10 Makanan Khas Nganjuk yang Teristimewa

  • Whatsapp
Makanan khas Nganjuk

Makanan khas Nganjuk – Nganjuk adalah salah satunya kabupaten di Jawa Timur yang diketahui dengan panggilan kota Angin. Di wilayah ini ada beberapa obyek wisata menarik serta tentu saja benar-benar pas untuk jadikan untuk tujuan piknik keluarga.

Selain itu, wilayah Nganjuk ini memiliki banyak makanan adat yang tentu saja jadi keunikan dari kota Angin itu.

Baca dulu : 30 Makanan Khas Jawa Timur

10 Makanan khas Nganjuk

Nah, kurang lebih apapun sich nama makanan ciri khas dari Nganjuk yang populer akan kelezatannya? Yuk, kita baca artikel komplet di bawah ini.

1. Nasi Becek

Makanan ciri khas Nganjuk pertama serta paling harus buat dicicpi ialah Nasi becek, salah satunya kuliner yang bentuk dan rasa-rasanya seperti kari kambing tetapi isiannya sama dengan soto babat.

Nasi Becek ini bahan dasarnya dibuat dari potongan sate kambing yang dilepaskan dari tusukannya lantas diberikan bersama-sama nasi putih. Rasa kuliner itu condong manis serta tidak asin.

Buat yang ingin menikmatinya, warung makan Nasi Becek&Sate Kambing di jln. Dr. Soetomo, desa Payaman, Kab. Nganjuk ialah tempat paling baik. Di lapak itu harga cuma rata-rata 12 sampai 14 ribu saja per porsinya.

2. Tepo Mbah Umbruk

Makanan ciri khas Nganjuk setelah itu yang rasa-rasanya tidak kalah nikmat ialah Tepo Mbah Umbruk. Kuliner itu berupa seperti lontong serta umumnya dibungkus mengerucut memakai daun pisang.

Tepo Mbah Umbruk ini sendiri umumnya diberikan bersama-sama biji sayur kacang panjang atau kacang tolo, lantas dibuat memakai bumbu spesial untuk memperoleh citarasa lezat.

Nah, ingin tahu bagaimana rasa-rasanya? Langsung saja ya hadir ke dusun Babadan, ds. Gemenggeng, Kec. Bagor, Nganjuk. Di seputar lokasi itu harga satu bagian Teponya dibandrol lumayan murah.

3. Dumbleg

Dumbleg adalah salah satunya camilan ciri khas Nganjuk yang seringkali diborong oleh pelancong buat jadikan untuk oleh-oleh untuk keluarga atau rekanan.

Kuliner yang sering jadikan sajian pembuka atau camilan satu ini dibuat dari kombinasi tepung ketan, gula jawa serta tidak lupa santan kelapa.

Jajanan tradisionil itu banyak dipasarkan di Pasar Gondang serta umumnya untuk harga cuma sekitar Rp. 8. 000-Rp. 10. 000 saja per bijinya, bergantung ukurannya.

4. Kerupuk Upil

Dengar nama kudapan ini kemungkinan beberapa orang akan merasakan jika makanannya menjijikan tetapi disaksikan dari gambar, penganan itu memiliki bentuk berbentuk kerupuk renyah.

Kerupuk kering memiliki ukuran mungil itu rasa-rasanya jauh dari kata menjijikkan serta khasnya kudapan ini digoreng tidak memakai minyak tetapi pasir bersih.

Untuk memperoleh kudapan itu, Teman dekat JejakPiknik dapat bertandang ke dusun Ngemplak, ds. GondangkUlon, Kab. Nganjuk. Di lokasi home industry ini harga kerupuknya cuma dibandrol seputar Rp. 5. 000-Rp. 15. 000/bungkus, bergantung ukurannya.

5. Onde-Onde Tertawa (Njeblos)

Penganan setelah itu ini mempunyai nama yang tidak kalah unik dari rasa-rasanya yakni Onde-Onde Tertawa atau seringkali disebutkan Njeblos.

Njeblos ini sendiri bahan intinya dibuat dari kombinasi tepung terigu serta telur yang dibuat dengan digoreng setelah masak diberi wijen.

Tidak cuma Nganjuk, onde-onde tertawa itu adalah salah satunya makanan ciri khas dari kota Medan, Sumatera Utara.

Untuk memperoleh Njeblos itu tidak susah sebab banyak dipasarkan di pasar atau toko ole-oleh serta umumnya harga cuma sekitar Rp. 13. 000 per 300 gramnya.

6. Sego Banting

Makanan ciri khas Nganjuk satu ini memiliki bentuk banyak yang katakan seperti seperti nasi kucing namun perbedaannya bagian Sego Banting bertambah banyak.

Tidak hanya porsinya condong bertambah banyak, menu sego banting itu umumnya diberi tambahan dengan sambal cabai merah yang pasti akan membuat rasa-rasanya lebih mantap serta pedas.

Buat yang ingin menikmatinya tidak perlu sulit menelusurinya sebab hampir tiap angkringan di tepi jalan menjualnya serta masalah harga cuma dikenakan seputar Rp. 2. 500/bagian. Murah sekali kan?

7. Nasi Tumpang

Buat yang seringkali bertandang ke Nganjuk, kemungkinan tidak asing dengan kuliner namanya nasi tumpang ini ya. Salah satunya penganan paling enak sekalian menyeruput minuman es jerman.

Kuliner ini termasuk juga salah satunya sajian ciri khas terpopuler di Nganjuk yang mana nasinya disiram sambal tumpang selanjutnya ditambah lagi daun kulup.

Sambal tumpang sendiri bahan dasarnya dibuat dari tempe busuk atau yang telah difermentasikan selanjutnya digabung dengan bumbu rempah lantas dibuat serta kemudian siap diberikan.

Untuk nikmati sajian itu, warung Pecel Bledex di di Jl. Gubernur Suryo III, Kauman, Nganjuk ialah tempatnya. di sini, harga nasi tumpang cuma sekitar Rp. 3. 500 saja per porsinya.

8. Nasi Jagung Sedudo

Masakan ciri khas Nganjuk selanjutnya ini bahan dasarnya dibuat dari jagung yang diberikan dengan dipincuk memakai daun pisang lantas ditambah bermacam jenis sayuran masak, parutan kelapa dan rempeyek sampai ikan asin.

Kuliner ini banyak diketemukan di sekitaran air terjun Sedudo serta harga untuk satu porsinya cuma sekitar 5 beberapa ribu saja.

9. Asem-Asem Kambing

Menu sajian selanjutnya ini dapat diketemukan dengan gampang sebab banyak orang yang menjualnya khususnya di wilayah Nganjuk sisi utara.

Kuliner ini bahan dasarnya dibuat dari daging kambing yang digabung dengan daun kedondong dan bumbu rempah yang lain. Makanan ini paling enak disantap waktu siang hari.

Untuk menikmatinya, warung makan Bu Harsuni di Jln. Gondang-Ngluyu, Putuk Wetan, Gampeng, Nganjuk ialah tempat paling baik untuk didatangi. Di sini, harga satu porsinya cuma dibanderol seputar Rp. 25. 000-Rp. 30. 000/porsinya.

10. Bebek Korek

Nah, kuliner paling akhir satu ini rasa-rasanya tidak kalah enak. Makanan itu benar-benar recommended buat Teman dekat JejakPiknik yang suka melahap sajian memiliki bahan bebek.

Ingin tahu bagaimana citarasanya? Nah, jika ingin menikmatinya Teman dekat JejakPiknik silakan hadir ke Jln. Ahmad Yani No. 328, Ploso, Kec. Nganjuk. Tidak hanya enak, harga bebek korek di warung itu relatif dapat dijangkau.

Semua catatan di atas ialah data paling akhir di saat tulisan ini dibikin. Bila ada perkembangan paling baru yang Kamu tahu, silahkan informasikan pada kami pada kotak kometar berikut ini ya. Begitupun bila ada yang salah, punyai masukan serta pendapat. Terima kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *