Makanan Khas Tulungagung
Kuliner

11 Makanan Khas Tulungagung yang Wajib Kalian Cobain

Makanan Khas Tulungagung – Tulungagung diketahui untuk wilayah pemroduksi marmer paling besar di Indonesia yang terdapat seputar 154 km. samping barat daya Kota Surabaya.

Tidak hanya diketahui dengan kekuatan marmernya, Tulungagung memiliki beberapa jenis obyek wisata Tulungagung yang menarik serta pantas untuk didatangi.

Dari mulai wisata alam s/d wisata kuliner. Beberapa makanan ciri khas Tulungagung juga terkenal di golongan masyarakat lokal atau pelancong luar negeri. Serta hidangan kuliner ciri khas Tulungagung dapat membuat siapa saja yang telah mencobanya jadi suka.

Lantas, apapun sich makanan ciri khas terkenal dari Tulungagung yang tuturnya dapat membuat suka barusan?

Baca juga : 30 makanan khas jawa timur

11 Makanan Khas Tulungagung

Di bawah ini keterangan komplitnya, selamat membaca!

1. Sate serta Gulai Kambing

Makanan ciri khas Tulungagung Jawa Timur yang pertama ada sate serta gulai kambing. Walau anda bisa temukan sate serta gulai kambing di sejumlah wilayah di Indonesia tidak hanya Tulungagung, tetapi sate yang ada di sini tidak sama dengan sate-sate di wilayah yang lain.

Sate kambing Tulungagung racikan bumbunya lebih meresap serta cita rasa-rasanya gurih. Disamping itu, saat dibakar sate ini di celupkan ke kuah gulai hingga meningkatkan rasa ciri khas dari hidangan kuliner ciri khas Tulungagung yang satu ini. Ada penambahan bumbu petis serta kecap manis ciri khas Tulungagung yang diketahui dengan merek kecap kuda.

Kunci dari kelezatan sate kambing Tulungagung, menurut penjualnya terdapat pada penggunaan bumbu petis serta kecap kuda itu. Begitupun dengan gulai kambingnya, gabungan daging kambing yang diproses dengan kombinasi bumbu rempah yang ciri khas membuat gulai kambing ciri khas Tulungagung bercita rasa lezat serta benar-benar nikmat.

Ditambah lagi disantap dengan sepiring nasi putih hangat waktu makan siang atau makan malam. Seperti telah disebutkan diawalnya paragraf barusan, anda pasti suka sesudah coba kuliner ciri khas Tulungagung yang pertama ini.

2. Kue Sagon

Salah satunya kue tradisionil ciri khas Tulungagung yang dapat anda jumpai di sejumlah wilayah lain di Indonesia ialah kue sagon. Kue sagon mempunyai cita rasa manis serta gurih dan aroma yang wangi.

Bahan fundamen membuat kue sagon ialah dari kelapa yang digabung dengan tepung ketan, tepung sagu atau tepung kanji. Walau nama kue sagon bermakna kue yang dibuat dari sagu. Kue sagon banyak diberikan mendekati hari raya lebaran atau hari hari besar yang lain.

3. Ayam Lodho atau Nasi Lodho

Setelah itu ada ayam lodho atau nasi lodho makanan ciri khas Tulungagung serta langkah penyajiannya yang unik. Seperti dengan opor, ayam yang diberikan dalam masakan ciri khas Tulungagung ini dipanggang lebih dulu supaya aromanya lebih berasa serta membuahkan rasa yang lebih lezat.

Salah satunya tempat yang jual ayam lodho atau nasi lodho ini ada di Jalan Semeru. Satu bagian ayam lodho atau nasi lodho umumnya diberikan dengan lontong, ketupat atau nasi putih hangat yang menggugah hasrat.

4. Enting Enting Kacang atau Geti

Enting enting kacang atau diketahui dengan panggilan geti adalah hidangan kuliner Tulungagung yang gampang didapati dimanapun di kota Tulungagung.

Camilan yang satu ini dibikin dari kombinasi kacang tanah serta wijen yang dimasukkan ke larutan gula merah selanjutnya dibuat sampai kering serta dikemas dalam plastik kecil.

Rasa-rasanya tidak manis serta condong gurih sampai membuat siapa saja yang mengkonsumsinya jadi suka. Walau enak, enting enting kacang ini dapat membuat sakit gigi bila dikonsumsi terlalu berlebih.

5. Getuk Pisang

Makanan ciri khas Tulungagung Jawa timur setelah itu getuk pisang. Getuk pisang seringkali jadikan oleh oleh ciri khas Tulungagung.

Serta ada banyak pelancong yang saat tiba ke Tulungagung tentu langsung akan cari getuk pisang ini untuk dikonsumsi sendiri atau dibeli untuk oleh oleh. Rasa-rasanya benar-benar lezat serta ciri khas.

Bahan membuatnya gampang didapatkan serta langkah pengolahannya juga tidak susah. Penampilannya seperti dengan lontong, tetapi tentunya rasa-rasanya tidak sama sebab bahan pembutaannya juga tidak sama.

6. Jenang Syabun

Jenang syabun adalah salah satunya tipe oleh oleh makanan ciri khas Tulungagung. Jenang syabun ini dibikin dari beras ketan dengan rasa manis yang menguasai serta struktur yang legit yang lembut. Sepintas paketannya seperti dengan dodol.

Tidak hanya diketahui dengan jenang syabun, rupanya makanan ini memiliki nama lain yakni jenang licin sebab permukaannya betul-betul halus serta licin. Jenang syabun adalah oleh oleh yang jangan tertinggal untuk dibeli saat anda berpeluang bertandang ke Tulungagung.

7. Jenang Grendol

Setelah itu ada kuliner sejenis jenang ciri khas Tulungagung, yakni jenang grendol. Hidangan jenang grendol ini lebih berkuah dibanding dengan jenang syabun. Rasa-rasanya kombinasi di antara manis serta gurih.

Jenang grendol dibikin dari tepung kanji yang umumnya diberikan dengan jenang baning atau jenang bening. Jenang grendol ini banyak dipasarkan di pasar tradisionil yang berada di Tulungagung.

8. Sompil

Sompil ialah makanan ciri khas Tulungagung yang disuguhi dengan potongan lontong serta penambahan lotho. Umumnya, sompil diberikan dengan penambahan topping bumbu kedelai yang rasa-rasanya lezat.

Pas buat anda yang suka pada masakan pedas sebab sompil ini lebih enak diberikan dalam cita rasa pedas yang menggugah hasrat.

9. Kerupuk Rambak

Camilan ciri khas Tulungagung ini dibuat dari kulit sapi atau kulit kerbau sebagai favorite beberapa orang baik masyarakat lokal atau beberapa pelancong. Rasa-rasanya kerupuk rambah gurih serta teksturnya lebih renyah dibanding dengan tipe kerupuk yang lain.

Sentral industri pengerjaan kerupuk rambak yang populer di Tulungagung ada di wilayah Botoran, Pangungreko kota, Sembung.

10. Sayur Pindang Terong Pedas

Sayur pindang terong pedas salah satunya nama makanan ciri khas dari Tulungagung. Di bawah ini diberikan resep makanan ciri khas Tulungagung dari sayur pindang terong pedas. Yang pertama sediakan alat serta bahan untuk memasak.

Selanjutnya basuh rendaman terong sampai bersih serta goreng sampai layu. Kemudian bumbu digoreng 1/2 masak sebelum dihaluskan serta tumis sampai harum lantas siram air panas.

Masukan tersisa bahan terkecuali garam serta santan dan masak sampai terong jadi lunak serta masak. Paling akhir imbuhkan garam serta santan, aduk terus sampai mendidih. Nah, sayur pindang terong pedas siap diberikan.

11. Nasi Bantingan

Makanan ciri khas Tulungagung yang diketahui akan harga yang murah ini tidak sama dengan nasi rames. Walau dengan cara formasi, nasi bantingan ini sama juga dengan nasi rames ciri khas Jawa Tengah. Diberi nama nasi bantingan sebab harga benar-benar murah.

Demikian penjelasan tentang makanan ciri khas Tulungagung yang bisa diberi oleh tempatwisataindonesia. id, mudah-mudahan dapat berjumpa diulasan makanan ciri khas dari wilayah lain di Indonesia selanjutnya. Salam!

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *