Tempat Wisata di Jakarta Utara
Travel

Tempat Wisata di Jakarta Utara

Kalau udah ngomongin Jakarta, biasanya tempat favorit anak muda adalah mal nya. Dan hal ini memang wajar, bahkan menurut data yang kami dapat, Jakarta termasuk salah satu kota di dunia, yang memiliki mall terbanyak. Keren bukan? Namun tahukah anda, Jakarta tak melulu mall saja yang menarik di kunjungi. Nyatanya, Ibu kota negara ini juga memiliki seabreg obyek wisata yang sayang dilewatkan.

Tempat Wisata di Jakarta Utara yang Murah

Nah untuk anda yang belum familiar dengan obyek wisata Jakarta, kali ini kami akan membagikan list tempat wisata di Jakarta, khususnya Jakarta utara yang menarik untuk dijadikan tujuan berlibur. Penasaran?

1. Jakarta Islamic Centre (JIC)

Jakarta Islamic Centre

Tempat ini adalah sebuah Lembaga yang berdiri di bekas Lokasi Resosialisasi Kramat Tunggak, Tanjung Priuk, Jakarta Utara.

Untuk Kalian yang dari Bandara Halim Perdanakusuma, kalian tinggal naik angkot jurusan Terminal Tanjung Priok. Nah dari terminal itu, kalian naik Metromini 41, turun di Simpang Lima Semper dan untuk kalian yang dari Stasiun Gambir. Kalian bisa naik busway, turun halte ITC Cempaka Mas. Nah dari situ kalian naik metromini 07menuju Simpang Lima Semper.

Tak banyak yang tahu guys, kalau dulunya tempat ini adalah prostitusi yang berada di Kawasan Keramat Tunggak, Tugu Utara, Koja, Jakarta Utara. Prostitusi ini adalahlahan Lokalisasi yang dilegalkan oleh pemerintah DKI saat itu.

Nah pada tahun 1999, lokalisasi tersebut ditutup. Banyak ide dan gagasan yang muncul sejak dibebaskannya lahan tersebut. Seperti membangun Mall, perkantoran, dan sebagainya. Namun Gubernur saat itu H. Sutiyoso memiliki gagasan untuk dibangunnya Islamic Centre.

Akhirnya pada tahun 2002, Gedung inipun dibangun dengan konsep masjid mewah nan megah yang menampilkan citra Islam.

Tempat ini menjadi Simbol kebangkitan islam di Asia dan Dunia. Diharapkan nantinya masjid ini tidak hanya sekedar masjid. Namun diharapkan menjadi salah satu simpul Pusat Peradaban Islam di Indonesia atau bahkan Dunia.

Masjid ini dibangun dengan biaya pemerintah DKI dan diatas tanah Penprop DKI. Tempat ini berluaskan 16.267m dengan kapasitas tampung masjid mencapai 7.260 jama’ah. Fasilitas yang ada di tempat ini ada areal untuk pelatihan manasik haji di area utara masjid dan bagian selatan untuk perkantoran, wisma, dan pusat bisnis.

2. Taman Suaka Margasatwa Muara Angke

Suaka Margasatwa Muara Angke

Taman ini berlokasi tepat di depan perumahan Pantai Indah Kapuk. RT.1/RW.16, Kapuk Muara, Penjaringan, Jakarta Utara.

Untuk sampai di tempat ini, kalian perlunaik busway koridor 9A (Pinang Ranti – Pluit), turun di Pluit Village Mall (klik disini untuk detail). Cari angkot merah nomer B 01 jurusan Grogol – Angke.Lalu kalianturun di pintu gerbang Pantai Indah Kapuk.

Taman ini menjadi satu-satunya taman di Jakarta dan dilindungi oleh pemerintah. Berbagai jenis hewan yang bisa dilihat disini adalahmonyet, biawak, dan berbagai jenis burung. Hal yang paling menarik dari tempat ini adalahJembatan Kayu sepanjang 843m yang dapat membantu kalian menikmati pemandangan di hutan tersebut.

Wisata ini bisa menyejukkan kalian akan kebisingan kota dan merefresh otak kalian setelah Lelah bekerja ataupun aktivitas lainnya di kota.

Di Taman ini kalian bisa ikut berpartisipasi menanam mangrove. Selain itu kalian bisa tracking mengelilingi Kawasan Hijau ini. Dan untik spot foto-foto, kalian bisa banyak menemukan angle yang menarik di tempat ini.

Disini kalian juga bisa berkeliling hutan dengan menyewa kapal. Ada beberapa tempatt penyewaan kapal disana. Untuk kapasitas 6 orang biasanya akan kena biaya 300 ribu. Dan untuk kapal tradisional seharga 100 ribu. Menarik bukan. Kalian bisa menyewanya selama 30 menit untuk mengelilingi hutan Mangrove.

Taman ini dibuka setiap hari pada jam 8am-6pm dan untuk biaya masuknya sendiri hanya 25.000 rupiah.

3. Rumah si Pitung

Rumah si Pitung

Rumah ini terletak di Jalan Kampung Marunda Pulo, Kelurahan Marunda, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara. Berdekatan dengan pesisir laut dan lokasinya diujung timur Jakarta Utara. Untuk mengakses lokasi ini, kalau Kalian naik kendaraan umum nih guys, kalian bakalan sulit banget menemukan yang searah dengan Rumah si Pitung tersebut.kalaupun ada, kalian harus ganti-ganti trayek.

Untuk itu guys, gua akan ngasih cara untuk kesana. Naik kendaraan umum menuju Terminal Tanjung Priok. Setelahnya, kalian naik Metromini U23 Tanjung Priok-Cilincing turun di Cilincing.

Setelah sampai di Jalan Cilincing Landak, kalian naik angkutan kota merah KWK U05 sampai ke Sekolah Tinggi Ilmu pelayaran (STIP) Marunda atau rumah susun Marunda.

Nah, untuk ke lokasi, jalan satu-satunya adalah jalan kaki kesana dari STIP tersebut.

Rumah Panggung bergaya Betawi berdiri tegak di Kawasan Marunda, Jakarta Utara. Rumah yang berdominasi kayu coklat ini dikenal dengan nama Rumah si Pitung. Kompleks rumah ini dibagi menjadi 3 bangunan. Bangunan ini mempunyai beberapa ruangan dengan bagian terdepan adalah beranda rumah dilengkapi satu set meja yang dilengkapi dengan stoples di bagian sudut ruangan.

Di dalam rumah tersebut juga terdapat kamar tidur berkelambu dan jika kita telusur lebih dalam, kita akan melihat rumah makan yang cukup luas.

Sayangnya nih guys, tempat ini tidak dilengkapi dengan peninggalan-peninggalan si Pitung itu sendiri. Tak banyak yang bisa ditemukan di Rumah peninggalannya ini.

Fasilitas disiniselain bangunan utama Rumah si Pitung dua bangunan lainnya difungsikan sebagai toilet, musholla, serta kios pedagang.

Rumah ini dibuka pada jam 08.00 sampai 17.00 yang hanya dengan biaya masuk 5.000 rupiah saja.

4. Seaworld

Seaworld

Tempat ini indah banget nih guys, sayang banget untuk dilewatin. Tempat ini biasanya ramai dikunjungi saat liburan sekolah maupun hari-hai besar. Berbagai macam biota laut seperti ikan pari, ikan hiu, kura-kura dan berbagai jenis ikan laut bisa kita lihat disini. Semuanya ditempatkan di sebuah aquarium kaca besar di bawah tanah atau uderground. Dan kita berasa ada di dalam laut.

Tempat ini berlokasi di Jalan Lodan Timur No.7, RW.10, Kota Tua, Ancol, Pademangan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Tempat ini salah satu dari Ancol. Menariknya tempat ini menjadi wisata akuarium terbesar di Indonesia.Salah satu wahana yang paling menyenangkan di tempat ini adalah Antasena. Dimana kita bisa melihat ikan-ikan yang berenang bebas diatas kepala kita.

Fasilitas di area ini meliputi :

  • Area Parkir kendaraan
  • Mushola
  • Kamar mandi / MCK
  • Tempat Istirahat
  • Rumah makan

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk

  • Weekday harga tiket 80.000
  • Weekend harga tiket 90.000

Untuk jam bukanya sendiri setiap hari dari jam 09.00 sampai 18.00

5. Museum Bahari Jakarta Utara

museum bahari jakarta utara

Museum ini berlokasi di Jalan Pasar Ikan No. 1, Penjaringan, Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Untuk mengaksesmuseum Bahari dapat dicapai dengan kendaraan pribadi, taksi atau sarana transportasi umum. Museum ini terletak di Jalan Pasar Ikan

Tahu gak kalian, sebelum menjadi sebuah museum, bangunan ini dulunya digunakan oleh VOC sebagai gudang penyimpanan rempah-rempah yang kemudian dijual ke Eropa.

Pasca-kemerdekaan, gedung ini sempat dipakai untuk gedung PLN dan PTT sebagai gudang. Baru pada 1967, bangunan ini direvitalisasi sebagai bangunan cagar budaya. Danpada Juli 1927, gedung ini kemudian diresmikan sebagai Museum Bahari Indonesia.

Tempat ini juga menyimpan koleksi kebaharian dan kenelayanan bangsa Indonesia. Museum ini termasuk dalam museum yang berada dibawah pengawasan dari Dinas Kebudayaan Permuseuman DKI Jakarta.

Menariknya lagi, bangunan gedung Museum Bahari juga punya struktur yang unik. Sistem strukturnya berupa balok-balok kayu besar yang ujungnya dipasang besi, seperti huruf Y terbalik, sebagai pengaku.

Fasilitas Wisata di arel ini meliputi :

  • Area Parkir kendaraan
  • Mushola
  • Kamar mandi / MCK
  • Tempat Istirahat

Museum ini buka dari selasa-minggu jam 09.00-15.00. hari senin dan hari libur nasional tutup.

Harga tiketnya sendiri Dewasa 2.000, mahasiswa 1.000, dan anak-anak 1.000

6. Sentra Perikanan Muara Angke

Sentra Perikanan Muara Angke

Objek Wisata Sentra Perikanan Muara Angke di Penjaringan DKI Jakarta Utara Jakarta adalah salah satu tempat wisata yang berada di Jl. Pendaratan Udang No.10, Kelurahan Pluit, Kecamatan Penjaringan, Kota Jakarta Utara.

Jika naik bus, kalian bisa berhenti di terminal bus kota Jakarta Timur. Setelah itu terserah kalian, mau naik taksi, ojek, ataupun jalan kakai menuju lokasi.

Bagi kalian yang tertarik dengan wisata kulianer khususnya makanan laut, disinilah surganya. Selain itu kalian dapat membeli berbagai jenis ikan segar dengan harga yang sangat murah.

Kalian juga bisa bakar ikan disini. Ikannya segar pula. Jadi kalian gak akan nyesel sudah jauh dating ke tempat ini. Perlu kalian tahu bahwa pelabuhan ini baru diformalkan sekaligus dijadikan pelabuhan sentral bagi seluruh aktivitas perikanan laut di Jakarta pada era Gubernur Ali Sadikin 1997.

Fasilitas di tempat ini meliputi :

  • Area Parkir Kendaraan
  • Musholla
  • Kamar Mandi
  • Tempat Istirahat
  • Rumah Makan
  • Penjual Ikan

Jam buka tempat ini 24 Jam. Dan biasanya ramai pada jam 17.00.

Masuknya gratis ya, kecuali kalau kalian beli ikan disini. Tapi tenang, harga disini murah meriah kok. Gak akan bikin kantong bolong.

7. Kawasan Pelabuhan Sunda Kelapa

Kawasan Pelabuhan Sunda Kelapa

Tempat ini berlokasi di Jl. Matrim Raya, RT.11/RW.8, Ancol, Pademangan, Kota Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Kalian akan disuguhkan dengan pemandangan kapal-kapal laut kayu tradisional yang terkenal sebagai kapal pinisi. Kapal tersebut berjejer di sisi kiri dan kanan pintu masuk.. Kapal-kapal ini sebenarnya adalah kapal khas Bugis Makassar.

Segala aktivitas di dermaga ini adalah pemandangan yang sangat sulit dijumpai untuk dermaga modern sekarang ini.
Kalau tak mau kelaparan di tempat ini. Harus bawa bekal ya !!! Soalnya Dermaga ini adalah Dermaga yang masih aktif, sehingga tempat ini masih difungsikan sebagai dermaga pada umumnya.

Jam buka tempat ini adalah jam 06.00-24.00 dengan tiket masuk hanya 4.000 rupiah

8. Pantai Marunda

Pantai Marunda

Tempat ini berlokasi di Gg. VII, RT.3/RW.7, Marunda, Cilincing, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Bagi pengunjung yang datang dari dalam Jakarta, Bekasi, Depok dan sekitarnya tentu tidak asing dengan Pantai satu ini karena lokasi nya yang tidak jauh dari Pantai Ancol dan bahkan terletak satu bibir garis Pantai.

Selain pantai ancol nih, Jakarta juga punya pantai lain, yaitu pantai Marunda di Jakarta Utara. Pantai ini termasuk bersejarah loh guys, dimana dulu tempat ini dijadikan keluar masuk oleh Belanda untik menguasai wilayah Jakarta.

Pada era 70-an, tempat ini sering dijadikan lokasi syuting film untuk masa tersebut. Sehingga menjadikan tempat ini adalah tempat paling hits masa itu.

Di sore hari kalian akan menemukan beberapa wisatawan maupun anak-anak sekitar yang sekedar duduk untuk menanti sunset di pantai tersebut.

Gimana? Mau kesini guys ?

Untuk menikmati pantai ini, pengunjung Cuma dikenakan tarif 5.000-10.000 rupiah saja. Dan untuk jam operasional, pantai ini buka 24 jam.

9. Ecopark Jakarta Utara

Ecopark Jakarta Utara

Tempat ini berlokasi di Jl. Lodan Timur no.7, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara. Ocean Ecopark ini sejatinya adalah lapangan golf yang dijadikan tempat wisata oleh pengelola Ancol.

Disini terbagi menjadi 4 wahana diantaranya :

  • Eco-Care buat kamu yang pengen belajar cara menanam sayur atau tumbuhan lain yang baik dan benar.
  • Eco-Nature yang kalian bisa berkenalan sama aneka satwa yang biasanya cuma kamu lihat di TV, seperti burung kasuari, burung pelican, rusa dan kera.
  • Eco-Island yang berwujud sebuah danau buatan yang dihuni ribuan ikan koi, lele dan gurami.
  • Eco-Art karena wahana ini adalah yang paling seru di Ocean Ecopark Ancol. Selama satu jam kamu akan dihibur oleh pertunjukan teater panggung terbuka Fantastique Magic Fountain Show yang mementaskan cerita rakyat terkenal Timun Mas dan Buto Ijo.

Ocean Ecopark Ancol buka Jam 08.00-17.00. Khusus buat Fantastique Magic Fountain Show dimulai di malam hari setelah jam 7 malam dan tiketnya agak Rp 50 ribu per orang di hari biasa dan Rp 60 ribu per orang di hari libur atau akhir pekan.

10. Taman Waduk Pluit

Taman Waduk Pluit

Cocok banget nih buat kalian yang mau piknik. Tempat ini tak jauh dari Taman Kalijido. Taman ini sering digunakan untuk berpiknik ria Bersama keluarga ataupun orang tersayang. Tempat wisata ini terletak di Jalan Pluit Timur Raya, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara.

Untuk bisa kesini,kalian bisa menaiki Bus TransJakarta dan turun di Halte Pluit. Dari Halte Pluit, silakan berjalan ke arah timur sekitar 500 meter dan sampailah ke tempat tujuan.

Memang Taman Waduk Pluit ini sangat cocok digunakan untuk berpiknik. Dengan pemandangan pohon rindang, pemandangan waduk, juga rumput-rumput yang hijau semakin membuat kalian akan betah berlama-lama di tempat ini.

Saat sore menjelang, banyak pengunjung yang berdatangan dengan seragam olahraga.Taman Waduk Pluit juga menyediakan lintasan jogging yang cukup nyaman untuk digunakan. Banyak juga pengunjung yang berolahraga di taman ini.

Selain lintasan jogging, ada juga fasilitas olahraga lainnya berupa outdoor gym dan lapangan basket. Sehingga selain untuk bertamasya, taman ini juga digunakan untuk aktivitas olahraga.Taman ini juga memiliki fasilitas gratis lainnya yang bisa dinikmati, misalnya amphiteatre dan taman bermain untuk anak-anak.

Taman ini buka 24 Jam dan gratis tentunya. Mau kesini guys?

Nah itu tadi guys review tentang 10 tempat wisata yang ada di Jakarta Utara. Jadi, selain punya mall melimpah, Jakarta juga memiliki banyak tempat wisata keren juga.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *