10 Makanan Khas Madiun, Pecelnya Mantul

  • Whatsapp
makanan khas Madiun

Makanan khas Madiun – Madiun salah satu kabupaten di Jawa Timur yang populer memiliki banyak kekuatan wisata serta benar-benar patut untuk jadikan tujuan berlibur buat Teman dekat JejajPiknik penggemar traveling.

Selain memiliki banyak kekuatan wisata, berjalan-jalan ke wilayah Madiun tidak komplet rasa-rasanya bila belum mencicip makanan ciri khas kota itu.

Masalahnya makanan ciri khas Madiun populer simpel serta murah tetapi demikian sajiannya dapat memberi kepuasan indra pengecap. Bukan hanya didominasi satu rasa tetapi beragam macam, ada manis, asam, asin sampai pedas.

Baca juga : 30 makanan khas jawa timur

10 Makanan khas Madiun

Nah, kesempatan ini fakta ingin share info mengenai 10 daftar nama menu tradisionil ciri khas dari kota Madiun komplet dan resepnya, sinopsis, asal mula dan bagaimanakah cara membuat. Serta berikut ulasan secara singkat.

1. Nasi Pecel

Hampir tiap wilayah di Jawa Timur mempunyai variasi pecel semasing, tetapi yang berada di kota Madiun ini sedikit tidak sama baik itu dari resep atau lauknya.

Bila di wilayah lain sama dengan bermacam jenis sayuran, pecel di Madiun ini malah dikasih kembang turi, yaitu semacam lalapan berwarna putih kegemaran orang jawa.

Lauknya juga bukan rempeyek atau tempe tetapi kerupuk nasi alias lempeng. Serta untuk lauk penambahan umumnya ada tahu, telur dadar, ayam goreng, ikan sampai ampela.

Serta untuk bumbu sendiri dibikin dari beragam tipe rempah seperti cabai, kunyit, kacang tanah, jahe, gula aren sesuai resep turun-temurun.

Satu tempat yang masih tetap terkenal akan kuliner ini ialah lokasi Alun-alun Madiun, di area itu berjejer penjual bumbu pecal untuk oleh-oleh pada harga mulai Rp. 30. 000/bungkus.

2. Nasi Jotos

Diketahui dengan nama ‘Nasi Jotos’ karena bentuk bungkusnya seperti kepalan tangan. Jika disaksikan dari gambar atau photo, penampilannya sama seperti sego kucing ciri khas Jogja.

Tidak hanya berisi nasi putih, tempe, tahu, bihun serta telur, kuliner ini memberikan rasa tertentu melalui sambalnya yang benar-benar nikmat.

Serta tempat yang terpopuler akan Nasi jotosnya ialah warung makan Bu Khoyin di jln. Mangga, dimana harga untuk satu porsinya cuma seputar Rp. 5. 000/bungkusnya.

3. Soto Kutilang

photo by travelingyuk. comSelain nasi jotos, soto kutilang jadi salah satunya makanan ciri khas yang harus untuk dicoba waktu bertandang ke kota pusat Karesidenan Madiun.

Kuliner satu ini berbahan sama dengan yang berada di wilayah yang lain di Indonesia, cuma perbedaannya soto Kutilang itu diberikan dengan tidak sama.

Serta satu warung yang populer dengan sajian enak yang gurih ialah Soto Ayam Kampung Bu Topo di jln. Kutilang, Nambangan Lor, Mangu Harjo, kota Madiun.

Warung yang tidak pernah sepi pengunjung ini sotonya populer benar-benar lezat serta cuma dibandrol seputar Rp. 10. 000/porsinya. Lumayan murah kan?

Baca juga : 10 makanan khas malang

4. Tahu Panggung

Makanan memiliki bahan fundamen berbentuk lontong, tahu, telur ini enaknya demikian merayu, ditambah lagi waktu disiram dengan bumbu kacang dan taburan bawang goreng.

Serta satu warung yang benar-benar terkenal akan kelezatan kuliner itu ialah Depot Tahu Panggung di Jln. Merbabu No. 02, Pangongangan, Mangu Harjo.

Warung makan Depot Tahu Panggung ini membuka mulai jam 10. 00-21. 00 serta untuk satu porsinya dikenai harga sekitaran Rp. 10. 000 saja.

5. Pentol Corah

Buat pencinta kuliner pedas, janganlah sampai melepaskan kuliner Madiun yang diketahui dengan nama Pentol Corah ini ya.

Pentol Corah salah satu tipe kuliner sebagai keunikan kota Madiun memiliki bahan fundamen tepung terigu, kanji serta bermacam bumbu rempah.

Langkah membuat kuliner ini yaitu sesudah diuleni, adonan selanjutnya dimasukkan ke tahu lantas dikukus. Sesudah masak, setelah itu disajikan bersama-sama kombinasi bumbunya.

Buat yang ingin menikmatinya, tempat paling referensi buat didatangi yakni warung Pentol Corah Madiun di Purba Jaya, Rejomulyo, Katoharjo. Di sini untuk harga satu porsinya umumnya cuma dibanderol seputar Rp. 5. 000 saja.

6. Bluder Cokro

photo by ksmtour. comBluder cokro salah satu contoh oleh-oleh ciri khas Madiun yang terkenal berbentuk camilan berbentuk satu roti.

Roti yang telah populer semenjak waktu kolonial Belanda ini mempunyai bentuk unik serta memiliki tekstur lembut sebab langkah membuatnya masih tradisionil dan bebas berbahan pengawet.

Buat yang ingin memburu oleh-oleh ini, tempat paling cocok buat dituju ialah toko Bluder Cokro di jln. Hayam Wuruk No. 51-53, Mangu Harjo. Di sini ada beberapa variasi rasa pada harga sekitar Rp. 8. 000-Rp. 10. 000.

7. Brem

Kuliner sebagai simbol wilayah Caruban itu dibuat hasil dari fermentasi sari ketan dengan bentuk kotak pipih serta berwarna putih kekuningan.

Makanan yang diketahui dengan nama Brem ini menyuguhkan rasa fresh serta bercampur di mulut, hingga waktu di makan manisnya melebar di lidah.

Nah, buat yang ingin memburu oleh-oleh ini, toko Mirasa di Jln. Panglima Sudirman No. 210 ialah tempat paling cocok. Tidak hanya sediakan bermacam rasa, harga lumayan murah yaitu sekitar Rp. 10. 000-Rp. 20. 000/bungkusnya.

8. Kue Manco

Menurut riwayat, kue manco ini salah satu makanan warisan nenek moyang yang cuma dapat diketemukan di wilayah Tambak Mas.

Jajanan memiliki bahan ketan ini memiliki bentuk seperti donat, namun kuliner itu kadang dikasih perisa seperti beras atau kacang.

Nah, buat ingin memperolehnya, silakan hadir ke toko oleh-oleh ciri khas Madiun di Jalan Raya Ponorogo, Demangan. Di sini Kue Manco cuma dibandrol rata-rata Rp. 5. 000-Rp. 10. 000 saja.

9. Madumongso

Kudapan yang sering disuguhi di saat lebaran ini dibuat dari kombinasi tape ketan hitam, santan dan gula. Jika lihat penampilannya, teksturnya seperti seperti dodol.

Jajanan tradisionil ini dibungkus memakai kertas warna-warni serta mempunyai bentuk beragam dan menyuguhkan rasa sedikit asam.

Jika ingin memperolehnya, Teman dekat JejakPiknik dapat hadir ke Madumongso Wahyu Temurun di jln. Timbangan no. 19, Banjarejo. Dalam tempat ini harga kudapannya umumnya cuma Rp. 5. 000/ons.

10. Wedang Cemoe

Kuliner berbentuk minuman memiliki bahan fundamen santan kelapa, potongan roti serta kacang tanah itu paling enak diminum waktu kondisi hangat sambil nikmati bermacam gorengan.

Nah, buat yang ingin menikmatinya, Wedang Bu Sumar di Jln. Bali ialah juara rasa-rasanya. Dalam tempat itu minuman ini umumnya cuma dibanderol dari mulai Rp. 3. 000/mangkok.

Semua catatan di atas ialah data paling akhir di saat tulisan ini dibikin. Bila ada perkembangan paling baru yang Kamu tahu, silahkan informasikan pada kami pada kotak kometar berikut ini ya. Begitupun bila ada yang salah, punyai masukan serta pendapat. Terima kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *