Tempat Wisata di Jambi
Travel

Tempat Wisata di Jambi

Jambi menawarkan cukup banyak wisata pilihan untuk dijadikan tujuan berlibur. Nah, untuk anda yang saat ini sudah memutuskan berlibur ke Jambi, tak ada salahnya menyimak beberapa obyek wisata terbaik Jambi yang kami rekomendasikan berikut ini.

Tempat Wisata di Jambi yang Keren

1. Danau Kaco

Danau Kaco

Danau Kaco terletak di Dusun Baru Lempur, gunung Raya, Kerinci, Kota Jambi. Danau Kaco merupakan Danau yang berada di Kabupaten Kerinci Jambi. Danau Kaco merupakan sebuah telaga yang terdapat di dalam hutan Taman Nasional Kerinci Seblat dengan pemandangan yang eksotis.

Meskipun danau ini tergolong dalam ukuran kecil, namun keindahannya sangatlat mengagumkan. Kaco sendiri guys, adalah adopsi dalam Bahasa daerah berarti kaca. Dimana hal tersebut menggambarkan bagaimana keindahan danau tersebut.karena memang airnya sangatlah jernih bagai kaca.

Danau Kaco terselimuti oleh lebatnya hutan. Yang warna pohonnya sangat kontras dengan keadaan sekitar. Sehingga kalau buat spot foto, sangatlah indah.

Biasanya orang kesini untuk menenangkan diri dari stress untuk berenang. Kalian juga bisa menikmati indahnya air danau yang bening nan biru untuk menyantap bekal kalian yang sudah kalian bawa sambal menikmati keindahan danau tersebut. Dijamin batin kalian akan terasa tenang sekali serasa menikmati spa secara alami.

Klik lihat: Tempat wisata di Jawa Barat

Untuk kalian yang mau berkemah disini, boleh juga. Perlu diketahui bahwa Danau akan sangat berkilau saat malam hari. Dikarenakan pada saat itu, danau tersebut diterpa oleh cahaya saat bulan purnama.cahaya tersebut kemudian dibiaskan menjadi warna biru yang sangat indah. Tempat seperti ini bak kita berada di negeri dongeng.

Untuk kalian yang kesini, jangan lupa bawa kamera ya !!! karena disini spotnya sangat bagus untung siang ataupun malam.

Disekitar danau ini tidak ada fasilitas apapun guys, jadinya kalian sebelum kesini sudah mempersiapkan perbekalan ataupun kendaraan yang akan dipakai nantinya.

Danau ini dibuka setiap hari pada jam 09.00 sampai 18.00 dengan harga tiket weekday 5.000 rupiah dan weekend 5.000 rupiah

2. Danau Belibis

Danau Belibis

Selain Danau Kaco, Kerinci juga punya danau yang namanya Danau Belibis. Kalian kalau ke Jambi jangan lupa mampir kesini ya !

Danau BelibisTerletak pada Kecamatan Kayu Aro Barat, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Nahuntuk mengakses lokasi ini, karena letaknya jauh dari kota. Kalian kurang lebih akan menempuh perjalanan sekitar 43 km. dan membutuhkan waktu hingga satu atau dua jam untuk sampai ke lokasi.

Nah sesuai dengan namanya, tempat ini terdapat sebuah pupulasi belibis yang hidup di sekitar danau. Danau ini terletak di 1000mdpl yang letaknya berada tepat di kaki gunung Kerinci. Di danau ini terdapat pulau terapung yang berputar-putar yang konon menurut masyarakat sering menyeret seseorang yang dikehendaki.

Yah meskipun tempat ini kalah popular sama Danau Kaco ataupun Danau Kerinci, namun keindahannya tidak bisa dibilang tidak bagus.

Seperti Danau Kaco, danau ini mempunyai fasilitas yang sangat minim. Kalaian tidak akan menemukan fasilitas sepert tempat makan, musholla, ataupun toilet di area ini.

Danau ini buka 24 jam dan hanya dikenakan tarif untuk weekday 5.000 dan untuk weekend 5.000

3. Air Terjun Telun Berasap

Air Terjun Telun Berasap

Secara geografis, Air Terjun Telun Berasap terletak pada Desa Telun Berasap, Kecamatan Gunung Tujuh, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi.

Kalian kalau ke tempat ini membutuhkan waktu sekitar satu setengah jam saja dengan jarak 57 km dari Sungai Penuh. Namun Jika kalian dating dari kota Janbinya, kalian membutuhkan 10 jam perjalanan.

Air terjun ini merupakan salah satu air terjun paling popular yang ada di kabupaten Kerinci. Tempat ini sering diburu oleh para Travelers karena keindahannya. Air Terjun ini memiliki ketinggian hingga 50 m. dan salah satu keunikannya adalah karena ketinggiannya tersebut, percikan air yang dijatuhkan menciptakan asap.

Klik lihat: Tempat wisata di Bekasi

Pada momen tertentu, kalian bisa melihat fenomena pelangi tepat di lokasi tersebut. Namun pelangi bukan karena hujan ya.

Panorama yang ditawarkan oleh air terjun ini sungguh memukau, derasnya debit air yang membuat asap tersebut menjadi daya Tarik utama untuk objek wisata ini.

Fasilitas Air Terjun Telun Berasap meliputi :

  • Shelter untuk istirahat
  • Anak Tangga untuk ke Air Terjun
  • Musholla
  • Warung-warung Kuliner

Tempat ini dibuka setiap hari dari jam 09.00-17.00. Tiket masuk untuk dewasa perorng yaitu 10.000 sedangkan untuk anak-anak Gratis

4. Air Terjun Kolam Jodoh

Air Terjun Kolam Jodoh

Untuk kalian nih para Jomblo yang ingin cari jodoh, tempat ini cocok nih buat kalian. Karena disini sendiri kebanyakan yang berkunjung adalah yang masih single. Siapa tahu nih guys kalian bisa menemukan tambatan hati disini. Coba aja guys.

Air terjun ini berada di Kawasan Geopark Merangin, Provinsi Jambi.Kolam jodoh masih satu Kawasan dengan Teluk Wang Geopark Merangin. Pemandangan alam yang sangat asri dan menenangkan. Air yang mengalir disana dari air terjun kecil setiap saat memenuhi kolam. Sensasi dingin segarpun kalian dapatkan disini.

Nah disekitar air terjun ini kalaian juga akan disuguhkan dengan pemandangan batuan-batuan besar yang berdiri kokoh dan mempercantik pemandangan sekitar. Kalian past takjub deh akan keindahannya.

Air terjun ini cukup lengkap fasilitasnya, meliputi toilet, tempat parkir, musholla dan tempat istirahat tentunya. Selain itu ada jembatan penghubung untuk menyebrangi Sungai Batang Merangin. Dulu sebelum ada jembatan ini, pengunjung harus sewa sampan dulu untuk menyebranginya.

5. Perkebunan Teh Kayu Aro

Perkebunan Teh Kayu Aro

Perkebunan Teh ini terletak di ketinggian 1.600 mdpl dan mencakup 2.500 hektare. Dan untuk mencapai perkebunan ini kalian mengikuti rute yang sama menuju Gunung Kerinci kearah Sungai Penuh. Nah untuk mencapai Sungai Penuh dari kota Jambi jaraknya sekitar 500 km dan butuh waktu 10 jam dengan naik kendaraan.

Di tempat ini kalian dapat menjernihkan pikiran dan menyegarkan tubuh dengan hijaunya pemandangan perkebunan the disini. Setiap tahun Perkebunan The ini menghasilkan 5.500 the hitam dan diekspor ke Eropa, Timur Tengah, Amerika Serikat, dan Asia.

Tau gak kalian kalau perkebunan ini adalah Perkebunan terbesar kedua di dunia loh. Dan juga perkebunan ini adalah yang pertama di Indonesia yang dimulai pada masa kolonial Belanda yang kemudian diambil alih oleh pemerintah Indonesia tahin 1959.

Terdapat juga homestay untuk kalian yang mau menginap di area ini. Sambil menikamati pemandangan perkebunan teh yang terhampar luas.

6. Danau Lingkat

Danau Lingkat

Danau Lingkat berada di Desa Lempur, Kecamatan Gunung Raya, Kabupaten Kerinci, Jambi. Jika dari kota Jambi kalian perlu menempuh perjalanan sejauh 43 km dengan satu jam lebih. Disarankan untuk kalian naik kendaraan pribadi saja jika ke tempat ini.

Danau ini terletak di ketinggian 1.100 mdpl yang membuat hawa di danau ini sangat segar dan sejuk. Air di danau ini juga memiliki warna hijau pekat yang kontras dengan warna daun pepohonan disana.

Deretan pegunungan disana menambah kesempurnaan pemandangan danau tersebut. Tak sesekali kalian akan mendegar kicaun burung yang bisa membuat kalian fresh.

Danau ini memperbolehkan pengunjung untuk berkeliling menggunakan rakit. Namun harus mentaati peraturan yang ada supaya gak terjadi apa-apa. Karena konon kalau melanggar pantangan tersebut, tak jarang kejadian mistis akan terjadi.

Nah untuk berkeliling sungai kalian tidak diperbolehkan naik perahu, namun pakai rakit.karena masyarakat percaya jika kalau naik perahu maka kalian akan menghilang tanpa jejak di tempat tersebut.

Fasilitas danau ini menyediakan rakit untuk disewa untuk berkeliling danau. Dan juga terdapat pondok jika kalian Lelah mengelilingi danau.

Jam buka danau ini jam 09.00-17.00 dengan harga tiket masuk 10.000 rupiah saja.

7. Danau Kumbang

Danau Kumbang

Danau ini cocok nih buat para pendaki dan yang untuk bercamping. Danau ini cukup luas untuk mendirikan tenda dan membuat api unggun. Mungkin kalian akan mendapat pengalaman yang tiada tara.Danau ini juga merupakan salah satu danau tertinggi di Indonesia. Terletak di ketinggian 2.560 mdpl.

Untuk kalian yang mau kesini, kalian harus rela berjalan kaki mendaki gunung Masurai. Jalur yang akan dilewati cukup terjal dan banyak tanjakan yang akan bikin kalian ngos-ngosan bila sampai diatas.

Perjalanan awal di Desa Sungai Lalang. Lalu berjalan sekitar 2 jam sampai pintu rimba, dan untuk sampai ke Danau kalian butuh 6 jam lagi. Nah Danau Kumbang berada di bawah Puncak 1 Gunung Masurai.

Petualangan dimulai saat kalian sampai pintu rimba. Sekitar kurang lebih satu jam perjalanan. Pengunjung akan menjumpai banyak lahan kosong yang sangat cocok untuk berkemah. Pendaki sering menyebut shelter 1, terdapat sumber air yang bisa diminum oleh para pendaki yang kehausan.

Medan yang dilewati lebih didominasi oleh hutan lembab dan basah. Karena hutan ini masih alami, dan belum banyak yang menjamahnya.

Klik lihat: Tempat wisata di Bogor

Dan untuk mencapai danau, kalian harus melewati jalan “Tanjakan Syaithon”. Yang mana jalan ini sangat curam dan kalian harus pintar-pintar mencari pegangan.

Namun perjuangan kalian akan terbayar dengan keindahan Danau ini. Jika dilihat dari puncak, danau ini tampak hijau. Padahal jika kita mendekati, airnya sangat jernih.

Fasilitas di Danau Kumbang, meliputi :

  • Sumber air yang bisa diminum
  • Shelter untuk istirahat
  • Warung Jualan
  • Homestay untuk kalian yang menginap

8. Jambi Paradise

Jambi Paradise

Jambi Paradise terletak di Simpang Acai, sungai Gelam Kota Jambi, Memang untuk masuk lokasi ini harus ke perkampungan, namun jalan yang ditempuh sudah mulus beraspal kok. Oh ya, belum ada akses kendaraan umum disini. Jadi untuk kalian yang akan kesini, sebaiknya naik kendaraan pribadi ya.

Oh ya, dan juga untuk kalian yang berkendara pakai ojek atau ojek online. Kalian usahakan minta nomornya ya. Soalnya untuk akses balik dari lokasi tersebut, tidak ada kendaraan umum sama sekali.

Pertama memasuki Kawasan ini, spot foto yang instagramable tepampang. Lorong sepanjang30 meter ini memiliki tumbuhan yang merambat dan suara burung disekelilingnya yang membuat kita seakan berada di alam bebas. Wisata ini sangat cocok untuk keluarga yang ingin bersantai dan berpiknik, tapi jangan camping ya disini.

Tempat ini juga menyediakan perahu, flying fox, memberi ikan di danau, dan main di Labirin. Jadi untuk Flyig Foxnya sendiri termasuk yang terpanjang di Jambi. Huuu, gak kebayang gimana asyiknya bila merasakan Flying Fox itu.

Dibawahnya persis nih (Flying Foxnya) ada jembatan gantung dengan pemandangan bawah berupa danau. Nah di danau tersebuat kalian bisa rame-rame tuh naik perau untuk menyisiri Jambi Paradise.

Oh ya, ada pula Garden By the Bay mininya Jambi sebagai bunga besi raksasa berwarna merah jambu. Menariknya, disini banyak pasangan yang akan menikah membuat prewedding disini.

Jika sudah Lelah, tenang saja. Ada saung disekitar danau yang dapat disewa untuk sekedar minum es kelapa muda. Kalau kalian dating kesini, disarankan untuk tidak waktu lebaran.

Jam buka mulai dari jam 09.00- 18.00. Untuk tiket masuk hanya 30.000 per orang.

9. Tugu Juang Sipin

Tugu Juang Sipin

Gak lengkap rasanya jika belum mengunjungi tempat bersejarah kalau ke Jambi. Bila anda melintasi Simpang Tiga Sipin, Jambi, kalian akan melihat patung pejuang yang membawa bamboo runcing. Masyarakat menyebut tugu tersebut sebagai tugu juang.Tugu Juang ini terletak di Jl. Kol Abunjani, Kota Jambi.

Sedikit sejarah bahwa pada 29 Desember 1949, telah terjadi pertempuran antara penjajah dengan warga Jambi. Dulunya sempat ada pertempuran yang dinamakan “Pertempuran Simpang Tiga Sipin”. Nah tugu ini meupakan simbol dari semangat rakyat Jambi pada saat itu untuk mempertahankan kemerdekaan

Tugu ini memang gak seterkenal Monas, namun tetap saja tugu ini bersejarah bagi warga Jambi. Dan tugu ini adalah representasi untuk masyarakat Jambi yang bagaimana susahnya mempertahaan kemerdekaan saat itu. Tugu ini juga menggambarkan pertempuran lain yang tercatat disana. Misal pertempuran Kapal TNI Alnuri I dengan kapal perang Belanda di Kuala Betara Tanjung Labu Kabupaten Tanjung Jabung. Selanjutnya Pertempuran TNI dan rakyat melawan Belanda di Batanghari, Tanjungnabung.

10. Jembatan Beatrix

Jembatan Beatrix

Jembatan ini terbentang diatas Sungai Tembesi dengan Panjang kurang lebih 100 m. dengan arsitek yang seluruhnya terbuat dari beton. Jembatan ini terletak di Pusat Kota Sarolangun. Penamaan jembatan ini diperkirakan adalah sebuah hadiahatas kelahiran Putri Beatrix Wilhelminan Armgard, yang merupakan anak dari putri Julianadan Pangeran Bernhard.

Jembatan ini dibuat pada tahun 1923 dan diresmikan pada 1939. Jembatan ini merupakan satu-satunya jembatan penghubung antar wilayah Sri Pelayang. Jembatan ini bisa saja menjadi situs sejarah, maka pemerintah membangun jembatan lintas untuk lalu lintas ekonomi dan sebagainya.

Jembatan ini dulunya sempat robohdan tak berfungsi dikarenakan derasnya aliran air Sungai Tembesi yang mengalir dibawahnya. Nah baru beberapa tahun kemudian, jembatan ini direnovasi oleh pemerintah setempat. Konon dibawah jembatan ini, ada harta karun emas peninggalan Belanda. Namun belum bisa dibuktikan dan sumber sejarahnya juga kurang jelas.

Biasanya tempat ini ramai pada hari raya besar islm seperti Idul Fitri khususnya hari ke Sepuluh. Hal yang menarik dari jembatan ini, adalah tiap-tiap lingkungannya mempunyai warna cat berbeda-beda dan lampu berkelip yang akan dinyalakan pada malam hari. Itulah mengapa jika kalian dating malam hari sangat direkomendasikan.

Nah itu Guys, gimana? Menarik bukan beragam obyek wisata yang ada di Jambi. Meskipun kebanyakan memang wisata alam, namun dijamin anda tidak akan bosan mengeksplor satu persatu obyek wisata disana. Karena antara obyek wisata yang satu dengan yang lainya, memiliki daya tarik tersendiri yang saling melengkapi. Selamat berlibur, dan jangan lupa selalu jaga kebersihan di obyek wisata manapun yang akan dikunjungi.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *