11 Makanan Khas Magetan yang Wajib Kalian Rasakan

  • Whatsapp
Makanan khas magetan

Makanan khas magetan – Kabupaten Magetan ialah kota daerah kecil yang masuk ekskaresiden Madiun, persisnya di daerah timur lereng Gunung Lawu. Di kota kecil ini demikian asri, sejuk indah, tenteram serta bebas dari namansatya pencemaran udara (di daerah taman kota).

Yap, buat masyarakat Magetan serta sekelilingnya, buat beberapa pelancong yang hadir ke Magetan atau buat kamu yang sedang perjalanan serta melalui Magetan. Ada info menarik sekitar kuliner Magetan yang jangan kamu terlewat. Di bawah ini daftar kuliner Magetan yang enak serta terkenal, beberapa dapat kamu buat jadi oleh-oleh.

Baca dulu : 30 Makanan Khas Jawa Timur

11 Makanan khas magetan

1. Bakso Granat

Bakso Granat ialah bakso yang tidak biasa, sebab bakso ini mempunyai ukuran yang super jumbo serta hamir penuhi mangkok waktu diberikan. Kemungkinan saat ini banyak bakso dengan ukuran jumbo.

Namun seingetku bakso granat ialah yang memulainya. Semenjak saya masih SMP dahulu, seputar tahun 2008 bakso granat di Barat ini cukup berjaya. Hampir tiap hari tempat penjualan bakso di kec. Barat, kab. Magetan tetap penuh sesak serta pengunjungnya juga dari beberapa wilayah.

Saat ini bakso Granat telah punyai banyak cabang di daerah Magetan, Madiun serta Sragen. Mengenai rasa-rasanya juga, silakan tunjukkan sendiri sensasinya lebih hebat mana bakso Granat dengan Granat asli. hehehe

2. Makanan Ciri khas Magetan, Ayam Panggang Bu Setu Gandu

Ayam panggang Bu Setu Gandu, panggilan ini cukup terkenal oleh warga Magetan. Sebetulnya di Gandu bukan hanya Bu setu saja yang jual ayam panggang. Banyak pula penjual-penjual lain yang sama dengan dalam tempat bu Setu, yakni sediakan tempat untuk lesehan di tempat tinggalnya.

Di desa Gandu, kec. Karangrejo, Magetan ini ialah sentral ayam panggang yang cukup sudah terkenal. Hampir tiap hari, tempat ini tetap ramai didatangi. Ditambah lagi waktu bulan puasa, bila tidak pesan tempat terlebih dulu akan susah untuk memperoleh tempat untuk nikmati kuliner ayam panggang Gandu.

Ayam panggang yang diberikan ada ayam kampung asli serta ayam pedaging, dari sana ada bumbu istimewa yang ciri khas dengan cita rasa tertentu. Nama ayam panggang gandu benar-benar terkenal, serta banyak beberapa petinggi serta beberapa menteri yang berkunjung di Magetan untuk nikmati ayam panggang Gandu bersama-sama rombongan.

3. Makanan Ciri khas Magetan, Nasi Pecel

Saat kita dengar kata pecel, tentu yang teringat pertama-tama ialah Madiun. Yap, Madiun memang kota yang ciri khas dengan sambel pecelnya sampai kota Madiun punyai julukan kota pecel.

Tetapi di Magetan, pecel jadi makanan yang benar-benar ciri khas buat warga Magetan. Hampir disetiap pojok jalan di Magetan ada yang jual nasi pecel.

Nasi pecel di Magetan tidak kalah nikmatnya lho dari Madiun, sebab dapat disebut Magetan serta Madiun memang satu rumpun serta satu daerah.

Nasi pecel di Magetan ada yang diberikan dengan lauk kerupuk, peyek, tempe goreng, dengan telur serta ada pula yang diberikan dengan udang,  ikan lele atau ayam goreng.

Harga nasi pecel di Magetan masing benar-benar murah, untuk nasi pecel biasa dengan lauk tempe/ kerupuk biasanya dipasarkan seharga 3000 rupiah untuk satu porsinya.

4. Makanan Ciri khas Magetan, Tepo Tahu

Tepo ialah makanan tradisionil yang berada di Magetan, makanan ini benar-benar ciri khas serta tidak sama dengan wilayah yang lain. Tepo ini dibikin dari lontong dengan kombinasi sayur seperti taoge, sayur bayam, kangkung, kubis dan lainnya.

Tidak tertinggal, tiap tepo di Magetan tetap ada potongan tahu serta potongan tempenya, oleh karenanya seringkali dikatakan sebagai tepo tahu. Tepo ada yang diberi bumbu dengan sayur sambal (jangan sambel dengan santan) ada pula yang diberi bumbu dengan sambel pecel.

Pelengkapnya ialah ditambah kecap untuk tepo sayur sambal, ditambah lagi kerupuk. Tepo yang ditambah bumbu pecel, seringkali dinamai tepo pecel. Jika sayurnya digabung biasa disebutkan tepo campur. Beberapa tepo di Magetan ada pula digabungkan dengan kikil sapi.

5. Jajanan Magetan, Sempolan

Sempolan ialah jajanan yang banyak diketemukan di Magetan, di wilayah Gorang-gareng Magetan terutamanya. Penjual sempolan bisa banyak kamu dapatkan di warung-warung tepi jalan di wilayah Gorang-gareng, Magetan. Serta hampir disetiap desa di seputar wilayah Gorang-gareng ada yang jual sempolan.

Sempolan ini dibikin dari tepung terigu serta tepung kanji yang jadikan adonan ditambah dnegan bumbu-bumbu rempah seperti garam serta cabai, dalam adonan tepung juga bisa ditambahakan daging ayam giling.

Sesudah digoreng 1/2 masak, sempolan di celupkan dalam kocokan telur selanjutnya digoreng kembali. Sempolan diberikan seperti sate sebab ditusuk pada tusuk bambu. Rasa-rasanya kenyal serta enak, lebih nikmat ditambah kecap serta saus lantas di nikmati.

6. Makanan Ciri khas Magetan, Sate Kelinci

Banyak warung-warung di tepi jalan yang jual sate kelinci yang diberikan dengan lontong serta bumbu pecel. Rasa-rasanya benar-benar enak, bumbu pecel digabungkan dengan kecap.

Tidak hanya di beberapa tempat wisata, banyak pula di desa-desa di Magetan yang jual sate kelinci, kadang si penjual menjualnya dengan gerobak serta dipasarkan berkeliling-keliling.

Baca juga : Makanan Khas Madiun

7. Makanan Ciri khas Magetan, Ayam Tulang Lunak Pringgodani

Rumah makan pringgodani, rumah makan ini populer dengan menunya yang ciri khas yakni ayam tulang lunak. Ayam ini dapat dikonsumsi dengan tulangnya lho. Dengan racikan yang istimewa serta bumbunya demikian nedang.

Rumah makannya benar-benar asri serta sejuk, berbetuk gazebo serta lesehan untuk nikmati ayam tulang lunak di dalam rumah makan pringgodani. Tidak hanya ayam tulang lunak, ada pula menu yang lain seperti ayam penyet, iga bakar, bebek kremes serta beberapa minuman dingin serta panas.

Tempatnya berada di samping barat alun-alun Magetan, seputar 200 mtr. dari jembatan gandong 2. persisnya di jln. manggis no. 67 Magetan. Kamu dapat ke sana dengan rombongan keluarga.

8. Getuk Lindri

Di Magetan punyai jajanan ciri khas yang benar-benar enak, yakni getuk. Salah satunya produsen getuk yang benar-benar populer di Magetan ialah Getuk Diana.

Biasanya, getuk jadikan makanan untuk acara-acara hajatan seperti pernikahan, ulang tahun, seminar serta yang lain.

Tetapi banyak pula, konsumen yang hadir langsung di dalam rumah makan produksi getuk Diana sebab dari sana ada tempat untuk layani konsumen seperti dalam rumah makan. Alamat rumah makan Getuk Diana berada di jl. timor, Magetan.

9. Roti Bolu

Roti bolu ialah roti dengan betuk bulat sedikit lonjong, teksturnya empuk serta benar-benar enak bila di nikmati dengan teh atau kopi.

Roti bolu ini adalah jajanan ciri khas Magetan, kamu bisa banyak menemukannya di beberapa tempat oleh-oleh di Magetan dan banyak dipasarkan di warung-warung di kabupaten Magetan.

Waktu kamu bertandang ke Magetan, jangan terlewat untuk bawa roti bolu ini untuk oleh-oleh, atau kamu masyarakat asli Magetan sepertiku, waktu pelesiran ke luar Magetan, roti bolu benar-benar cocok buat jadikan bekal.

Tidak hanya enak, roti bolu mengenyangkan.

10. Bubur Sumsum

Bubur sumsum warnanya putih lembut dibuat dengan bahan fundamen tepung beras, penyajiannya dengan kuah gula merah (aren).

Rasa-rasanya cemplang bila tanpa ada gula merah, waktu di nikmati dengan gula merah/ gula aren dicamur dengan minuman jahe semakin lebih nikmat.

Umumnya jenang sumsum/ bubur sumsum ini banyak didapati waktu ada hajatan yang dilaksanakan warga Magetan, seperti pernikahan atau tasyukuran kelahiran bayi.

11. Kuliner Ayam Kukus serta Gurame Manis di Pawon Sewu Magetan

Kuliner ciri khas Ayam Kukus bisa kamu nikmati di dalam rumah makan Pawon Sewu yang beralamat di jl. raya sarangan no. 25, Sidorejo, Kec. Plaosan, Kab.  Magetan. Waktu kamu akan berekreasi ke Telaga Sarangan atau ke Mojosemi Forest Park, bila kamu dari arah Maospati pasti melalui rumah makan Pawon Sewu.

Kuliner ciri khas nya ialah Ayam kukus, ada kuliner ayam kukus bakar rujak, ayam kukus goreng manis/ pedas, ayam kukus bakar. tidak hanya ayam kukus sebagai menu jagoan. Kuliner seperti iga bakar, kuliner udang pedas/ manis, nila serta gurame ada juga di sini. Minuman yang ditawarkan beberapa pilihan, dari yang panas sampai yang dingin.

Kamu akan merasai sensasi wisata kuliner yang terkesan waktu bertandang ke rumah makan Pawon Sewu. Tempatnya lumayan luas serta rumah makan ini dibangun antara kebun persawahan yang hijau serta sejuk. Restoran dibuat dari gazebo-gazebo dan rumah bambu.

beberapa bangunan masih asri dari batu bata tanpa ada di plester, namun kelihatan rapi seperti ornament dinding yang unik serta tradisionil. Disamping itu, dihalaman belakang ada meja makan yang outdor dengan taman-taman bunga yang indah, dan ditengahnya ada kolam ikan yang dimana kamu dapat nikmati enaknya ayam kukus dan situasi alami yang diberikan.

Waktu kamu liburan dengan keluarga ke Magetan, pawon sewu ialah tujuan wisata kuliner yang harus kamu coba.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *