Tempat Wisata di Gorontalo
Travel

Tempat Wisata di Gorontalo

Seperti yang kita tahu, Gorontalo menjadi provinsi ke 32 di Indonesia setelah berpisah dari Provinsi Sulawesi pada tahun 2000 silam. Selain dijuluki sebagai serambi madinah, Gorontalo kini menjadi primadona karena kerap disebut sebagai ‘Hidden Paradise’ oleh banyak wisatawan karena memang alamnya yang memang indah.

Lantas kira-kira dimana saja tempat wisata di Gorontalo yang menarik untuk dikunjungi tersebut?

Tempat Wisata di Gorontalo yang Hits

1. Air Terjun Taludaa

Air Terjun Taludaa

Air Terjun Permai atau lebih terkenal dengan sebutan Taludaa adalah objek wisata yang terletak sekita 65 km dari kota Gorontalo. Air terjun yang memiliki ketinggian 50 m dengan bentang 15 m ini, terbilang masih perawan. Belum banyak pengunjung yang datang ke wisata baru ini, karena memang belum dikelola secara profesional baik oleh warga sekitar maupun oleh pemerintah daerah.

Selain menyajikan pemandangan air terjun yang indah, wisata ini juga dikelilingi oleh banyak pepohonan rindang dan juga keragaman fauna yang masih sangat alami. Dengan suasana alamai ini, tentunya pengunjung akan disuguhkan dengan ketenangan yang membuat siapa saja betah berlama-lama disana.

Jika anda menggunakan mobil, anda harus memarkir mobil anda di gerbang desa taludaa dan berjalan kaki sepanjang 2 km hingga mencapai kawasan air terjun. Jangan khawatir, perjalanan sepanjang 2 km tidak akan terasa lama karena anda akan disuguhkan pemandangan sungai dan pepohonan yang rindang dengan ditemani suara suara burung yang menyenangkan.

Jika anda menggunakan kendaraan roda dua, anda dapat memarkirnya sejauh 1 km dari kawasan air terjun dan melanjutkan perjalanan berjalan kaki. Lokasi wisata ini tidak memiliki tiket masuk, sehingga siapapun dan pada saat apapun anda dapat mengunjungi air terjun yang indah ini.

2. Pulau Diyonumo

Pulau Diyonumo

Salah satu pulau kecil yang tidak dihuni manusia (karena dihuni beberapa kucing) ini terletak di Desa Deme, Kecamatan Sumalata, Kabuaten Gorontalo Utara. Dari Kota Gorontalo, anda akan menempuh sekitar 3 jam perjalanan darat. Ketika sudah mencapai desa deme 2, perjalanan anda akan dilanjutkan menggunakan perahu kecil milik warga untuk menyebrang. Tarifnya hanya sekitar Rp 20.000 untuk 5 orang, sedangkan pulau diyonumo sendiri tidak memungut tiket masuk.

Klik lihat: Tempat wisata di Jakarta Barat

Ketika sampai di tepi pantai pulau ini, mungkin anda tidak akan menemukan sesuatu yang menarik. Namun jangan khawatir, cobalah untuk mendaki ke bagian bukit dan anda akan disuguhkan pemandangan indah menghadap pantai. Selain itu, anda juga dapat bermain main dengan kucing liar yang jinak di pulau ini. Perpaduan warna hijau dari padang ilalang, dan warna biru dari laut dan langit pasti akan membuat liburan anda sangat menyenangkan.

3. Pulau Cinta

Pulau Cinta

Untuk menuju pulau cinta ini, anda harus menempuh perjalanan sekitar 2 jam sampai di kabupaten Boalemo. Setelah sampai disana, anda akan menyebrangi laut menggunakan kapal menuju pulau cinta yang ditempuh sekitar 25 menit.

Pulau yang memiliki daya tarik sebuah resort yang membentuk hati di keliling laut ini tentunya pas untuk anda yang ingin berbulan madu. Harga yang ditawarkan untuk bermalam disini adalah sekitar Rp 3.500.000 samapai Rp 5.000.000 per malam. Tentunya harga yang anda bayar akan sesuai dengan fasilitas dan ketenangan yang anda dapatkan. Selain menginap di resort mewah nan alami, anda juga bisa menghabiskan waktu untuk menjelajah hutan, berfoto, hingga snorkeling disekitar pulau.

4. Taman Wisata Laut Olele

Taman Wisata Laut Olele

Pantai olele terletak di Desa Olele, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango. Pantai ini merupakan pintu masuk menuju Taman Laut Olele. Setiap turis baik lokal maupun mancanegara sudah membuktikan keindahan alam dan biota laut yang ada di Taman Wisata Laut Olele ini. Salah satu terumbu karang langka di dunia juga terdapat disini, dan jika anda beruntung ketika snorkeling anda dapat menjumpai lumba lumba yang sudah akrab dengan keberadaan manusia. Namun anda juga harus berhati hati, karena terdapat beberapa ubur ubur kecil yang indah tapi akan gatal jika anda tersengat.

Untuk menuju keana, anda hanya perlu berkendara selama 60 menit dari pusat Kota Gorontalo. Disana, anda akan mendapatkan paket lengkap berupa snorkeling, pemandu wisata, fotografer bawah laut, pakaian renang dan peralatannya, serta roti kering bungkus untuk memberi makan ikan dilaut hanya dengan membayar Rp 100.000. tentunya harga tersebut akan terbayar lunas dengan keindahan laut yang luar biasa.

5. Danau Limboto

Danau Limboto

Danau Limboto merupakan salah satu lokasi wisata yang mudah dijangkau karena hanya berjarak 16 km dari bandara Jallaludin, Sulawesi. Dengan posisi yang dekat dengan pusat Kota, tentunya tersedia banyak penginapan dan fasilitas umum yang memudahkan perjalanan anda. Selain menarik wisatawan dengan keindahan dan ketenangannya, danau ini memiliki festival unik bertema ‘Festival Danau Limboto’. Festival ini sangat menarik karena menunjukkan keaslian budaya Gorontalo dan keanekaragaman adatnya.

Klik lihat: Tempat wisata di Jakarta Pusat

Danau yang merupakan muara dari sungai Molalahu, Sungai Bioga, Sungai Bone Bolango, Sungai Daena dan Sungai Alo ini juga menyajikan fasilitas pemancingan bagi anda yang ingin merasakan nikmatnya ikan hasil tangkapan sendiri. Hanya dengan karcis masuk sebesar Rp 25.000 anda sudah bisa menikmati sejuknya Danau Limboto.

6. Bukit Layang

Bukit Layang

Bukit ini terletak di Kelurahan Siendeng Kecamatan Hulonthalangi, Gorontalo. Wisata alam ini memberikan anda pengalaman tak terlupakan melihat keindahan Kota Gorontalo dari ketinggian 700 mdpl. Wisata ini ramai dikunjungi di sore hari dan kebanyakan pengunjung akan mendirikan camp – camp tenda diatas bukit demi menyaksikan matahari terbit keesokan harinya. Hanya dengan membayar tiket parkir sebesar Rp 10.000/ kendaraan anda sudah bisa menikmati indahnya gemerlap kota Gorontalo dari sisi yang berbeda.

7. Air Terjun Hiyaliyo Da’a

Air Terjun Hiyaliyo Da’a

Hiyaliyo Da’a berarti Ujung Hulu dalam bahasa Gorontalo. Aor Terjun yang masih jarang terjamah oleh wisatawan ini berada di Kabupaten Gorontalo Utara. Untuk menuju kesana, anda perlu menempuh perjalanan selama 3 jam dari pusat Kota Gorontalo. Setelah sampai di Desa Didingga, anda harus berjalan kaki melewati hutan lindung dengan keragaman hayati yang alami. Tidak perlu takut tersesat, anda akan dipandu oleh Tour Guide Lokal (warga Sekitar) dengan tarif seiklasnya. Dengan ketinggian 30 meter, air terjun ini terbilang aman karena tidak langsung jatuh dari atas, namun mengalir melewati tebing tebing rapi yang justru menambah keindahan dari air terjun ini.

8. Pulau Saronde

Pulau Saronde

Pulau kecil di Laut Sulawesu, Kecamatan Kwandang, Gorontalo Utara ini dapat dicapai setelah melalui 2,5 jam perjalanan kearah timur dari Kota Gorontalo. Pengunjung kemudian diarahkan melanjutkan perjalanan menggunakan kapal kecil dengan tarif Rp 20.000 untuk pulangpergi. Jika ingin menginap disalah satu cottage disini, anda hanya perlu mengeluarkan kocek sebesar Rp 150.000 permalam. Selain pemandangan indah, laut yang tenang, serta penduduknya yang ramah, pulau ini juga dikelilingi banyak habitat burung yang kicauannya akan menenangkan liburan anda. Anda juga dapat menikmati hidangan khas laut idsektitar pantai sambil meminum kelapa muda yang segar.

9. Pantai Bolihutuo

Pantai Bolihutuo

Pantai Bolihutuo terletak di daerah barat Gorontalo tepatnya di Kabupaten Boalemo yaitu sekitar 120 km dari pusat kota Gorontalo. Pantai ini menyajikan pemandangan yang indah dan bersih, selain itu terdapat banyak pohon pinus dan palem palem raksasa yang menambah kesejukan pantai ini.

Klik lihat: Tempat wisata di Jakarta Selatan

Disini, anda dapat melakukan berbagai aktivitas seperti jet ski, kapal motor bahkan snorkeling. Jika anda ingin menginap, terdapat beberapa cottage dekat pantai yang menawarkan berbagai fasilitas yang nyaman. Harga cottage berkisar antara Rp 30.000/malam/orang hingga Rp 100.000/malam/orang. Cukup murah untuk menikmati malam yang tenang di dekat pantai.

10. Wisata Bahari Hiu Paus

Wisata Bahari Hiu Paus

Wisata Bahari Hiu Paus ini berada di Pantai Botubarani, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. Dari pusat kota, anda hanya perlu berkendara selama 30-40 menit menuju Desa Botubarani. Disana anda akan ditawari berbagai macam paket wisata yang biasanya mencakup perahu wisata menuju daerah hiu, tour guide, fotografer bawah laut dan peralatan renang. Harganya beragam mulai dari Rp 150.000 hingga Rp 500.000. setelah anda dibawa perahu menuju daerah hiu, anda bisa menyelam dan berenang dengan tenang bersama hiu. Jangan khawatir, hiu yang ada disini sudah jinak dan ramah terhadap manusia.

Nah itulah diatas, 10 tempat wisata di Gorontalo yang paling menarik untuk di dijadikan destinasi liburan. Semoga informasi diatas bermanfaat !

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *