Tips Merawat Laptop agar Terhindar dari Virus

  • Whatsapp
Tips Merawat Laptop

Fakta, Tips Merawat Laptop – Bagi pemilik laptop, virus adalah satu masalah yang kerap kali menyerang penggunanya. Tidak jarang orang yang dibuat pusing jika laptop yang dimilikinya terserang virus, terlebih jika terdapat dokumen – dokumen penting di dalamnya.

Baca juga artikel terbaru lainnya tentang Teknologi

Tips Merawat Laptop

Masih sedikit orang yang tahu penyebab–penyebab virus menyerang sebuah laptop. Jika ingin terhindar dari virus, terapkan 5 cara ini agar laptop bersih dari virus.

Aktifkan dan Perbarui Antivirus

Ini adalah pencegahan utama yang bisa kamu lakukan agar laptop kamu terhindar dari virus. Seperti pepatah mengatakan “sedia payung sebelum hujan”, antivirus diibaratkan sebagai payung yang akan melindungi laptop kamu.

Kamu hanya cukup memiliki satu antivirus saja di laptop kamu, bagi pengguna Windows, Windows Defender adalah salah satu antivirus yang bisa kamu gunakan.

Jika kamu orang yang aktif di dunia internet, antivirus yang selalu aktif adalah penangkalnya dan jangan lupa untuk selalu meng-update antivirus kamu ya. Salah satu rekomendasi antivirus buatan anak bangsa yang bisa kamu gunakan adalah SMADAV.

Tidak Asal Download

Terkadang jika kamu ingin menggunakan aplikasi gratis, kamu harus mencarinya di internet. Hal ini lah salah satu penyebab masuknya virus dari internet. Jika kamu ingin mengunduh aplikasi yang kamu butuhkan, pastikan bahwa alamat web tersebut terpercaya.

Hindari link – link web yang dirasa aneh atau mencurigakan. Bisa saja bukan aplikasi yang kamu dapatkan, tapi virus yang kamu downlad di laptop kamu. Jadi berhati – hati selalu ya terhadap alamat web yang mencurigakan.

Hati-hati Ketika Menginstall Aplikasi

Ada dua macam cara virus menyerang laptop kamu melalui aplikasi yang kamu pasang di laptop kamu. Pertama adalah ketika kamu men­-download ­aplikasi melalu alamat web yang mencurigakan dan ketika kamu install justru virus lah yang meyebar masuk ke dalam laptop kamu.

Untuk yang kedua biasanya sering terjadi, jika kamu tidak membaca dahulu ketentuan – kentetuan aplikasi ketika kamu memasangnya. Jangan selalu memilih next pada kolom aplikasi yang kamu install, perhatikan dan bacalah terlebih dahulu.

Hilangkan kotak – kotak ceklis yang tidak kamu butuhkan ketika memasang sebuah aplikasi, karena bisa jadi aplikasi yang kamu pasang meng-install aplikasi lain. Aplikasi lain ini bisa jadi adalah gerbang masuknya virus ke laptop kamu.

Tidak Sembarangan Menggunakan Flashdisk

Flashdisk adalah salah satu tempat yang bisa menampung virus, dan akan menyerang laptopmu ketika flashdisk kamu gunakan di laptopmu. Virus ini masuk, ketika kamu menggunakan flashdisk di laptop atau komputer lain.

Karena bisa saja laptop lain atau komputer lain sudah terserang virus. Alhasil flashdisk kamu terserang virus dan akan menyebar ketika flashdisk itu digunakan di laptop kamu.

Gunakan AdwCleaner

Banyak aplikasi berbayar maupun gratis yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan virus dari laptop kamu. Salah satu tool tersebut ialah AdwCleaner, salah satu alat ampuh pembasmi virus yang bisa kamu gunakan secara gratis.

Kamu hanya perlu mencari alat tersebut di mesin pencarian google, cukup ketik AdwCleaner pada kolom google. AdwCleaner mampu membersihkan virus jahat, yaitu virus Malware. Alat ini sangat mudah digunakan kok, kamu tidak perlu meng-install alat ini terlebih dahulu, bisa langsung kamu gunakan lho!

Nah! Itu dia cara agar laptop bersih dari virus. Segera bersihkan virus di laptop kamu ya sebelum menyebar dan merusak dokumen – dokumen penting di laptop kamu!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *