Oleh-oleh Khas Bogor
Travel

Oleh-oleh Khas Bogor

Bogor menjadi surganya pecinta kuliner. Ada banyak sekali makanan yang wajib dicicipi atau dibawa pulang untuk oleh-oleh. Kota yang dijuluki kota hujan ini memang memiliki kreativitas yang tinggi. Ada banyak sekali cemilan inovasi yang popular di kalangan anak mudah. Apalagi dengan suhu yang sejuk, membuat kita ingin ngemil terus menerus. Jika berbicara tentang oleh-oleh khas bogor tidak akan pernah habisnya, karena jumlahnya banyak sekali. Ada yang berupa makanan maupun barang.

Saat liburan ke kota bogor, anda pasti ingin membeli oleh-oleh untuk keluarga atau teman di rumah. Entah itu yang berbentuk barang atau makanan. Tentunya begitu banyak jenis oleh-oleh yang bisa anda coba. Bahkan oleh-oleh ini sudah sangat popular di kalangan wisatawan. Berikut ini beberapa jenis oleh-oleh yang wajib anda beli.

10 Oleh-oleh Khas Bogor yang Terkenal

1. Bolu Lapis Sangkuriang

Bolu Lapis Sangkuriang

Saat mendengar kata bogor, pasti akan teringat dengan bolu lapis sangkuriang. Makanan yang terbuat dari talas ini memang sangat popular di bogor. Tokonya saja selalu penuh dengan antrian. Dalam sehari bisa menghabiskan ratusan bolu lapis sangkuriang.

Ada banyak variasi rasa yang bisa anda coba. Yang paling popular tentunya bolu lapis dengan toping keju diatasnya. Teksturnya sangat lembut dan memiliki rasa manis. Bila disimpan di dalam lemari dingin, kue ini bisa tahan sampai 4 hari. Satu bungkusnya sekitar Rp 28.000. Untuk membeli bolu lapis sangkuriang, datanglah ke jalan raya sholeh iskandar bogor.

2. Asinan Bogor

Asinan Bogor

Makanan yang satu ini wajib anda cicipi saat berkunjung ke kota bogor. Siapa yang tidak kenal dengan asinan bogor? Terbuat dari berbagai jenis buah dan sayuran, kemudian disiram dengan kuah pedas yang nikmat. Memiliki rasa pedas, manis dan segar. Sangat cocok di makan saat suasana panas. Selain bisa di makan di tempat, asinan bogor ini juga bisa dibawa pulang untuk oleh-oleh. Salah satu asinan bogor yang enak berada di jalan siliwangi no 27C. Perbungkusnya sekitar Rp 20.000.

3. Strudel

Strudel

Strudel sangat popular di bogor, mungkin banyak orang yang merekomendasikan makanan ini. Strudel merupakan cemilan perpaduan pastry dan asinan. Pastry yang didalamnya terdapat. Di masak dengan dipanggang, sehingga mengeluarkan aroma yang lezat dan menggugah selera. Oleh-oleh ini dimiliki oleh artis shireeen sungkar dan suaminya. Selain berisi asinan, ada juga yang berisi talas nanas dan bakso, mungkin makanan ini wajib anda coba saat berkunjung ke kota hujan.

4. Roti Unyil

Roti Unyil

Kepopularan roti unyil memang tiada duanya. Banyak orang yang memburunya saat berkunjung ke kota bogor. Apalagi roti unyil hanya bisa ditemukan di kota bogor saja. Roti unyil merupakan roti berbagai rasa yang ukurannya kecil. Satu roti bisa dihabiskan dalam satu gigitan saja.

Untuk variannya banyak sekali, ada yang berisi keju,cokelat, pisang, sosis dan lainnya. Harganya pun sangat terjangkau,mulai dari Rp 1000. Dengan ukuran yang kecil tentunya sangat praktis dijadikan oleh-oleh. Selain itu roti unyil bisa tahan lama, sekitar 2 sampai 3 hari.

5. Miniatur Tugu Kujang

Miniatur Tugu Kujang

Tidak hanya makanan saja yang bisa dibawa pulang dari kota bogor. Miniatur tugu kujang juga bisa menjadi oleh-oleh khas bogor yang bisa anda beli. Kujang merupakan senjata khas jawa barat. Di bogor kujang dibuat menjadi tugu, menjadi simbol kota bogor. Dengan bentuknya yang unik, menjadikan miniatur tugu kujang ini oleh-oleh yang diburu wisatawan. Ada yang ukuran kecil dan besar, bahkan ada yang berbentuk gantungan kunci. Harganya bervariasi, mulai Rp 20 ribuan sampai ratusan ribu. Anda bisa membeli miniatur tugu kujang di pusat oleh-oleh bogor.

6. Unchal Kaos Bogor

Unchal

Kota bogor juga memiliki kaos khas yang bisa anda beli. Kalau di bali ada joger dan di jogja ada dagadu. Di bogor ada unchal. Unchal menjual berbagai merchandise khas bogor. Seperti kaos, mug, topi, gantungan kunci dan lainnya. Desainnya kekinian, sehingga cocok untuk anak muda. Harganya pun murah, mulai dari Rp 45.000. Unchal sangat kreatif membuat desainnya, menggunakan kata-kata anak muda yang kekinian. Banyak orang yang menjual kaos-kaos ini. Anda bisa menemukannya di mall botanical square lantai 1 atau di sekitar istana bogor.

7. Talas Bogor

Ke bogor tanpa membeli talas mungkin kurang lengkap. Bogor menjadi kota produksi talas terbesar di indonesia. Di pinggir jalan banyak orang yang menjualnya. Talas bogor paling enak direbus kemudian di makan dengan parutan kelapa. Wanginya sangat menggoda dan nikmat.

Banyak orang yang malas konsumsi talas karena gatal. Tetapi bila anda mengolahnya dengan benar, gatalnya tidak terasa. Selain itu belilah talas yang sudah matang, karena rasanya lebih enak dan pulen. Penjualnya banyak sekali, hampir di semua tempat wisata pasti ada penjual talas.

8. Macaroni Panggang

Macaroni Panggang

Olahan makanan di kota bogor banyak yang inovatif salah satunya adalah macaroni panggang. Makanan ini wajib anda coba dan dijadikan oleh-oleh. Macaroni diolah dengan bumbu-bumbu kemudian dipanggang sampai matang, memiliki tekstur yang empuk dengan rasa gurih dan nikmat. Satu kali makan, pasti ingin mencobanya terus menerus. Dilihat dari bentuknya saja, anda pasti langsung tergoda untuk membelinya. Campuran keju dan daging, membuat lelehan di mulut semakin nikmat. Sayangnya makanan ini tidak bisa tahan lama, hanya sekitar 2 hari saja. Jadi setelah membelinya lebih baik langsung di makan.

9. Roti Muli

Roti Muli

Ketika melihat kue ini, anda akan berpikir bahwa kue yang terbuat dari pisang. Tetapi roti muli merupakan roti yang dibuat dari tepung terigu kemudian dibentuk cetakan pisang. Warnanya pun dibuat kuning seperti pisang. Memiliki aneka rasa, seperti keju, cokelat, pisang dan lainnya. Teskturnya sangat lembut, memiliki rasa manis yang enak. Mencoba satu gigitan pasti ingin mencobanya lagi. Dengan bentuk yang unik dan kemasan yang lucu, membuat makanan ini cocok untuk oleh-oleh teman-teman atau keluarga di rumah.

10. Pie Talas

Pie Talas

Bogor menjadi kota penghasil talas terbesar, tentunya ada banyak sekali olahan talas di bogor. Selain bolu lapis talas, di bogor juga ada pie talas. Anda pasti tidak asing dengan kue pie, tetapi bedanya pie talas dibuat dengan tepung talas. Sehingga memberikan aroma yang berbeda. Dibagian tengahnya diisi fla beraneka rasa. Ada rasa cokelat, blueberry, strawberry keju dan lainnya. Kuenya sangat lembut, masuk ke dalam mulut langsung meleleh.

Sebenarnya masih banyak oleh-oleh khas bogor yang bisa anda coba. Industri kreatif di kota bogor meningkat tajam. Banyak pemuda yang membuat inovasi makanan atau produk baru, sehingga menghasilkan oleh-oleh khas yang tidak bisa ditemukan di kota lain. Buat anda yang suka kuliner, bogor menjadi tempat yang tepat. Karena banyak sekali makanan yang enak dan menggugah selera. Anda bisa membawanya pulang untuk keluarga atau teman di rumah. Nah mungkin artikel ini sangat membantu anda jangan lupa share dan bagikan ya.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *