Oleh-oleh Khas Cirebon
Travel

Oleh-oleh Khas Cirebon

Cirebon merupakan salah satu kota di jawa barat yang wajib dikunjungi. Ada banyak objek wisata yang menarik. Dari wisata sejarah, wisata alam, wisata budaya dan masih banyak lainnya. Seperti keraton kesepuhan, makam sunan gunung jati dan masih banyak lainnya. Kota yang dikenal dengan udangnya ini, juga memiliki aneka oleh-oleh khas yang bisa anda coba. Saat berkunjung ke suatu kota belum lengkap tanpa membeli makanan khasnya. Begitu juga saat anda berkunjung ke kota cirebon. Begitu banyak oleh-oleh khas cirebon yang enak dan popular.

Sebagian besar oleh-oleh dari cirebon berupa makanan. Makanan tradisional yang diolah oleh masyarakat sekitar, sehingga rasanya masih khas. Dengan harga yang murah dan mudah dicari. Di toko-toko pinggir jalan atau pusat oleh-oleh, pasti menyediakan semua oleh-oleh khas kota udang ini. Berikut ini beberapa jenis makanan yang bisa dijadikan oleh-oleh dari cirebon.

10 Oleh-oleh Khas Cirebon Jawa Barat

1. Serabi

Serabi

Mungkin banyak kota yang memiliki serabi, tetapi ada rasa yang berbeda di serabi cirebon. Serabi dibuat dari tepung beras yang dicampur adonan kelapa. Kemudian di masak diatas tungku, sehingga memberikan aroma yang enak. Di cirebon ada banyak sekali penjual serabi. Dari serabi pinggir jalan sampai di toko-toko.

Saat berkunjung ke cirebon, wajib untuk mencobanya. Makanan ini juga bisa dibawa pulang, tetapi sayangnya tidak tahan lama. Hanya bisa disimpan dalam waktu sehari saja. Jika disimpan terlalu lama serabi mudah basi. Toping serabi cirebon pun kini tidak hanya gula aren saja. Ada yang diberi keju, cokelat, oreo dan masih banyak lainnya.

2. Rengginang

Rengginang

Rengginang merupakan makanan tradisional indonesia yang terbuat dari beras atau nasi. Kemudian dijemur sampai kering dan digoreng. Di cirebon makanan ini sangat mudah didapatkan. Karena menjadi cemilan yang diburu banyak orang. Bentuknya berbeda dengan renginang pada umumnya. Berbentuk bulat seperti keliring. Jadi langsung sekali makan, tidak berbentuk bulat besar seperti rengginang pada umumnya. Rasanya gurih dan enak, harganya pun sangat terjangkau. Mulai Rp 20 ribuan per bungkusnya.

3. Sirup Tjampolay

Sirup Tjampolay

Sirup tjampolay ini sangat popular di cirebon, bahkan hanya bisa ditemukan di cirebon saja. Sirup legendaris ini sudah dibuat secara turun temurun. Walaupun ada banyak jenis sirup dipasaran, tetapi sirup tjampolay ini tetap disukai masyarakat cirebon.

Klik lihat: Oleh-oleh khas Bogor

Selain itu sering dijadikan buruan oleh-oleh wisatawan yang datang. Rasanya pun enak, apalagi ditambah dengan es atau dicampurkan ke es buah. Pilihan rasanya banyak sekali, ada rasa mangga, mawar, pisang, jeruk, susu, nanas, frozen dan masih banyak lainnya. Pembuatnya pun menjaga kualitas rasanya dengan baik, sehingga rasanya masih terjaga sejak dulu. Anda bisa membeli satuan atau satu paket yang berisi banyak rasa.

4. Terasi Udang Cirebon

Terasi Udang Cirebon

Pergi ke cirebon tanpa membeli terasi udang, tentunya kurang lengkap. Cirebon terkenal dengan produksi udangnya. Oleh karena itu banyak petani udang yang mengolahnya menjadi terasi. Aromanya sangat enak, cocok dibuat menjadi campuran sambal atau masakan lainnya. Pembuatannya pun masih tradisional, dibuat dari udang rebon asli dan garam. Tidak ada tambahan bahan pengawet berbahaya. Harga satu bungkusnya sekitar 15 ribu rupiah. Bisa digunakan dalam jangka waktu lama, sehingga cocok untuk oleh-oleh. Dibawa keluar kota pun tidak masalah, tetap awet dan tidak akan basi.

5. Kue Gapit

Kue Gapit

Kue gapit bentuknya mirip dengan keripik kentang. Kue ini terbuat dari tepung tapioka yang dicampur dengan bahan tertentu, kemudian dibentuk bulat. Kue tradisional ini kini menjelma menjadi kue kekinian yang lebih inovatif.

Dulu hanya ada satu rasa original, tetapi kini rasanya sudah bervariasi. Ada rasa keju, udang, balado, kacang, manis dan masih banyak lainnya. Proses pembuatannya dipanggang bukan di goreng, sehingga lebih renyah dan tidak mengandung minyak. Kue gapit menjadi oleh-oleh khas cirebon yang banyak diburu wisatawan dan sangat terkenal. Harga yang murah dan memiliki rasa yang enak.

6. Jeniper

Jeniper

Mungkin anda sedikit asing dengan namanya, jeniper merupakan singkatan dari jeruk nipis peras. Minuman ini sangat terkenal di cirebon, hampir di semua pusat oleh-oleh pasti menyediakannya. Minuman ini terbuat dari jeruk nipis asli, sehingga rasanya segar. Memiliki manfaat yang baik untuk tubuh, bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Kemasannya pun aman untuk perjalanan jauh, sehingga bisa dijadikan oleh-oleh teman di rumah.

7. Kerupuk Rambak

Kerupuk Rambak

Kerupuk rambak sangat mudah ditemukan di daerah lainnya. Tetapi di cirebon kerupuk rambaknya lebih khas. Terbuat dari kulit sapi yang dibersihkan, dikeringkan kemudian di goreng.

Kerupuk rambak cirebon terkenal dengan kegurihannya. Teksturnya pun lebih renyah, cocok untuk pelengkap saat makan. Dijadikan cemilan saat berkumpul dengan teman-teman pun enak. Lebih enak lagi di makan dengan sambal rujak atau sambal gula yang pedas. Harganya sekitar Rp 15 ribu, ada yang kemasan kecil dan besar.

8. Kerupuk Melarat

Kerupuk Melarat

Dinamakan kerupuk melarat karena cemilan ini tidak digoreng dengan minyak, melainkan pasir yang dipanaskan. Zaman dulu harga minyak masih mahal, sehingga orang cirebon menggoreng kerupuk dengan pasir.

Konon katanya kerupuk melarat ini lebih sehat, karena tidak mengandung kolesterol tinggi. Rasanya gurih dan sangat enak. Kerupuk ini sudah ada sejak tahun 80an. Paling enak dimakan dengan sambal gula. Yang paling penting harganya sangat murah, satu bungkus besar saja hanya Rp 10.000. Di pinggir-pinggir jalan banyak yang menjualnya, jadi tidak perlu bingung mencarinya.

9. Tape Ketan Daun Jambu

Tape Ketan Daun Jambu

Biasanya tape ketan dibungkus daun pisang, tetapi di cirebon tape ketan dibungkus daun jambu. Membuat aroma dan rasanya lebih enak. Daun jambu akan membuat proses pematangan tape lebih sempurna. Anda bisa mendapatkan oleh-oleh ini disekitar kawasan cibeureum. Disepanjang jalan banyak rumah-rumah yang menawarkan tape ketan ini. Untuk dibawa keluar kota, bisa memilih tape ketan yang belum matang sempurna. Jadi ketika sampai di rumah, tape ketan sudah matang dan siap disantap.

10. Batik Cirebon

Batik Cirebon

Saat berkunjung ke cirebon, tidak hanya makanan saja yang bisa dijadikan oleh-oleh. Anda bisa membawa pulang batik khas cirebon. Pola batik cirebon berbeda dengan batik pekalongan, jogja atau solo. Memiliki warna yang cantik dan motif yang unik-unik. Liburan ke cirebon wajib untuk membeli batiknya. Harganya pun bervariasi, dari ratusan ribu sampai jutaan. Tergantung kualitas bahan dan motif batiknya. Untuk batik tulis memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan batik cap.

Selain 10 oleh-oleh khas cirebon diatas, masih banyak oleh-oleh yang bisa anda bawa pulang. Seperti ikan asin, emping dan lainnya. Di cirebon banyak makanan tradisional yang enak dan unik. Mungkin tidak bisa ditemukan di daerah lainnya. Di cirebon jarang ditemukan oleh-oleh roti kekinian. Inilah yang membuatnya lebih istimewa. Karena yang khas harus berasal dari masyarakat sekitar. Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat terimakasih.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *