Lompat ke konten

10 Makanan Khas Sidoarjo yang Gak Boleh Dilewatin

Makanan khas Sidoarjo

Makanan khas Sidoarjo – Sidoarjo, dengar nama kota satu ini kemungkinan di pemikiran kamu langsung terlintas mengenai lumpur lapindonya yang fantastis kan?

Yup, memang tidak bisa disangkal , jika lumpur lapindo sekarang telah jadi deskripsi serta simbol untuk kabupaten Sidoarjo yang berada di dekat kota Surabaya ini.

Tetapi pada artikel kesempatan ini kita tidak mengulas mengenai lumpur lapindo, sebab masih banyak hal menarik yang lain untuk diulas dari kota Sidoarjo di Jawa Timur itu, diantaranya mengenai makanan khas-nya.

Tiap wilayah tentu saja mempunyai makanan ciri khas yang dapat dicicip atau serta jadikan oleh-oleh. Tidak kecuali dengan Sidoarjo, kota di Jawa timur ini memiliki banyak kuliner tradisionil enak lho.

Baca juga : 30 makanan khas jawa timur

10 Makanan khas Sidoarjo

Ingin tahu apapun makanan ciri khas dari Sidoarjo? Berikut informasi komplet dan penjelasannya.

1. Lontong Kupang

Lontong Kupang salah satu masakan ciri khas Sidoarjo yang populer demikian lezat. Bertandang ke kota udang tetapi belum menyicip makanan ini, Teman dekat JejakPiknik pasti rugi.

Formasi dari makanan ini salah satunya ada lontong, kupang, lentho serta siraman kuah dan bumbu petis bawang putih. Kuliner itu paling nikmat jika ditemani minuman seperti es degan.

Kupang ialah semacam kerang laut memiliki ukuran kecil berwarna putih, sesaat lentho adalah olahan kacang telo berupa oval yang digoreng, seperti perkedel.

Serta satu tempat penjual lontong kupang yang paling juara ialah punya Pak Misari di Jln. Mojopahit No. 62, Bulusidokare, Sidarjo. Warung itu membuka mulai jam 09. 30-13. 00, dimana harga satu porsinya cuma Rp. 8. 000 saja.

2. Bandeng Asap

Makanan enak setelah itu sebagai keunikan dari Sidoarjo ialah Bandeng Asap, salah satunya kuliner seringkali dibeli pelancong untuk jadikan untuk oleh-oleh.

Sesuai dengan namanya, bahan penting dari kuliner ini ialah ikan bandeng yang dimatangkan dengan cara pengasapan selanjutnya ditambah saus untuk setelah itu dikemas dalam box.

Buat yang ingin membelinya, Bandeng Asap Bu Nasor di jln. RA Kartini no. 133B ialah tempat paling recommended. Tidak hanya enak serta gurih, harga dapat dijangkau mulai Rp. 9. 000-Rp. 25. 00/ekornya, bergantung ukurannya.

3. Bandeng Presto

Tidak hanya di asapi, di Sidoarjo bandeng diproses dengan di presto, salah satunya teknik memasak memakai uap air bertekanan tinggi untuk melunakkan tulang-tulang ikan tersebut.

Selain aroma serta rasa-rasanya yang menggugah hasrat, bandeng presto dikenal juga mempunyai citarasa tertentu. Tidak bingung beberapa orang suka konsumsi makanan satu ini.

Untuk Bandeng Presto yang terpopuler akan kelezatannya ialah warung Tombu Luwe di perumahan Magersari Blok BW-3. Tempat itu telah membuka semenjak tahun 2003 lantas serta masalah harga umumnya cuma dibanderol seputar 10-20 beberapa ribu, bergantung ukuran ikannya.

4. Petis

Petis ialah masakan memiliki bahan fundamen cairan tersisa perebusan ikan yang dipanasi sampai jadi kental seperti saus serta mempunyai struktur lebih padat, selanjutnya ditambah gula merah supaya rasa-rasanya berasa manis.

Di balik resepnya yang simpel, petis jadi salah satunya contoh makanan penambahan paling mantap untuk temani lontong kupang atau bermacam gorengan.

Nah, buat yang ingin memburu petis, silakan hadir ke toko oleh-oleh Ny. Siok di Jln. Gajah mada 34, Sidokampul. Di warung yang membuka mulai jam 09. 00-17. 00 ini, kita cukup mengambil kantong mulai Rp. 16. 000 saja per kilonya.

5. Telur Asin

Telur asin adalah makanan cepat saji berbentuk praktis yang bisa digabungkan dengan bermacam-macam kuliner seperti nasi lengko atau yang lain.

Camilan mudah ini dibuat dari telur bebek yang diproses dengan cara pengasinan (diawetkan dengan dikasih garam banyak supaya enzim perombaknya tidak aktif)

Telur asin ini banyak didapati di desa Kebonsari serta banyak tersedia pilihan rasa. Kudapan itu umumnya cuma dibandrol seputar Rp. 4. 000/biji.

6. Kerupuk Udang

Kuliner setelah itu ini salah satu makanan tradisionil memiliki bahan fundamen adonan tepung tapioka serta udang yang ditumbuk halus selanjutnya dibumbui lantas dikukus sampai masak serta kemudian iris tipis.

Sesudah iris, dijemur di bawah sinar matahari sepanjang 2-3 hari apabila telah kering, kerupuk ini juga siap untuk digoreng kapan saja.

Nah, buat yang suka camilan ini, silakan hadir ke toko Partner di jln. Mojopahit no. 50. Tidak hanya gurih, harga kerupuk udangnya juga dapat dijangkau, cuma sekitar Rp. 10. 000/bungkus.

7. Otak-otak Bandeng

Olahan otak-otak yang dibikin di Sidoarjo itu rasa-rasanya berbeda seperti di kota Gresik dimana isiannya memakai kelapa sangrai, telur serta bumbu rempah halus.

Buat yang ingin nikmati citarasa kuliner ini, satu tempat paling referensi buat dituju ialah warung Tombu Luwe di perumahan Magersari Blok BW-3. Di sini, harga otak-otak bandeng cuma sekitar Rp. 15. 000-Rp. 30. 000/pack, bergantung ukurannya.

8. Rawon

Nah, jika kebetulan Teman dekat JejakPiknik sedang bertandang ke wilayah Krian, janganlah lupa buat nyicip nasi rawon ciri khas Sidoarjo ya.

Walau resep dan langkah penyajiannya masih sama dengan yang berada di wilayah lain tetapi nasi rawon ciri khas Sidoarjo ini rasa-rasanya beda lho.

Serta satu tempat yang paling terkenal akan kelezatan nasi rawon ialah Depot Mila di wilayah Krian. Tidak hanya enak, harga untuk satu porsinya juga dapat dijangkau.

9. Kue Lumpur

Dinamakan kue lumpur, sebab kuliner satu ini mempunyai struktur yang benar-benar lembut, jadi saat masuk ke mulut karena itu rasa-rasanya langsung meleleh.

Kue ini telah ada lama tetapi mulai populer sesudah berlangsung musibah lumpur lapindo. Serta satu tempat yang paling terkenal akan kudapan itu ialah warung Bu Lilik di jln. Hangtuah.

Warung ini membuka mulai jam 06. 30-17. 00 serta untuk harga kue lumpurnya cuma dibandrol seputar Rp. 2. 000-Rp. 2. 500 saja, bergantung isiannya.

10. Wader

Jika disaksikan dari gambar atau photo, kuliner itu bahan dasarnya dibuat dari ikan wader yang diproses jadi camilan kriuk serta siap untuk jadikan untuk oleh-oleh.

Olahan ikan tawar ini umumnya paling nikmat jika jadikan untuk makanan pendamping nasi dengan kombinasi sambal terasi.

Nah, jika ingin memburu oleh-oleh ini, toko Omira di jln. Pahlawan, Jetis ialah tempat paling cocok buat didatangi. Di sini, harga Wader kriuk umumnya cuma dibanderol seputar Rp. 20. 000/pack.

Semua catatan di atas ialah data paling akhir di saat tulisan ini dibikin. Bila ada perkembangan paling baru yang Kamu tahu, silahkan informasikan pada kami pada kotak kometar berikut ini ya. Begitupun bila ada yang salah, punyai masukan serta pendapat. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.