13 Makanan khas Situbondo yang Terkenal Kelezatannya

  • Whatsapp
Makanan khas Situbondo

Fakta, Masih mengenai kuliner Nusantara ya kawan, Kali ini  yang akan di bahas ialah makanan khas Situbondo. Seperti wilayah lain di Nusantara yang kaya macam kuliner, minuman, cemilan atau jajanan, begitupun dengan Situbondo.

Ada beberapa makanan ciri khas yang akan buat kamu suka serta kangen untuk kembali pada situbondo. Di bawah ini ialah daftar makanan ciri khas Situbondo yang telah kami bikin.

Baca juga : 30 makanan khas jawa timur

13 Makanan khas Situbondo

1. Nasi Sodu

Nasi Sodu Nasi sodu adalah sepiring nasi dengan kuah gulai lawuh yang digabung kacang panjang. Kadang dikasih kombinasi wortel serta buncis. Pokoknya nasi sodu, sayurnya ialah kuah santan dengan lauk ikan tongkol yang dibuat bumbu merah serta tidak lupa cengek alias sambal terasi toge.

Nasi Sodu mempunyai rasa cukup manis, hingga bila ingin berasa lebih enak bila diakan dengan sambal. Awalannya, nasi sodu dikonsumsi dengan sendok dari daun pisang yang dilipat (dalam bahasa madura disebutkan sodu), tetapi sekarang untuk kepraktisan sendok daun ditukar sendok logam seperti sendok biasanya.

2. Nasi Karak

Nasi Karak Setelah itu makanan yang juga enak serta terkenal di Situbondo yakni nasi karak. Nasi karak ini hidangan intinya hampir sama juga dengan nasi kucing yang banyak ditawarkan di sejumlah wilayah lain, atau juga bisa seperti dengan sego sadukan.

Makanan ciri khas Situbondo ini adalah nasi yang dikasih taburan parutan kelapa, umumnya dalam penyajian makanan ciri khas yang satu ini di imbuhkan dengan lauk berbentuk tahu serta tempe goreng, dan juga bisa di imbuhkan dengan lauk ikan tongkol yang ciri khas, hingga jadikan makanan ini bertambah lebih nikmat untuk disantap.

3. Nasi Kaldu

Nasi Kaldu Nasi kaldu ini adalah nasi yang mempunyai keunikan kuah kecoklatan condong kental serta gurih. Nasi kaldu ini diberikan dengan penambahan kerupuk yang punyai cita rasa benar-benar enak serta lezat.

4. Tajin Palapa

Tajin Palapa Makanan ini adalah bubur yang di sediakan dengan bumbu kacang, tapi bubur ini hampir sama dengan bubur biasanya, yang jadikan ciri khas dari tajin palapa ini terdapat pada bumbunya, serta resep bubur tersebut yang ciri khas dari Situbondo.

Makanan ciri khas Situbondo ini dalam pemrosesan buburnya memakai santan. Bumbu yang dipakai pada tajin palapa ini sama juga dengan bumbu pecel namun lebih encer dari bumbu pecel biasanya.

Dalam penyajian tajin palappa ini umumnya dihiasi dengan sayuran berbentuk toge serta kangkung,   juga bisa ditambah lagi dengan gorengan ote-ote yang di potong kecil-kecil.

5. Rujak Petis

Rujak Petis Rujak petis ini adalah makanan ciri khas Situbondo yang dibuat dengan beberapa rempah dan digabung dengan beraga sayuran yang membuat rujak petis ini jadi makanan yang sehatkan.

Rujak petis ini diberikan dengan beberapa potongan mangga muda, tahu bengkoang, kedondong dan beberapa bahan penambahan lainnya. Yang membuat kuliner ini benar-benar spesial ialah penyajian rujak petis yang ditambah pisang muda serta petis udang.

6. Ayam Goreng Ciri khas Situbondo

Ayam Goreng Ciri khas Situbondo Ayam goreng benar-benar sangat gampang untuk didapati dimanapun serta kita dapat juga membuat sendiri di rumah. Tapi ayam goreng ciri khas situbondo yang satu ini cukup tidak sama dengan ayam goreng yang lain, sebab ayam gorengnya benar-benar gurih serta bumbunya dapat meresap sampai serat dagingnya yang terdalam.

Makanan ciri khas Situbondo ini ayamnya memakai ayam kampung, hingga rasa-rasanya lebih gurih. Umumnya makanan ini diberikan dengan sambal yang jadikan ayam goreng ini makin nikmat untuk disantap.

Baca juga : 10 makanan khas malang

7. Bebek Bakar Ciri khas Situbondo

Bebek Bakar Ciri khas Situbondo Menu makanan ciri khas Situbondo yang tidak kalah lezatnya ini bila dibanding dengan makanan yang lain. Kemungkinan bebek bakar gampang didapati di sejumlah wilayah.

Tidak hanya bebeknya yang enak, bumbu yang di sediakan untuk makanan ciri khas Situbondo ini juga tidak kalah matapnya. Bila kamu sedang bertandang ke situbondo serta ingin merasai bagaimana rasa dari bebek bakar ini, kamu dapat hadir ke tempat yang jual makanan ciri khas Situbondo ini yang berada di jl. Asem Bagus, persisnya yaitu di muka pasar patok situbondo.

8. Bakso Tekwoleh

Bakso Tekwoleh Tekwoleh datang dari akronim bahasa Jawa nek tidak entek digowo mulih yang bermakna “Kalau tidak habis dapat dibawa pulang”.

Ada tiga ukuran dari Bakso Tekwoleh. Bakso nomor 3 ialah ukuran bakso paling kecil, berdiameter seputar 7cm. Sesaat bakso nomor 2 mempunyai ukuran diameter seputar 10cm. Ada tetelan daging dari tulang rusuk yang meningkatkan citarasa bakso. Bakso paling jumbo ialah nomor 1 bakso ini berdiameter sekiar 13cm dengan isi tetelan yang sama tetapi bertambah banyak.

Walau diperbolehkan buat konsumen setia untuk bawa pulang bila tidak habis. Bakso Tekwoleh hampir tetap habis dikonsumsi di tempat. Serta, sebab ukurannya yang besar, bakso ini seringkali mendapatkan panggilan untuk ‘bakso kepala bayi’ sebab ukurannya yang hampir sebesar kepala bayi.

9. Soto Situbondo

Soto Situbondo Banyak tipe soto dari wilayah lain seperti Soto Betawi, Soto Lamongan, atau Coto Makassar kemungkinan tambah lebih terkenal dibandingkan soto ini. Tetapi, Soto Situbondo mempunyai keunikan dibandingkan soto-soto lainnya.

Ada dua tipe Soto Situbondo, adalah soto ayam serta soto daging. Soto ayam mempunyai formasi kuah yang lebih bening, tetapi kaya bumbu serta rempah-rempah.

Begitupun dengan soto daging. Jadi nantikan apalagi? Rujukan ini bisa saja pilihan menu kulinermu bila sedang atau melewati Kabupaten Situbondo.

10. Nasi Bukhori

Nasi Bukhori Tidak hanya nasi kebuli, hidangan ciri khas Arab yang beredar banyak di Indonesia adalah nasi bukhori. Nasi bukhori ini diberikan bertepatan dengan sepotong daging kambing. Daging kambingnya juga spesial sisi paha atas.

Dalam pemrosesan nasi bukhori, air rebusan kambing tidak dibuang, tetapi dipakai untuk kombinasi menanak nasi bertepatan dengan kombinasi rempah-rempah.

11. Sate Olean

Sate Olean Sate salah satu kuliner Indonesia yang tidak sulit didapati, tidak kecuali di Situbondo. Di Situbondo,  ada sate legendaris punya Hj. Ilmi Mufiddah.

Populer akan struktur sate yang empuk serta rasa yang lezat. Ternyata, ada resep spesial yang membuat Sate Olean memiliki tekstur daging yang empuk menggigit.

Tidak cuma masalah langkah memasak, pemilik rumah makan mempunyai persyaratan pada daging kambing yang akan diproses jadi sate. Umur kambing diambil dalam rawan waktu 1-2 tahun.

Karena dalam umur ini, daging masih empuk untuk diproses. Disamping itu, pilihan Hj Ilmi jatuh pada kambing yang mempunyai kulit berwarna putih tanpa ada noda. Disamping itu, pasti, pilihan bumbu serta rempah-rempah telah diwarisi Hj Ilmi turun temurun.

12. Sate Lalat

Sate Lalat Masih juga dalam ruang sate ya. Sate Lalat yang unik ini tidak sama dalam soal rasa serta ukurannya. Pada sebuah tusuk sate ada potongan daging ayam yang kecil-kecil seperti lalat. Rasa-rasanya gurih sebab disiram dengan bumbu ciri khas Situbondo.

13. Nasi Acak Adut

Nasi Acak Adut Disaksikan dari namanya meang cukup lucu ya, namanya ialah Nasi Acak Adut. Makanan yang satu ini diberikan dengan lauk yang bermacam, ada oseng-oseng tahu tempe, otok, ayam kecap, sampai terong penyet.

Itu beberapa macam makanan ciri khas dari Situbondo yang kemungkinan dapat menangani rasa lapar kalian. Bila kalian lakukan perjalanan ke Situbondo atau melalui kota ini janganlah lupa untuk singgah serta mencicip beberapa makanan di atas.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *