6 Makanan khas Sampang

  • Whatsapp
Makanan khas Sampang
Kaldu sumsum

Fakta, Makanan khas Sampang – Berlibur tidak selalu cuma nikmati keindahan obyek wisata, berpeteluangan nikmati wisata kuliner pun tidak kalah menariknya loh.

Karena, tiap wilayah yang berada di Indonesia mempunyai kuliner ciri khas dengan cita rasa yang lezat serta sayang untuk ditinggalkan, diantaranya di Sampang Madura.

Populer dengan beberapa makanan uniknya dengan cita rasa unik, serta cuma dapat Kamu dapatkan waktu bertandang kesana.

Sampang sendiri yang disebut salah satunya nama kabupaten di Pulau Madura mempunyai banyak obyek wisata bagus yang menarik.

Seperti pantai, bukit, air terjun sampai panorama pulau yang eksotis seperti Pulau Mandangin yang eksotis serta menarik.

Makanan Ciri khas Sampang Sesudah capek menelusuri dunia wisatanya, tidak ada kelirunya kan sekaligus juga coba kuliner uniknya?

Baca dulu : 30 Makanan Khas Jawa Timur

6 Makanan khas Sampang

Langsung, berikut makanan khas Sampang yang paling harus Kamu coba!

1. Nasi Kobel

Pernahkan Kamu makan nasi kucing atau nasi yang dibungkus dengan ukuran mini serta umumnya dikasih sambal beragam rasa?

Nah, nasi kobel ini dapat disebutkan untuk nasi kucingnya ala Sampang. Perbedaannya bila nasi kucing umumnya memakai sambal, saat nasi kobel ini memakai serundeng yang dibuat dari kelapa yang diparut.

Disamping itu, nasi kucing umumnya memakai kertas koran serta kertas minyak untuk membungkusnya, sedang nasi kobel ini dibungkus dengan memakai daun pisang.

Buat Kamu yang menyukai sayur juga bisa ditambah lagi dengan sayur, tetapi umumnya nasi kobel ini diberikan tanpa ada sayur.

Makanan ciri khas Sampang yang satu ini umumnya dipasarkan di wilayah pesisir Sampang. Bila Kamu ingin menikmatinya, bisa deh berekreasi kesini serta cobain nasi kobel dengan rasa yang ciri khas ini.

Sebetulnya menu ciri khas Sampang ini umumnya dipakai untuk bekal beberapa nelayan untuk pergi melaut.

Hingga Kamu dapat dengan gampang menemukannya di wilayah pesisir Sampang serta jalan ke arah Pamekasan.

Didalamnya juga benar-benar simpel yakni berbentuk nasi putih, parutan kelapa, sambal istimewa serta tidak lupa sambal istimewa dengan rasa yang ciri khas namanya Buje Chabibih.

2. Bebek Songkem

Ada pula olahan makanan dengan bahan fundamen daging bebek yang lezat serta menggugah hasrat, namanya ialah bebek songkem.

Langkah memasak menu bebek songkem ini dengan dikukus.

Sebelum daging bebek dikukus, daging bebek ini diberi dengan bumbu cabai dengan cara rata supaya rasa pedas meresap serta bersatu ke daging bebek.

Hingga tanpa ada menyantapnya dengan sambal, nikmati menu bebek songkem ini telah memberi rasa yang gurih dan pedas.

Hal yang unik serta ciri khas dalam mengukus daging bebek ini ialah tidak memakai air tetapi memakai pelepah pisang.

Ini mempunyai arah untuk hilangkan gajih yang lengket pada daging bebek. So, Kamu tak perlu cemas akan meningkatkan berat tubuh waktu melahap makanan ciri khas Sampang yang satu ini.

3. Kaldu Sumsun

Tidak cuma populer dengan sate Maduranya yang membuat lidah menggelecar, mencicip menu kaldu sumsum pun tidak bisa Kamu terlewat.

Madura yang populer dengan Karapan Sapinya, sediakan makanan ciri khas yang memiliki bahan fundamen dari sapi.

Kamu dapat nikmati kelezatan sumsum yang berada di dalam tempurung tulang sapi ini dengan memakai sedotan.

Kaldu sumsum ini umumnya disantap dengan nasi serta tetelan tulang muda yang tentu nikmat serta lezat. Yummyyy…. buat ngiler tidak sich?

4. Cager Telur

Buat Kamu yang tidak senang olahan makanan dari daging, dapat ditukar dengan makanan ciri khas Sampang yang satu ini, cager telur.

Cager telur dibikin dengan memakai bahan fundamen telur serta sayur kola tahu kubis serta disajikan dengan kuah kental tanpa ada santan.

Tidak lupa diberi bumbu kemiri serta kunyit supaya membuahkan warna kuning yang merayu. Pas sekali jadikan makanan buat Kamu yang menyukai olahan telur serta sayuran.

5. Dhun Adhun

Makanan ciri khas Sampang yang setelah itu namanya Dhun Adhun. Kurang lebih apa yang terbesit dalam pikiran Kamu waktu dengar nama makanan yang satu ini?

Namanya cukup unik serta lucu ya? Kurang lebih makanan ciri khas Sampang ini dibuat berbahan fundamen apa serta bagaimana rasa-rasanya ya? Apakah ada yang pernah mencobanya?

Dhun Adhun atau yang dikenal juga dengan panggilan chechek tajin ialah makanan berbentuk lontong atau ketupat yang dikasih kuah kental bersantan. Hampir seperti dengan makanan ciri khas lebaran ya?

Chekchek Tajin atau Dhun Adhun ini umumnya diberikan tanpa ada sayuran, tetapi bila Kamu senang sayuran juga bisa disantap bersama-sama sayur labu atau sayur pepaya muda.

Tidak lupa dikasih taburan serundeng jagung yang sudah ditumbuk sampai halus. Dhun Adhun ini umumnya jadi menu makan pagi untuk sarapan.

Kurang lebih seperti apa ya rasa-rasanya sarapan pagi dengan menu Dhun Adhun ini?

6. Sate Sampang

Sate Madura sudah benar-benar populer ke semua pelosok negeri. Tetapi belum komplet rasa-rasanya jika cuma dengar nama serta lihat gambarnya saja tetapi tidak pernah mencicipinya langsung di kota aslinya.

Sebetulnya sate Sampang ini hampir sama dengan makanan sate biasanya.

Berbahan sama yakni dengan memakai daging ayam atau daging kambing yang dipotong kecil-kecil selanjutnya ditusuk serta dipanggang.

Tetapi rasa-rasanya ciri khas serta benar-benar nikmat dengan kombinasi bumbu rempah-rempah yang bersatu ke daging.

Agar bisa nikmati sate Sampang ini Kamu dapat menelusurinya di Depot Sate Mufakat yang berada di Jalan K. Hasyim Azhari no. 25.

Yummy sekali kan beberapa makanan ciri khas Sampang di atas? Buat ngiler serta tidak sabar untuk mencobanya kan? Bagaimana?

Telah siap untuk merasai sensasi rasa makanan yang ciri khas serta lezat ala Sampang Madura? Ditanggung Kamu akan suka deh.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *