10 Makanan Khas Trenggalek yang Mengoyangkan Lidah

  • Whatsapp
Makanan Khas Trenggalek

Makanan Ciri khas Trenggalek – Trenggalek salah satu kota yang ada di pesisir Jawa Timur. Kota yang mempunyai panggilan kota wisata ini banyak tawarkan fasilitasnua pada beberapa wisatawan.

Baca juga : 30 makanan khas jawa timur

Tidak hanya populer dengan pantai pasir putihnya kota ini wisata unik lainnya yakni makanan uniknya. Di bawah ini daftarnya :

10 Makanan Khas Trenggalek

1. Nasi Goreng Anglo

Inilah yang pertama nasi goreng anglo ciri khas dari Trenggalek umumnya orang mengatakan nasi goreng mawut. Bila disaksikan serta dibanding dengan nasi goreng biasanya ini sangat tidak sama. Ketidaksamaan yang fundamental dengan ada penambahan sayur serta mie.

Tetapi jangan salah kira dahulu ada kekhasan yang lebih dari nasi goreng anglo ini. Apa sich keunkannya ? Jadi kekhasan yang berada di nasi goreng ini ialah langkah pembuatanya.

Nasi ini di goreng tidak memakai kompor tetapi memakai arang. Sebab pemakaian arang yang ciri khas jadikan nasi goreng ini mempunyai rasa yang unik serta ciri khas.

2. Makanan khas Trenggalek Sego Gegog Bendungan

Makanan ciri khas Trenggalek yang ke-2. Nasi yang ciri khas dengan cita rasa gurih dan pedas. Sebab Trenggalek mempunyai dataran tinggi disana tawarkan tidak hanya panorama yang bagus ada pula makanan yang ciri khas serta enak.

Wilayah yang tawarkan kekhasan makanan itu terdapat di wilayah Kecamatan Bendungan. Makanan ciri khas ini bernama  ialah nasi gegog. Nasi ini ialah nasi biasa tetapi yang membuat istimewa ialah nasi ini dibungkus memakai daun pisang serta di atasnya dikasih teri yang telah di bumbui selanjutnya di kukus.

Sego gegog Mbah Tumirah salah satu tempat yang paling favorite. Proses pengerjaan serta resep yang masih tetap jarang-jarang ada perkembangan membuat nasi baginya jadi berkesan benar-benar tradisionil serta benar-benar enak.

Tidak cuma nasi gegog saja yang ditawarkan tetapi ada juga gorengan serta panorama yang bagus sebab desa itu terdapat di dataran tinggi Trenggalek.

Nasi ini sangat recomended buat kalian yang ingin berekreasi kuliner saat singgah di Kota Trenggalek.

3. Nasi Lodho

Ayam lodho adalaha makanan ciri khas Trenggalek yang setelah itu. Makanan ini sangat ciri khas sebab tidak semua waktu dapat memasak makanan ini. Sebab umumnya makanan ini cuma ada di saat hari raya pertama lebaran serta saat hari ke tujuh lebaran. Karena kekhasan itu banyak warga yang cari makanan ini.

Ayam lodho ini dibuat dari ayam kampung yang di bakar serta telah di bumbu lantas dibuat memakai bumbu kuning serta rempah-rempah lainnya. Sebab bumbu yang ciri khas serta aroma ayam bakar jadikan makanan ini benar-benar lah merayu hasrat beberapa penikmatnya.

Tetapi tenang saat ini bukan hanya di hari raya lebaran saja, tapi hampir tiap wilayah ada yang buka toko ayam lodho.

Umumnya ayam ini di makan memakai sayur urap serta memakai nasi tiwul untuk karbohidrat. Bagaimana tidak suka jika makanan enak semacam ini.

4. Nasi Tiwul

Dari beberapa makanan ciri khas Trenggalek nasi tiwul ialah yang terbanyak disukai. Nasi yang dibuat dari ketela ini memilik rasa yang ciri khas. Sebab keunikanya itu nasi ini pas untuk di satukan dengan beberapa masakan.

Biasaya nasi ini di santap dengan ayam lodho dan pelengkapnya dan biasaya yang tidak kalah membuat suka mengonsumsi nasi tiwul memakai ikan asin sambal dan kulupan sayur.

Langsung jatuh pada makanan yang benar-benar enak ini. Sangat banyak penikmatnya, jadi buat kalian yang hadir ke kota ini janganlah lupa beli makanan yang benar-benar enak ini.

5. Tahu Lontong Ciri khas Trenggalek

Nah sekerang ke arah menu setelah itu yakni tahu lontong. Tentu banyak yang kenal mengenai masakan ini, Sebab cita rasa yang ciri khas serta enak yang benar-benar merayu lidah.

Diberikan dengan sambal kecap petis dengan sedikit sentuhan sedikit rasa pedas dan dan pelengkap dari tahu tersebut membuat banyak orang yang jatuh hati dengan makanan ini.

6. Rujak Cingur Sumber Gedong

Ini setelah itu makanan ciri khas Trenggalek yang paling recomended.  Rujak cingur ciri khas Trenggalek. Sebetulnya tidak jauh lain dengan rujak cingur dalam tempat lain.

Tetapi jangan salah kira dahulu, di luar memang seperti rujak seperti biasanya tetapi yang memperbedakan rujak cingur ini ialah bumbu dari rujak tersebut. Sebab dekat sama pesisir petis yang dipakai sangat enak serta lezat.

7. Alen-alen Camilan khas Trenggalek

Alen-alen ialah kudapan atau camilan ciri khas Trenggalek, cita rasa yang diberikan ialah rasa gurih yang benar-benar menggugah hasrat. Sebab keenakanya makanan ini seringkali jadikan untuk oleh-oleh keluarga, dan untuk rekan bersama saat santai.

Dibuat dari tepung tapioka, bawang putih, telur, serta ada banyak lainnya. Mengisyaratkan jika makanan ciri khas Trenggalek yang satu ini ialah makanan yang mempunyai muatan protein yang tinggi.

Alen-alen ini banyak macam rasa tidak cuma orisinal, tetapi ada juga balado, rasa bawang, dan rasa jagung bakar. Untuk mendaptankan jajanan ini nyaris di semua toko oleh-oleh yang nyaris di semua tempat ada jadi gausah cemas ya.

8. Sale Pisang

Sebab Trenggalek ialah kota yang dekat pesisir karena itu tidak ayal bila banyak pisang yang berada di wilayah itu. Sebab jumlahnya itu ada inspirasi kreatif beberapa wirausahawan untuk bikin camilan sale pisang ini.

Kripik yang datang dari pisang yang iris tipis ini langsung digoreng sampai kering tanpa penambahan apa saja. Jadikan rasa yang ada di sale pisang ini sangat enak.

Tidak hanya dari rasa camilan ini mempunyai aroma yang benar-benar harus serta membuat air liur turun naik ingin selekasnya mencobanya. Sebab banyak yang berminat sale pisang ini seringkali dipasarkan sampai keluar kota sebab menarik beberapa pencinta camilan.

Oleh karenanya buat kalian yang menyukai berjalan-jalan janganlah lupa singgah ke Kota Trenggalek untuk beli camilan ini ditanggung suka serta ingin balik lagi.

9. Kripik Tempe

Lhaah!  Ini ia camilan ciri khas Trenggalek favoritku kripik tempe. Tempe tentu saja buat orang Indonesia tidak asing sebab banyak terkandung gizi serta dapat diproses jadi beberapa olahan diantaranya kripik tempe ini.

Makanan ini sangat disukai oleh beberapa orang yang hadir ke Kota Trenggalek karena konon tuturnya rasa yang diberi ialah rasa yang unik serta jarang-jarang diketemukan.

10. Ikan Asap Prigi

Sebab Trenggalek ialah wilayah pesisir tidak lupa hasil ciri khas dari tempat itu. Ikan asap ialah makanan ciri khas wilayah Prigi salah satunya tempat di Kota Trenggalek, tidak cuma pantai yang diberikan dalam tempat ini beberapa orang jual makanan ciri khas ini ikan asap.

Ikan yang diproses sangat fresh karenanya rasa-rasanya masih lezat namun sebab fresh ikan ini cepat membusuk bila tidak cepat dimasukan mesin pendingin atau dibuat. Karena ikan yang baru hadir umumnya langsung di adap tanpa pengawetan terlebih dulu.

Jadi buat kalian yang menyukai hadir ke pantai di wilayah Prigi janganlah lupa beli ikan asap ciri khas dari sana, harga yang ditawarkan tidak mahal jadi jangan sungkan-sungkan.

Buat rekan-rekan yang bertandang janganlah lupa untuk beli serta menjajaki semua kuliner di wilayah Trenggalek Mudah-mudahan informasi ini berguna untuk rekan-rekan sumua

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *