Tempat Wisata di Jawa Timur
Travel

Tempat Wisata di Jawa Timur

Tempat Wisata Jawa Timur – Banyaknya ragam destinasi tempat wisata di Jawa Timur membuat propinsi menjadi target liburan para treveller. Selain banyaknya jenis wisata disini, tempatnya yang mudah dicapai membuat tempat ini jadi salah satu tujuan buat keluarga yang ingin liburan.

Waktu musim berlibur datang, jalan ke arah Jawa Timur jadi macet dikarenakan oleh banyak kendaran yang ingin ke arah propinsi itu. Jawa Timur mempunyai banyak tempat yang berpotensi wisatanya semasing.

Kota Jawa Timur yang mempunyai obyek wisata menarik salah satunya ialah kota Malang, kota Batu, Kabupaten Bondowoso, Pulau Madura, kota Kediri, kota Madiun serta ada banyak yang lain.

Kekuatan wisata yang berada di Jawa Timur didukung dengan wisata kuliner yang berada di sana. Banyak makanan ciri khas Jawa Timur yang populer serta dicari oleh pelancong yang bertandang kesana.

Sewaktu anda ingin bertandang ke sejumlah tempat wisata di Jawa Timur anda harus pilih wilayah mana yang ingin didatangi terlebih dulu, berapakah jumlahnya budget wisata yang akan dikeluarkan dan dimana anda bersama-sama keluarga anda akan bermalam.

Bila segala hal telah terencana karena itu berlibur anda akan sukses serta berjalan dengan lancar.

Baca topik ratusan artikel wisata di topik Travel

Daftar Baca Cepat

64 Tempat Wisata di Jawa Timur yang Bagus

Berikut ini ialah beberapa destinasi tempat wisata di Jawa Timur yang dirangkum oleh team fakta.co.id dan dapat kalian jadikan rujukan untuk mengisi waktu liburan kalian maupun saat berkunjung ke Jawa Timur.

1. Gunung Kelud Kediri

Lokasi: Perbatasan Kab. Kediri, Kab. Blitar dan Kab. Malang, Jawa Timur.

Gunung Kelud merupakan salah satu jenis gunung berapi yang masih aktif hingga saat ini. Mengingat pada tahun 2014 kemarin gunung ini masih menunjukkan aktifitas vulkaniknya dengan melakukan erupsi. Akan tetapi di balik itu semua gunung ini memiliki pemandangan yang indah dan tidak kalah dari gunung lainnya.

Erupsi dari sebuah gunung merupakan sebuah berkah sekaligus mala petaka bagi para penduduk di sekitar gunung tersebut. Petakanya adalah akan ada lahar panas yang turun ketika terjadi letusan serta asap beracun dari efek tersebut. Sedangkan pada bagian anugerahnya efek setelah letusan tersebut terjadi tanah dan ladanga sekitar letusan tersebut akan lebih subur dan hijau.

2. Air Terjun Dolo Kediri

Lokasi: Dusun Besuki, Desa Jugo, Kec. Mojo, Kediri, Jawa Timur.

Objek Wisata di Kediri berikutnya adalah Air Terjun Dolo yang berada pada ketinggihan lebih dari 1500 mdpl. Mengingat air terjun ini berada pada bagian dari Gunung Wilis. Air terjun ini sendiri memiliki ketinggian hingga 125 meter menjulang dari sumber air yang jatuh ke tanah.

Bisa dikatakan air terjun ini cukup tinggih semakin tinggi temppat iir menuju tanah semkin banyak pula embun dan butiran air yang di hasikan akibat efek jatuhnya air. Ketika Anda ingin menikmati air yang menerpa tubuh Anda ketika mengunjungi tempat ini. Anda tidak pelru mendekatkan diri ke tempat air Anda pasti akan langsung merasakan air tersebut menerpa Anda.

3. Bukit Jaddih Bangkalan

Tempat : Parseh, Socah, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

Berekreasi ke bukit kapur yang satu ini dapat jadi satu pengalaman yang terlewati. Permasalahannya eksotisme bukit tersisa tempat penambangan ini hadirkan landscape buatan yang mempesona indah.

Bangunan yang terbentuk sebab pekerjaan penambangan batu kapur ini bisa jadi spot foto yang super instagenic. Bukan hanya hunting foto kekinian, kamu dapat buat menjadi tempat ini untuk pilihan prewedding murah di Bangakalan.

4. Bukit Kapur Arosbaya Bangkalan

Tempat : Buduran, Arosbaya, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

Sedikit berbeda dengan Bukit Jaddih yang mempunyai nuansa putih, obyek wisata alam batu kapur Arosbaya sediakan nuansa bukit yang kecoklatan dengan beberapa goa kecil di dalamnya. Di ruangan tersisa penambangan ini ada beberapa macam corak pahatan yang indah.

Kamu bisa hunting foto bagus sepuasnya dalam tempat ini. Dapat kamu bikin menjadi tempat pilihan untuk foto prewedding.

5. Pulau Merah Banyuwangi

Tempat : Sumberagung, Pesanggaran, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.

Pulau Merah ini adalah pantai yang memiliki pemandangan yang betul-betul indah yang perlu Anda kunjungi. Pantai ini memiliki pasir berwarna pink kemerah merahan yang betul-betul unik dan menarik.

Jika dilihat dari begitu jauh pantai ini terlihat betul-betul menarik, karena gradasi air pantai yang seolah-olah seperti pelangi.

Karena hal tersebut pantai ini betul-betul menarik minat beberapa wisatawan di luar sana. Tempat Pulau Merah ini berada di Sumberagung, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Lebih menyenangkan bila Anda berkunjung dengan keluarga.

6. Teluk Hijau Banyuwangi

Tempat : Dusun Krajan, Sarongan, Pesanggaran, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.

Teluk Hijau ini memiliki warna air yang unik serta pemandangan di sekitarnya betul-betul indah. Air di Teluk Hijau ini berwarna biru kehijau-hijauan yang memesona. Warna itu karena oleh tanaman alga yang hidup dan tumbuh di fundamen air Teluk Hijau ini.

Airnya yang jernih serta ada batu-batu karang yang besar yang memutari Teluk Hijau ini. Teluk Hijau ini ada di Dusun Krajan, Sarongan, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Biaya ticket masuk mengarah Teluk Hijau ini yaitu Rp 7. 500 per orangnya.

Baca juga ratusan artikel wisata di topik wisata

7. Omah Kayu Batu Malang

Tempat : Jl. Gn. Banyak, Gunungsari, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur 65312

Omah Kayu adalah pilihan arah wisata di Batu yang mempunyai nuansa alam. Bukan hanya indahnya pesona alamnya, obyek wisata Batu satu ini betul-betul populer untuk arah untuk mengincar foto-foto yang instagramable.

Bukan hanya berfoto di kabin-kabin kayu eksotis tengah rimba. Dengan tingkatkan biaya penambahan, kamu dapat nikmati sensasi bermalam di diantaranya kabin kayu itu, lho!

8. Museum Angkut Batu Malang

Tempat : Jl. Terusan Sultan Agung No. 2, Ngaglik, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65314

Tempat Wisata di Jawa Timur Museum Angkut adalah museum modern yang menjadi diantaranya lambang wisata yang populer di kota Batu. Bertandang ke arah wisata Batu satu ini, kalian bisa melihat banyak koleksi dan tiruan dari beberapa kendaraan pada periode waktu spesial serta beberapa kendaraan.

9. Makam Bung Karno Blitar

Tempat : Jl. Ir. Soekarno No. 152, Bendogerit, Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur.

Mengawali ulasan mengenai Tempat Wisata di Blitar ini akan kita mulai dengan makam tokoh besar negara kita. Seorang Presiden pertama juga sekaligus alami banyaknya waktu dan cerita mengenai pergolakan negeri ini sampai merdeka. Beliau istirahat dalam tenang di kota ini.

Sering banyak pembesar pemerintahan atau beberapa tokoh yang ada ke makam beliau. Untuk berziarah dan mendoakan beliau untuk salah seorang yang memiliki Anda pada memerdekakan bangsa ini. Tempat ini harus Anda untuk buat jadi tempat penting untuk Anda kunjungi waktu berada di kota ini.

10. Pantai Tambakrejo Blitar

Tempat : Desa Tambakrejo, Kec. Wonotirto, Kab. Blitar, Jawa Timur.

Berdekatan langsung dengan Pantai Selatan membuat pantai yang satu ini memiliki ciri-ciri ombak yang cukup ganas.  Serta lebih dalam dari Laut Utara yang ada di pulau Jawa. Tetapi pada pantai ini lebih seperti dan seperti dengan teluk sampai ombak yang menerjang pantai ini lebih kecil.

Mengingat sebelum sampai tempat ini ombak lebih dulu akan pecah dan lebih tenang waktu sampai pantai. Tempat ini menjadi diantaranya tempat memancing yang banyak di akui. Megingat laut dalam memiliki ciri-ciri ikan yang memiliki tarikan yang kuat.

11. Negeri di Atas Angin Bojonegoro

Tempat : Atasangin, Deling, Kec. Sekar, Kab. Bojonegoro, Jawa Timur.

Negeri di atas angin ialah object wisata yang cukup populer. Ketinggian tanahnya seputar 650 mtr.. Anda bisa lihat keindahan alam di sekitar karena adanya pemandangan tidak biasa. Pengunjung bisa camping di bukit cinta untuk ddestinasi wisata favorite dari sana.

Tempatnya ada di sekitar 50 km dari pusat kota Bojonegoro. Negeri di atas angin ini banyak digunakan untuk tempat foto pre wedding.

12. Air Terjun Kedung Maor Bojonegoro

Tempat : Kedungsari, Kec. Temayang, Kab. Bojonegoro, Jawa Timur.

Air terjun ini dikelilng rimba jati yang tetu membuat pemandangan makin indah. Perjalanan mengarah tempat semakin mudah karena ada banyak tutorial arah. Air Terjun Kedung maor ini memberi pemandangan alam terdapatnya deretan tebing yang luas. Dengan lingkungan asri dan air kolam yang berwarna kehijauan.

Tempat air terjun berada di Kedungsumber, Temayang. Mereka yang ada sering kerjakan foto-foto di spot cantik. bermain air di pinggiran kolam yang dangkal.

13. Puncak Scorpio Bondowoso

Tempat : Dusun Dadapan, Desa Sumber Canting, Kecamatan Wringin, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

Bukit yang mempunyai bentuk seperti ekor kalajengking ini cukup populer di kelompok anak muda. Kondisi alam yang sejuk semakin menentramkan dengan view perbukitan yang terlihat demikian asri. Ada juga spot foto bagus yang bisa kamu abadikan untuk momen liburanmu dalam tempat ini.

14. Kawah Wurung Bondowoso

Tempat : Kalianyar, Sempol, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

Akses jalan yang cukup sulit betul-betul sesuai keindahan alam yang akan kamu peroleh dalam tempat ini. Eksotisme padang savana di antara perbukitan hijau jadi satu pemandangan yang demikian epic. Semua lelah akan terbayarkan dengan pesona alam yang tersaji dari muka mata.

Pastikan untuk menyimpan momen indahmu di tempat wisata ini dan ingat, jangan buang sampah sembarangan!

15. Danau Kastoba Gresik

Tempat : Pulau Bawean, Danau/Waduk, Kec. Sangkapura, Kab. Gresik, Jawa Timur.

Danau Kastoba berada di Pulau Bawean dan jadi arah wisata jawara. Agar dapat sampai tempat danau, Anda harus trekking sekitar 25 menit. Ada tempat yang teduh dengan debit air yang tenang serta buat jadi kondisi terasa damai dan menentramkan.

Di danau ini, beberapa pengunjung bisa nikmati pemandangan, berenang atau mengincar selfie dengan spot foto yang cantik. Danau Kastoba berada di Desa Paroman, Kecamatan Tambak.

Baca juga ratusan artikel wisata di Jawa Timur

16. Pantai Mombhul Gresik

Tempat : Jl. Raya Bawean, Kec. Tambak, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Setelah itu arah wisata yang baru dan ada di Pulau Bawean. Walaupun termasuk juga baru tetapi Anda bisa dapatkan keindahan wisata yang ditawarkannya. Saat ini, pantai dengan luas 45 hektare ini termasuk juga masih pembangunan. Terdapat beberapa spot foto yang hits yang bisa Anda peroleh.

Misalnya saja seperti sarang burung, gardu pandang sampai spot love. Gagasannya pantai ini akan dilengkapi dengan beberapa wahana wisata. Terdapat di Sidogedungbatu, Sangkapura.

17. Pantai Papuma Jember

Tempat : Desa Lojejer, Kec. Wuluhan, Kab. Jember, Jawa Timur.

Pantai yang satu ini benar-benar diketahui oleh beberapa masyarakat terutamanya beberapa wisatawan lokal. Tempat untuk masuk ke pantai ini tidak jauh dari tempat air terjun awalannya tetapi mengarah jauh ke bagian selatan sekitar 50 km dari jalan raya. Tentunya perjalanan ke tempat ini akan memakan waktu dan jarak.

Tentunya semua hak itu akan terbayar lunas jadi Anda tidak perlu bingung atau takut tempat ini memilukan kelak. Pantai indah yang di kelilingi tebing di setiap sisi nya dapat Anda nikmati bersama pasagan atau keluarga Anda kelak. 

18. Teluk Love Jember

Tempat : Jl. Ambulu – Watu Ulo, Sido Mulyo, Sumberrejo, Ambulu, Kab. Jember, Jawa Timur.

Arah Wisata di Jember ini di namakan seperti itu karena jika dilihat dari begitu jauh memiliki bentuk yang seperti dengan bentuk hati. Serta ada dataran tinggi yang kelak bisa Anda pakai untuk berfoto ria dengan keluarga atau pasangan Anda. Selain itu tempat ini sediakan pemandangan yang indah loh kawan.

Medan pada tempat ini tidak berat kok, tentunya bisa Anda jangkau dengan menggunakan kendaraan pribadi Anda. Berfoto dengan background tempat ini peluang jadi hal yang benar-benar menarik yang bisa Anda lakukan dalam tempat ini.

19. Wisata Bahari Lamongan

Tempat : Jl. Raya Paciran, Paciran, Kab. Lamongan, Jawa Timur.

Object wisata ini menjadi diantaranya simbol pariwisata yang ada di kota ini. Seperti dalam namanya tempat ini berdiri di sekitar pantai sampai saat nanti Anda ingin mencari tempat ini. Anda dapat dengan mudah bertandang ke tempat ini mengingat aksesnya cukup mudah di jangkau.

Jangan kaget kelak jika Anda bertandang ke tempat ini waktu bertepatan dengan perayaan hari besar umat Islam. Karena biasanya tempat ini akan jadi lautan manusia yang memadati tempat ini. Semestinya tempat ini menjadi arah penting waktu Anda bertandang ke kota ini terutamanya jika Anda beragama Islam.

20. Goa Maharani Lamongan

Tempat : Jl. Raya Paciran, Paciran, Kab. Lamongan, Jawa Timur.

Lamongan memiliki type tanah kering dengan kandung kapur yang tinggih berada di dalamnya. Tetunya type tanah pada daerah itu sering membuat goa waktu diserang air, tentunya hal tersebut ialah proses alam. Dengan waktu terbentuknya sampai beberapa puluh sampai beberapa ratus tahun.

Begitu juga pada Goa Maharani ini, tempat ini di percaya untuk diantaranya tempat penyebaran Islam di saat itu. Tempat ini menjadi diantaranya tempat bertandang dan masuk beberapa wali songo pada saat menyebarkan Islam. Pada ruangan dalam goa ini menjadi tempat ritual lakukan melaksanakan ibadah.

21. Puncak B-29 Lumajang

Tempat : Argosari, Senduro, Sariwani, Sukapura 67254

Puncak B-29 seperti negeri di atas awan. Dari puncak ini kita akan memperoleh hidangan pemandangan puncak gunung bromo. Tempat ini betul-betul memesona untuk mensyukuri keagungan Tuhan akan ciptaanya.

Di sini kita bisa kerjakan camping sekalian menunggu sunset atau sunrise. Mengarah tempat ini akan melatih keberanian akan penelusuran karena perjalannya yang berkelok. Bisa disebut puncak ini paling tinggi di tempat gunung Bromo bentangan vegetasi serta savana betul-betul memesona untuk disingahi.

22. Ranu Kumbolo Lumajang

Tempat : Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Ranupani, Senduro 67361

Masih ada di kaki gunung Semeru obyek wisata ranu Kumbolo. Luas ranu ini sekitar 15 ha ada di ketinggian 2. 400 mdpl. Ranu ini menjadi sumber air bersih untuk beberapa pendaki yang tengah berkemah mengarah puncak Semeru.

Tempat ini bisa disebutkan untuk tempat bertemunya beberapa pendaki untuk membuat tenda. Dari sini kita dapat lihat sunrise yang betul-betul memesona waktu pagi hari antara bukit hijau.

23. Air Terjun Krecekan Denu Madiun

Tempat : Giringan, Kepel, Kec. Kare, Kab. Madiun, Jawa Timur.

Tempat Wisata di Jawa Timur yang termasuk juga baru di Madiun adalah Air Terjun Krecekan Denu. Karena termasuk juga baru, Anda juga membutuhkan tenaga penambahan untuk sampai di obyek wisata ini. Tapi selama perjalanan Anda tak perlu kuatir karena banyak pohon-pohon asir dan pemandangan indah.

Tempatnya ada di Desa Kepell atau 4 km dari Wana Wisata Grape. Untuk rutenya adalah jalan naik dan turuti jalan satu arah. Nantinya Anda akan dapatkan gapura tercatat air terjun krecekan Denu.

24. Taman Wisata Tirtoirmolo Waterpark Madiun

Tempat : Jl. Raya Ngawi-Madiun No. KM. 7, , Tempuran, Kec. Ngawi, Kab. Ngawi, Jawa Timur.

Tirtonirmolo Waterpark ialah obyek wisata air yang memiliki wahana cukup komplet. Mulai dari kolam renang seluncur, kolam renang laba-laba, kolam air mancur kabut sampai boom-boom boat. Tidak cuma permainan air saja, tetapi ada juga wahana becak family dan terdapat beberapa.

Tempatnya ada di Jalan Raya Ngawi, Madiun KM 7. Ongkos yang dikenakan sebesar Rp. 12. 500 sampai Rp. 15. 000.

25. Telaga Sarangan Magetan

Tempat : lereng Gunung Lawu, Kec. Plaosan, Kab. Magetan, Jawa Timur.

Wisata populer yang ada di Magetan salah satunya adalah Telaga Sarangan. Telaga ini memiliki udara seputar yang sejuk dengan pemandangan alam yang indah. Untuk diantaranya lambang wisata yang ada di Magetan, Anda bisa dapatkan banyak fasilitas yang cukup lengkap untuk beberapa pengunjung.

Anda bisa berkeliling telaga menggunakan perahu, naik kuda atau hanya sekedar jalan-jalan. Dapat juga nikmati kuliner keunikan di tempat yang ada di Desa Sarangan, Kecamatan Plaosan.

26. Taman Genilangit Magetan

Tempat : Genilangit, Kec. Poncol, Kab. Magetan, Jawa Timur.

Jika dalam bahasa Jawa, Geni bermakna api. Tetapi inspirasi wisata ini tidak menakutkan, ya! Taman Genilangit ini ialah arah wisata yang hits di Magetan. Object wisata yang bisa Anda pakai untuk narsis di beberapa spot foto. Misalnya saja di ayunan terbang, sepeda terbang sampai spot kupu-kupu.

Taman Genilangit ini berada di Desa Genilangit Kecamatan Poncol. Ada spot yang cukup terlalu berlebih yakni spot perahu di bibir jurang.

27. Mojosemi Forest Park Magetan

Tempat : Jl. Raya Sarangan, Cemorosewu No. Km. 5, Kali Jumok, Sarangan, Kec. Plaosan, Kab. Magetan, Jawa Timur.

Namanya adalah Mojosemi Forest Park yang disebutkan wisata di samping selatan Telaga Sarangan. Arah ini menawarkan sensasi liburan hebat dan lengkap. Ditambah lagi lingkungan alam yang tetap cukup asri Anda akan nikmati pemandangan mempesona mengagumkan.

Mojosemi ini berada di Jalan Raya Telaga Sarangan, Kecamatan Plaosan. Terdapat beberapa wahana seperti flying fox, high rope, adventure, lawu tour dan sebagainya. Siapkan budget lebih jika ingin nikmati beberapa wahana yang disediakan di obyek wisata.

28. Pulau Sempu Malang

Tempat : Desa Tambakrejo, Kec. Sumbermanjing Wetan, Kab. Malang, Jawa Timur.

Tempat Wisata di Jawa Timur selanjutnya adalah Pulau Sempu, yang betul-betul terkenal untuk surga wisata alam di Kota Malang. Buat beberapa wisatawan, hukumnya harus untuk bertandang ke pulau ini.

Walaupun indah, tempat ini memiliki medan yang cukup sulit untuk orang pemula. Jika Anda punyai kemauan mengunjunginya, semestinya Anda sewa service travelling agar lebih terjamin dan tahu spot-spot yang bagus. Banyak spot yang bisa Anda kunjungi di pulau ini, seperti Segara Anakan.

Anda dapat membuat spot cantik untuk berfoto karena memang pemandangannya betul-betul indah dan asri. Pemandangan pantai dengan tebing di pinggirnya membuat semakin istimewa. Anda dapat bermalam di pantai itu dengan tenda sekaligus nikmati indahnya pantai di waktu malam hari.

29. Pantai Ngliyep Malang

Tempat : Desa Kedungsalam, Kec. Donomulyo, Kab. Malang, Jawa Timur.

Tempat Wisata di Jawa Timur yang menarik setelah itu Pantai Ngliyep yang ada pada bagian selatan Kota Malang. Pantai eksotis ini mempunyai jarak kurang lebih 62 km dari pusat kota. Tempat sekitar object wisata ini bisa disebutkan masih tidak terjamah dan tentunya masih indah.

Pantai ini dipenuhi pasir yang putih sampai membuat betul-betul cantik. Tidak bingung jika tempat ini masih ramai dikunjungi beberapa wisatawan.

30. Patung Budha Tidur Mojokerto

Tempat : Jl. Raya Trowulan, Siti Inggil, Bejijong, Kec. Trowulan, Kab. Mojokerto, Jawa Timur.

Bila selama ini Anda hanya tahu patung Budha tidur di Thailand atau Myanmar, karenanya tidak perlu jauh untuk berkunjung ke luar negeri. Anda bisa dapatkan Patung Budha Tidur di Mojokerto. Ukurannya sampai 22 mtr. untuk panjang dan 6 mtr. serta 4, 5 mtr. untuk lebar dan tinggi. Patung dengan style santai ini disebutkan untuk paling besar ke-3 di dunia.

Kelak di Tempat Wisata di Jawa Timur ini Anda dapat melihat bangunan vihara dengan bentuk dan aroma yang demikian keunikan. Tempatnya berada di Jalan Raya Trowulan, Bejijong.

31. Gunung Penanggungan Mojokerto

Tempat : Kec. Trawas, Kab. Mojokerto, Jawa Timur.

Untuk mereka yang suka pada mendaki, Gunung Penanggungan sayang untuk dibiarkan. Sebab, ada pesona alam yang mempesona waktu sampai di puncak gunung ini. Terdapat beberapa situs bersejarah yang menjadi peninggalan dari zaman purbakala.

Tempat Gunung Penanggungan berada di Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto. Gunung ini tidak aktif dan memiliki ketinggian sekitar 1653 mdpl.

32. Wisata Pemandian Air Panas Padusan Mojokerto

Tempat : Padusan, Kec. Pacet, Kab. Mojokerto, Jawa Timur.

Berendam air panas waktu berlibur tentu jadi pekerjaan yang demikian menyenangkan. Anda bisa membuat tubuh lebih enjoy dan menghilangkan lelah. Dan dari warga di tempat yakini bawa juga wisata ini bisa mengobati beberapa macam penyakit kulit.

Tempatnya ada di Desa Padusan. Sumber air panas yang ada di pemandian ini hadir dari mata air alami Gunung Welirang. Dan pengunjung tidak cuma dari ada dari Mojokerto tetapi dari beberapa kota dan wilayah lainnya.

32. Air Terjun Sedudo Nganjuk

Tempat : Jl. Raya Sedudo, Rimba, Kec. Sawahan, Kab. Nganjuk, Jawa Timur.

Object wisata yang pertama adalah air terjun sedudo. Air terjun ini ada di ketinggian sekitar 1438 mdpl. Anda akan dimanjakan dengan pesona alam yang demikian sejuk dan asri. Lokasiny sering digunakan untuk ritual tahunan setiap saat bulan Suro. Kabarnya object wisata ini sudah alami penataan.

Ada pagar di seputar air terjun sampai pengunjung tidak bisa berendam langsung di bawah air terjun. Ada juga spot foto kekinian dengan view yang indah. Tempatnya berada di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan.

33. Bukit Watu Lawang Nganjuk

Tempat : Ngliman, Kec. Sawahan, Kab. Nganjuk, Jawa Timur.

Dengan tempatnya yang ada di ketinggian, Bukit Lawang ini cocok untuk refreshing dan mendinginkan kepala. Ada pemandangan alam yang eksotis serta kedatangan batu lawang ini menjadi lambang bukit itu. Anda bisa memperoleh view air terjun yang mengalir di pegunungan.

Nikmati waktu untuk berkemah atau coba jalan downhills bike dengan jauh sekitar 2 km agar dapat mengakibatkan adrenalin anda. Tempatnya ada di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan.

34. Air Terjun Pengantin Ngawi

Tempat : Sabrang RT. 03/ RW. 01, Besek, Hargomulyo, Kec. Ngrambe, Kab. Ngawi, Jawa Timur.

Jika Anda pernah dengar nama air terjun ini mungkin tidak asing dengan satu film horror. Ya, air terjun ini pernah menjadi tempat penting dari film itu. Tetapi Anda tak perlu takut, sebab tidak seperti yang dikisahkan pada sebuah film. Air terjun tidak memiliki kondisi yang menakutkan atau menakutkan.

Dari nama yang unik ini, pengambilan air terjun pengantin karena ada sepasang air terjun dengan ketinggian yang sama yakni 12 mtr. dari dasarnya. Buat Anda yang tidak suka dengan keramaian, tempat ini betul-betul disarankan. Tempatnya berada di Dusun Besek, Desa Hargomulyo Kecamatan Ngrambe.

35. Benteng Pendem Van Bosch Ngawi

Tempat : Jl. Untung Suropati No. II, Pelem II, Pelem, Kec. Ngawi, Kab. Ngawi, Jawa Timur.

Masih dengan nuansa kisah dan penuh edukasi. Anda bisa mengunjung Benteng Pendem Van Bosch. Benteng ini ialah benteng peninggalan dari BelAnda yang kaya nilai kisah dan demikian eksotis. Memiliki daya tarik khusus karena temboknya terlihat kedaluwarsa dan kusam tapi masih demikian kuat.

Benteng Pendem Van Bosch ini berada di titik pertemuan antar bengawan Madiun dan Bengawan Solo. Anda yang hobbi berfoto dengan latar bangunan tua bisa suka dengan arsitektur yang dimiliki benteng ini.

36. Pantai Klayar Pacitan

Tempat : Kendal, Sendang, Kec. Donorojo, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

Obyek wisata Pantai Klayar adalah obyek wisata yang termasuk juga unggul dan populer. Betul-betul disayangkan bila Anda yang ingin berlibur di Pacitan tetapi tidak bertandang ke Pantai Klayar.

Cukup ramai dengan lawatan wisatawan domestik atau luar negeri. Anda bisa dapatkan seruling laut yang disebutkan keunggulan dibandingkan dengan pantai lainnya.

Seruling laut ialah batu karang yang ukurannya besar dan memiliki celah. Tempat pantai berada di kecamatan Donoroeo, Kabupaten Pacitan. Jaraknya adalah 45 km dari pusat kota.

37. Sungai Maron Pacitan

Tempat : Desa Darsono, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur.

Bukan hanya wisata pantai dan goa, Pacitan memiliki wisata sungai lho, yaitu wisata Sungai Maron. Sungai Maron ini, sering disebut dengan Amazonnya Indonesia lho, karena memiliki panorama yang hampir seperti dengan sungai yang terpanjang ke-2 di dunia itu.

Di sekitar Sungai Maron ada banyak pohon-pohon kelapa, yang tentunya akan tingkatkan keasrian dari wisata yang memperoleh panggilan Green Canyon nya Pacitan.

Pekerjaan yang bisa di lakukan pada pengunjung di Sungai Maron ini, adalah susuri sungai dengan menggunakan perahu yang disewakan oleh warga, yang sudah disiapkan di dermaga. Potensi maksimal perahu adalah 6 orang.

38. Pantai Talang Siring Pamekasan

Tempat : Dsn Tabugah, Ds Montok, Kec Larangan, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur 69383.

Talang Siring ialah object wisata alam yang menyuguhkan pantai yang memiliki pasir berwarna putih berada di Kabupaten Pamekasan. Panorama pantai yang indah dari bibir pantai kita bisa lihat lanskap pemandangan pantai berhias sampan-sampan beberapa nelayan pencari ikan, atau lihat rimbunnya mangrove yang hijau.

39. Puncak Ratu Pamekasan

Tempat : Dusun Monging, Ds Tebul Barat, Kec Pangentanan, Pamekasan, Jawa Timur 69361.

Puncak Ratu salah satu wisata alam yang tengah populer di daerah Mapekasan. Wisata alam memang masuk ke wisata baru yang ditawarkan Pamekasan. Resmi dibuka untuk umum diakhir 2018 yang tempo hari. Alamnya yang cantik di atas ketinggian.

Setelah itu ditambahkan beberapa spot selfie yang paling akhir banyak disenangi. Dalam tempat ini banyak pohon sengon yang tidak kalah cantik waktu pengambilan foto.

40. Wisata Tretes Prigen Pasuruan

Tempat : Tretes, Kec. Prigen, Kab. Pasuruan, Jawa Timur.

Cukup hanya waktu 1 jam saja Anda bisa bertandang ke wisata Tretes Prigen dari pusat Kota Pasuruan. Ada arah wisata alam yang sejuk dan demikian menentramkan. Keindahan alam yang tersaji di sini memiliki view pegunungan dan menjadi tempat favourite agar bisa mengisi waktu liburan.

Spot wisata menarik dapat Anda dapatkan seperti tempat wisata air terjun, rimba, taman satwa dan terdapat beberapa lainnya. tempatnya berada di Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan.

41. Air Terjun Coban Baung Pasuruan

Tempat : Purwodadi, Kec. Purwodadi, Kab. Pasuruan, Jawa Timur.

Object wisata coban baung ini masuk untuk tempat TWA atau taman wisata air yang ada di lereng gunung baung. Ketinggiannya sekitar 100 mtr. dan membuat air terjunnya bisa membuat butiran air seperti embun yang terbang sampai 10 mtr..

Tempat air terjun ini berada di ruangan sawah atau kebun, Purwodadi, Pasuruan. Ticket masuk yang dikenakan hanya Rp. 8000 saja per orang.

42. Air Terjun Widodaren Ponorogo

Tempat : Desa Bulu Lor, Kec. Jambon, Kab. Ponorogo, Jawa Timur.

Air Terjun Widodaren ini terlihat demikian asri dan alami. Semestinya waktu ingin ada pilih pada musim penghujan. Karena waktu kemarau, debit airnya betul-betul kecil dan kurang menarik. Tapi, pada saat musim hujan juga harus lebih siaga.

Kecantikan object wisata ini ditambah terdapatnya tumbuhan hijau di sektiar air terjun. Tempat air terjun berada di Desa Bulu Lor, Kecamatan Jambon. Beberapa obyek wisata ini membuat banyak wisatawan asing juga tertarik untuk ada.

43. Telaga Ngebel  Ponorogo

Tempat : Kec. Ngebel, Kab. Ponorogo, Jawa Timur.

Peluang sebagian orang telah dengar nama object wisata ini. Tetapi untuk keindahna yang dimilikinya tidak bisa diremehkan demikian saja. Telaga ini terkenal serta menarik utnuk dikunjungi bersama keluarga atau rekan-rekan. Ada banyak potret yang bisa diambil khususnya beberapa fans fotografi akan demikian senang pada Telaga Ngebel ini.

Tempat Telaga Ngebel berada di Kecamatan Ngebel, Ponorogo. Beberapa wisatawan ada waktu sore hari dan nikmati kondisi senja yang menarik. Untuk mengaksesnya memang tidak begitu sulit, jangan sampai lupa bawa serta bekal waktu bertandang ke tempat ini.

44. Air Terjun Madakaripura Probolinggo

Tempat : Sapih, Branggah, Kec. Lumbang, Kab. Probolinggo, Jawa Timur.

Jadi air terjun tertinggi ke-2 yang ada di Pulau Jawa buat jadi air terjun Madakaripura primadona di Probolinggo. Ketinggiannya sampai 200 m dan ada di tempat lereng Gunung Bromo. Air terjun ini ada di ujung lembah yang sempit dan berbentuk ceruk serta dikelilingi tebing curam.

Tempatnya ada di Branggah, Sapih. Dan beberapa orang menjelaskan untuk air terjun abadi karena air yang dialirkan cukup melimpah. Debitnya juga belum pernah berkurang.

45. Gili Ketapang Probolinggo

Tempat : Kec. Sumberasih, Kab. Probolinggo, Jawa Timur.

Obyek wisata setelah itu juga tidak kalah indah. Kondisi alam di tempat Gili Ketapang memang tak perlu diragukan. Dalam tempat ini anda bisa kerjakan banyak pekerjaan seperti pekerjaan snorkeling dengan pemandangan bawah laut yang cukup eksotis.

Gili Ketapang berada di kecamatan Sumberasih, Kabupaten Purbalingga. Anda bisa kerjakan camping dan mencari ruangan sekitar menggunakan perahu.

46. Pulau Mandangin Sampang

Tempat : Desa Pulau Mandangin, Kec. Sampang, Kab. Sampang, Jawa Timur

Tempat Wisata di Jawa Timur yang berada di Sampang Madura yang sedang hits di media sosial adalah Pulau Mandangin. Pulau ini ada di samping selatan Pulau Madura. Untuk mengarah pulau ini, wisatawan harus menempuh perjalanan menggunakan perahu motor selama 30 menit.

Berdasarkan informasi yang didapatkan, Pulau Mandangin ialah tempat pembuangan pengidap penyakit lepra di saat Orde Baru. Sampai beberapa orang sering mengatakan untuk “Pulau Lepra”. Pulau ini dihuni oleh sebagian orang Madura, yang sejumlah besar bermata pencaharian untuk nelayan. Rumah berderet-deret serta jalanan yang sempit.

47. Pantai Camplong Sampang

Tempat : Jl. Raya Camplong 157 A, Camplong, Sampang, Jawa Timur

Pantai Camplong ada di Desa Dharma, Kecamatan Camplong, atau mempunyai jarak 8 km dari pusat Kota Sampang. Wisata Camplong Sampang ini termasuk juga wisata yang sedang ramai dibahas netizen, karena memiliki keindahan alam yang memesona.

Ditambahkan, pantai ini didukung oleh beberapa fasilitas, diantaranya kursi-kursi, mushola, kamar mandi, sampai dermaga yang instagramable. Selain itu, Pantai Camplong memiliki berbagai spot foto yang romantis, seperti dekorasi berbentuk hati, pintu masuk yang artistik, sampai beberapa tempat duduk yang tidak kalah uniknya.

Lain dibanding hal tersebut, pantai ini memiliki pasir pantai yang putih bersih. Pohon – pohon cemara tumbuh di sepanjang bibir pantai. Hal tersebut tentu saja memanjakan mata Anda. Bila kalian mengunjunginya pada saat senja, kalian dapat melihat romantisnya sunset yang romantis. Indah sekali kan? Sesegera saja bertandang ke wisata pantai Sampang Madura ini.

48. Pulau Sarinah Sidoarjo

Tempat : Telocor, Tanjungsari, Kupang, Kec. Jabon, Kab. Sidoarjo, Jawa Timur.

Pulau Sarinah ialah pulau eksotis di Sidoarjo yang tidak sengaja terbentuk karena adanya bencana Lumpur Lapindo. Ternyata jadi arah wisata yang menarik perhatian warung di tempat dan luar negeri. Luasnya sekitar 80 hektar yang telah ditanami pohon bakau dan type pohon lainnya.

Tempatnya berada di Desa Tlocor, Kecamatan Jabon. Harga tiketnya adalah Rp. 3000 per orang. Jam buka pulau ini dari jam 08. 00 sampai 19. 00 WIB. Ada fasilitas berupa tempat parkir, warung, toilet umum dan persewaan perahu.

49. Kebun Coklat Balongbendo Sidoarjo

Tempat : Penambangan, RT. 12/RW. 03, Rw. 2, Penambangan, Kec. BalongBendo, Kab. Sidoarjo, Jawa Timur.

Tempat Wisata di Jawa Timur setelah itu istimewa untuk Anda yang suka pada makan coklat. Makanan terkenal ini menjadi daya tarik khusus terutamanya mereka yang sudah mengetahui adanya Kebun Coklat Balongbendo.

Walaupun memang namanya kebun coklat tapi tempat ini ialah kafe dengan inspirasi kebun coklat yang menarik beberapa pengunjung.

Tempatnya berada di Desa Penambangan RT 12/ RW 03, Penambangan. Terdapat beberapa menu lain yang tidak kalah lezat seperti mie cower, mie gobyor dan terdapat beberapa.

50. Taman Nasional Baluran Situbondo

Tempat : Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyu Putih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Tempat Wisata di Jawa Timur yang paling terkenal di Situbondo ini menawarkan sensasi liburan yang hebat di alam terbuka. Kamu bisa lihat kehidupan beberapa type satwa liar seperti rusa, burung merak, banteng, dan sebagainya di taman nasional ini.

Selain itu, kamu dapat mengexplore keindahan wisata Gunung Baluran, padanag savana, sampai pantai yang akan membuat liburanmu semakin lengkap.

51. Pantai Pasir Putih Situbondo

Tempat : Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Pantai berpasir putih ini ialah diantaranya object wisata favourite di Situbondo yang tidak pernah sepi pengunjung. Tidak jauh dari bibir pantai ada rimba hijau yang teduh, membuat kondisi pantai semakin asri dan sejuk.

Ombaknya yang tidak besar memungkinkan wisatawan untuk berenang dan melakukan aktivitas lainnya yang menyenangkan. Seperti naik perahu wisata, sewa perahu monitor, snorkeling dan tentu saja foto-foto. Bukan hanya mencari pantai dengan semua keindahannya, kamu dapat berekreasi kuliner dengan berbagai menu yang menggugah keinginan.

52. Pulau Gili Labak Sumenep

Alamat : Banraas, Dungkek, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur

Tempat Wisata di Jawa Timur yang berada di Sumenep ini betul-betul cocok untuk kerjakan pekerjaan fotografi. Bukan hanya pemandangan sekelilingnya yang betul-betul cantik, bentangan pasir putih dan jernihnya biru air di Pantai ini bisa jadi latar belakang sempurna yang berikan kesegaran buat penikmatnya

Objek Wisata Pantai Gili Labak menawarkan demikian banyak hal yang bisa dikerjakan, sekalian nikmati keelokan object wisata Sumenep ini. Berbagai pekerjaan Pantai yang bisa dikerjakan dalam tempat ini.

Pantai ini betul-betul cocok untuk kerjakan pekerjaan fotografi. Bukan hanya pemandangan sekelilingnya yang betul-betul cantik, bentangan pasir putih dan jernihnya biru air di Pantai ini bisa jadi latar belakang sempurna yang berikan kesegaran buat penikmatnya.

Pemandangan bawah laut sekitar object wisata Sumenep ini betul-betul memesona. Dari sana telah ada penyewaan alat menyelam. Beberapa nelayan biasanya dengan senang mengantarkan pengunjung mengarah spot menyelam yang populer.

Pantai object wisata Sumenep ini meluluskan berkemah. Pengunjung bisa nikmati Pantai di waktu malam hari bersama taburan bintang. Pengunjung dapat nikmati sunset dan sunrise bila bermalam dalam tempat ini.

Pengunjung bisa memutari pulau cantik object wisata Sumenep ini. Pengunjung bisa sewa perahu punyai nelayan. Air Pantai Gili Labak betul-betul jernih, berada di atas kapalpun masih memungkinkan melihat ikan-ikan dan karang di dalamnya.

53. Bukit Tinggi Daramista Sumenep

Tempat : Daramista, Lenteng, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur

Wisata Bukit Tinggi Daramista ialah diantaranya object wisata Sumenep yang naik popularitasnya. Obyek wisata yang diurus dengan swadaya oleh warga sekitar ini, sediakan panorama dataran tinggi yang cantik.

Di sini pengunjung dapat nikmati kota Sumenep dari atas Ketinggian. Tidak hanya itu, pengunjung dapat melihat moment matahari keluar dan tenggelam dengan bebas. Walaupun jalannya masih berupa jalan desa, tapi cukuplah sudah mulus sampai tempat.

Pengelola bukit object wisata Sumenep ini membuat medesain tempat ini menjadi berbeda dengan beberapa lain tempat. Permulaannya hanya beberapa gazebo saja untuk sekedar nikmati pemandangan alam. Saat ini jadi satu arah wisata khusus dengan berbagai obyek yang ditawarkan.

Lokasi-lokasi untuk selfie mempunyai beberapa nama yang unik seperti Home Love, Bird’s Nest, Zona Kece and Hits, Hometrees, Bahagia Swing, Sweet Town, dan Zona Warrior yang terdiri dari flying fox dan flying bike. Ada cafetaria untuk sekedar ngopi atau nikmati camilan sekaligus duduk di gubug-gubug.

54. Pantai Kenjeran Surabaya

Tempat : Jl. Pantai Kenjeran, Surabaya

Tidak senang obyek wisata surabaya Atlantis Land Kenjeran, kemungkinan bisa coba Pantai Kenjeran. Pantai Kenjeran di daerah Timur Surabaya salah satunya arah wisata yang cukup sering dikunjungi.

Walau memang benar-benar ada beberapa bagian pantai yang mulai kotor, sampai dibutuhkan kesadaran yang tinggi dari wisatawan untuk menjaga kebersihan Pantai Kenjeran.

Pantai Kenjeran terdiri atas dua bagian, yaitu Pantai Kenjeran Baru dan Pantai Kenjeran Lama. Pantai Kenjeran Baru saat ini dilengkapi dengan wahana permainan seperti pekerjaan olahraga, gokart, dan pacuan kuda.

Sedang di Pantai Kenjeran Lama, kita dapat nikmati keindahan pantai dengan alami seperti berenang, naik kapal, memancing, dan belanja ikan sepuasnya. Jangan sampai lupa abadikan kondisi pantai yang indah ya!

55. Hutan Mangrove Wonorejo Surabaya

Tempat : Jl. Monorejo Timur No 1, Surabaya

Hutan mangrove ini salah satu wahana alam Surabaya untuk tempat terbaik untuk mengasingkan diri dari keramaian dunia. Selain itu, keindahan alam yang ditawarkan tempat ini menjanjikan, sampai bisa saja spot wisata selfie dan Instagram.

Terdapat beberapa titian kayu yang dapat dilewati untuk susuri rimba bakau ini. Bukan hanya memperoleh kesegaran, nikmati kendahan alam dan menghilangkan stress, wisata ini bisa jadi sarana edukasi rimba mangrove buat keluarga. Ticket masuknya Rp. 25. 000, – per orang.

56. Hutan Bakau Pancer Cengkrong Trenggalek

Tempat : Jl. Pantai Cengkrong, 66382, Tirto, Karanggandu, Kec. Watulimo, Kab. Trenggalek, Jawa Timur.

Tempat hutan memang cukup menarik untuk dikunjungi. Seperti adanya bentangan hutan bakau yang asri dan terlihat makin menarik ditambah lagi view pegunungan serta sungai yang berada di muka mata. Kelak di tempat hutan bakau ini Anda bisa mencari itiap sudut keindahan dengan lewat jembatan kayu.

Tidak hanya itu, pengunjung bisa mengeksplor keindahan Pantai Cengkrong menggunakan perahu. Anda bisa mengincar spot baik untuk fotografi. Terdapat berada di Karanggangu, Kecamatan Watulimo.

57. Pantai Prigi Trenggalek

Tempat : Jl. Raya Pantai Tasikmadu, Ketawang, Kec. Watulimo, Kab. Trenggalek, Jawa Timur.

Nama Pantai Prigi keliatannya tidak asing untuk beberapa wisatawan. Anda bisa berekreasi pantai di Trenggalek tepatnya di Pantai Prigi dengan panorama pantai yang indah. Dilengkapi dengan pelelangan hasil nelayan di tempat sampai kita bisa beli ikan fresh.

Dan jika untung, Anda bisa bertandang ke pantai ini di Minggu Pon pada Bulan Selo. Konon, pada hitungan tanggalan Jawa ini masih dikerjakan satu kebudayaan atau tradisi Larung Sembonyo. Tradisi yang disebut jadi bentuk apresiasi masyarakat serta jadi tAnda bersyukur pada Tuhan atas tangkapan yang demikian melimpah.

Pantai Prigi berada di Desa Tasikmadu, Watulimo. Anda bisa bebas ada ke pantai di harga ticket masuk hanya Rp. 6000 saja. Keindahan alam dan tradisi masyarakat di tempat yang tetap dijaga seolah jadi gabungan pas untuk nikmati liburan di Pantai Prigi.

58. Pantai Remen Tuban

Tempat : Remen, Kec. Jenu, Kab. Tuban, Jawa Timur.

Namanya adalah Pantai Remen. Pantai ini resmi dibuka di tahun 2015 dan memiliki pasir putih serta garis pantai yang cukup panjang. Ada kondisi alami berasa dan membuat siapa saja yang berkunjung bisa santai di bibir pantai dengan melakukan aktivitas air. Fasilitas yang cukup baik membuat cocok untuk acara rekreasi.

Pantai Remen ini berada di Desa enen, Kecamatan Jenu. Lumayan banyak yang ada untuk mencari tempat foto kekinian atau background pemandangan alam yang indah. Terutamanya waktu sunset atau matahari tenggelam.

59. Air Terjun Sanggrahan Tuban

Tempat : Nganget, Kedungjambe, Kec. Singgahan, Kab. Tuban, Jawa Timur.

Namanya adalah Air Terjun Sanggrahan. Letak dari air terjun ini tersembunyi dan menawarkan sensasi liburan yang berbeda. Ada penelusuran hebat dengan nuansa penelusuran yang berkesan. Ada air terjun berundak yang eksotis dan membuat momen liburan makin tidak terlewati.

Tempat air terjun ini berada di Dusun Nganget, Desa Kedungjambe, Kecamatan Sanggrahan. Tempatnya cukup mudah diraih dan jangan sampai lupa bawa serta bekal untuk perjalanan mengarah tempat.

60. Tebing Banyu Mulok Tulungagung

Tempat : Popoh, Kec. Besuki, Kab. Tulungagung, Jawa Timur.

Dengan bentangan rumput hijau, Anda bisa dapatkan pantai coro dan pantai dadap yang pemandangannya memang mempesona. Tebing ini menjadi object wisata terbaik untuk mereka yang ingin berlibur dengan pemandangan alam yang indah.

Obyek wisata itu berada di Popoh, Kecamatan Besuki. Ada gelombang laut yang menghajar pada dinding tebing dan menimbulkan adanya efek pelangi yang cantik. Siapapun malas untuk meninggalkan object wisata itu.

61. Air Terjun Alas Kandung Tulungagung

Tempat : Tanen, Kec. Rejotangan, Kab. Tulungagung, Jawa Timur.

Tempat Wisata di Jawa Timur setelah itu air terjun Alas Kandung. Ada tiga tingkatan dari air terjun ini dengan ketinggian yang cukup bermacam. Dan, airnya yang jernih dan fresh tentu membuat siapa saja jadi tertarik untuk merasakan bagaimana kesejukannya.

Air terjun alas kandung berada di Tanen, Kecamatan Rejotangan. Dengan nikmati keindahan air terjun ini, Anda bisa hunting foto untuk tingkatkan koleksi potret liburan anda.

62. Ranu Gumbolo Tulungagung

Tempat : Bantengan, Mulyosari, Kec. Pagerwojo, Kab. Tulungagung, Jawa Timur.

Tempat Wisata di Jawa Timur setelah itu adalah Ranu Gumbolo Tulungagung. Tempat ini termasuk juga cocok buat Anda yang ingin dapatkan kondisi dingin di akhir minggu. Baik itu bersama keluarga atau rekan-rekan. Tempatnya demikian asri dan pemandangan danau dengan nuansa hijau tosca membuat siapa saja betah.

Obyek wisata ini berada di Bantengan, Mulyosari. Anda bisa enjoy dan kerjakan pekerjaan outbound atau camping dalam tempat ini.

63. Kampoeng Djawi Wonosalam Jombang

Tempat : Desa Gondang, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Kampoeng Djawi ada pada ketinggian 750 di atas permukaan laut dengan udara yang cukup fresh dikelilingi pegunungan dan bentangan sawah di sekitar, memperkuat kondisi desa yang berpadu dengan keindahan alam.

Kampoeng Djawi satu tempat bagus untuk kerjakan rekreasi dan suka, melepas lelah dan beban pekerjaan tiap hari dan mendapatkan kembali rasa fresh dalam diri.

Kamu akan terikut kondisi perkampungan dengan sentuhan arsitektur jawa dan budayanya yang sejiwa dengan keramahan warga desa Carangwulung.

Kondisi yang rekreatif dengan dilengkapi fasilitas pekerjaan outdoor seperti high rope, flying fox, ampi theater, kolam renang, tempat shooting target, pendapa joglo, dan bisamelakukan pekerjaan rafting di Kali Boro (Sungai Boro), off road, motor cross dan mountain bike.

64. Air Terjun Tretes Jombang

Tempat : Galengdowo, Wonosalam, Kab. Jombang, Jawa Timur.

Air terjun kemudian ada di ketinggihan 1260 mtr. di atas permukaan laut. Serta yang tidak kalah menarik adalah air terjun ini mempunyai jarak kurang lebih 160 mtr. di atas permukaan tanah. Agak banyak yah kawan wisata dengan type air terjun yang ada di kota ini.

Ruangan dari wisata air terjun ini berada di tempat rimba lindung dari Gunung Ajasmoro. Berada di rimba lindung tentunya kondisi yang di tawarkan dari tempat ini bukan hanya tenang dan udara sejuk. Dalam tempat ini dapat mejadi sarana relaksasi pertimbangan Anda untuk singkirkan lelah tiap hari.

Selain beberapa obyek yang disebutkan di atas, ada beberapa Tempat Wisata di Jawa Timur yang bisa kalian kunjungi. Obyek wisata itu antara lain adalah sebagai berikut ini:

  • Pantai Balekambang Tempat di Malang.
  • Gua Gong. Tempat di Pacitan.
  • Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Tempat di Probolinggo/Lumajang.
  • Arung Jeram Pekalen. Tempat di Probolinggo.
  • Kawah Ijen. Tempat di Banyuwangi.
  • Jatim Park 1, 2 dan 3. Tempat di Batu Malang.
  • House Of Sampoerna. Tempat di Surabaya.
  • Monumen Simpang Lima Gumul. Tempat di Kediri.

Itulah berbagai obyek wisata yang berada di Jawa Timur. Anda dapat memilih kota mana yang ingin anda tuju terlebih dulu. Yang perlu anda kerjakan ialah pilih kota paling dekat dari kota asal anda, baru anda dapat pilih arah obyek wisata di Jawa Timur yang lain.

Selamat berlibur, tetap menjaga kebersihan dan keasrian setiap objek wisata yang kalian kunjungi yaa…

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *