar Rp. 28. 000/porsinya.

Semua catatan di atas ialah data paling akhir di saat tulisan ini dibikin. Bila ada perkembangan paling baru yang Kamu tahu, silahkan informasikan pada kami pada kotak kometar berikut ini ya. Begitupun bila ada yang salah, punyai masukan serta pendapat. Terima kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *