64 Tempat Wisata di Jawa Timur yang Memikat

  • Whatsapp
Tempat Wisata di Jawa Timur

Fakta, Tempat Wisata Jawa Timur – Banyaknya ragam destinasi tempat wisata di Jawa Timur membuat propinsi menjadi target liburan para treveller. Selain banyaknya jenis wisata disini, tempatnya yang mudah dicapai membuat tempat ini jadi salah satu tujuan buat keluarga yang ingin liburan.

Waktu musim berlibur datang, jalan ke arah Jawa Timur jadi macet dikarenakan oleh banyak kendaran yang ingin ke arah propinsi itu. Jawa Timur mempunyai banyak tempat yang berpotensi wisatanya semasing.

Kota Jawa Timur yang mempunyai obyek wisata menarik salah satunya ialah kota Malang, kota Batu, Kabupaten Bondowoso, Pulau Madura, kota Kediri, kota Madiun serta ada banyak yang lain.

Kekuatan wisata yang berada di Jawa Timur didukung dengan wisata kuliner yang berada di sana. Banyak makanan ciri khas Jawa Timur yang populer serta dicari oleh pelancong yang bertandang kesana.

Sewaktu anda ingin bertandang ke sejumlah tempat wisata di Jawa Timur anda harus pilih wilayah mana yang ingin didatangi terlebih dulu, berapakah jumlahnya budget wisata yang akan dikeluarkan dan dimana anda bersama-sama keluarga anda akan bermalam.

Bila segala hal telah terencana karena itu berlibur anda akan sukses serta berjalan dengan lancar.

Baca topik ratusan artikel wisata di topik Travel

64 Wisata di Jawa Timur

Berikut ini ialah beberapa destinasi tempat wisata di Jawa Timur yang dirangkum oleh team fakta.co.id dan dapat kalian jadikan rujukan untuk mengisi waktu liburan kalian maupun saat berkunjung ke Jawa Timur.

1. Gunung Kelud Kediri

Lokasi: Perbatasan Kab. Kediri, Kab. Blitar dan Kab. Malang, Jawa Timur.

Gunung Kelud merupakan salah satu jenis gunung berapi yang masih aktif hingga saat ini. Mengingat pada tahun 2014 kemarin gunung ini masih menunjukkan aktifitas vulkaniknya dengan melakukan erupsi. Akan tetapi di balik itu semua gunung ini memiliki pemandangan yang indah dan tidak kalah dari gunung lainnya.

Erupsi dari sebuah gunung merupakan sebuah berkah sekaligus mala petaka bagi para penduduk di sekitar gunung tersebut. Petakanya adalah akan ada lahar panas yang turun ketika terjadi letusan serta asap beracun dari efek tersebut. Sedangkan pada bagian anugerahnya efek setelah letusan tersebut terjadi tanah dan ladanga sekitar letusan tersebut akan lebih subur dan hijau.

2. Air Terjun Dolo Kediri

Lokasi: Dusun Besuki, Desa Jugo, Kec. Mojo, Kediri, Jawa Timur.

Objek Wisata di Kediri berikutnya adalah Air Terjun Dolo yang berada pada ketinggihan lebih dari 1500 mdpl. Mengingat air terjun ini berada pada bagian dari Gunung Wilis. Air terjun ini sendiri memiliki ketinggian hingga 125 meter menjulang dari sumber air yang jatuh ke tanah.

Bisa dikatakan air terjun ini cukup tinggih semakin tinggi temppat iir menuju tanah semkin banyak pula embun dan butiran air yang di hasikan akibat efek jatuhnya air. Ketika Anda ingin menikmati air yang menerpa tubuh Anda ketika mengunjungi tempat ini. Anda tidak pelru mendekatkan diri ke tempat air Anda pasti akan langsung merasakan air tersebut menerpa Anda.

3. Bukit Jaddih Bangkalan

Tempat : Parseh, Socah, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

Berekreasi ke bukit kapur yang satu ini dapat jadi satu pengalaman yang terlewati. Permasalahannya eksotisme bukit tersisa tempat penambangan ini hadirkan landscape buatan yang mempesona indah.

Bangunan yang terbentuk sebab pekerjaan penambangan batu kapur ini bisa jadi spot foto yang super instagenic. Bukan hanya hunting foto kekinian, kamu dapat buat menjadi tempat ini untuk pilihan prewedding murah di Bangakalan.

4. Bukit Kapur Arosbaya Bangkalan

Tempat : Buduran, Arosbaya, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

Sedikit berbeda dengan Bukit Jaddih yang mempunyai nuansa putih, obyek wisata alam batu kapur Arosbaya sediakan nuansa bukit yang kecoklatan dengan beberapa goa kecil di dalamnya. Di ruangan tersisa penambangan ini ada beberapa macam corak pahatan yang indah.

Kamu bisa hunting foto bagus sepuasnya dalam tempat ini. Dapat kamu bikin menjadi tempat pilihan untuk foto prewedding.

5. Pulau Merah Banyuwangi

Tempat : Sumberagung, Pesanggaran, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.

Pulau Merah ini adalah pantai yang memiliki pemandangan yang betul-betul indah yang perlu Anda kunjungi. Pantai ini memiliki pasir berwarna pink kemerah merahan yang betul-betul unik dan menarik.

Jika dilihat dari begitu jauh pantai ini terlihat betul-betul menarik, karena gradasi air pantai yang seolah-olah seperti pelangi.

Karena hal tersebut pantai ini betul-betul menarik minat beberapa wisatawan di luar sana. Tempat Pulau Merah ini berada di Sumberagung, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Lebih menyenangkan bila Anda berkunjung dengan keluarga.

6. Teluk Hijau Banyuwangi

Tempat : Dusun Krajan, Sarongan, Pesanggaran, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.

Teluk Hijau ini memiliki warna air yang unik serta pemandangan di sekitarnya betul-betul indah. Air di Teluk Hijau ini berwarna biru kehijau-hijauan yang memesona. Warna itu karena oleh tanaman alga yang hidup dan tumbuh di fundamen air Teluk Hijau ini.

Airnya yang jernih serta ada batu-batu karang yang besar yang memutari Teluk Hijau ini. Teluk Hijau ini ada di Dusun Krajan, Sarongan, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Biaya ticket masuk mengarah Teluk Hijau ini yaitu Rp 7. 500 per orangnya.

Baca juga ratusan artikel wisata di topik wisata

7. Omah Kayu Batu Malang

Tempat : Jl. Gn. Banyak, Gunungsari, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur 65312

Omah Kayu adalah pilihan arah wisata di Batu yang mempunyai nuansa alam. Bukan hanya indahnya pesona alamnya, obyek wisata Batu satu ini betul-betul populer untuk arah untuk mengincar foto-foto yang instagramable.

Bukan hanya berfoto di kabin-kabin kayu eksotis tengah rimba. Dengan tingkatkan biaya penambahan, kamu dapat nikmati sensasi bermalam di diantaranya kabin kayu itu, lho!

8. Museum Angkut Batu Malang

Tempat : Jl. Terusan Sultan Agung No. 2, Ngaglik, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65314

Tempat Wisata di Jawa Timur Museum Angkut adalah museum modern yang menjadi diantaranya lambang wisata yang populer di kota Batu. Bertandang ke arah wisata Batu satu ini, kalian bisa melihat banyak koleksi dan tiruan dari beberapa kendaraan pada periode waktu spesial serta beberapa kendaraan.

9. Makam Bung Karno Blitar

Tempat : Jl. Ir. Soekarno No. 152, Bendogerit, Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur.

Mengawali ulasan mengenai Tempat Wisata di Blitar ini akan kita mulai dengan makam tokoh besar negara kita. Seorang Presiden pertama juga sekaligus alami banyaknya waktu dan cerita mengenai pergolakan negeri ini sampai merdeka. Beliau istirahat dalam tenang di kota ini.

Sering banyak pembesar pemerintahan atau beberapa tokoh yang ada ke makam beliau. Untuk berziarah dan mendoakan beliau untuk salah seorang yang memiliki Anda pada memerdekakan bangsa ini. Tempat ini harus Anda untuk buat jadi tempat penting untuk Anda kunjungi waktu berada di kota ini.

10. Pantai Tambakrejo Blitar

Tempat : Desa Tambakrejo, Kec. Wonotirto, Kab. Blitar, Jawa Timur.

Berdekatan langsung dengan Pantai Selatan membuat pantai yang satu ini memiliki ciri-ciri ombak yang cukup ganas.  Serta lebih dalam dari Laut Utara yang ada di pulau Jawa. Tetapi pada pantai ini lebih seperti dan seperti dengan teluk sampai ombak yang menerjang pantai ini lebih kecil.

Mengingat sebelum sampai tempat ini ombak lebih dulu akan pecah dan lebih tenang waktu sampai pantai. Tempat ini menjadi diantaranya tempat memancing yang banyak di akui. Megingat laut dalam memiliki ciri-ciri ikan yang memiliki tarikan yang kuat.

11. Negeri di Atas Angin Bojonegoro

Tempat : Atasangin, Deling, Kec. Sekar, Kab. Bojonegoro, Jawa Timur.

Negeri di atas angin ialah object wisata yang cukup populer. Ketinggian tanahnya seputar 650 mtr.. Anda bisa lihat keindahan alam di sekitar karena adanya pemandangan tidak biasa. Pengunjung bisa camping di bukit cinta untuk ddestinasi wisata favorite dari sana.

Tempatnya ada di sekitar 50 km dari pusat kota Bojonegoro. Negeri di atas angin ini banyak digunakan untuk tempat foto pre wedding.

12. Air Terjun Kedung Maor Bojonegoro

Tempat : Kedungsari, Kec. Temayang, Kab. Bojonegoro, Jawa Timur.

Air terjun ini dikelilng rimba jati yang tetu membuat pemandangan makin indah. Perjalanan mengarah tempat semakin mudah karena ada banyak tutorial arah. Air Terjun Kedung maor ini memberi pemandangan alam terdapatnya deretan tebing yang luas. Dengan lingkungan asri dan air kolam yang berwarna kehijauan.

Tempat air terjun berada di Kedungsumber, Temayang. Mereka yang ada sering kerjakan foto-foto di spot cantik. bermain air di pinggiran kolam yang dangkal.

13. Puncak Scorpio Bondowoso

Tempat : Dusun Dadapan, Desa Sumber Canting, Kecamatan Wringin, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

Bukit yang mempunyai bentuk seperti ekor kalajengking ini cukup populer di kelompok anak muda. Kondisi alam yang sejuk semakin menentramkan dengan view perbukitan yang terlihat demikian asri. Ada juga spot foto bagus yang bisa kamu abadikan untuk momen liburanmu dalam tempat ini.

14. Kawah Wurung Bondowoso

Tempat : Kalianyar, Sempol, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

Akses jalan yang cukup sulit betul-betul sesuai keindahan alam yang akan kamu peroleh dalam tempat ini. Eksotisme padang savana di antara perbukitan hijau jadi satu pemandangan yang demikian epic. Semua lelah akan terbayarkan dengan pesona alam yang tersaji dari muka mata.

Pastikan untuk menyimpan momen indahmu di tempat wisata ini dan ingat, jangan buang sampah sembarangan!

15. Danau Kastoba Gresik

Tempat : Pulau Bawean, Danau/Waduk, Kec. Sangkapura, Kab. Gresik, Jawa Timur.

Danau Kastoba berada di Pulau Bawean dan jadi arah wisata jawara. Agar dapat sampai tempat danau, Anda harus trekking sekitar 25 menit. Ada tempat yang teduh dengan debit air yang tenang serta buat jadi kondisi terasa damai dan menentramkan.

Di danau ini, beberapa pengunjung bisa nikmati pemandangan, berenang atau mengincar selfie dengan spot foto yang cantik. Danau Kastoba berada di Desa Paroman, Kecamatan Tambak.

Baca juga ratusan artikel wisata di Jawa Timur

16. Pantai Mombhul Gresik

Tempat : Jl. Raya Bawean, Kec. Tambak, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Setelah itu arah wisata yang baru dan ada di Pulau Bawean. Walaupun termasuk juga baru tetapi Anda bisa dapatkan keindahan wisata yang ditawarkannya. Saat ini, pantai dengan luas 45 hektare ini termasuk juga masih pembangunan. Terdapat beberapa spot foto yang hits yang bisa Anda peroleh.

Misalnya saja seperti sarang burung, gardu pandang sampai spot love. Gagasannya pantai ini akan dilengkapi dengan beberapa wahana wisata. Terdapat di Sidogedungbatu, Sangkapura.

17. Pantai Papuma Jember

Tempat : Desa Lojejer, Kec. Wuluhan, Kab. Jember, Jawa Timur.

Pantai yang satu ini benar-benar diketahui oleh beberapa masyarakat terutamanya beberapa wisatawan lokal. Tempat untuk masuk ke pantai ini tidak jauh dari tempat air terjun awalannya tetapi mengarah jauh ke bagian selatan sekitar 50 km dari jalan raya. Tentunya perjalanan ke tempat ini akan memakan waktu dan jarak.

Tentunya semua hak itu akan terbayar lunas jadi Anda tidak perlu bingung atau takut tempat ini memilukan kelak. Pantai indah yang di kelilingi tebing di setiap sisi nya dapat Anda nikmati bersama pasagan atau keluarga Anda kelak. 

18. Teluk Love Jember

Tempat : Jl. Ambulu – Watu Ulo, Sido Mulyo, Sumberrejo, Ambulu, Kab. Jember, Jawa Timur.

Arah Wisata di Jember ini di namakan seperti itu karena jika dilihat dari begitu jauh memiliki bentuk yang seperti dengan bentuk hati. Serta ada dataran tinggi yang kelak bisa Anda pakai untuk berfoto ria dengan keluarga atau pasangan Anda. Selain itu tempat ini sediakan pemandangan yang indah loh kawan.

Medan pada tempat ini tidak berat kok, tentunya bisa Anda jangkau dengan menggunakan kendaraan pribadi Anda. Berfoto dengan background tempat ini peluang jadi hal yang benar-benar menarik yang bisa Anda lakukan dalam tempat ini.

19. Wisata Bahari Lamongan

Tempat : Jl. Raya Paciran, Paciran, Kab. Lamongan, Jawa Timur.

Object wisata ini menjadi diantaranya simbol pariwisata yang ada di kota ini. Seperti dalam namanya tempat ini berdiri di sekitar pantai sampai saat nanti Anda ingin mencari tempat ini. Anda dapat dengan mudah bertandang ke tempat ini mengingat aksesnya cukup mudah di jangkau.

Jangan kaget kelak jika Anda bertandang ke tempat ini waktu bertepatan dengan perayaan hari besar umat Islam. Karena biasanya tempat ini akan jadi lautan manusia yang memadati tempat ini. Semestinya tempat ini menjadi arah penting waktu Anda bertandang ke kota ini terutamanya jika Anda beragama Islam.

20. Goa Maharani Lamongan

Tempat : Jl. Raya Paciran, Paciran, Kab. Lamongan, Jawa Timur.

Lamongan memiliki type tanah kering dengan kandung kapur yang tinggih berada di dalamnya. Tetunya type tanah pada daerah itu sering membuat goa waktu diserang air, tentunya hal tersebut ialah proses alam. Dengan waktu terbentuknya sampai beberapa puluh sampai beberapa ratus tahun.

Begitu juga pada Goa Maharani ini, tempat ini di percaya untuk diantaranya tempat penyebaran Islam di saat itu. Tempat ini menjadi diantaranya tempat bertandang dan masuk beberapa wali songo pada saat menyebarkan Islam. Pada ruangan dalam goa ini menjadi tempat ritual lakukan melaksanakan ibadah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *