20 Tempat Wisata di Lumajang yang Wajib Kalian Datangi

  • Whatsapp
Tempat Wisata di Lumajang

Tempat Wisata di Lumajang – Lumajang kota yang berada di kaki gunung Semeru ini mempunyai bermacam tujuan wisata yang benar-benar menarik.

Lumajang bersebelahan dengan kabupaten Probolinggo pada bagian utara, kabupaten Jember dibagian timur, Samudera Hindia di samping selatan serta kabupaten Malang pada bagian barat.

Tepian itu pasti membuat kota ini tidak lepas dengan bermacam wisata pantai dan wisata alam yang lain yang pantas diakui.

Baca : 64 Tempat Wisata di Jawa Timur

20 Tempat Wisata di Lumajang

Buat yang akan pergi melalui wilayah Lumajang tidak ada kelirunya sekaligus coba tujuan wisata di wilayah ini. Di bawah ini daftar Tempat Wisata di Lumajang yang bisa kalian kunjungi :

1. Gunung Semeru

Lokasi : Pasrujambe Kabupaten Lumajang Jawa Timur

Gunung semeru ada antara dua kabupaten yaitu Lumajang serta Malang. Wisata ini pasti jadi pilihan sendiri buat yang hoby atau cari obyek wisata pegunungan di Lumajang. Tapi bila tidak mau sampai ke pucuk untuk nikmati pesona alam gunung Semeru yang tiap bagiannya juga indah.

Di gunung Semeru ini ada satu danau alami ang benar-benar populer dilapisan pendaki dan yang sekedar hanya berkujung nikmati panorama. Danau yang mempunyai bukit-bukit membuat panorama benar-benar indah.

2. Gunung Lamongan

Lokasi : Sumberpetung Ranuyoso

Gunung ini tidak tinggi. Namanya memang gunung Lamongan tapi tempatnya ada antara Lumajang serta Probolinggo. Pemandangannya tidak kalah menarik dengan gunung Semeru.

Tujuan ini dapat jadi pilihan lain tidak hanya gunung Semeru. Pada pucuk gunung ini populer dengan nama pucuk Tarub. Gunung Lamongan salah satunya sisi dari pegunungan Iyang Jawa Timur.

Baca Juga : 15 Tempat Wisata di Lamongan Terbaru & Terhits

3. Gunung Wayang

Lokasi : Sumber Mujur kecamatan Candipuro

Gunung Wayang ini berbentuk perbukitan yang akan memberi panorama gunung Semeru dari sini. Tempat ini salah satunya tempat camping dataran tinggi berbentuk bukit barisan. Tidak cuma penampakan gunung Semeru sebagai pesonanya dan juga kota Lumajang dengan kerlip lampu saat malam hari.

Tempat ini salah satunya tempat alterlatif untuk lakukan camping yang pantas dicoba bila ingin wisata yang antimainstream.

4. Danau Segitiga

Lokasi : Tegalrandu, Klakah, Lumajang, Jawa Timur 67356

Danau Segitiga adalah panggilan untuk tiga danau atau ranu di Lumajang. Danau Klalah, danau Bedali yang terletak 6 km dari danau klakah serta danau Pakis yang terletak 7 km dari danau Bedali.

Panorama semasing danau juga benar-benar menganakemaskan mata dengan luas yang berlainan. Dapat dipikirkan paket komplet waktu berkunjung ke tempat ini akan mendapatkan sajian alam yang menarik dari kota Lumajang.

5. Air Terjun Manggisan

Lokasi : Kandangan, Senduro, Lumajang 67361

Cari wisata alam sekaligus juga penjelajahan? Air terjun Manggisan dapat jadikan salah satunya tujuan wisata untuk didatangi di Lumajang. Untuk sampai di air terjun harus naik serta menuruni perbukitan dan melalui saluran sungai kecil.

Tidak itu saja sepanjang perjalanan akan disajikan panorama pohon karet serta kopi dan tidak lupa udara yang benar-benar sejuk.

Sesudah semua baru akan mendapatkan sajian air terjun yang benar-benar memesona dengan ketinggian 55 m. Di dekat air terjun ada juga air terjun lain dengan ketinggian 20 m mempunyai sumber air yang lebih jernih.

6. Goa Tetes

Lokasi : Sidomulyo, Pronojiwo 67374

Wisata goa Tetets ini tidak hanya tawarkan panorama goa kapur dan juga pesona air terjun yang mengalir lewat tebing-tebing ke arah goa. Dapat disebutkan goa Tetes ini benar-benar unik, tidak sama yang biasa didapati di Pacitan atau Gunung Kidul.

Air yanng mengaliri tebing ini kelihatan menetes dalam goa-goa. Air terjun ini mempunyai kekhasan stalagtit serta stalagmit yang mempunyai keragaman warna.

Belum juga bentuk batuan tebing ini berlapis belerang membuat warnanya terlihat seperti kuning keemasan. Dan lumut yang hijau membuat penampilannya benar-benar eksotis.

7. Pantai Watu Godek

Lokasi : Bulurejo, Tempursari

Pantai Watu Godek ini tujuan wisata yang tidak cuma tawarkan keindahan pesona alam laut tapi panorama pantai berkeliling-keliling tebing menjulang tinggi.

Sepanjang perjalanan ke arah pantai ini akan temukan panorama rawa-rawa di sekitarnya. Pesona menarik yang terlihat di sini terdapatnya batu-bau besar tinggi sekali ada di tepi pantai dan rerumbunan pohon pandan laut di seputar pantai.

8. Puncak B-29

Lokasi : Argosari, Senduro, Sariwani, Sukapura 67254

Puncak B-29 seperti negeri di atas awan. Dari puncak ini kita akan mendapatkan sajian panorama pucuk gunung bromo. Tempat ini benar-benar memesona untuk mensyukuri keagungan Tuhan akan ciptaanya.

Di sini kita dapat lakukan camping sambil menanti sunset atau sunrise. Ke arah tempat ini akan melatih keberanian akan penjelajahan sebab perjalannya yang berliku.

Dapat disebutkan puncak ini tertinggi di lokasi gunung Bromo bentangan vegetasi dan savana benar-benar memesona untuk disingahi.

Baca Juga : 16 Tempat Wisata di Kediri yang Paling Terkenal

9. Perkebunan Teh Kertowono

Lokasi : Gucialit, Kabupaten Lumajang 67353

Tujuan wisata perkebunan teh sering jadi pilihan yang pas buat yang cari situasi alam udara yang sejuk serta fresh. Panorama bukit hijau teh yang melekuk-lekuk membuat mata jadi fresh. Produk teh yang dibuat di kota Lumjang ini dinamakan teh cap “Gajah Kertowono”.

Nuansa alam pegunungan di sini akan membuat pelancong kerasan untuk santai melepas capek situasi kota.

10. Ranu Pane

Lokasi : Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Ranupani, Senduro 67361

Ranu Pane salah satunya wisata danau yang disebut sisi dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Luas danau hijau atau ranu ini seputar 1 ha. Dari sini kita akan mendapatkan sajian gunung Semeru dan kaldera di seputar kawah sebagai daya tarik pendakian gunung Semeru.

Tempat ini untuk jalan transit pendakian ke ranu Kumbolo dan jalan pendakian ke gunung Semeru.

11. Ranu Kumbolo

Lokasi : Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Ranupani, Senduro 67361

Masih terdapat di kaki gunung Semeru tempat wisata ranu Kumbolo. Luas ranu ini seputar 15 ha terdapat pada ketinggian 2. 400 mdpl. Ranu ini jadi sumber air bersih untuk beberapa pendaki yang tengah berkemah ke arah pucuk Semeru.

Tempat ini dapat disebut untuk tempat bertemunya beberapa pendaki untuk membangun tenda. Dari sini kita dapat juga melihat sunrise yang benar-benar memesona waktu pagi hari di antara bukit hijau.

12. Pantai Bambang

Lokasi : Bago, Pasirian, Jawa Timur 67372

Pantai Bambang memanglah belum begitu diurus secara baik tapi pantai ini mempunyai pesona yang tak perlu disangsikan. Pantai ini jadi sisi dari jejeran pantai selatan dengan ombak yang cuku besar. Lewat pojok barat kita akan lihat jejeran pegunungan yang membuat pemandangannya makin indah.

13. Pantai Tlepuk

Lokasi : Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang

Pantai Tlepuk ada di seputar 31 km dari kota Lumajang. Deburan ombak dan panorama pantainya benar-benar memesona. Pantai ini mempunyai rawa pemancingan yang akan membuat pelancong yang hoby mancing makin kerasan.

Sebelum sampai pantai ini diperjalanan akan disajikan pesona perkebunan coklat dan tebing tinggi yang benar-benar indah.

14. Pantai Watu Pecak

Lokasi : Selok Awar Awar, Pasirian 67372

Terletak tidak jauh dari pantai Bambang berada di samping timurnya. Tempat ini seringkali dipakai untuk tempat upacara sesuci bumi beberapa umat Hindu Dharma Bali.

Karakter pantainya setipe dengan pantai Bambang dan pantai selatan yang lain di sini jadikan tempat ekplorasi pasir pantai.

15. Air Terjun Coban Pawon

Lokasi : Gucialit, Kabupaten Lumajang 67353

Air terjun Coban Pawon ini mempunyai nama lain dengan panggilan Antrukan Pawon. Ciri uniknya adalah terdapatnya antrukan berada di dalam goa seperti dengan pawon (dapur). Air yang memercik dari air terjun ini diakui bisa mengobati penyakit kulit.

Air terjun ini mempunyai ketinggian kira-kira 15 m menjatuhi lobang goa di bawah. Untuk sampai ke tempat ini akan membuat pelancong sekaligus lakukan penjelajahan sebab daerahnya masih susah dicapai dengan medan yang terjal hampir 45 derajat. Belum juga harus turun naik bukit.

16. Pura Mandaragiri Semeru Agung

Lokasi : Jalan Serma Dohir, Senduro, Jawa Timur 67361

Pura Mandaragiri ini adalah pura paling tua buat warga Hindu. Pura ini tidak pernah sepi tetap ada warga Bali yang berdoa di sini. Belum juga waktu ulang tahun pura pada bulan Juli tentu banyak warga Bali yang hadir untuk berdoa di sini.

17. Air Terjun Kapas Biru

Lokasi : Pronojiwo, Kabupaten Lumajang 67374

Air terjun ini mempunyai pemandangan menarik, air terjunnya mempunyai warna yang benar-benar jernih dan warna kebiruan pada bagian air yang jatuh.

Oleh karena itu tujuan ini dinamakan kapas biru. Untuk sampai ke tempat air terjun kita akan lakukan perjalanan dengan penjelajahan sebab jalannya yang belum bagus.

Tidak itu saja pelancong harus juga melalui perjalanan turun naik yang ekstrim dan tangga yang cuma dapat dilalui dengan berganti-gantian. Tinggi air terjun ini sampai 20 m, saluran airnya yang jatuh cukup deras.

18. Air Terjun Watu Lapis

Lokasi : Pasrujambe, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur 67361

Tempat wisata air terjun Watu Lapis ada ditengahnya rimba kopi punya masyarakat. Daya tarik wisata ini berbentuk terdapatnya bermacam jenis bunga, undak-undak bambu ciri khas pegunungan dan rimba bambu yang ada di sekitar air terjun.

Disamping itu di sini ada juga ruang camping ground yang lumayan luas hingga bila ingin coba membangun tenda di dekat wisata air terjun pasti benar-benar memberi pengalaman yang tidak sama.

19. Pantai Wotgalih

Lokasi : Wotgalih, Yosowilangun 67382

Ombak pantai Wotgalih ini berbentuk ombak berlapis. Buat yang menyukai berseluncur tempat ini sesuai dengan untuk mengalirkan hoby itu. Waktu masuk lokasi wisata ini akan melalui rawa kecil dengan beberapa ikan.

Di sini kita dapat juga lihat penampakan sunset waktu saatnya datang hingga membuat bayangan cahaya matahari benar-benar eksotis. Untuk ke arah pantai pengunjung harus melewati rawa dengan jembatan kayu yang sedikit reyot tapi masih dapat disebutkan cukup aman.

20. Air Terjun Tumpak Sewu

Lokasi : Sidomulyo, Pronojiwo 65183

Wisata air terjun Tumpak Sewu tidak bisa dilalaikan untuk disinggahi waktu di Lumajang. Air terjun ini ada dialiran sungai Glidih yang termasuk juga tepian Ampel Gading Malang dengan Pronojiwo Lumajang.

Air terjun ini mempunyai kekhasan dengan sumber mata air yang jatuh pada fundamen tebing lumayan banyak jumlahnya mata airnya. Hal itu yang membuat tujuan ini dinamakan Tumpak Sewu.

Bagaimana penjelasan Tempat Wisata di Lumajang yang sudah kami sajikan? Semoga sudah cukup membantu Anda untuk putuskan obyek wisata selanjutnya. Tetap jaga kebersihan serta keasrian object wisata yang kalian kunjungi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *