8 Makanan Khas Lumajang, Tak Puas Cuma Seporsi

  • Whatsapp
Makanan Khas Lumajang
Tape pisang khas lumajang

Makanan Khas Lumajang – Lumajang diketahui untuk kota pisang. Ini sebab sebagian besar keperluan pisang di pulau Jawa disuplai dari Lumajang.

Tidak hanya diketahui untuk kota pisang, lumajang mempunyai beberapa jenis tujuan wisata yang bisa kamu datangi.

Terdapat antara kota Probolinggo serta Jember, lumajang didominasi oleh wisata alam. Mulai bukit, air terjun, pemandian alami serta ada banyak .

Waktu kamu bertandang atau singgah melalui Lumajang, semakin lebih afdol bila kamu mencicip makanan ciri khas Lumajang.

Warga Lumajang yang bermacam suku bangsanya, membuat makanan ciri khas Lumajang juga bermacam-macam.

Baca juga : 30 makanan khas jawa timur

8 Makanan Khas Lumajang

Hingga, waktu kamu mencicipinya tidak menjemukan. Sebab banyak pilihannya. Nah, apapun makanan ciri khas Lumajang pemikat lidah yang dapat kamu cicip? Yuk cuus!

Pecel Telo Ciri khas Lumajang

Banyak kota-kota di Indonesia yang mempunyai hidangan nasi pecel. Begitupun Lumajang. Khasnya nasi pecel Lumajang ini ialah dari bumbunya. Biasanya bumbu pecel dibuat berbahan penting kacang tanah.

Tidak sama dengan bumbu pecel Lumajang yang ditambah lagi telo. Telo atau biasa disebutkan dengan ubi jalar ini ditambah lagi untuk bumbu pecel.

Makanan ciri khas Lumajang ini mempunyai rasa ciri khas, sebab bumbunya sendiri itu sebagai ciri uniknya. Untuk memperoleh pecel telo, kamu bisa hadir ke pasar Sukodono Lumajang.

Bledus Ciri khas Lumajang

Bledus adalah salah satunya makanan ciri khas Lumajang yang memiliki bahan fundamen Jagung. Jagung yang telah tua dipipil, selanjutnya dipisah biji jagung serta bonggolnya.

Selanjutnya dikukus sampai empuk. Bila perlu berikan taburan sedikit garam, supaya rasa-rasanya bertambah lebih gurih.

Langkah nikmati bledus yang nikmat dengan memberikan tambahan parutan kelapa di atasnya. Selanjutnya campur sampai rata serta siap disantap.

Makanan yang diberikan untuk alternatif nasi ini biasanya diberikan saat pagi hari. Untuk menikmatinya, kamu bisa bertandang ke pasar Baru Lumajang.

Atau sebab gampangnya pemrosesan, kamu bisa membuat sendiri di dalam rumah. Lebih irit kan? Serta tentu saja dapat bertambah banyak.

Baca juga : 10 makanan khas malang

Lontong Petis Lumajang

Salah satunya kuliner ciri khas Lumajang ialah lontong petis. Dengar kata petis tentunya tidak asaing. Ini sebab banyak makanan ciri khas Jawa Timur yang bumbunya ditambah lagi petis.

Begitupun dengan Lumajang. Kota yang dekat sama wilayah pesisir ini mempunyai makanan ciri khas Lumajang yang berbumbu petis juga.

Lontong petis Lumajang diberikan dengan pelengkap ayam suwir, tahu goreng, kecambah, telur, serta seledri atau daun kucai. Untuk memperoleh makanan ciri khas Lumajang ini sangat gampang.

Kue Lupis Lumajang

Makanan ciri khas Lumajang selanjutnya yakni kue lupis. Kue ini dibuat berbahan penting ketan yang dikukus selanjutnya dihaluskan.

Diberikan dengan taburan kelapa parut serta saus gula merah yang legit serta nagih. Kurang komplet rasa-rasanya bila bertandang ke Lumajang bila tidak mencicip kue lupis terlebih dulu.

Rasa gurih serta mani dari kue lupis ini membuatnya makanan favorite pelancong yang bertandang atau singgah di Lumajang.

Martabak Lumajang

Saat dengar martabak tentu terlintas martabak telur biasanya. Tetapi, sayang sekali martabak Lumajang ini tidak sama dengan martabak telur biasanya.

Salah satunya makanan ciri khas Lumajang ini dibuat dari kombinasi telur serta tepung terigu yang selanjutnya digoreng. Diberikan dengan disiram saus petis ciri khas Lumajang.

Kekhasan berikut yang pantas kamu coba waktu bertandang ke Lumajang.

Martabak Lumajang yang merekomendasikan sekali buat kamu datangi yakni martabak Mbak Saseh di wilayah Pulosari.

Tape Pisang Makanan Ciri khas Lumajang

Untuk kota pisang, tentu saja Lumajang mempunyai oleh-oleh ciri khas pisang. Diantaranya ialah tape pisang.

Makanan ciri khas Lumajang yang sekaligus juga untuk oleh-oleh ini dibuat dari buah pisang yang dibalut dengan tape singkong, yang selanjutnya dibungkus dengan rapi. Hingga bisa jadikan untuk oleh-oleh dari Lumajang.

Untuk memperoleh tape pisang ini sangat gampang. Ini sebab di toko oleh-oleh dari Lumajang sudah menyediakannya.

Keripik Pisang Lumajang

Keripik pisang tentu saja akan gampang sekali didapati di kota pisang ini. Keripik pisang adalah oleh-oleh yang wajib dibeli waktu bertandang ke kota pisang ini.

Jumlahnya panenan buah pisang di Lumajang ini, digunakan untuk bikin keripik. Hingga, bukan hanya buah pisang fresh saja yang dipasarkan, tetapi keripiknya.

Keripik pisang Lumajang ini banyak dipasarkan di semua toko oleh-oleh dari Lumajang. Hingga, kamu bisa dengan gampang menemukannya.

Rasa-rasa yang ditawarkan juga beberapa jenis. Bukan hanya rasa orisinalnya saja, tetapi ada juga rasa madu serta beberapa jenis rasa yang lain. Harga juga benar-benar dapat dijangkau, yakni Rp. 10. 000, – per bungkusnya.

Pisang Agung Lumajang

Untuk kota pisang, oleh-oleh berbentuk pisang ialah kekhasannya. Diantaranya ialah pisang Agung. Pisang Agung memiliki ukuran 3x semakin besar dibanding dengan buah-buah pisang biasanya.

Pisang Agung adalah salah komoditas pisang paling baik di Lumajang. Jadi, tidak ada kelirunya bawa oleh-oleh buah pisang dari kota Pisang.

Makanan ciri khas Lumajang ini mempunyai ukuran yang fenomenal, yakni sebesar lengan orang desawa. Pasti unik bila dipakai untuk oleh-oleh.

Untuk memperolehnya juga sangat gampang. Ini sebab selama jalan raya Lumajang banyak penjual-penjual buah yang menjual buah pisang Agung ini.

Demikian bahasan mengenai kuliner lumajang, mudah-mudahan artikel ini dapat menolong kalian. Terima kasih telah membaca.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *