Makanan Khas Indonesia
Kuliner

Makanan Khas Indonesia

Sobat yang suka travelling pasti kurang lengkap manakala tidak mencoba makanan khas daerah yang dikunjungi. Bisa jadi diantara sobat semua yang hobi melakukan travelling kurang tau, mengenal atau mencoba makanan kuliner khas daerah yang dikunjungi. Nah untuk itu maka pada kesempatan kali ini saya akan membagikan 10 makanan khas Indonesia yang tergabung dari beragam daerah yang ada di Nusantara.

Negara Indonesia merupakan salah satu negara yang terkenal dengan tempat wisata serta destinasi yang luar biasa. Hal ini terbukti dengan banyaknya wisata atau destinasi yang menjadi sorotan publik baik dari negara Indonesia sendiri atau dari luar negeri. Namun, bukan hanya wisatanya saja yang menjadi sorotan, melainkan makanan khas Indonesia juga bisa diunggulkan.

Jika anda merupakan salah satu pecinta sajian khas nusantara maka tidak ada salahnya untuk mencicipi beberapa makanan khas Indonesia yang bisa sobat pilih. Beragam makanan khas Indonesia ini sudah pasti akan memanjakan lidah sobat semuanya. Penasaran apa saja jenis makanan khas Indonesia yang mendunia? Yuk simak baik-baik uraian berikut ini.

10 Makanan Khas Indonesia yang Terkenal Enak dan Lezat

1. Mie Bangka

Mie Bangka

Makanan dari Indonesia yang satu ini sudah cukup familiar. Mie bangka merupakan makanan yang berasal dari pulau Bangka dengan cita rasa yang lezat. Mie Bangka ini dibuat dari mie kuning basah yang sudah dicampurkan dengan kuah berbumbu dengan cita rasa yang lezat.

Terkait dengan cara penyajiannya mie bangka ini ditambahkan dengan kecambah, kerupuk serta mentimun. Jika sobat merupakan penggemar masakan pedas maka bisa dengan menambahkan cabai atau sambal ketika hendak menyantap.

2. Siomay

Siomay

Makanan yang satu ini merupakan jenis camilan enak khas Indonesia. Jenis makanan satu ini sudah banyak jenisnya hal ini tidak terlepas dari popularnya siomay ditengah-tengah masyarakat. Siomay menggunakan beberapa jenis daging yang sering menjadi bahan dasar diantaranya daging ayam, kepiting, udang, ikan tengiri serta beberapa jenis daging lainnya.

Klik lihat: Makanan khas Jakarta

Siomay biasa disajikan bersama dengan bahan-bahan pembuatnya seperti saus kacang atau bumbu kacang kemudian dibuat dari beberapa bahan misalnya bawang putih, gula pasir, cabai, cuka serta garam dapur.

3. Sop Buntut

Sop Buntut

Makanan khas Indonesia satu ini cukup banyak digemari oleh masyarakat. Sop buntut merupakan jenis makanan dengan bahan dasar daging sapi yang sudah dimasak dengan cara dibakar. Ketika daging sudah dibakar maka tahap berikutnya adalah dengan mencampurkan menggunakan bumbu khusus sehingga menghasilkan cita rasa yang cukup nikmat.

Sop buntut sangat pas manakala dimasak dengan menggunakan nasi putih, jeruk nipis, sambal serta tambahan sedikit acar.

4. Sambal Terasi

Sambal Terasi

Jika sobat merupakan pecinta pedas maka jenis makanan satu ini wajib masuk dalam daftar makanan wajib untuk dikonsumsi. Nama makanan satu ini sudah cukup terkenal, pasalnya sambel terasi ini memiliki cita rasa yang cukup lezat dan pedas. Memang sih makanan satu ini hanya sebagai pelengkap saja namun tentu akan kurang manakala makan tanpa ada tambahan sambal.

Klik lihat: Makanan khas Jawa Barat

Sambel satu sangat terkenal sehingga banyak juga rumah makan yang hadir dengan menyajikan makanan satu ini. Sambel terasi sangat cocok dipadukan dengan beberapa lauk diantaranya ikan goreng, ayam goreng ditambah lalapan.

5. Gohu Ikan

Gohu Ikan

Makanan dengan bahan dasar ikan satu ini sudah tidak asing bagi sobat pecinta makanan ikan. Chou ikan merupakan jenis makanan yang cukup terkenal dan popular di seluruh penjuru Indonesia. Makanan satu ini cukup terkenal di Ternate dengan bahan dasar ikan mentah yang sudah diolah dengan cara dipotong kecil-kecil kemudian teman-teman dapat menambahkan perasan lemon serta jangan lupa menambahkan garam ke dalam masakan.

Adapun bahan lain seperti bawang merah, daun kemangi serta cabe rawit ditumis terlebih dahulu kemudian ditumis dengan menggunakan minyak kelapa. Ketika tumisan sudah matang maka silahkan tuangkan potongan ikan tuna tadi ke dalam masakan.

6. Ikan Bakar Colo-colo

Ikan Bakar Colo-colo

Ikan bakar colo-colo merupakan makanan khas Indonesia dengan cita rasa sedap gurih sehingga tidak heran manakala banyak penggemarnya. Ikan bakar colo-colo menggunakan ikan tongkol sebagai bahan dasarnya. Ikan tongkol ini kemudian ditumis dengan menggunakan bumbu khusus kemudian dibakar dan untuk rasanya sudah pasti mampu menggoyang lidah terlebih jika sobat merupakan pecinta makanan dengan bahan dasar ikan tongkol.

Klik lihat: Makanan khas Kalimantan Selatan

Ikan bakar colo-colo ini biasanya ditambahkan dengan sambal khusus yang terbuat dari tomat hijau, bawang, cabe serta tidak lupa juga ditambahkan dengan penyedap rasa. Bayangin gimana nikmatnya ikan tongkol bakar yang dipadukan dengan sambal super mantap satu ini?

7. Mie Telor

Mie Telor

Mie telor merupakan makanan khas dengan bahan dasar mie yang sudah dimasukkan dalam air panas. Mie tersebut kemudian akan ditambahkan campuran lain. Adapun campuran yang digunakan diantaranya irisan daging udang rebus, telur ayam rebus, tauge kukus serta yang terakhir disiram dengan menggunakan kuah yang didalamnya sudah ada campuran santan serta bumbu khusus berupa kelapa udang.

Selain itu mie telor juga akan ditambahkan dengan beberapa sentuhan khusus seperti taburan seledri dan bawang merah goreng. Lalu bagaimana dengan rasanya? Terkait dengan rasanya makanan khas satu ini sudah pasti siap diadu dengan beberapa jenis makanan lainnya.

8. Rujak Cingur

Rujak Cingur

Makanan dari Indonesia ini merupakan jenis makanan tradisional. Cingur memiliki arti mulut dalam hal ini yang dimaksudkan adalah mulut sapi. Kemudian rujak akan dicampur dengan irisan mulut sapi yang pastinya akan lezat saat dikunyah.

Rujak cingur ini menggunakan beberapa bahan seperti timun, tahu, lontong, kacang panjang, kangkung serta tidak lupa cingur sapi seperti penjelasan sebelumnya tadi.

9. Sate Buntel

Sate Buntel

Sate buntel merupakan khas yang berasal dari Solo. Bahan dasar yang digunakan antara lain daging kambing yang sudah dihaluskan yang kemudian akan dibungkus dengan lembak jala atau lembaran lemak tipis.

Sekilas makanan satu ini mirip dengan sosis yang dibakar, namun mengenai rasanya jangan ditanya lagi pasti siap menggoyang lidah teman-teman semua pastinya. Sate buntel biasanya disajikan dengan menggunakan cacahan cabai rawit, bawang merah serta kecap manis.

10. Nasi Uduk

Nasi Uduk

Makanan khas Indonesia yang terakhir ini memang sudah sangat terkenal. Nasi uduk merupakan makanan yang berasal dari Betawi namun sekarang nasi uduk bukan hanya bisa ditemukan di Jakarta saja, kota-kota lain juga sudah ada jenis makanan khas satu ini.

Nasi uduk dibuat dengan cari nasi ditanak terlebih dahulu dengan menggunakan bumbu khusus kemudian dicampurkan dengan santan. Nasi uduk ini merupakan jenis makanan yang cukup banyak digemari oleh sebagian besar orang.

Sekian artikel mengenai makanan khas Indonesia paling lezat dan nikmat yang pasti sobat tidak akan rugi ketika mencicipinya.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *